BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Ciri-ciri Pasir yang Bagus Untuk Bangunan Sesuai Standar SNI
0
0

8 Ciri-ciri Pasir yang Bagus Untuk Bangunan Sesuai Standar SNI

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Nov 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
ciri ciri pasirtop-right-banner

Pasir merupakan salah satu bahan bangunan yang paling umum digunakan di sebagian besar proyek konstruksi. Untuk memastikan kualitas yang optimal, sangat penting untuk memahami ciri ciri pasir yang bagus untuk bangunan dalam Standar Nasional Indonesia.

Dengan bahan bangunan yang terjamin kualitasnya, Pins bisa menelusuri Rumah Eksklusif yang dibangun menggunakan bahan berkualitas tinggi seperti rumah di Bogor misalnya Puri Tenjo dan masih banyak lagi.

Selain hunian yang baru, Pins juga bisa mempertimbangkan rumah bekas di Kab Bogor Tengah sebagai hunian jangka panjang yang nyaman bagi keluarga Pins.

Dalam proses konstruksi, kualitas pasir dapat memiliki dampak signifikan pada kualitas akhir dari bangunan yang dibangun, dengan begitu penting bagi Pins untuk memahami ciri ciri pasir yang bagus untuk bangunan. Inilah ulasan mengenai cici ciri pasir yang sesuai SNI.

Baca juga: 15 Rekomendasi Merk Semen Terbaik di Indonesia

8 Ciri-ciri Pasir Untuk Bangunan Sesuai Standar SNI

Source : iStock

Berikut ini adalah delapan ciri-ciri pasir yang bagus untuk bangunan sesuai Standar SNI. Yuk, simak lebih lanjut ulasan.

1. Ukuran Partikel yang Seragam

Ciri ciri pasir yang bagus untuk bangunan terlihat pada ukuran partikel yang seragam pada pasir. Hal ini menandakan bahwa pasir memiliki konsistensi partikel yang merata tanpa adanya partikel yang terlalu besar atau terlalu kecil. 

Distribusi ukuran partikel yang seragam penting untuk memastikan kualitas campuran yang homogen, sehingga memungkinkan penciptaan struktur bangunan yang kokoh dan tahan lama.

2. Kadar Air yang Terkontrol

Source : iStock

Jika kadar air pada pasir terkontrol dengan baik maka akan menunjukkan bahwa pasir memiliki tingkat kelembaban yang tepat dan terkendali. Hal ini berarti pasir tidak terlalu basah atau terlalu kering.

Melainkan memiliki keseimbangan yang optimal untuk memastikan kualitas campuran yang baik dengan bahan lainnya, seperti semen terbaru atau bahan ikat lainnya yang digunakan dalam konstruksi. 

Kadar air yang terkontrol ini memungkinkan pasir untuk dicampur dengan bahan lain secara efisien sehingga menghasilkan adonan yang konsisten. Pada akhirnya akan mempengaruhi kekuatan struktur bangunan secara keseluruhan. 

Dengan demikian, pengendalian kadar air pada pasir yang baik merupakan faktor penting dalam memastikan keberhasilan proses konstruksi dan kualitas akhir dari proyek bangunan.

Baca juga: Cara Memplester Tembok Batu Bata Terbaik

3. Kandungan Lumpur yang Minim

Ciri ciri pasir yang bagus untuk bangunan juga dapat ditentukan dengan kandungan lumpur yang minim. Hal ini menunjukkan bahwa pasir tersebut tidak mengandung jumlah lumpur yang berlebihan. 

Kandungan lumpur yang berlebihan dapat mempengaruhi kemampuan bila tanpa pasir untuk membentuk campuran yang kuat dan homogen dengan bahan ikat seperti semen. 

Pasir dengan kandungan lumpur yang minim memastikan bahwa sifat struktural dan kekuatan campuran beton atau mortir tidak terpengaruh secara negatif. 

Dengan demikian, pasir yang memiliki kandungan lumpur yang minim menjadi hal penting dalam menentukan ciri ciri pasir yang bagus. Untuk bangunan dengan memastikan integritas struktural dari bangunan yang sedang dibangun.

4. Kandungan Zat Organik yang Rendah

Sebuah kandungan zat organik yang rendah pada pasir menunjukkan bahwa pasir tersebut memiliki sedikit atau tidak ada kandungan zat organik. Dimana yang dapat mempengaruhi kualitas campuran dengan bahan ikat seperti semen. 

Kandungan zat organik yang tinggi dapat menyebabkan kerapuhan dan penurunan daya rekat antara pasir dan bahan ikat. Sehingga dapat mengurangi kekuatan struktural dan keandalan dari bahan bangunan tersebut. 

Dengan demikian, memastikan bahwa pasir memiliki kandungan zat organik yang rendah merupakan faktor penting dalam memastikan kekokohan dan ketahanan bangunan terhadap pengaratan dan kerusakan seiring waktu.

5. Standar Kekerasan Pasir

Source : iStock

Dengan memperhatikan standar kekerasan pada pasir yang bagus untuk bangunan. Hal ini dapat menandakan bahwa pasir memiliki tingkat kekerasan yang memadai sesuai dengan parameter yang ditetapkan oleh standar kualitas. 

Kekerasan yang memenuhi standar menunjukkan bahwa pasir mampu menahan tekanan dan beban struktural. Dimana yang mungkin diterapkan ke atasnya selama proses konstruksi dan setelahnya. 

Kekerasan yang memadai pada pasir sangat penting untuk menjaga kekokohan dan stabilitas struktural. Bahan bangunan, sehingga dapat mencegah kerusakan atau kegagalan struktural yang dapat terjadi akibat beban yang diterapkan. 

Baca juga: Ini Dia 5 Manfaat Pasir Besi Untuk Sebuah Bangunan

6. Kandungan Kotoran dan Materi Asing yang Minim

Dengan memperhatikan kandungan kotoran dan material asing yang minimal pada pasir dapat menunjukkan bahwa pasir tidak mengandung kotoran atau bahan asing. Dari yang dapat merusak kualitas campuran atau menyebabkan kerusakan struktural pada bangunan.

Pasir yang bebas dari kotoran dan material asing membantu memastikan kekokohan dan keandalan. Dari bahan bangunan yang terbuat dari campuran tersebut, sehingga mendukung stabilitas keseluruhan dari struktur bangunan yang sedang dibangun.

7. Kesesuaian Pasir dengan Penggunaan

Source : iStock

Pasir yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan spesifik dari jenis konstruksi yang sedang dilakukan. Misalnya, pasir yang digunakan untuk beton harus memiliki karakteristik yang berbeda dengan pasir yang digunakan untuk mortir.

Hal ini perlu diperhatikan karena kedua bahan tersebut memerlukan konsistensi yang berbeda untuk memastikan kualitas struktural yang optimal. Maka dari itu dapat dipastikan bahwa pasir tersebut dapat memberikan kinerja yang optimal.

8. Warna Pasir

Ciri ciri pasir yang bagus untuk bangunan lainnya adalah dengan memiliki warna merata dan bersih. Tanpa adanya kontaminasi atau pencemaran tanah dapat mempengaruhi tampilan estetika dari bangunan. 

Oleh karena itu, warna pasir yang seragam dan bersih dapat dipastikan bahwa tampilan visual dari bahan bangunan tersebut. Tetap terjaga dengan baik dan memberikan kesan yang menyenangkan dan profesional pada struktur bangunan secara keseluruhan.

Dengan memenuhi semua ciri ciri pasir diatas maka pasir yang digunakan akan bagus untuk bangunan dan sesuai dengan standar kualitas SNI untuk keperluan bangunan. 

Itu tadi ulasan yang harus Pins pahami mengenai ciri ciri pasir yang bagus untuk bangunan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 15 Desain Rumah Type 45 yang Bikin Keluarga Nyaman

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download