BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah Kecil Nyaman untuk WFH
0
0

7 Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah Kecil Nyaman untuk WFH

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Nov 21, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Saat ini, kebutuhan terhadap ruang kerja yang ideal dan mumpuni di rumah menjadi suatu yang harus diperhatikan. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari kondisi pasca pandemi yang menuntut perubahan gaya hidup dan rutinitas. Terutama di dalam ruang lingkup pekerjaan kantor. Yang awalnya bekerja di kantor, saat ini mulai banyak yang beralih ke Work From Home (WFH). Nah, untuk mengerjakan suatu pekerjaan kantor di rumah tentunya kita membutuhkan ruang kerja di rumah yang nyaman. Berikut ini beberapa tips membuat ruang kerja di rumah kecil yang nyaman.

Kehadiran ruang kerja di rumah mungkin tidak terlalu begitu penting bagi sebagian orang karena jarang berada di dalam kondisi perlu mengerjakan pekerjaan di rumah. Akan tetapi, hal tersebut berubah semenjak kemunculan wabah Covid-19, belakangan ruang kerja dianggap cukup penting. Hal tersebut membuat sebagian orang mulai mendedikasikan tempat bahkan ruangan khusus di rumah untuk bekerja. Beberapa yang telah mempunyai ruang kerja juga mulai berbenah dan merenovasi ruang tersebut agar lebih nyaman.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung atau dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah Kecil Nyaman untuk WFH

Source : Pixabay

Untuk mengurangi tingkat strees yang disebabkan oleh pekerjaan, salah satunya yaitu dengan memaksimalkan ruangan khusus bekerja yang ideal dan menunjang pekerjaan Kamu. Sebagian orang mungkin hanya membutuhkan kerja lipat saja dan dapat bekerja di mana saja. Akan tetapi, untuk sebagian yang lainnya membutuhkan ruang kerja tersendiri yang terpisah dan menunjang. Berikut ini beberapa tips untuk membuat ruang kerja di rumah kecil nyaman untuk WFH.

1. Menetapkan Konsep Ruang Kerja

Tips membuat ruang kerja di rumah kecil nyaman untuk WFH yang pertama yaitu menentukan konsep. Ketika Kamu memutuskan untuk membuat ruangan yang tidak terpakai di rumah menjadi sebuah kantor ataupun ruang untuk bekerja. Kamu harus bisa menetapkan ide kreatifnya terlebih dahulu untuk membuat ruang kerja agar terasa lebih nyaman dan dapat memberikan dorongan bagi Kamu yang ingin melakukan WFH.

Contohnya saja, jika Kamu menyukai tipe ruangan dengan tema monokrom. Kamu bisa memulainya dari mencari referensi dekorasi, cat, dan perlengkapan pendukung dalam bekerja dengan warna berkonsep monokrom. Pada saat Kamu mulai kebingunan, tidak ada salahnya Kamu untuk berkonsultasi dengan pakar interior untuk mendapatkan masukkan yang mendukung keinginan Kamu dalam membuat konsep ruang kerja di rumah Kamu.

2. Jangan Tergesa-gesa untuk Mengganti Furnitur Lama

Source : Pixabay

Apa yang akan Kamu lakukan terhadap furnitur lama jika sudah tidak sesuai dengan tema warna yang Kamu gunakan? Jangan tergesa-gesa untuk menggantinya, karena Kamu bisa melakukan touch up sehingga dapat lebih sesuai dengan konsep yang Kamu gunakan. Tips membuat ruang kerja di rumah kecil nyaman untuk WFH yaitu dengan mengganti warna meja ataupun menggunakan taplak dengan warna yang selaras dengan konsep yang sudah Kamu tentukan.

3. Menggunakan Pencahayaan Alami

Salah satu ide dalam membuat ruangan kerja yang baik di rumah yaitu dengan mempertimbangkan pencahayaan alami. Ketika Kamu meletakkan meja, banyak orang secara refleks memasangnya tepat di sudut dinding yang paling gelap di ruangan. Kamu dapat memindahkan meja ke dekat jendela, letakkan sejajar dengan panelnya. Pengaturan ideal satu ini dapat memberikan manfaat bahagia ketika bekerja melalui cahaya alami.

4. Menggunakan Kursi yang Nyaman

Source : Pixabay

Walaupun harga kursi lumayan mahal, akan tetapi terdapat manfaat dari mempunyai kursi yang nyaman dan dapat membuat kerja Kamu menjadi tidak terlalu melelahkan. Terutama, jika Kamu akan banyak menghabiskan waktu bekerja dengan duduk di kursi tersebut. Beberapa kursi khusus untuk bekerja biasanya mempunyai jenis bahan yang berkualitas yang memungkinkan Kamu tidak merasakan sakit punggung.

5. Mengukur Ruangan

Source : Pixabay

Ketika telah memutuskan ruangan yang ingin Kamu gunakan sebagai ruang kerja, Kamu harus mengukur ruangan dan membuat gambar skala pada selembar kertas yang besar, perhatikan jendela, pintu, lantai, kabel listrik, kabel telepon, dan lampu. Setelah Kamu telah mempunyai denah yang akurat, Kamu bisa beralih pada peralatan dan perabotan yang disesuaikan dengan kebutuhan Kamu.

Sehabis membeli semua atau sebagian besar dari kebutuhan, Kamu dapat memasang perabotan dan peralatan sesuai rencana yang telah Kamu buat. Memang hal satu ini biasanya akan mengambil banyak waktu, akan tetapi dengan melakukan tanpa menundanya, pekerjaan ini akan selesai dengan cepat dan bisa disesuaikan dengan anggaran Kamu.

6. Memberikan Sentuhan Tumbuhan

Tips selanjurnya yaitu memberikan beberapa sentuhan dari tumbuhan. Kehadiran tumbuhan di sekitar Kamu bisa menurunkan stress Kamu ketika bekerja. Kamu dapat memberikan tumbuhan hijau yang bisa menyegarkan mata. Tumbuhan hijau selain untuk meningkatkan estetika juga bisa memberikan suasana yang tenang dan menyegarkan.

Tumbuhan di dalam ruangan juga dapat mengatur kualitas udara di dalam ruangan yang dimana hal tersebut tentunya akan baik untuk tubuh Kamu. Siapa yang tidak senang dengan ruangan yang dapat memberikan nuansa alami.

7. Sentuhan Inspirasi

Kerja tentunya memerlukan sesuatu untuk menginspirasi dan memotivasi Kamu agar produktivitas tetap mengalir. Kamu dapat menghadirkan sesuatu yang memotivasi dan menginspirasi Kamu ke dalam ruang kerja. Kamu bisa menambahkan karya seni, wallpaper dengan kata-kata motivasi, atau bahkan foto-foto orang yang berarti di dalam hidup Kamu.

Itu dia beberapa tips membuat ruang kerja di rumah kecil yang nyaman untuk WFH. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download