Pinhome

Uncategorized

Cara menghitung harga kanopi baja ringan per m2

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Ini kita uraikan mengenai cara menghitung harga kanopi baja ringan per m2 semoga bisa menjadi referensi dalam memperkirakan biaya atau budget yang diperlukan untuk membuat kanopi rumah tinggal, toko, ruko, maupun bangunan lainya. Dewasa ini sistem struktur baja ringan banyak digunakan oleh masyarakat indonesia maupun mancanegara karena harganya yang terjangkau, mudah dalam pemasangan, serta awet karena tidak dimakan rayap seperti yang terjadi pada kayu. Penggunaan baja ringan sebagai rangka kanopi kanopi bisa dikombinasikan dengan berbagai macam material penutup atap seperti galvalum, multi roof, papan fiber, atau bahan bangunan lainya.

kanopi baja ringan
kanopi baja ringan

Menghitung luas kanopi

caranya yaitu dengan menggunakan rumus luas bangun datar, tergantung seperti apa bentuk kanopinya, jika persegi panjang maka dihitung dengan rumus panjang kali lebar. contohnya jika kita hendak membuat kanopi di halaman car port rumah berbentuk persegi panjang dengan ukuran lebar 3m dan panjang 5m, maka luas kanopi = 3m x 5m = 15m2.

Mencari tahu harga kanopi per m2

untuk lebih cepatnya bisa bertanya kepada pemborong atau kontraktor baja ringan, perlu bertanya dengan lebih dari satu pemborong agar bisa mendapatkan harga perbandingan sekaligus mendapatkan biaya termurah. Harga tersebut dipengaruhi oleh kualitas material yang dipakai, tingkat kesulitan dalam pemasangan, serta waktu pelaksanaan. misalnya kita dapatkan harga borongan per m2 untuk kanopi dengan rangka baja ringan canal c berpenutup galvalum seharga Rp.150.000,-/m2.

Menghitung harga borongan kanopi baja ringan

Rumus biaya kanopi = luas kanopi dalam m2 x harga borongan per m2

Pada contoh ini kita sudah punya dua data yang diperlukan dalam perhitungan, yaitu kanopi seluas 15m2 dengan harga borongan Rp.150.000,-/m2. dari kedua data tersebut maka kita sudah dapat memperkirakan biaya untuk membuatnya. cara menghitungnya seperti ini.

Biaya pembuatan kanopi = 15m2 x Rp.120.000,- = Rp.2.250.000,- terbilang (dua juta dua ratus lima puluh ribu rupiah)

Cara menghitung harga kanopi baja ringan per m2 ini juga berlaku untuk memperkirakan biaya atap, karena secara prinsip pekerjaanya sama, hanya lokasi pemasanganya saja yang berbeda.

Tags :

Bagikan Artikel