Pinhome

Kesehatan

Beragam Model Ventilasi Kamar Mandi Terbaru

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 30 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Kamar mandi adalah salah satu tempat paling pribadi. Pada umumnya, orang-orang ingin memberikan sentuhan personal pada ruang pribadinya. Salah satunya adalah ventilasi. Ventilasi adalah salah satu bagian terpenting untuk kamar mandi. Mengapa? Kamar mandi sering menghasilkan temperatur tinggi, sehingga dapat menyebabkan rasa pengap. Jika tidak segera diperbaiki, maka bau di kamar mandi akan semakin menyengat. Sehingga ventilasi adalah salah satu solusi, karena sesuai dengan fungsinya, akan dapat mengatur dan melancarkan sirkulasi udara. Hasilnya adalah kamar mandi akan terasa lebih nyaman.

Pinhome – Ventilasi juga memiliki beragam model. Model ventilasi yang berbeda-beda ini tentu mempunyai keuntungan sendiri dan juga fungsinya masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setiap ventilasi tersebut tentunya perlu disesuaikan dengan ukuran kamar mandi Anda di rumah. Supaya kamar mandi Anda semakin cantik, yuk, kita bahas satu-satu, macam-macam ventilasi untuk kamar mandi.

Ventilasi Berbentuk Exhaust

ventilasi kamar mandi
(Pinterest)

Exhaust adalah salah satu alat yang sering digunakan untuk menghisap, menarik, atau menghembuskan udara baik panas maupun dingin, menuju ke arah tertentu. Biasanya berbentuk baling-baling, untuk versi yang paling murah.

Baca Juga: Pilihan Model Karpet Kamar Mandi Anti Licin

Namun pada umumnya, selain mengandalkan ventilasi kamar mandi yang natural, kamar mandi akan menggunakan model sirocco. Kelebihan model sirocco ini adalah terdapat fitur penghisap seperti AC. Satu hal yang perlu diingat untuk pemasangan ventilasi berbentuk exhaust ini adalah jarak minimum antara plafon dan atap adalah 1,5 meter.

Ventilasi Berbentuk Jendela

ventilasi kamar mandi
(Pinterest)

Jenis ventilasi berbentuk jendela ini yang sering digunakan pada kamar mandi. Biasanya dipasang permanen pada dinding. Keuntungan menggunakan ventilasi berbentuk jendela adalah  Pins bisa mendapatkan sirkulasi udara secara alami dan tambahan pencahayaan udara.

Baca Juga: Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi Beserta Harganya

Jenis ventilasi berbentuk jendela ini pada umumnya digunakan pada daerah-daerah yang kaya cahaya, misalnya di daerah tropis.

Sebagai kombinasinya, Pins dapat menggunakan dengan daun jendela Boven. Daun boven adalah daun jendela kecil yang biasanya terletak di bagian atas. Contohnya adalah terletak diatas pintu. Bisa menggunakan satu kotak kaca, ataupun lebih. Tergantung dengan fungsi dari jendela Boven yang diinginkan. Sebagai pemanis daun boven, dapat menggunakan kayu pilihan, seperti kayu jati perhutani, kayu merbau papua, atau kayu kamper samarinda. Kemudian diberikan aksen list/profil.Letakkan boven saling berhadapan, sehingga aliran udara akan semakin lancar.

Ventilasi berbentuk Skylight

ventilasi kamar mandi
(Pinterest)

Dilihat dari pengertiannya, skylight merupakan jendela atau kaca berongga yang berada di atap atau pada dinding ruangan. Sering dilihat penggunaannya pada mobil. Pada dasarnya tujuan utama penggunaan skylight adalah untuk membiarkan sinar matahari masuk ke rumah secara merata sehingga membuat suasana hangat, terang, dan menyenangkan.

Selain cahaya yang masuk, ada keuntungan lainnya, yaitu akan mampu mengatur pola sirkulasi udara yang optimal. Dengan desain dan pemasangan yang tepat, kamar mandi menggunakan ventilasi berbentuk skylight akan membuat kamar mandimu terlihat beda. Mandi sambil menikmati sinar bulan atau cahaya bintang, kini bukan sekedar impian lagi.

Ventilasi Jalusi

(Pinterest)

Pins sudah pernah mendengar istilah Jalusi? Menurut arti dari bahasanya, Jalusi adalah jendela yang mempunyai kisi-kisi dengan pemasangan yang horizontal atau mendatar. Biasanya dipasang secara berlapis-lapis, tidak benar-benar menutup cahaya matahari ataupun sirkulasi udara.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ventilasi jalusi bermacam-macam. Pada rumah model lawas, biasanya menggunakan bahan dari kayu. Namun, dijaman sekarang ini, bahan-bahan yang digunakan sudah bervariasi, antara lain plastik ataupun aluminium.

Apa perbedaan jalusi dengan tirai jendela? Yaitu, kisi-kisi atau daun pada jalusi sudah dibuat paten, beda dengan tirai jendela yang bisa bergerak naik turun.

Sementara manfaat jalusi adalah mendapatkan suplai cahaya atau udara menjadi lebih banyak. Sehingga ruangan akan selalu lebih bersih dan tidak pengap. Cocok sekali untuk kamar mandi. Perawatan ventilasi jalusi ini sebenarnya mudah, yaitu cukup basuh permukaan dengan air bersih. Selalu bersihkan secara konsisten, terutama di pagi hari, saat udara masih bersih dan segar.

Ventilasi berbentuk Loster

(Pinterest)

Loster atau disebut juga Roster, adalah salah satu bentuk ventilasi yang cukup unik. Jika dilihat dari artinya, loster adalah elemen dari sebuah bangunan yang terdiri dari lubang-lubang berukuran kecil. Namun, lubang-lubang inilah yang sering dilupakan oleh penghuninya. Tidak dirawat, sehingga terlihat menjadi kotor.  

Jika dilihat perkembangannya, loster pada jaman dulu, hanya ditempatkan pada dinding pagar atau bagian atas dinding rumah. Nah, sekarang loster justru sering digunakan untuk menghias rumah secara keseluruhan baik itu eksterior dan interior.

Fungsi utama dari loster adalah menjadi ventilasi udara dan cahaya. Dengan bentuknya yang unik, maka akan menambah unsur dekoratif di kamar mandi. Pins bisa memilih variasi bentuk dan motif yang sesuai dengan konsep hunian untuk menambah estetis di kamar mandi. Bahkan bahan yang dipilih pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah Pins, sudah menemukan ventilasi yang cocok untuk kamar mandimu? Sesuaikan model dan konsep ventilasi kamar mandimu dengan rumahmu. Padu padan yang tepat akan membuat rumahmu semakin nyaman untuk ditempati.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel