Pinhome

Tips Properti

Perencanaan Desain Rumah Tinggal yang Bagus

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Perencanaan rumah tinggal yang bagus akan sangat mendukung proses pelaksanaan pembangunan sehingga bangunan dapat terwujud dengan kondisi memuaskan, sebaliknya pekerjaan perencanaan desain rumah yang asal-asalan akan cukup merepotkan karena tidak cukup akurat untuk dijadikan pedoman tukang bangunan dalam mengerjakan pembangunan rumah tersebut. pertanyaanya adalah sebenarnya apa saja macam-macam kriteria agar suatu desain rumah bisa dibilang bagus? mari kita bahasa secara detail disini. sebelumnya kita sudah tahu bahwa produk perencanaan itu berupa gambar rumah, perhitungan rencana anggaran biaya bangunan (RAB) dan spesifikasi material yang akan digunakan, jadi masing-masing bagian tersebut harus bagus.

Kriteria perencanaan desain rumah tinggal yang bagus

  1. Gambar rumah memperlihatkan bentuk, ukuran dan tipe material yang jelas sehingga mudah untuk dibaca tukang bangunan.
  2. Perhitungan RAB anggaran biaya bangun rumah mendekati kebenaran. untuk bisa benar 100% tentu saja tidak mungkin, karena dalam proses pelaksanaan pasti ada hal-hal yang tidak terduga sebelumnya. jadi perhitungan RAB bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari harga sebenarnya. yang bagus tentu lebih rendah, jadi anggaran biaya yang disediakan tidak kurang untuk membangun rumah.
  3. Spesifikasi material yang disebutkan merupakan bahan bangunan yang benar-benar ada dan mudah didapat, apalah artinya membuat desain rumah bagus jika ternyata material tersebut hanya bisa diperoleh di luar negeri nan jauh, padahal kebutuhan volumenya tidak besar.
  4. Data-data yang digunakan dalam perencanaan mendekati kenyataan dilapangan, misanya besarnya upah tenaga kerja, daftar harga bahan bangunan, dan analisa harga satuan yang tepat.
  5. Hasil perencanaan dapat mewakili keinginan yang dikehendaki pemilik bangunan, karena yang namanya indah itu bisa jadi bagus menurut Arsitek namun adakalanya dipandang jelek menurut pemilik rumah. jadi tugas Arsitek adalah menggali keinginan pemilik rumah untuk diwujudkan kedalam bentuk gambar bangunan terbaik.
  6. Desain rumah tidak kaku, bisa dikembangkan kembali apabila ternyata dalam pelaksanaan pembangunan belum bisa mewakili harapan atau tidak bisa diterapkan.

Begitulah beberapa kriteria yang setidaknya ada dalam suatu desain rumah agar bisa tergolong sebagai perencanaan yang bagus, selamat merencanakan rumah idaman, semoga lekas terwujud apa yang menjadi cita-cita 🙂

Tags :

Bagikan Artikel