BlogLifestyleEdukasiDaftar Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan Terlengkap
0
0

Daftar Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan Terlengkap

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 27, 2023

18 menit membaca

Copied to clipboard
hitungan weton jawa untuk pernikahantop-right-banner

Salah satu hal yang sering dipertimbangkan dengan filosofi Jawa ketika akan melakukan hajatan besar atau membeli barang-barang penting, seperti rumah di kota Surabaya dan sekitarnya adalah weton. Hitungan weton Jawa ini dapat dipakai untuk menentukan tanggal pernikahan berdasarkan hari kelahiran mereka.

Ini karena weton memiliki pengaruh besar terhadap nasib seseorang dalam kepercayaan jawa. Maka dari itu, penting untuk memahami konsep weton Jawa secara keseluruhan untuk memutuskan pernikahan, beli rumah baru, maupun aksi besar lainnya. Simak informasi selengkapnya di sini!

Apa Itu Weton?

Dalam sebuah kalender Jawa, satu pekan adalah merupakan tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa atau yang disebutnya dengan istilah pancawarna. Pancawara adalah sebuah siklus hari pasaran atau sebuah putaran lima hari pasaran di antaranya seperti Hari Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Ramalan berdasarkan hari lahir ini memang sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Sistem penanggalan ini digunakan olah masyarakat adat Jawa bukan hanya sebagai penanda hari lahirnya seseorang saja. Namun, hal ini juga digunakan untuk menentukan banyak hal, misalnya:

  • Masa tanam panen
  • Bepergian
  • Menentukan keputusan, misalnya membeli atau menjual rumah
  • Menggambarkan karakter atau nasib seseorang

Sementara itu, hitungan weton bisa Pins gunakan untuk melihat kecocokan pasangan ketika hendak melangsungkan pernikahan. Mulai dari karakter masing-masing yang tentunya akan menggambarkan kehidupan rumah tangga nantinya. Lantas, bagaimana cara menghitung weton jodoh sebelum melaksanakan pernikahan? Ini cara-caranya.

Baca juga: Pakaian Adat Jawa Timur dan Fakta Uniknya

Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan

Kecocokan dan keberuntungan dari pasangan calon mempelai dapat dihitung dari weton kelahiran dari kedua calon mempelai tersebut. Pasalnya, weton kelahiran sendiri juga dapat menentukan watak dan nasib.

Bagi masyarakat Jawa, mengetahui weton kelahiran itu sangat penting karena nantinya kita akan tahu mengenai kegiatan, nasib, atau peristiwa yang terjadi di masa yang akan datang setelah melaksanakan pernikahan.

Weton Jawa dengan Neptu

hitungan weton jawa untuk pernikahan
Source : Shutterstock

Neptu adalah istilah yang menggambarkan besaran nilai hari pasaran Jawa atau nilai hari lahir pada seseorang. Nilai ini nantinya akan dijumlahkan dan dihitung.

Umumnya, sistem ini sering dipakai dalam hitungan weton untuk pernikahan dan melihat kecocokan calon mempelai pasangan. Hari lahirnya seseorang sama halnya dengan hari yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari, yakni Senin, Selasa, Rabu, hingga minggu.

Sementara itu, hari pasaran dalam masyarakat Jawa seperti, pon, kliwon, legi, pahing dan wage. Dalam hal inilah perhitungan atau penjumlahan antara hari lahir dan hari pasaran Jawa yang disebutnya dengan weton Jawa. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah hitungan weton Jawa untuk pernikahan.

Neptu Berdasarkan Hari Lahir

  • Hari Nilai
  • Minggu 5
  • Senin 4
  • Selasa 3
  • Rabu 7
  • Kamis 8
  • Jumat 6
  • Sabtu 9

Neptu Berdasarkan Nama Hari Pasaran Jawa

  • Hari Pasaran Nilai
  • Wage 4
  • Kliwon 8
  • Legi 5
  • Pahing 9
  • Pon 7

Hitungan Weton Jodoh

Jika ingin coba menghitung weton dengan jumlah neptu, ikuti langkah-langkah di bawah ini, ya! Tidak begitu sulit seperti aksara jawa, kok.

  1. Tentukan nilai neptu dari hari kelahiran dan hari pasaran jawa pada kedua calon mempelai tersebut.
  2. Lakukan penjumlahan hari sesuai weton masing-masing sebelum pernikahan
  3. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengetahui cocok atau tidaknya kedua calon mempelai.

Contoh Penjumlahan Weton

  • Calon mempelai pria lahir pada Hari Jumat Kliwon berarti jumlahnya 6 + 8 = 14.
  • Calon mempelai wanita lahir pada Hari Rabu Pon berarti jumlah 7 + 7 = 14.
  • Kedua angka tersebut dijumlahkan dan menghasilkan 14 + 14 = 28
  • Dari hasil penjumlahan bisa dilihat apakah kedua calon mempelai bisa meneukan kecocokan atau tidak.

Baca juga: 5 Rumah Adat Jawa Tengah: Sejarah, Arsitektur dan Keunikannya

Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Hasil pegat, menurut hitungan weton jawa kemungkinan pasangan akan sering mendapatkan masalah di kemudian hari, bisa saja masalah ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan hingga menyebabkan pasangan bercerai.

Ratu (2, 11, 20, 29)

Hasil Ratu, menurut hitungan weton jawa bisa dikatakan bahwa pasangan ini memang sudah jodohnya. Pasalnya, di dalam kehidupan nanti keluarganya akan sangat dihargai dan disegani oleh tetangga maupun masyarakat sekitar. Bahkan, banyak orang yang iri hati karena keharmonisannya dalam membina rumah tangga.

Jodoh (3, 12, 21, 30)

Hasil Jodoh, menurut hitungan weton Jawa untuk pernikahan, pasangan ini memang cocok dan berjodoh. Mereka dapat saling menerima baik kelebihan atau kekurangannya. Selain itu, rumah tangganya dapat rukun sampai tua nanti.

Topo (4, 13, 22, 31)

Hasil Topo, menurut hitungan jawa di gambarkan dalam membina rumah tangga nanti akan mengalami kesusahan di awal, tetapi akan bahagia di akhir nanti.

Masalah ini bisa saja karena masalah ekonomi dan masih banyak lagi. Namun ketika sudah mempunyai anak dan cukup lama berumah tangga, di hari itulah kehidupanya akan menjadi sukses dan bahagia.

Tinari (5, 14, 23, 32)

Hasil Tinari, menurut hitungan weton jawanya berarti akan menemukan kebahagaiaan dimasa nanti. Selain itu gampang dalam mencari rezeki dan sering mendapatkan keberuntungan.

Padu (6, 15, 24, 33)

Hasil Padu, menurut hitungan weton jawa digambarkan dalam berumah tangganya nanti akan sering mengalami sebuah pertengkaran. Namun, pertengkaran ini tidak sampai mengarah ke sebuah perceraian. Masalah pertengkaran ini digambarkan hanya masalah yang sifatnya cukup sepele.

Sujanan (7, 16, 25, 34)

Hasil sujanan, menurut hitungan weton Jawa digambarkan bahwa dalam berumah tangganya nanti akan mengalami sebuah pertengkaran, bisa saja kerana perselingkuhan yang terjadi yang di mulai dari pihak laki-laki atau si perempuan.

Pesthi (8, 17, 26, 35)

Hasil Pesthi, menurut hitungan weton jawa digambarkan bahwa dalam berumah tangganya nanti akan selalu rukun, tenteram, adem ayem hingga tua nanti. Meskipun ada masalah, ini tidak akan bisa merusak keharmonisan keluarganya.

Weton Jawa Sisa Neptu

hitungan weton jawa
Source : Shutterstock

Sisa Neptu adalah hasil perhitungan matematis yang dilakukan berdasarkan weton seseorang. Perhitungan ini juga digunakan untuk mengetahui hari baik atau hari buruk bagi seseorang saat berkegiatan, misalnya membeli atau membangun rumah.

Sisa Neptu juga bisa kamu hitung dengan mengurangi hari kelahiran seseorang dari jumlah hari dalam satu siklus kalender berbahasa Jawa yang terdiri dari 35 hari. Hasil pengurangan tersebut biasanya akan menghasilkan Sisa Neptu dari 0 hingga 34. Berikut daftar weton Jawa Sisa Neptu.

  • Sisa 1 (Wasesasegara) – watak yang sabar, pemaaf, berbudi luhur, dan berwibawa
  • Sisa 2 (Tunggaksemi) – rezeki akan dimudahkan dan dilancarkan
  • Sisa 3 (Satriya wibawa) – mendapatkan kemuliaan dan keluhuran yang tinggi
  • Sisa 4 (Sumur sinaba) – banyak orang yang datang ingin berguru dan meminta ilmu
  • Sisa 5 (Satriya Wiring) – sering kesusahan, tapi bisa ditolak dengan memotong ayam saat ijab kabul
  • Sisa 6 (Bumikepetak) – memiliki hati yang lapang dan pekerja keras dengan cobaan bertubi-tubi, tapi bisa diatasi dengan mengubur tanah saat ijab kabul.
  • Sisa 7 (Lebu ketiup. angin) – sulit mencapai cita-cita, sering mendapat kesulitan, dan dan sering berpindah rumah. Hal ini bisa diatasi dengan menabur debu saat akan ijab kabul.

Baca juga: Tradisi Jawa yang bernafaskan Islam

Hasil dari Penjumlahan Weton

PEGAT19JODOH
RATU20TOPO
JODOH21TINARI
TOPO22PADU
TINARI23SUJANAN
PADU24PESTH
SUJANAN25PEGAT
PESTHI26RATU
PEGAT27JODOH
RATU28TOPO
JODOH29TINARI
TOPO30PADU
TINARI31SUJANAN
PADU32PESTHI
SUJANAN33PEGAT
PESTHI34RATU
PEGAT35JODOH
RATU36TOPO

Neptu Bulan dan Tahun Jawa

Sejak dulu, masyarakat Jawa juga sangat memperhatikan neptu hitungan bulan dan tahun kelahiran. Namun, hitungan bulan maupun tahun sudah jarang dipakai sebagai hitungan weton untuk pernikahan maupun kecocokan pasangan.

Sebagian orang Jawa masih sering menggunakan neptu bulan dan tahun sebagai alat untuk menghitung waktu musim tanam, musim hujan, musim kemarau, dan jumlah tangkapan ikan untuk nelayan. Berikut ini nilai neptu bulan dan tahun Jawa berdasarkan hitungan adat Jawa.

BulanNilaiTahunNilai
Sura7Alip1
Sapar2Ehe5
Maulud3Jimawal3
Bada Maulud5Je7
Jumadil Awal6Dal4
Jumadil Akhir1Be2
Rejeb2Wawu6
Ruwah4Jimakhir3
Pasa5
Sawal7 
Sela1
Besar3

Hitungan Weton Ketemu 25

Menurut hitungan Jawa, salah satu weton jodoh yang harus dihindari adalah jumlah weton 25. Primbon Jawa percaya bahwa pasangan yang memiliki jumlah neptu 25 akan sering mendapatkan kesialan dalam berumah tangga.

Berdasarkan dari perhitungan tersebut, para tetua atau sesepuh biasanya akan menyarankan untuk berpisah saja sebelum acara pernikahan dilaksanakan. Hal ini bertujuan mencegah kesulitan atau bahaya yang akan terjadi di kemudian hari. Walau begitu, pasangan yang sudah memiliki keyakinan kuat tentu bisa mengatasi hal-hal yang yang akan terjadi di rumah tangga mereka.

Cara Mengatasi Weton Neptu 25

Source : Shutterstock

Solusi untuk menyiasati masalah ini yakni dengan hitungan weton untuk hari pernikahan yang jatuh pada tanggal bernilai Satriya Wibowo. Tanggal akad Satriya Wibowo inilah yang dapat dipercaya dan mampu menolak balak serta mampu menggugurkan semua kesialan atau ketidak baikan tersebut.

Tanggal yang memiliki arti Satriya Wibowo, biasanya akan jatuh di weton yang memiliki jumlah neptu 13 seperti hari weton berikut:

  • Senin Pahing
  • Kamis Legi
  • Jumat Pon
  • Sabtu Wage
  • Minggu Kliwon

Selain itu, pilih bulan yang menurutnya terbaik dan menghindari bulan Suro.

Baca juga: 7 Pakaian Adat Yogyakarta Lengkap dengan Gambar

Jenis Usaha yang Cocok Menurut Lahir

Source : Shutterstock

Weton Jawa tidak hanya digunakan untuk mencari kecocokan pasangan sebelum pernikahan. Masyarakat Jawa juga menggunakan perhitungan ini untuk melihat jenis usaha apa yang cocok menurut hari lahir. Begini penjelasannya.

Senin

Sesuai hitungan jawa, orang yang lahir di hari Senin tentunya memiliki neptu 4. Dalam sebuah buku primbon jawa dikatakan bahwa angka 4 adalah sifat yang mewakili firasat air.

Sementara itu, usaha yang cocok berdasarkan hari lahirnya yakni hari Senin adalah berdagang barang yang dijadikan sebagai kebutuhan pokok pada manusia. Misalnya, sembako, sayuran, air, ikan, daging, bumbu dapur.

Selasa

Orang yang lahir di hari Selasa memiliki neptu 3. Dalam sebuah buku primbon jawa bahwa angka 4 adalah kelahiran yang memiliki firasat bumi.

Sementara itu, usaha yang cocok menurut hari lahir Selasa yakni berdagang barang yang menjadi kebutuhan dalam rumah tangga. Contohnya, perabotan rumah tangga, alat dapur, lemari, kursi, tas, dompet kendaraan dan lainya.

Rabu

Orang yang lahir di hari Rabu memiliki neptu 7. Dalam buku primbon Jawa, angka 7 adalah kelahiran yang memiliki firasat angin. Di sisi lain, usaha yang cocok menurut hari lahir ini adalah dengan cara berjualan atau berdagang hewan ternak, seperti ayam, bebek, kambing, sapi, kerbau, ikan, dan burung.

Kamis

Orang yang lahir di hari Kamis memiliki neptu 8. Dalam buku primbon Jawa, angka 8 adalah kelahiran yang memiliki firasat api. Sementara itu, usaha yang cocok yakni dengan cara berdagang atau berjualan buah-buahan. Contohnya, mangga, apel, jeruk, salak, semangka, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 9 Daftar Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Jumat

Orang yang lahir di hari Jumat memiliki neptu 6. Dalam buku primbon jawa, angka 6 adalah kelahiran yang memiliki firasat awan. Sedangkan usaha yang cocok berdasarkan hari lahir Jumat adalah berdagang barang yang menjadi barang aksessoris pada manusia. Misalnya, usaha jual beli emas, perak, intan, berlian, gelang, kalung, baju, celana, dan lainya.

Sabtu

Orang yang lahir di hari Sabtu neptunya 9. Dalam buku primbon Jawa, angka 9 adalah kelahiran yang memiliki firasat langit. Sementara itu, usaha yang cocok orang yang lahir sabtu adalah dengan cara berdagang barang elektronik, kendaraan, atau membuka usaha bengkel.

Minggu

Orang yang lahir di hari minggu neptunya 5. Dalam buku primbon Jawa, angka 5 adalah kelahiran yang memiliki firasat matahari. Sementara itu, jenis dan nama usaha yang cocok di hari lahir minggu adalah dengan cara berdagang makanan, minuman, membuka warung makan, dagang kue, roti, es, warung jajanan, dan msih banyak lagi.

Primbon Jawa Weton dan Watak

hitungan weton jawa untuk pernikahan
Source : Shutterstock

Pada sebuah pasaran jawa yang dimulai dari “Manis, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon”. Sementara itu, untuk hari dimulai dari “Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu”.

Dari total keseluruhan, ada 35 hari berdasarkan pasaran Jawa dan semuanya itu tentunya memiliki arti tersendiri. Oleh karena itu, primbon jawa akan mengulas satu per satu, mulai dari hari.

Watak Berdasarkan Weton Neptu 7

Nilai weton neptu 7 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari Selasa Wage. Orang dengan neptu 7 bisanya memiliki watak yang sempit hatinya, pemalas, sering ingkar janji terhadap wanita, bahkan sering berbuat gegabah. Bila bercakap, pembicaraanya sedikit tersendat-sendat.

Watak Berdasarkan Weton Neptu 8

Nilai weton neptu 8 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari Senin Wage dan Selasa Legi. Orang dengan neptu 8 bisanya memiliki watak yang mudah panas hati, dengki, sering bermuka masam. Jika bertengkar, lawan bicaranya sering berakibat celaka. Dalam istilah primbon, watak ini disebut dengan berlaku seperti bumi.

Watak Berdasarkan Weton Neptu 9

Nilai weton neptu 9 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari Minggu Wage dan Senin Legi. Orang dengan neptu 9, bisanya memiliki watak yang lincah, suka berpindah-pindah, sikapnya lebih mementingkan isi perutnya sendiri. Namun, mereka tidak mudah terkena guna-guna (kebal). Dalam istilah primbon, watak ini disebut dengan berlaku seperti api.

Watak Berdasarkan Weton Neptu 10

Nilai weton neptu 10 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari Selasa Pon, Jumat Wage, dan Minggu Legi. Orang dengan neptu 10, biasanya memiliki watak yang pendiam, tidak mudah marah, cerdas, daya tangkapnya tinggi. Jika menjadi seorang dukun atau paranormal, mereka tidak mudah ditanyai. Dalam istilah primbon, watak ini disebut dengan berlaku seperti pelangi.

Baca juga: 15 Desain Ruang Tamu Jawa Kuno Penuh Makna

Watak Berdasarkan Weton Neptu 11

Nilai weton neptu 11 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari:

  • Senin Pon
  • Rabu Wage
  • Selasa Kliwon
  • Jumat Legi.

Orang dengan neptu 11, bisanya memiliki watak yang pemberani, suka berpidato bahasa jawa, tidak punya malu, mudah tersinggung, suka menjual barang-barang. Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti bunga.

Watak Berdasarkan Weton Neptu 12

Nilai weton neptu 12 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari:

  • Minggu Pon
  • Kamis Wage
  • Senin Kliwon
  • Rabu Legi
  • Selasa Pahing

Orang dengan neptu 12, bisanya memiliki watak yang penerima, pandai, bahkan banyak orang suka kepadanya. Bila bekerja, cenderung dimudahkan. Namun, angka ini dalam hitungan weton Jawa untuk pernikahan dan rumah tangga sering kehilangan. Dalam istilah primbon, watak ini disebut dengan berlaku seperti jin.

Watak Berdasarkan Weton Neptu 13

Nilai weton neptu 13 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari:

  • Jumat Pon
  • Sabtu Wage
  • Minggu Kliwon
  • Kamis Legi
  • Senin Pahing

Orang dengan jumlah neptu 13, bisanya memiliki watak yang tidak mempunyai perasaan, tetapi hatinya lemah lembut. Mereka juga berlaku baik terhadap saudara-saudaranya dan berjiwa petualang (suka jelajah). Dalam istilah primbon, watak ini disebut dengan berlaku seperti bintang.

Watak Berdasarkan Weton Neptu 14

Nilai weton neptu 14 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari:

  • Rabu Pon
  • Jumat Kliwon
  • Sabtu Legi
  • Minggu Pahing

Orang dengan jumlah neptu 13, bisanya memiliki watak yang serba mau, apapun bisa lakoninya, berbakti. Mereka juga mudah mendapatkan kebahagiaan, cerdas, disegani, lemas hatinya, tapi pemalas. Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti bulan.

Watak Berdasarkan Weton Neptu 15

Nilai weton neptu 15 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari:

  • Kamis Pon
  • Rabu Kliwon
  • Jumat Pahing

Orang dengan jumlah neptu 15 bisanya memiliki watak yang suka merintah-merintah, keras hati, tidak mau kurang makanan, tapi banyak temannya. Jika berumah tangga, mereka mudah bertengkar dengan pasangannya. Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti matahari.

Watak Berdasarkan Weton Neptu 16

Nilai weton neptu 16 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari:

  • Sabtu Pon
  • Kamis Kliwon
  • Rabu Pahing

Orang dengan jumlah neptu 16 bisanya memiliki watak yang lemah. Jika berbicara banyak manfaatnya, sopan santun, dan apa yang diciptakannya dapat terlaksana. Bila marah, tidak ada yang bisa menghalang-halanginya. Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti air.

Baca juga: 10 Paranormal Paling Populer di Indonesia

Watak Berdasarkan Weton Neptu 17

Nilai weton neptu 17 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari:

  • Sabtu Kliwon dan
  • Kamis Pahing.

Orang dengan jumlah neptu 17, bisanya memiliki watak yang pendiam, lambat dalam bekerja, bila memberi nasehat mudah dituruti. Mereka juga kurang pergaulan. Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti bumi.

Watak Berdasarkan Weton Neptu 18

Nilai weton dengan jumlah neptu 18 hanya dimiliki oleh orang yang lahir di hari Sabtu Pahing. Orang dengan jumlah neptu 18, bisanya memiliki watak yang mudah panas, namun baik pembicaraanya. Jika sudah bertengkar, mereka menjadi sangat berani, tetapi mudah mengalah juga. Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti api.

Arti Weton Kelahiran

Source : Shutterstock

Selain hitungan weton Jawa untuk pernikahan, Pins bisa melihat arti Weton kelahiran berdasarkan hari lahir mereka. Beberapa masyarakat Jawa masih menggunakan arti Weton kelahiran untuk melihat sifat apa dari orang tersebut.

  • Jumat Legi – cenderung bersifat jujur
  • Sabtu Pahing – mudah emosi
  • Minggu Pon – mudah sensitif
  • Senin Wage – jauh dari hal-hal yang memalukan.
  • Selasa Kliwon – sangat ramah
  • Rabu Legi – memiliki sifat sopan santun, bertata krama dan berpegang teguh terhadap falsafah hidupnya.
  • Kamis Pahing – memiliki cita-cita besar serta semangat juang yang besar demi mewujudkannya
  • Jumat Pon – berpembawaan tenang, serius dan bijaksana dalam berbicara.
  • Sabtu Wage – memiliki sifat yang teguh terhadapa pendiriannya, namun mudah naik darah apabila rencananya tidak dapat berjalan sesuai dengan keinginanya.
  • Minggu Kliwon – pendiam, nemun memiliki pendirian yang tegas, serta kemauan yang keras.
  • Senin Legi – suka berkeliling dan melihat dunia luar, entah secara fisik atau secara intelektual.
  • Selasa Pahing – santai dan mudah menerima orang lain dengan apa-adanya.
  • Rabu Pon – banyak mengalami keberuntungan dan tidak mudah putus asa.
  • Kamis Wage – memiliki cita-cita yang sangat tinggi
  • Jumat Kliwon – sabar dan murah hati
  • Sabtu Legi – mudah dan gemar terhadap gaya hidup yang santai dan mewah.
  • Minggu Pahing – memiliki kemampuan yang memang mengagumkan dalam bidang apa saja yang digelutinya.
  • Senin Pon – memiliki sifat yang penuh kontradiksi.
  • Selasa Wage – suka membesar-besarkan dirinya sendiri.
  • Rabu Kliwon – gemar berfikir, sikap yang lembut disertai dengan gaya duniawi yang mempesona.
  • Kamis Legi – memiliki cita-cita yang mulia dan bernilai tinggi.
  • Jumat Pahing – pandai berbicara, menyenangkan, bercita-cita tinggi, dan jujur.
  • Sabtu Pon – memiliki sifat ego yang besar dan memiliki rasa ingin menjadi penguasa dalam sekitar lingkunganya.
  • Minggu Wage – pemurah dan mudah menaruh iba.
  • Senin Kliwon – memiliki sifat pengabdian yang tulus terhadap “Kehormatan keluarganya”.
  • Selasa Legi – pribadi yang sangat kuat
  • Rabu Pahing – suka mempertimbangkan segala urusanya sebelum melakukan tindakan.
  • Kamis Pon – bercita-cita tinggi dan tujuanya mulia dalam berusaha untuk mewujudkanya.
  • Jumat Wage – terkenal atas kebaikanya dalam mengasihi dan mudah menaruh iba terhadap sesama.
  • Sabtu Kliwon – ramah, sopan, dan mudah terkesan.
  • Minggu Legi – tegas dan pendiam.
  • Senin Pahing – suka menyampaikan pendapat dengan cara tegas, dan tidak mudah terpengaruh oleh omongan orang lain.
  • Selasa Pon – lebih menyukai kemewahan
  • Rabu Wage – sifat yang baik hati dan ramah hati
  • Kamis Kliwon – senang merencanakan hal besar dalam hidupnya.

Nah, itu tadi cara hitungan weton Jawa untuk pernikahan, baik dari melihat kepribadian orang tersebut berdasarkan hari lahirnya maupun lainnya. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: 29+ Kaligrafi Aksara Jawa Beserta Penjelasanya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download