Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Beragam Manfaat Lidah Buaya Mulai dari Wajah hingga Rambut

Lifestyle

Beragam Manfaat Lidah Buaya Mulai dari Wajah hingga Rambut

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 8 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Lidah buaya (Aloe vera) sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tanaman herbal. Hal ini lantaran lidah buaya sering digunakan sebagai bahan utama krim wajah, minuman sehat, pelembab kulit hingga perawatan rambut. Manfaat lidah buaya tersebut yang menyebabkan banyak masyarakat menanam tanaman ini di halaman rumah.

Pinhome –  Tanaman lidah buaya mempunyai khasiat istimewa karena kandungan nutrisi di dalam pelepah yang sangat bervariasi. Mulai dari vitamin A sampai E, mineral seperti kalsium, magnesium hingga enzim seperti amylase, catalase dan cellulose. Walaupun berduri, tanaman ini aman untuk disentuh, sehingga untuk memanen tanaman ini kamu bisa langsung memotong dengan tangan, gunting atau pisang dengan mudah. 

Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Luka Bakar

Duri pada daun tanaman berdaging ini memiliki jarak sehingga kamu bisa memegangnya dengan mudah. Ukuran duri yang besar dan hanya tumbuh pada sisi kanan dan kiri inilah yang menyebabkan lidah buaya ramah disentuh. Berbeda dengan duri mawar yang tajam, runcing, kecil dan rapat-rapat.

Manfaat tanaman lidah buaya yang beragam membuat banyak orang tidak ragu lagi untuk mengonsumsi atau menggunakan tanaman ini. Ada yang mengolah menjadi makanan atau minuman sehingga dapat ditelan, dan ada juga yang mengoleskan bagian daging atau ekstrak lidah buaya pada kulit wajah dan kepala. Lalu, apa lagi ya manfaat dari tanaman lidah buaya ini? Mari kita simak selengkapnya berikut!

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut
(Woman Talk)

Baca Juga: Apa Manfaat Lidah Buaya Untuk Tubuh Dan Kesehatan?

Lidah buaya mempunyai kandungan nutrisi yang kaya, mulai dari vitamin hingga mineral. Hal inilah yang menyebabkan lidah buaya mempunyai popularitas yang tinggi di bidang kesehatan. Berikut ini khasiat dari tanaman lidah buaya untuk kesehatan tubuh, yuk kita simak bersama!

Mengurangi rasa sakit sariawan

Kandungan vitamin C pada daging tanaman bisa meredakan rasa sakit pada sariawan. Hal ini pun telah diakui secara medis, sehingga banyak brand obat sariawan yang menggunakan aloe vera sebagai bahan utama. Selain dalam bentuk obat, lidah buaya juga digunakan sebagai bahan utama minuman penyegar untuk panas dalam. Wah, menarik bukan?!

Mengontrol tensi darah

Aloe vera mempunyai senyawa aktif flavonoid, arginine, dan kalium yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain dalam bentuk obat, lidah buaya bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau minuman yang diracik sendiri.

Mengurangi risiko plak gigi

Pamor aloe vera yang mampu mengurangi risiko plak dan menjaga kekuatan gigi sudah bukan rahasia lagi. Hal inilah yang menyebabkan banyak brand pasta gigi yang menggunakan aloe vera sebagai bahan baku utama dari kandungan odol. Sifat lidah buaya yang dingin membuat mulut lebih segar setelah menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung ekstrak aloe vera.

Meredakan batuk

Sebagai tanaman serba bisa, lidah buaya juga bisa menjadi obat batuk. Khasiatnya adalah mampu meredakan tenggorokan gatal, membuang lendir atau dahak hingga mengobati batuk yang mengganggu.

Mengontrol asam lambung

Jus lidah buaya dipercaya mampu mengurangi rasa sakit akibat maag. Artinya, lidah buaya mampu mengontrol produksi asam lambung sehingga bisa menghilangkan rasa nyeri. Namun, kamu perlu melakukan konsultasi dahulu ke dokter untuk mengonsumsi lidah buaya sebagai obat asam lambung.

Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada lidah buaya membuatnya mampu menjadi asupan untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahkan lidah buaya pun sudah sering diproduksi dalam bentuk jus, minuman botol dan kaleng agar lebih mudah dikonsumsi oleh masyarakat.

Manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut
(Kita Kini News)

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tanaman aloe vera ini bisa membawa manfaat bagi wajah dan rambut. Pasti kamu sudah sering melihat banyak brand pembersih muka atau sampo yang menggunakan bahan dasar aloe vera bukan? Nah, ini adalah contoh khasiat dari tanaman lidah buaya. Lalu apa lagi ya manfaat tanaman ini untuk wajah dan rambut? Yuk kita simak bersama!

Melembabkan kulit

Manfaat lidah buaya untuk kulit yang pertama adalah melembabkan kulit. Aloe vera sering digunakan sebagai bahan baku gel pelembab kulit yang bisa kamu gunakan kapan saja. Tekstur gel yang dingin bisa mengurangi kulit kering sehingga lebih segar saat beraktivitas.

Mengurangi kulit kusam

Selain melembabkan, kandungan aloe vera juga bisa mengurangi kulit kusam. Manfaat lidah buaya untuk wajah yang paling dibutuhkan adalah menjaga wajah tetap cerah. Hal ini penting sekali, mengingat saat kita beraktivitas biasanya akan langsung bertatapan dengan kolega atau rekan kerja. Mau tidak mau, kamu harus tampil prima dan cerah dengan kulit yang segar. 

Mengurangi iritasi jerawat

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang selanjutnya adalah mengurangi iritasi jerawat. Jerawat disebabkan oleh beberapa hal yang pertama menumpuknya bakteri pada wajah, kedua karena aktivitas hormonal dan terakhir asupan makanan yang tidak sehat. Apabila timbul jerawat, kamu bisa menggunakan tanaman ini sebagai pereda iritasi acne pada muka.

Memperbaiki rambut rusak

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut
(Honest Doc)

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang pertama adalah memperbaiki rambut rusak. Nutrisi pada aloe vera bisa memberikan keuntungan pada rambut. Kualitas rambut rusak bisa diperbaiki oleh tanaman ini, cara kerjanya adalah dengan menutrisi akar dan juga rambut. Alhasil, rambut kamu akan lebih kuat dan sehat.

Mengurangi rasa gatal pada kulit kepala

Manfaat selanjutnya adalah tanaman ini bisa mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Sifatnya yang memberikan rasa sejuk dan dingin akan membuat kamu nyaman saat mengoleskan tanaman ini pada kepala. Apabila kamu tidak bisa mengolah tanaman tersebut secara langsung, gunakan saja sampo atau nutrisi rambut yang berbahan utama aloe vera.

Mengurangi rambut berminyak

Selanjutnya, tanaman ini bisa mengurangi rambut berminyak. Kerap kali saat beraktivitas, kamu akan bersentuhan langsung dengan debu, polusi hingga paparan sinar matahari. Hal ini akan membuat rambut kotor dan penuh minyak. Maka dari itu, menggunakan sampo lidah buaya bisa membantu mengurangi minyak pada rambut.

Pins, menggunakan tanaman aloe vera bisa menjadi opsi tepat dalam menjaga kesehatan kulit wajah dan kepala. Namun, kamu harus tetap memastikan apakah kamu mempunyai alergi terhadap tanaman ini. Lakukan konsultasi ke dokter sebelum menggunakan tanaman ini atau produk yang mengandung aloe vera agar hasil optimal ya.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel