Pakian Adat Jawa Timur dan Fakta Uniknya

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ October 31, 2022 ∙ 10 menit membaca

Jawa Timur adalah sebuah provinsi yang memiliki banyak sejarah dan cerita. Provinsi ini melahirkan pahlawan-pahlawan besar Indonesia. Selain itu Jawa Timur juga memiliki banyak budaya warisan yang hingga sampai saat ini terus ada dan terus selalu digunakannya.

Salah satunya budaya warisan yang ada hingga sampai saat ini yakni pakaian adat. Mantenan, Pesa’an, Cak dan Ning adalah pakaian adat Jawa Timur. Nah, untuk selengkapnya mengenai baju adat Jawa Timur beserta gambar, keunikan, dan penjelasannya mari simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Pakaian Adat Banten

Baju Adat Jawa Timur

pakaian adat jawa timur
(Java Travel)

Baju adat Jawa Timur yang terbagi menjadi 3 jenis yakni pakaian adat mantenan, pesa’an, dan Cak dan Ning.

Jenis pakaian adat ini biasanya hanya digunakan ketika ada acara tertentu saja, seperti halnya dengan acara resepsi pernikahan, Hari Pahlawan, dan acara festival lainnya.

Nama Pakaian Adat Jawa Timur

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Jawa Timur memiliki 3 jenis pakaian adat, untuk lebih lanjut berikut jenis dan nama pakaian adat Provinsi Jawa Timur tersebut :

  • Baju Mantenan
  • Baju Pesa’an
  • Baju Cak Dan Ning

Itulah 3 jenis baju adat Jawa Timur yang masih dilestarikan hingga saat ini, mengenai kegunaaNnya sendiri yakni sebagai simbolis dari kebudayaan warisan nenek moyang. Jenis pakaian adat tersebut biasa dipakai ketika ada acara seperti pernikahan dan lainnya”.

Baca Juga: Pakaian Adat Gorontalo

Aksesoris Pakaian Adat Jawa Timur

Kurang lengkap jika hanya pakaian adat saja. Maka sebagai pelengkapnya berikut adalah aksesoris-aksesoris yang biasa digunakan sebagai pelengkap pakaian adat tersebut.

  • Odheng Santapan
  • Odheng Tapoghan
  • Sarong Bahan
  • Ikat Pinggang Tradisi Madura
  • Terompah
  • Senjata Tradisional Keris

Identitas Pakaian Budaya Jawa Timur

Setiap daerah tentunya memiliki identitas tersendiri, seperti halnya dengan Jawa Timur. Salah satu identitasnya yakni pakaian adat yang memiliki ciri khas yang terletak pada bentuk fisik dan filosofi yang dimilikinya.

Banyak ciri-ciri baju adat Jawa Timur yang dapat kita kenali, salah satunya yakni memiliki motif yang indah dan enak dipandang, serta memiliki kesamaan dengan pakaian adat Jawa lainnya, terutama Jawa Tengah. Kesamaan tersebut karena adanya pengaruh dari kebudayaan dari Jawa Tengah yang dulunya memiliki kekuasaan cukup besar.

Namun, meski memiliki beberapa kesamaan pada dasarnya kedua pakaian adat tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing. Perbedaan tersebut misalnya seperti:

  • Pakaian adat Jawa Tengah memiliki corak dan filosofi yang melambangkan sebuah nilai kesopanan, dan nilai tata krama yang tinggi.
  • Sementara untuk pakaian adat Jawa Timur memiliki corak dan filosofi yang melambangkan sebuah nilai-nilai ketegasan dan nilai-nilai etika yang sangat tinggi.

Baca Juga: Berbagai Kegunaan Solder

Jenis-jenis Baju Adat Jawa Timur

jenis Pakaian Adat Jawa Timur
(Romadecade)

Berikut adalah contoh pakaian adat Jawa Timur, yang terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya sebagai berikut :

Odheng Santapan

Aksesoris Pakaian Adat Jawa Timur
(cakraningratshipmodel)

Ondheng santapan merupakan sejenis aksesoris pakaian adat Jawa Timur yang berupa peci atau yang biasa dikenal dengan kupluk. Jenis aksesoris ini biasa dipakai oleh kaum laki-laki dan biasa dipakai dibagian kepala.

Sementara untuk bahannya sendiri berasal dari batik yang bermotif seperti motif telaga biru atau yang dikenalnya dengan motif storjoan, dan untuk bentuk sendiri memiliki bentuk segita dengan ukuran bermacam-macam.

Pese’an Madura

Pese\'an Madura
(TheMoonDoggies)

Pese’an Madura merupakan jenis pakaian adat yang berasal dari daerah pulau Madura, jenis pakaian adat ini cukuplah sangat familiar dimata masyarakat Madura, karena bentuk yang dimilikinya terdiri atas dua yakni pakian luar dengan warna hitam dan pada pakaian dalamnya berupa kos dengan motif belang. Sementara untuk celananya sendiri memiliki bentuk yang panjang dan longgar hingga sampai mata kaki.

Selain itu jenis pakaian adat pese’an Madura ini memang sudah terkenal hingga mancanegara baik secara nasional maupun internasional.

Pada dasarnya jenis pakaian adat ini dulu hanya dipakai oleh masyarakat Madura saja, namun seiring perkembangan zaman kini pakaian adat pese’an sudah bisa dipakai oleh seluruh masyarakat Jawa Timur.

Sarong Bahan

Sarong Bahan
(FajarIndonesia.id)

Sarong Bahan, merupakan salah satu jenis baju adat Jawa Timur yang terbuat dari bahan kain sutra dan pada bagian plekatnya memakai bahan dari katun.

Warna Sarong Bahan sendiri yakni berwarna mencolok seperti warna kuning keemasan, hijau, biru, dan lainya. Jenis pakaian adat ini biasa digunakan untuk sebagai pelengkap saja.

Odheng Tapoghan

Odheng Tapoghan
(Bukalapak)

Odheng tapoghan, merupakan jenis pakaian adat yang bentuknya mirip dengan pakaian ondheng santapan. Namun jenis pakaian adat ini memiliki perbedaan tersendiri.

Ondheng tapoghan biasa dipakai oleh laki-laki, selain itu jenis pakaian ini mempunyai ikon bunga yang cantic. Selain itu terdapat soga yang menyerupai lidah api dengan warna merah yang menyala-nyala.

Bahan dari Ondgeng Tapoghan sendiri berasal dari bahan kain batik yang sudah dimodifikasi serta memiliki bentuk segitiga yang biasa diikat pada bagian kepala.

Terompah

Terompah
(BahasSemua.com)

Sandal atau alas kaki atau yang disebutnya dengan terompah, jenis ini merupakan jenis aksesoris tambahan yang biasa dipakai untuk mempelai laki-laki dan mempelai wanita.

Jenis aksesoris ini memang sangat familiar biasa digunakan untuk pengantin tujuanya sendiri untuk mempercantik tampilan dan untuk menambah kemewahan. Selain itu jenis aksesoris ini terbuat dari kulit sapi.

Sabuk Katemang

Sabuk Katemang
(Pengajar.id)

Ikat pinggang atau yang dikenal dengan sabuk katemang raja merupakan jenis aksesoris yang biasa dipakai untuk pengantin adat jawa timur. Selain itu jenis ikat pinggang ini juga biasa dikenal dengan ketemang kelap.

Ikat pinggang ini berbentuk lebar pada bagian depan, serta lengkap dengan saku yang sebagai tempat penyimpanan uang. Untuk bahannya sendiri berasal dari bahan kulit sapi dengan warna coklat polos.

Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Tengah

Pakaian Mantenan

Pakaian Mantenan
(Selasar)

Pakaian mantenan, merupakan jenis pakaian adat yang berasal dari Jawa Timur dan biasa digunakan untuk acara pernikahan saja.

Jenis pakaian adat mantenan ini sangat mudah untuk kita temui khususnya ketika ada acara pernikahan di Jawa Timur.

Sedangakan untuk pelengkapnya berupa odheng, arloji rantai, kain selempang, serta jenis-jenis aksesoris lainnya.

Kebaya Rancongan

Kebaya Rancongan
(Yukisinau.id)

Kebaya rancongan merupakan sejenis pakaian adat pasangan dari baju pesa’an.

Jenis pakaian adat kebaya ini memiliki bentuk dan motif yang sederhana, dan biasanya jenis kebaya ini juga pakai serta dipadukan dengan sarung batik motif lasem, tebiruan, dan storjan.

Baju Cak dan Ning

Pakaian adat Jawa Timur
(Youtube @Bobby Priambodo)

Baju cak dan ning, merupakan jenis baju khas Jawa Timur, terutama daerah Surabaya. Jenis pakaian adat ini biasa dipakai ketika ada kontes dalam acara pemilihan pria dan wanita.

Baju Cak yang berarti untuk pria dan terdiri atas beskap, celana kain dengan jarik serta terdapat aksesoris yang berupa kuku macan lengkap dengan saputangan dengan warna merah.

Baju Ning yang berarti untuk wanita, dan terdiri atas kebaya, jarik, kerudung, serta selendang. Selain itu jenis pakaian ini memiliki aksesoris yang terdiri atas anting, gelang, selop, dan lainnya.

Baju Sakera

Pakaian adat jawa timur
(Tambahpinter.com)

Baju sukera merupakan merupakan jenis pakaian adat yang berasal dari Madura. Jenis pakaian adat ini biasa dipakai dengan bersamaan celana hitam dan longgar. Sementara untuk pelengkapnya terdiri atas penutup kepala, ikat pinggang, dan kain sarung.

Jenis pakaian adat ini biasanya hanya dipakai oleh kaum pria saja. Pakaian adat ini memiliki makna yakni sebagai sikap yang tegas, sesuai dengan sikap dan dimiliki oleh masyarakat Madura.

Senjata Adat Jawa Timur

Clurit
(T.Kardin Pisau Indonesia)

Jawa Timur memang memiliki senjata tradisional yang sudah menjadi andalanya, yakni senjata yang berupa celurit dan keris. Untuk senjata celurit biasanya hanya akan dipakai oleh masyarakat Madura saja.

Namun untuk masyarakat Jawa Timur lainnya justru lebih banyak menggunakan keris sebagai senjata andalanya.

Jadi di Jawa Timur sendiri terbagi menjadi 2 senjata yakni :

  • Celurit biasa digunakan untuk masyarakat Madura
  • Keris biasa digunakan masyarakat jawa timur

Piol

Piol adalah gobang kecil yang dibuat dari bahan besi baja bermotif polos. Biasanya Piol dibuat dengan ukuran yang pas dengan badan pemakainya yang berbentuk seperti pisau dapur pada umumnya.

Gobang

Senjata Gobang terbuat dari bahan besi baja dengan warna besi aslinya. Ukuran dari senjata ini lebih besar dari piol dengan bentuknya seperti pisau dapur.

Belati Cap Garpu

Belati cap garpu dibuat dari bahan besi baja dengan motif polos dengan warna yaitu warna besi baja aslinya. Ukurann yang terpanjang sekitar 40 cm dengan bentuk seperti pisau dapur pada umumnya tetapi ujungnya runcing.

Takabuan

Takabuan adalah senjata yang tdaerbuat dari bahan besi tempaan yang berkualitas tinggi. Bahan ini berasal dari besi bekas keris sehingga mempunyai pamor tinggi. Motifnya polos dan berwarna besi aslinya. Pada bagian paruh Takabuan bentuknya melengkung dibagian perut layaknya bulan sabit. Tetapi pada bagian tengah agak lebar dengan tebal di punggungnya.

Paruh atau mata pisaunya lebar kemudian mengecil ke arah ujungnya. Jadi ujungnya sangat lancip. Biasanya Takabuan ini tidak ada sarungnya kecuali Takaburan yang berukuran kecil. Pada bagian paruhnya ditutupi sarung yang dibuat dari bahan kulit atau rotan.

Lancor Ayam

Lancor ayam ini dikenal juga dengan nama Bulu Ayam atau Kembang Toro/ Kembang Turi. Senjata ini dibuat dari loyang biasa hasil tempaan pandai besi. Dan gagangnya dibuat dari kayu sawo dengan motif polos. Untuk warnanya yaitu pada bagian paruhnya berwarna besi dan gagangnya ber­warna coklat.

Lancor ayam memiliki bentuk melengkung layaknya ekor ayam jago dengan bagian paruhnya yang sempit makin ke ujung makin runcing. Ga­gangnya berbentuk bulat panjang mirip bentuk Takabuan dan biasanya diberi paksei tembus agar makin kuat. Tetapi ada juga yang memakai paksei yang bukan besi baja polos.

Calo Montor

Senjata Calo Montor pelengkap pakaian tradisional Jawa Timur yang berupa senjata kelas berat dan dibuat dari bahan besi bekas keris yang ditempa dan diberi warangan atau racun. Bentuknya mirip are tetapi mempunyai gagang kayu yang panjang. Calo Montor ini berwarna hitam atau warna besi dengan motif polos. Ada berbagai macam jenis senjata Calo Montor ini, diantaranya :

  1. Amparan/Labasan, terbuat dari bahan Besi bekas keris yang ditempa dan diberi warangan (racun). Bentuk Calo Montor ini memiliki paruh menghadap ke luar dengan warna besi dan bermotif polos. Sedangkan ukuran beratnya sekitar 11 ons.
  2. Clonot, adalah senjata yang paruhnya menghadap ke dalam dan warnanya hitam besi serta bermotif polos.

Baca juga: Pakaian adat Jawa Barat

Baju Adat Jawa Timur Modern

Pakaian adat jawa timur modern
(Tambahpinter.com)

Baju adat Jawa Timur modern muncul dari ide-ide yang sedang trend pada era ini. Hingga kini banyak bermunculan baju adat Jawa Timur modern yang biasa dipakai untuk acara seperti pernikahan dan lainnya.

Untuk pakaian adat pernikahan modern, terdapat kebaya dengan berbagai jenis dan motif yang menarik dan lebih modern ketimbang pakaian adat biasa. Begitu halnya dengan aksesoris-aksesoris lainnya.

Baca Juga: Pakaian Adat Kalimantan Utara

Keunikan dan Makna Baju Adat Jawa Timur

Berikut adalah keunikan-keunikan yang terdapat dari baju adat Jawa Timur, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Terdiri atas 2 pakaian adat yakni pakaian adat wanita dan pria
  • Memiliki motif dan warna yang menarik sesuai ciri khasnya Jawa Timur
  • Secara umum baju adat Jawa Timur memiliki kesamaan dengan pakaian adat Jawa Tengah
  • Terdapat aksesoris yang berupa puntup kepala atau ondheng, alroji rantai, kain dengan motif merah dan hitam

Setiap pakaian adat tentunya memiliki makna tersendiri seperti halnya dengan baju adat Jawa Timur yang bermakna pemberani dan lembut.

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai baju adat jawa timur beserta gambar, filosofi, keunikan, jenis-jenis pakaian adat Jawa Timur. Kalian juga dapat mencari tahu pakaian adat provisi lain seperti pakaian adat Sumatera Selatan, pakaian adat Sumatera Barat, pakaian adat Lampung, dan sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Usaha, Syarat dan Contohnya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Provinsi Sulawesi

Telah hadir rumah subsidi di provinsi Sulawesi. Menjawab impian kamu yang ingin punya rumah dengan

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Sumatera Utara

Rumah subsidi di Sumatera Utara adalah solusinya!. Bagi Pins yang berpenghasilan menengah ke bawah

Lifestyle
Lifestyle 7 Contoh Surat Peminjaman Barang dan Tempat

Ingin meminjam barang namun diminta suratnya? Di artikel yang membahas contoh surat peminjaman bara

Gadget
Gadget 11 Rekomendasi HP Samsung 5 Jutaan Terbaik Untuk Budget Cukup!

Pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan pertumbuhan smartphone canggih. Samsung merupakan per

Finansial
Finansial Ada Konsultan Take Over di Pinhome, Info Ini Cuma Buat Kamu. Simak Yuk!

#WaktunyaBeliRumah - Pins, pernahkah kamu mendengar istilah Take Over? Istilah ini sering digunakan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia