BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Kanopi Untuk Dapur Terbuka di Rumah
0
0

10 Inspirasi Kanopi Untuk Dapur Terbuka di Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 27, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki dapur di halaman dengan konsep semi terbuka akan membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. Terlebih jika lahan rumah cukup luas dan desain dapur yang bagus akan menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Kanopi untuk dapur terbuka bisa digunakan untuk kegiatan berkumpul dengan keluarga dengan makan-makan bersama di halaman belakang.

Gunakan aplikasi Pinhome dan manfaatkan fitur Program KPR Bank untuk mewujudkan hunian dengan dapur terbuka yang kamu inginkan. Lewat Pinhome kamu juga bisa memperoleh informasi seputar rumah bekas di Kota Bogor yang dekat dengan Pasar Suryakencana Bogor atau rumah baru di Kabupaten Bekasi misalnya Griya Parama.

Ide Kanopi Untuk Dapur Terbuka

Pins yang ingin membuat dapur terbuka tapi kebingungan mencari desain kanopi yang tepat. Yuk simak desain kanopi untuk dapur terbuka di rumah lewat ulasan di bawah ini!

1. Kanopi Atap Kaca Semi Transparan

Kanopi untuk dapur terbuka dengan kaca transparan
Source : Temonggo

Kanopi dengan atap kaca semi transparan sangat cocok untuk digunakan pada dapur terbuka. Meski tidak dapat melihat langit dengan jelas, kanopi dengan atap semi transparan akan membuat dapur. Pins mendapat pencahayaan alami pada siang hari, sehingga akan membuat Pins jadi lebih menghemat listrik di dapur karena pencahayaan alami yang didapatkan.

Baca juga: Cara Menghitung Harga Kanopi Baja Ringan Per m2

2. Kanopi dengan Atap Kaca Transparan

Source : Amalian pihakeittiö

Atap kaca atau yang sering disebut juga dengan skylight merupakan salah satu pilihan atap yang bisa digunakan pada dapur terbuka Pins. Kanopi dengan atap kaca transparan sudah sering digunakan pada rumah-rumah modern di luar negeri.

Tidak hanya itu, kaca transparan juga biasa digunakan pada rumah-rumah kaca. Atap yang satu ini akan membuat dapur terbuka Pins menjadi terlihat minimalis modern.

Kaca transparan ini akan memudahkan cahaya matahari mudah masuk ke dalam dapur sehingga dapur akan mendapatkan pencahayaan alami. Sama dengan kanopi atap kaca semi transparan, model kanopi untuk dapur minimalis dengan kaca transparan Pins akan lebih menghemat listrik pada siang hari.

3. Kanopi Rangka Kayu dan Atap Semi Transparan

kanopi untuk dapur terbuka dengan rangka kayu
Source : rapta.fi

Penggunaan atap semi transparan memang biasa digunakan pada dapur-dapur semi terbuka. Selain untuk melindungi dapur saat turunnya hujan, dengan atap semi transparan ini memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam dapur. 

Selain itu, rangka kayu pada atap juga akan menambahkan kesan natural pada dapur terbuka Pins. Oleh karena itu model kanopi untuk dapur terbuka ini sangat cocok dijadikan sebagai kanopi dapur Pins.

4. Kanopi dengan Polycarbonate

Source : Babe TopBuzz

Salah satu kanopi yang sering digunakan pada dapur terbuka lainnya adalah polycarbonate. Kanopi yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti atap untuk dapur terbuka.

Polycarbonate akan membuat cahaya matahari mudah masuk ke dalam dapur dan bahannya yang kurang tebal akan membuat hangatnya sinar matahari lebih terasa di dapur. Dengan menggunakan polycarbonate, budget yang dikeluarkan akan lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan atap kaca.

5. Kanopi Dapur Terbuka dengan Aksen Kayu

Kanopi untuk dapur terbuka dengan bahan marmer
Source : trex-outdoorkitchen

Material kayu memang telah banyak digunakan sejak dulu sebagai atap rumah. Terutama pada rumah-rumah adat di Indonesia. Kayu juga bisa Pins gunakan sebagai atap dapur kanopi. Material kayu akan menampilkan kesan natural dan fresh yang akan membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, penggunaan kayu juga akan membuat dapur lebih sejuk dan memiliki tampilan minimalis yang cukup modern. Mengingat penggunaan aksen kayu semakin banyak pada desain-desain properti modern.

Baca juga: Desain untuk Model Dapur Minimalis Sederhana

6. Kanopi Beton

Source : chavesnamao

Rekomendasi kanopi untuk dapur terbuka selanjutnya adalah kanopi dari beton. Beton merupakan material yang sangat kuat sehingga akan membuat tampilan dapur Pins sangat kokoh. Selain itu, dengan menggunakan beton, atap rumah menjadi terlihat lebih modern. 

Atap beton telah banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis modern dan membuat atap lebih awet dan tahan lama. Tidak hanya itu, atap beton juga mampu menahan hangatnya cahaya matahari sehingga dapur tetap terasa sejuk meski matahari sedang terik.

7. Kanopi Spandex Transparan

Source : plasticoscomerciales

Bahan spandex merupakan salah satu pilihan atap yang bisa digunakan sebagai atap dapur terbuka minimalis Pins. Atap yang satu ini memiliki beberapa ukuran ketebalan yang bervariasi. Ukuran ini dapat Pins sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Pins. 

Selain itu, atap spandex yang transparan membuat dapur akan mendapatkan sinar matahari dengan mudah, sehingga dapur akan mendapatkan pencahayaan secara alami. Dengan menggunakan atap spandex, Pins juga akan mengeluarkan budget yang lebih kecil dibandingkan menggunakan atap kaca yang lebih mahal.

8. Kanopi Fiber Glass Untuk Dapur Terbuka

Source : retractablecanopies

Rekomendasi kanopi untuk dapur terbuka selanjutnya adalah kanopi dengan fiber glass. Kanopi yang satu ini juga sudah sering digunakan sebagai atap untuk dapur terbuka minimalis.

Fiber glass memiliki tampilan transparan dengan material yang lebih ringan jika dibandingkan dengan kaca. Sehingga pemasangannya lebih mudah. Selain itu kanopi yang satu ini juga memiliki harga yang lebih murah. Oleh karena itu fiber glass sering digunakan sebagai atap dapur kanopi untuk meminimalisir budget.

9. Kanopi Galvalum Semi Dapur Terbuka

Source : Pinterest

Galvalum transparan bisa jadi bahan untuk open space kitchen. Bahannya kokoh dan tebal dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada rangka besi. Untuk pemasangannya mudah disesuaikan dengan kebutuhan dapur kamu.

10. Model Atap Segitiga

Source : Pinterest

Desain model atap segitiga ini membuat ruangan terkesan unik dan futuristik. Bahan dasarnya kaca yang dikombinasikan dengan rangka baja agar lebih kuat. Cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan dengan maksimal dan terlindung dari ranting pohon sehingga tidak terlalu menyilaukan.

Itulah daftar desain kanopi untuk dapur terbuka minimalis yang bisa menjadi pilihan Pins. Semoga dengan ulasan di atas dapat membuat Pins tidak kebingungan lagi untuk menentukan kanopi yang cocok untuk dapur terbuka milik Pins. Jangan lupa untuk menentukan luas dan lebar ruangan terlebih dulu sebelum membeli kanopi!

Baca juga:

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Intan Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download