Pinhome

Pakaian Adat Jawa Timur

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 25 July 2021 ∙ 8 menit membaca

Pakaian Adat Jawa Timur – jawa timur adalah sebuah provinsi yang memiliki banyak sejarah dan cerita.

Jawa timur sendiri merupakan sebuah provinsi yang banyak melahirkan pahlawan-pahlawan besar Indonesia.

Selain itu jawa timur juga memiliki banyak budaya warisan yang hingga sampai saat ini terus ada dan terus selalu digunakannya.

Salah satunya budaya warisan yang ada hingga sampai saat ini yakni pakaian adat khas jawa timur, atau yang dikenalnya dengan pakaian adat mantenan atau pakaian adat pesa’an atau Cak dan Ning.

Nah, untuk selengkapnya mengenai pakaian adat jawa timur beserta gambar, keunikan, dan penjelasannya sebagai berikut ini. Simak ulasannya!!!

Pakaian Adat Jawa Timur

Pakaian adat jawa timur yang terbagi menjadi 3 jenis yakni pakaian adat mantenan, pesa’an, dan Cak & Ning merupakan pakaian adat yang berasal dari jawa timur.

Jenis pakaian adat ini biasanya hanya digunakan ketika ada acara tertentu saja, seperti halnya dengan acara resepsi pernikahan, hari pahlawan, dan acara festival lainnya.

Nama Pakaian Adat Jawa Timur

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jawa timur memiliki 3 jenis pakaian adat, untuk lebih lanjut berikut jenis dan nama pakaian adat jawa timur tersebut :

  • Baju Mantenan
  • Baju Pesa’an
  • Baju Cak Dan Ning

“Itulah 3 jenis pakaian adat jawa timur yang masih dilestarikan hingga saat ini, mengenai kegunaanya sendiri yakni sebagai simbolis dari kebudayaan warisan nenek moyang.

Dan jenis pakaian adat tersebut biasa dipakai ketika ada acara seperti pernikahan dan lainnya”.

Aksesoris Pakaian Adat Jawa Timur

Kurang lengkap jika hanya pakaian adat saja, nah sebagai pelengkapnya berikut adalah aksesoris-aksesoris yang biasa digunakan sebagai pelengkap pakaian adat tersebut, untuk selengkapnya sebagai berikut :

  • Odheng Santapan
  • Odheng Tapoghan
  • Sarong Bahan
  • Ikat Pinggang Tradisi Madura
  • Terompah
  • Senjata Tradisional Keris

Gambar Pakaian Adat Jawa Timur

Pakaian Adat Jawa Timur

Begitulah pakaian adat jawa timur yang biasa dipakai untuk acara pernikahan dan lainnya, memang pada dasarnya jawa timur sendiri memiliki banyak kisah cerita mulai dari sejarah hingga budaya-budaya peninggalan yang ada hingga sampai saat ini.

Identitas Pakaian Budaya Jawa Timur

Setiap daerah tentunya memiliki identitas tersendiri seperti halnya dengan jawa timur, salah satu identitasnya yakni pakaian adat yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan pakaian biasa.

Salah satu ciri khasnya terletak pada bentuk fisik dan filosofi yang dimilikinya, untuk lebih jelasnya sebagai berikut ini.

Pakaian Adat Jawa

Ciri Khas Pakaian Adat Jawa Timur

Banyak ciri-ciri pakaian adat jawa timur yang dapat kita kenali, salah satunya yakni pakaian adat jawa timur memiliki motif yang indah enak dipandang.

Serta memiliki kesamaan dengan pakaian adat jawa tengah. Kesamaan tersebutlah karena adanya pengaruh dari kebudayaan dari jawa tengah.

Karena dulu jawa tengah memiliki kekuasaan yang cukup besar, namun meskipun terlihat banyak kesamaanya. Pada dasarnya kedua pakaian adat tersebut tetaplah memiliki perbedaan, salah satu perbedaanya yakni :

  • Pakaian adat jawa tengah memiliki corak dan filosofi yang melambangkan sebuah nilai kesopanan, dan nilai tata krama yang tinggi.
  • Sedangakan untuk pakian adat jawa timur memiliki corak dan filosofi yang melambangkan sebuah nilai-nilai ketegasan dan nilai-nilai etika yang sangat tinggi.

Sedangkan untuk ciri-cirinya sediri terdapat pada bagian aksesoris yang digunakanya seperti halnya dengan jenis-jenis pakaian adat jawa timur dibawah ini, untuk selengkapnya sebagai berikut :

Jenis-jenis Pakaian Adat Jawa Timur

jenis Pakaian Adat Jawa Timur

Berikut adalah jenis-jenis pakaian adat jawa timur, yang terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya sebagai berikut :

  1. Odheng Santapan

Ondheng santapan merupakan sejenis aksesoris pakaian adat jawa timur yang berupa peci atau yang biasa dikenal dengan kupluk. Jenis aksesoris ini biasa dipakai oleh kaum laki-laki dan biasa dipakai dibagian kepala.

Sedangkan untuk bahanya sendiri berasal dari batik yang bermotif seperti motif telaga biru atau yang dikenalnya dengan motif storjoan, dan untuk bentuk sendiri memiliki bentuk segita dengan ukuran bermacam-macam.

  1. Pese’an Madura

Pese’an Madura merupakan jenis pakaian adat yang berasal dari daerah pulau Madura, jenis pakaian adat ini cukuplah sangat familiar dimata masyarakat Madura, kerana bentuk yang dimilikinya terdiri atas dua yakni pakian luar dengan warna hitam dan pada pakaian dalamnya berupa kos dengan motif belang.

Dengan warna merah putih kadang juga berwarna merah hitam. Sedangkan untuk celananya sendiri memiliki bentuk yang panjang dan longgar hingga sampai mata kaki.

Selain itu jenis pakaian adat pese’an Madura ini memang sudah terkenal hingga mancanegara baik secara nasional maupun internasional.

Pada dasarnya jenis pakaian adat ini dulu hanya dipakai oleh masyarakat Madura saja, namun seiring perkembangan zaman kini pakaian adat pese’an sudah bisa dipakai oleh seluruh masyarakat jawa timur.

  1. Sarong Bahan

Sarong bahan, merupakan salah satu jenis pakaian adat jawa timur yang terbuat dari bahan kain sutra dan pada bagian plekatnya memakai bahan dari katun.

Sedangkan untuk warna sendiri yakni berwarna mencolok seperti warna kuning ke-emasan, hijau, biru, dan lainya. Jenis pakaian adat ini biasa digunakan untuk sebagai pelengkap saja.

  1. Odheng Tapoghan

Odheng tapoghan, merupakan jenis pakaian adat yang bentuknya mirip dengan pakaian ondheng santapan. Nemun jenis pakaian adat ini memiliki perbedaan tersendiri, untuk perbedaanya yakni :

Ondheng tapoghan biasa dipakai oleh laki-laki, selain itu jenis pakaian ini mempunyai ikon bunga yang cantic. Selain itu terdapat soga yang menyerupai lidah api dengan warna merah yang menyala-nyala.

Sedangkan untuk bahanya sendiri berasal dari bahan kain batik yang sudah dimodifikasi serta memiliki bentuk segitiga yang biasa diikat pada bagian kepala.

  1. Sandal Atau Alas Kaki

Sandal atau alas kaki atau yang disebutnya dengan terompah, jenis ini merupakan jenis aksesoris tambahan yang biasa dipakai untuk mempelai laki-laki dan mempelai wanita.

Jenis aksesoris ini memang sangat familiar biasa digunakan untuk pengantin tujuanya sendiri untuk mempercantik tampilan dan untuk menambah kemewahan. Selain itu jenis aksesoris ini terbuat dari kulit sapi.

  1. Ikat Pinggang

Ikat pinggang atau yang dikenal dengan sabuk ketemang raja merupakan jenis aksesoris yang biasa dipakai untuk pengantin adat jawa timur. Selain itu jenis ikat pinggang ini juga biasa dikenal dengan ketemang kelap.

Sedangkan untuk bentuknya sendiri berbentuk lebar pada bagian depan, serta lengkap dengan saku yang sebagai tempat penyimpanan uang. Untuk bahannya sendiri berasal dari bahan kulit sapi dengan warna coklat polos.

Pakaian Adat Jawa Tengah

  1. Pakaian Mantenan

Pakaian mantenan, merupakan jenis pakaian adat yang berasal dari jawa timur dan biasa digunakan untuk acara pernikahan saja.

Jenis pakaian adat mantenan ini sangat mudah untuk kita temui khususnya ketika ada acara pernikahan di jawa timur.

Sedangakan untuk pelengkapnya berupa odheng, arloji rantai, kain selempang, serta jenis-jenis aksesoris lainnya.

  1. Kebaya Rancongan

Kebaya racongan merupakan sejenis pakaian adat pasangan dari baju pesa’an.

Jenis pakaian adat kebaya ini memiliki bentuk dan motif yang sederhana, dan biasanya jenis kebaya ini juga pakai serta dipadukan dengan sarung batik motif lasem, tebiruan, dan storjan.

  1. Baju Cak dan Ning

Baju cak dan ning, merupakan jenis pakaian adat khas dari Surabaya. Jenis pakaian adat ini biasa dipakai ketika ada kontes dalam acar pemilihan pria dan wanita. Selain itu jenis pakaian adat cak dan ning ini terbagi menjadi dua jenis yakni :

Baju Cak yang berarti untuk pria dan terdiri atas beskap, celana kain dengan jarik serta terdapat aksesoris yang berupa kuku macan lengkap dengan saputangan dengan warna merah.

Baju Ning yang berarti untuk wanita, dan terdiri atas kebaya, jarik, kerudung, serta selendang. Selain itu jenis pakaian ini memiliki aksesoris yang terdiri atas anting, gelang, selop, dan lainnya.

  1. Baju Sakera

Baju sukera merupakan merupakan jenis pakaian adat yang berasal dari Madura. Jenis pakaian adat ini biasa dipakai dengan bersamaan celana hitam dan longgar.

Sedangakan untuk pelengkapnya terdiri atas penutup kepala, ikat pinggang, dan kain sarung.

Jenis pakaian adat ini biasanya hanya dipakai oleh kaum pria saja. Sedangkan untuk makna dari pakaian adat ini memiliki makna yakni sebagai sikap yang tegas, sesuai dengan sikap dan dimiliki oleh masyarakat Madura.

  1. Senjata Adat Jawa Timur

Jawa timur memang memiliki senjata tradisional yang sudah menjadi andalanya, yakni senjata yang berupa celurit dan keris. Untuk senjata celurit biasanya hanya akan dipakai oleh masyarakat Madura saja.

Namun untuk masyarakat jawa timur lainnya justru lebih banyak menggunakan keris sebagai senjata andalanya.

Jadi di Jawa timur sendiri terbagi menjadi 2 senjata yakni :

  • Celurit biasa digunakan untuk masyarakat Madura
  • Keris biasa digunakan masyarakat jawa timur

Pakain Adat Jawa Timur Modern

Muncul dari ide-ide yang sedang lagi trend-trendnya pada era jaman ini, hingga kini banyak bermunculan pakaian adat jawa timur modern yang biasa dipakai untuk acara seperti pernikahan dan lainnya.

Untuk pakaian adat pernikahan modern atau yang dikenalnya dengan pakaian adat Kebaya dengan berbagai jenis dan motif yang menarik dan lebih terlihat modern ketimbang pakaian adat biasa lengkap dengan aksesoris-aksesoris lainnya.

Gambar Pakaian Adat Madura

Gambar Pakaian Adat Madura

Begitulah gambar pakaian adat adat jawa timur yang memiliki motif dan filosofi yang begitu besar maknanya terhadap masyarakat sekitar.

Pakaian adat atau yang biasa dikenalnya dengan pakaian Kebaya merupakan pakaian kebanggaan dan sudah menjadi simbolis dari Provinsi Jawa Timur.

Pakaian Adat Kalimantan Utara

Keunikan Pakaian Adat Jawa Timur

Berikut adalah keunikan-keunikan yang terdapat dari pakaian adat jawa timur, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Terdiri atas 2 pakaian adat yakni pakaian adat wanita dan pria
  • Memiliki motif dan warna yang menarik sesuai ciri khasnya jawa timur
  • Secara umum pakaian adat jawa timur memiliki kesamaan dengan pakaian adat jawa tengah
  • Serta terdapat aksesoris yang berupa puntup kepala atau ondheng, alroji rantai, kain dengan motif merah dan hitam

Makna Pakaian Adat Jawa Timur

Setiap pakaian adat tentunya memiliki makna tersendiri seperti halnya dengan pakaian adat jawa timur yang bermakna yakni pemeberani, lembu.

Serta sopan santun seperti ciri khasnya masyarakat jawa timur yakni apabila dibaiki maka meraka akan membalas 2×4 kabaikanya, namun jika disalahi maka mereka akan berani melawan kesalahan tersebut.

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai pakaian adat jawa timur beserta gambar, filosofi, keunikan, jenis-jenis pakaian adat jawa timur, dan penjelasannya. Sekian semoga ulasan diatas dapat bermanfaat, Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel