BlogPemilik PropertiDesain HunianJenis-Jenis Pasir dan Manfaatnya Untuk Kehidupan
0
0

Jenis-Jenis Pasir dan Manfaatnya Untuk Kehidupan

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 12, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sampai saat ini, kebanyakan masyarakat Indonesia mengenal jenis-jenis pasir dan manfaatnya terbatas sebagai bahan bangunan yang sering dipakai dalam proses pembangunan. Setiap kegiatan konstruksi bangunan, kantor ataupun rumah tinggal, pasir pasti hadir untuk memenuhi kebutuhan.

Seperti, pembuatan tembok, dasar lantai atau cor-coran. Tapi, tahukah Pins, sebenarnya ada banyak manfaat pasir yang kita tidak ketahui dan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari, lho!

Seperti halnya kegunaan aplikasi Pinhome tidak hanya membantu menemukan rumah bekas di Kab Bekasi Selatan saja namun tersedia fitur Pengajuan KPR. Kamu bisa menemukan pula rumah dijual di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Jenis-Jenis Pasir dan Manfaatnya

jenis jenis pasir dan manfaatnya
Source : Bermutu

Pasir sendiri adalah materi bahan bangunan alami serba guna yang komposisinya sebenarnya sangat kompleks. Kebanyakan pasir yang dibuat saat ini terbuat dari silika, meski ada juga yang terbuat dari batu kapur, gypsum ataupun kwarsa. Nah, sebelum membeli pasir, ada baiknya Pins mengetahui jenis-jenis dari pasir dan manfaatnya yang banyak beredar :

1. Pasir Beton

Biasanya, pasir beton ini berwarna hitam pekat dan teksturnya sangat halus. Kalau Pins mencoba menggengam kuat pasir beton ini dengan tangan, ia tak mudah menggumpal dan cenderung langsung terurai. Jenis pasir beton sangat cocok untuk dijadikan bahan plester dinding, pengecoran, campuran adukan pondasi ataupun campuran adukan untuk memasang batu bata.

2. Pasir Pasang

Dibandingkan dengan kehalusan pasir beton, pasir pasang mempunyai tekstur yang lebih halus lagi Pins. Kalau Pins mengepal pasir ini keras-keras, ia tidak akan terurai ataupun menggumpal. Biasanya, pasir jenis pasang ini digunakan sebagai campuran pasir beton agar teksturnya tidak terlalu kasar, ataupun sekedar dipakai sebagai bahan campuran plesteran dinding.

3. Pasir Elod

Berbeda dengan pasir beton dan pasir pasang, kalau Pins mengepal pasir elod, maka ia akan langsung menggumpal dan tidak mudah terurai meski kalau dilihat dari teksturnya, pasir elod jauh lebih halus daripada pasir pasang dan pasir beton. Mungkin karena alasan teknis inilah, pasir elod tidak cocok digunakan sebagai bahan bangunan dan cenderung lebih cocok digunakan sebagai bahan pembuatan batako.

4. Pasir Merah

Tingkat kekasaran pasir merah cenderung tinggi dibanding tipe-tipe pasir sebelumnya. Pasalnya, pasir jenis ini memiliki tekstur butiran yang besar dan juga berbatu. Itu sebabnya, pasir merah ini lebih cocok dipakai untuk bahan pengecoran.

Setelah Pins mengetahui tipe dan jenis pasir yang tersedia saat ini. Kini saatnya Pins belajar tentang pasir yang memiliki kualitas unggul. Ada trik khusus agar Pins bisa mengetahui kualitas pasir saat membeli, pertama-tama, Pins harus menggenggam pasir tersebut kemudian dilepaskan.

Pasir yang terjatuh dengan tergumpal berarti kualitasnya kurang baik karena mengandung banyak lumpur, tanah dan garang. Sementara di sisi lain, pasir yang teksturnya halus merupakan bahan bangunan ideal untuk bangunan.

Baca juga: Harga Pasir Per Kubik

SNI Pasir yang Berkualitas

Source : Agroniaga

Pemilihan pasir yang berkualitas tidak hanya akan mempengaruhi kekuatan dan kualitas bangunan yang akan dibangun tapi bergantung pada banyak atau sedikitnya merk semen yang akan Pins pakai nantinya. Pasir yang berkualitas baik akan mengandung banyak kerikil atau batu kecil-kecil, biasanya berukuran 0.5 mm hingga 2 mm.

SNI (Standar Nasional Indonesia sendiri telah mengatur dan memiliki nilai tolok ukur sendiri apakah kualitas pasir atau agregat ini layak dinyatakan baik. Ciri-ciri pasir berstandar SNI adalah :

  • Pasir berbentuk butiran tajam dan keras dengan indeks kekerasan kurang dari 2.2
  • Pasir sifatnya kekal, maka seharusnya ketika diuji dengan memakai Natrium Sufat, bagian yang hancur maksimal tidak lebih dari 12% sementara jika dites dengan menggunakan larutan Magnesium Sulfat, tingkat kehancuran seharusnya tidak mencapai 10%
  • Kandungan lumpur tidak sampai 5%, jika lebih dari itu, maka pasir harus dicuci karena banyak mengandung lumpur.
  • Pasir juga tidak boleh mengandung terlalu banyak bahan organik karena dikhawatirkan akan sangat berpengaruh pada daya tahannya
  • Pasir harus mempunyai reaksi negatif terhadap cairan alkali pada beton sehingga bisa diketahui memiliki nilai keawetan yang tinggi.
  • Diameter ukuran pasir dan modulus kehalusannya harus berkisar di angka 1.5 hingga 3.8
  • Pasir laut tidak boleh dipakai sebagai bahan bangunan agregat halus beton karena akan berbahaya. Kecuali sudah diawasi dan mendapat petunjuk langsung dari lembaga pemerintah terkait bahan bangunan yang akan dipakai.

Baca juga:

Manfaat Pasir Untuk Kehidupan

Di Indonesia saat ini, biasanya pasir berasal dari daerah lenteng, gunung berapi atau pun tambang tempat penggalian pasir. Karenanya, harga pasir yang dikenakan di kota-kota besar pun jauh lebih mahal dibandingkan di daerah-daerah pemasok lainnya. Ternyata, tidak hanya untuk membangun, pasir juga bisa digunakan untuk taman rumah dengan beragam fungsinya.

1. Lebih Hangat

jenis jenis pasir dan manfaatnya
Source : Pxhere

Dibandingkan dengan tanah biasa, pasir jauh terasa lebih hangat untuk tanaman saat musim panas sehingga cocok digunakan untuk pohon berukuran besar yang membutuhkan temperatur tinggi.

2. Penyerapan Pupuk Lebih Baik

Source : Merdeka

Kombinasi pupuk di atas media pasir menghasilkan efek yang lebih tinggi kepada tanaman karena serapan nutrisi dari pupuk menjadi lebih tinggi. Manfaat pasir ternyata berguna pula di bidang pertanian.

3. Cocok Untuk Bertanam

jenis jenis pasir dan manfaatnya
Source : Lazada

Dengan menggunakan media pasir, Pins akan lebih mudah bercocok tanam karena media tanam seperti pasir tidak menjadi keras dan menggumpal setelah Pins selesai memanen sayur ataupun buah. Terlebih lagi, kalau tanahnya berada dalam situasi basah. Air akan jauh lebih cepat terserap, akar tanaman pun akan menjadi lebih halus, bentuknya indah dan lebih rapi.

Tentunya hal ini menjadi keuntungan tersendiri untuk Pins yang berencana menjual hasil tanamnya. Soal harga, harga pasir bisa bervariasi menurut satu jenis ke varian jenis lainnya.

Contohnya saja, untuk varian pasir mundu, harga pasir per kubik dibandrol dengan harga Rp 225.000, harga pasir mundu 1 pick up dijual dengan harga Rp 575.000, lumayan berbeda jika dibandingkan dengan jenis pasir Cileungsi yang harga pasir per kubiknya dijual dengan harga Rp 185.000 sedangkan harga pasir per 1 truknya dijual dengan harga Rp 1.150.000.

Itulah beberapa manfaat pasir yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami jenis pasir maka memudahkan menentukan agregat yang cocok untuk bangunan.

Baca juga: Mengenal Istilah Paving Block Beserta Harga dan Ukurannya

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download