10 Rekomendasi Keramik Tangga Kasar yang Aman

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 22 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Tangga tentu jadi elemen penting dalam rumah bertingkat, dan keamanan selalu jadi nomor satu. Karena itu biasanya dipilih keramik tangga kasar agar akses melalui tangga tidak licin yang membuat orang lewat rawan tergelincir.

Keramik tangga tidak licin banyak hadir dalam berbagai bahan, gaya dan motif yang bisa disesuaikan dengan selera dan model tangga di rumah. Berikut adalah beberapa rekomendasi keramik kasar untuk tangga yang bisa diaplikasikan di rumah.

Motif Batu Alam

(Houzz)

Motif batu alam umumnya sudah pasti tidak licin karena sifat alami bebatuan yang kasar atau bertekstur. Ubin atau keramik berbahan batu alam bisa jadi pilihan utama untuk tangga rumah. 

Dan karena biasanya motif batu alam berwarna gelap, akan menimbulkan kesan elegan namun tetap natural. Kabar baiknya, motif bebatuan ini cocok diaplikasikan di tema atau nuansa ruangan dan rumah apapun, apalagi dipadukan dengan motif kayu-kayuan.

Motif Kayu

(AliExpress)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, motif kayu mirip dan cocok dipadukan dengan motif batu alam. Kesan alam dan natural akan lekat di keramik atau ubin tangga rumah yang pastinya juga mengurangi sifat licin dari lantai tangganya.

Keramik tangga kasar kayu juga akan menambah nuansa elegan dan mewah. Namun kualitas lantai kayu yang baik dibanderol dengan harga cukup mahal sehingga bisa jadi pertimbangan untuk perhitungan budget, Pins.

Sebagai teman yang baik dari segi dekorasi, Kamu bisa menambahkan pot tanaman di sudut atau pinggir tangga baik yang ukuran sedang maupun besar agar kesan natural semakin terpancar dan melengkapi nuansa alami tangga kasar kayunya.

Baca Juga: 10 Ide Desain Tangga Rumah Kekinian 2022

Motif Marmer

(Efrata Interior)

Gaya berkelas dan mewah akan cukup terpancar dari pemilihan keramik tangga kasar marmer. Sebagian keramik marmer memang ada yang terlalu licin, namun ada pula bahan marmer yang kasar dan tidak licin tapi tetap terlihat elegan.

Beberapa pilihan keramik marmer juga dihargai cukup mahal, jadi pastikan keramik kasar marmer untuk tangga rumahmu cocok dengan gaya dan nuansa rumah itu sendiri agar lebih efisien biaya.

Keramik Minimalis Kasar

(Pinterest)

Keramik tangga kasar tidak hanya hadir dari keramik bermotif atau bertekstur, Kamu juga bisa memilih keramik tangga kasa minimalis yang simpel seperti warna putih, paling netral. 

Jangan takut terlalu simpel dan sepi, Kamu tinggal menambahkan dekorasi lain sepanjang tangga seperti foto pigura bertingkat di sepanjang dinding sisi tangga, atau kursi tunggal beserta coffee table di sisi bawahnya.

Motif Tegel

(AliExpress)

Motif tegel sangat unik, tapi juga tak kalah efektif untuk memberikan kesan berkelas dan elegan. Hal tersebut dikarenakan motif tegel hadir dengan banyak pilihan warna, keramik satu ini sangat cocok untuk Kamu yang suka gaya nyentrik tapi tetap klasik.

Baca Juga: Desain Tangga Leter L Untuk Ruang Sempit

Keramik Industrial Style

keramik tangga kasar
(Kumparan)

Keramik gaya industrial sangat cocok jika Kamu ingin memilih gaya minimalis tapi tidak pasaran dan berbeda. Selain itu juga cocok diterapkan untuk meningkatkan sisi industrial tapi tidak mau jenis tangga dengan beton terekspos.

Coba pilih bahan granit untuk tangga kasar yang tidak licin dengan lapisan gaya rustic nan mewah. Jenis keramik tangga kasar industrial granit ini juga bisa dipasang di area teras agar tetap matching antara area luar dan dalam rumah.

Keramik Monochrome

keramik tangga kasar
(Shopee)

Keramik monokrom adalah perpaduan antara warna hitam dan putih sehingga akan ada motif yang membuatnya bertekstur. Hal ini akan membuat keramik lantai monokrom jadi tidak licin dan ada bagian kasarnya.

Motifnya juga pasti beragam, mulai dari geometris sampai floral banyak dijual di pasaran. Gaya monokrom ini sudah pasti memberikan kesan estetik dan cantik, terlebih jika dipadukan dengan cat putih atau aksen kayu di dekorasi lainnya.

Motif Vintage

keramik tangga kasar
(Vintage Millwork Restoration)

Jika tegel yang disebutkan di atas adalah lapisan penutup lantai yang terbuat dari campuran semen dan pasir, tapi bagian atasnya terbuat dari semen khusus. Di poin ini Kamu bisa memilih tegel motif vintage yang estetik dan cantik.

Seperti rumah nenek zaman dulu, jauh dari licin dan sangat artistik jika diaplikasikan di bagian lantai tangga yang kasar. Kamu berani memilih motif ini, Pins?

Keramik Motif 3D

keramik tangga kasar
(AliExpres)

Keramik motif 3D alias 3 dimensi sudah pasti memiliki variasi motif yang membuatnya sedikit bertekstur atau bahkan lebih kasar dari keramik polos. Motif dan warnanya juga banyak dijual dengan pilihan atau variasi yang banyak sesuai kebutuhan dekorasi dan selera pemilik rumah untuk diaplikasikan di tangga.

Jangan lupa jika motif 3 dimensi ini akan sangat membuat nuansa rumah menjadi dinamis dan terlihat berbeda. Tapi tetap cocok dipadukan dengan gaya keseluruhan rumah dan memiliki aksen 3 dimensi di salah satu sudut tangga ini.

Keramik Aksen Warna Krem

keramik tangga kasar
(Home Stratosphere)

Aksen warna krem mirip dengan warna putih yang memberikan nuansa minimalis tapi tidak sepi. Warna atau tone krem juga tetap bisa memberikan kesan lapang pada rumah, terutama jika diaplikasikan pada tangga dengan tekstur kasarnya.

Ilusi interiornya itu juga akan menghadirkan kesan elegan nan minimalis yang tentu cocok dipadukan dengan elemen dekorasi lain yang sama-sama simpel ataupun lebih berani dengan permainan warna ataupun motif.

Misalnya, tambahkan dekorasi hiasan gantung di dinding sisi tangganya dengan jam rustic berwarna putih dan oranye agar tangga tidak terasa remang-remang. Jangan lupa untuk menambahkan pencahayaan yang cukup agar penglihatan tetap aman terjaga. Kamu bisa mengaplikasikan lampu gantung di langit-langit tangga atau pun lampu LED di bagian bawah tangga agar lebih estetik.

Bagaimana ke-10 rekomendasi keramik tangga tidak licin di atas? Cukup menarik bukan, Pins? Kira-kira kamu akan pilih yang mana?

Featured Image Source: Freepik/Hello David Prado Perucha

Baca Juga: 15 Desain Plafon Kamar Mandi yang Menarik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia