Pinhome

Tips Properti

Daftar Penyebab Rumah Roboh

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Apa saja daftar hal-hal yang dapat menjadi penyebab rumah roboh? mari kita bahas disini. mempunyai rumah yang indah merupakan sebuah idaman keluarga, namun keindahan tersebut harus didukung oleh kriteria kekuatan yang seringkali lupa atau diabaikan dalam membangun rumah sehingga keindahan bangunan segera lenyap seiring dengan keruntuhan rumah idaman. jadi dalam membangun rumah perlu kita tetapkan tujuan besar yaitu indah dan kuat, selain itu ada aspek penting dari segi penghematan biaya yaitu bagaimana caranya agar proses pembangunan bisa ekonomis. disini kita cari tahu apa saja yang dapat menyebabkan rumah ambruk.

Daftar penyebab rumah roboh

  1. Bagiaman keadaan tanah, perlu diketahui bagaimana kondisi tanah apakah aman untuk melakukan pembangunan di atasnya, tanah berlumpur bisa jadi tidak kuat untuk menopang beban bangunan, namun jenis tanah tertentu dapat diperbaiki strukturnya sehingga aman untuk membangun rumah.
  2. Struktur rumah tidak kuat, misalnya pada rumah tembok maka harus memperhatikan bagian strukturnya yaitu pondasi, sloof, kolom, balok dan rangka atap. semua komponen tersebut dihitung dan direncanakan sedemikian rupa sehingga didapatkan jenis,jumlah dan dimensi material bangunan yang kuat untuk digunakan.
  3. Terjadi gempa sehingga perlu dilakukan perhitungan kekuatan rumah tahan gempa, minimal dapat bertahan sekian waktu saat terjadi gempa sehingga orang yang berada didalamnya sempat keluar mnyelematkan diri sebelum terjadi keruntuhan.
  4. Terjadi kebakaran yang melemahkan struktur rumah, rumah beton merupakan material paling sanggup bertahan saat terjadi kebakaran namun perlu diperhitungkan juga kekuatan bertahan yang ada apakah akan mengalami perlemahan pasca kebakaran sehingga bangunan tersebut aman untuk digunakan kembali.
  5. Pada rumah tembok yang kurang memperhatikan kualitas kolom praktis maka dinding batu bata ikut menahan beban bangunan sehingga seringkali terjadi keretakan tembok, apabila dinding ini tidak sanggup bertahan maka besar kemungkinan akan menjadi penyebab rumah roboh.
  6. Rumah tua yang mengalami kerusakan juga punya resiko mengalami kerobohan.
  7. Cuaca dan keadaan lingkungan disekitar rumah yang dapat melemahkan struktur, misalnya membangun rumah dengan struktur besi pada daerah dekat air asin tentu bisa mengalami karat sehingga ada resiko roboh.
  8. Ada kesengajaan untuk menghancurkan rumah misalnya perobohan dengan alat berat seperti buldozer pada kegiatan penertiban oleh pemerintah atau memang dirobohkan sendiri oleh pemiliknya karena hendak membangun rumah berbeda diatas tanah tersebut.

Jika kita lihat hal-hal yang bisa menjadi penyebab kerobohan rumah maka kita tahu bahwa semaksimal apapun usaha kita dalam merencanakan rumah terkuat masih juga ada resiko roboh, entah itu terjadi bencana alam dahsyat seperti gempa, tsunami dan sebagainya. oleh karena itu selain berusaha membangun rumah kuat ada hal penting yang tidak boleh dilupakan yaitu berdoa kepada Tuhan yang maha kuat 🙂

Tags :

Bagikan Artikel