8 Inspirasi Kanopi Untuk Dapur Terbuka di Rumah

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ 9 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Memiliki dapur di halaman dengan konsep semi terbuka akan membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. Terlebih jika lahan rumah cukup luas dan desain dapur yang bagus akan menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. 

Selain digunakan sebagai dapur biasa untuk memasak, namun juga bisa digunakan untuk kegiatan berkumpul dengan keluarga dengan makan-makan bersama di halaman belakang. Bagi

Pins yang ingin membuat dapur terbuka tapi kebingungan mencari desain kanopi yang tepat. Yuk simak desain kanopi untuk dapur terbuka di rumah lewat ulasan di bawah ini!

Baca juga: Cara Menghitung Harga Kanopi Baja Ringan Per m2

Kanopi Atap Kaca Semi Transparan

Kanopi untuk dapur terbuka
(Temonggo)

Kanopi dengan atap kaca semi transparan sangat cocok untuk digunakan pada dapur terbuka. Meski tidak dapat melihat langit dengan jelas, kanopi dengan atap semi transparan akan membuat dapur.

Pins mendapat pencahayaan alami pada siang hari, sehingga akan membuat Pins jadi lebih menghemat listrik di dapur karena pencahayaan alami yang didapatkan.

Kanopi dengan Atap Kaca Transparan

kanopi untuk dapur terbuka
(Amalian pihakeittiö)

Atap kaca atau yang sering disebut juga dengan skylight merupakan salah satu pilihan atap yang bisa digunakan pada dapur terbuka Pins. Kanopi dengan atap kaca transparan sudah sering digunakan pada rumah-rumah modern di luar negeri.

Tidak hanya itu, kaca transparan juga biasa digunakan pada rumah-rumah kaca. Atap yang satu ini akan membuat dapur terbuka Pins menjadi terlihat minimalis modern. Kaca transparan ini akan memudahkan cahaya matahari mudah masuk ke dalam dapur sehingga dapur akan mendapatkan pencahayaan alami. 

Sama dengan kanopi atap kaca semi transparan, atap dapur terbuka minimalis dengan kaca transparan Pins akan lebih menghemat listrik pada siang hari.

Kanopi Rangka Kayu dan Atap Semi Transparan

kanopi untuk dapur terbuka
(rapta.fi)

Penggunaan atap semi transparan memang biasa digunakan pada dapur-dapur semi terbuka. Selain untuk melindungi dapur saat turunnya hujan, dengan atap semi transparan ini memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam dapur. 

Selain itu, rangka kayu pada atap juga akan menambahkan kesan natural pada dapur terbuka Pins. Oleh karena itu kanopi untuk dapur terbuka ini sangat cocok dijadikan sebagai kanopi dapur Pins.

Baca juga: 11 Tanaman Rambat untuk Kanopi yang Lebih Cantik

Kanopi dengan Polycarbonate

Kanopi untuk dapur terbuka
(Babe TopBuzz)

Salah satu kanopi yang sering digunakan pada dapur terbuka lainnya adalah polycarbonate. Kanopi yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti atap untuk dapur terbuka.

Polycarbonate akan membuat cahaya matahari mudah masuk ke dalam dapur dan bahannya yang kurang tebal akan membuat hangatnya sinar matahari lebih terasa di dapur. Dengan menggunakan polycarbonate, budget yang dikeluarkan akan lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan atap kaca.

Baca juga: Jenis Atap Polycarbonate Beserta Harga Terbarunya

Kanopi Dapur Terbuka dengan Aksen Kayu

Kanopi untuk dapur terbuka
(trex-outdoorkitchen)

Material kayu memang telah banyak digunakan sejak dulu sebagai atap rumah. Terutama pada rumah-rumah adat di Indonesia. Kayu juga bisa Pins gunakan sebagai atap dapur kanopi. Material kayu akan menampilkan kesan natural dan fresh yang akan membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, penggunaan kayu juga akan membuat dapur lebih sejuk dan memiliki tampilan minimalis yang cukup modern. Mengingat penggunaan aksen kayu semakin banyak pada desain-desain properti modern.

Kanopi Beton

Kanopi untuk dapur terbuka
(chavesnamao)

Rekomendasi kanopi untuk dapur terbuka selanjutnya adalah kanopi dari beton. Beton merupakan material yang sangat kuat sehingga akan membuat tampilan dapur Pins sangat kokoh. Selain itu, dengan menggunakan beton, atap rumah menjadi terlihat lebih modern. 

Atap beton telah banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis modern dan membuat atap lebih awet dan tahan lama. Tidak hanya itu, atap beton juga mampu menahan hangatnya cahaya matahari sehingga dapur tetap terasa sejuk meski matahari sedang terik.

Baca juga: Desain untuk Model Dapur Minimalis Sederhana

Kanopi Spandex Transparan

Kanopi untuk dapur terbuka
(plasticoscomerciales)

Bahan spandex merupakan salah satu pilihan atap yang bisa digunakan sebagai atap dapur terbuka minimalis Pins. Atap yang satu ini memiliki beberapa ukuran ketebalan yang bervariasi. Ukuran ini dapat Pins sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Pins. 

Selain itu, atap spandex yang transparan membuat dapur akan mendapatkan sinar matahari dengan mudah, sehingga dapur akan mendapatkan pencahayaan secara alami.

Dengan menggunakan atap spandex, Pins juga akan mengeluarkan budget yang lebih kecil dibandingkan menggunakan atap kaca yang lebih mahal.

Kanopi Fiber Glass Untuk Dapur Terbuka

Kanopi dengan bahan fiber glass
(retractablecanopies)

Rekomendasi kanopi untuk dapur terbuka selanjutnya adalah kanopi dengan fiber glass. Kanopi yang satu ini juga sudah sering digunakan sebagai atap untuk dapur terbuka minimalis.

Fiber glass memiliki tampilan transparan dengan material yang lebih ringan jika dibandingkan dengan kaca. Sehingga pemasangannya lebih mudah. Selain itu kanopi yang satu ini juga memiliki harga yang lebih murah. Oleh karena itu fiber glass sering digunakan sebagai atap dapur kanopi untuk meminimalisir budget.

Itulah daftar desain kanopi untuk dapur terbuka minimalis yang bisa menjadi pilihan Pins. Semoga dengan ulasan di atas dapat membuat Pins tidak kebingungan lagi untuk menentukan kanopi yang cocok untuk dapur terbuka milik Pins.

Jangan lupa untuk menentukan luas dan lebar ruangan terlebih dulu sebelum membeli kanopi untuk dapur minimalis Pins. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia