Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 10 Ide Menarik Membuat Kerajinan Tanah Liat Sebagai Dekorasi Hunian

Hobi

10 Ide Menarik Membuat Kerajinan Tanah Liat Sebagai Dekorasi Hunian

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 27 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Kerajinan tanah liat yang membawa suasana tradisional dalam hunian bisa kamu gunakan pada dekorasi rumah. Memanfaatkan kerajinan dari tanah liat menjadi salah satu cara yang patut diperhitungkan sebagai hiasan bergaya klasik. Terbentuk dari proses pelapukan kerak bumi yang disusun oleh batuan feldspatik yang termasuk didalamnya batuan beku dan juga granit, tanah liat sendiri memiliki ciri khas sulit menyerap air. 

Pinhome – Karakteristik tanah liat cenderung lengket dan mudah dibentuk saat dalam keadaan basah. Maka dari itu, saat bentuk yang diinginkan sudah sesuai, biarkan tanah liat mengering untuk dapat menghasilkan kerajinan menarik. Kandungan mineral lempung lah yang membantu tanah liat mengeras bila dibiarkan mengering. 

Masih penasaran juga dengan ragam jenis hasil karya tanah liat? Di bawah ini, Pinhome sajikan 10 ide menarik dalam pembuatan kerajinan tanah liat untuk dekorasi dalam hunian. Apa saja, mari kita simak bersama!

Baca Juga: Contoh Kerajinan Bahan Keras Buatan dan Alami

Ukiran Timbul

(lenteramata)

Kerajinan tanah liat satu ini memang tergolong rumit dan tentunya kaya akan kreativitas yang tinggi. Ukiran timbul yang terbuat dari tanah liat membuat makna yang ingin disampaikan dalam lukisan kian menyentuh. Dengan warna dan tekstur yang khas, Pins bisa menaruhnya pada dinding salah satu bagian dalam rumah agar lebih artistik dan tentunya menarik. Ide satu ini bisa membuat bagian ruang kosong lebih ramai.

Tempat Lilin Aromatherapy

kerajinan tanah liat
(unsplash)

Bila kamu masih mengira kerajinan dari tanah liat itu cenderung ketinggalan zaman, berarti kamu salah besar. Tanah liat pun kini sudah banyak menampilkan warna-warna menarik pada beberapa kerajinan. Tidak terkecuali sebagai tempat lilin aromatherapy. Kamar Pins yang serba putih, akan sangat cocok bila ditambahkan beberapa dekorasi lilin wangi ini. Selain udara dalam ruang semakin nyaman di hirup, estetika dalam interiornya pun pastinya sedap dipandang mata.

Guci dan Kendi

(unsplash)

Tanah liat kerajinan tangan memang patut diacungkan jempol. Para pengrajin yang dengan sabar memulai proses hingga menghasilkan suatu karya tidak dapat dianggap remeh. Kendi dan guci cantik juga merupakan salah satu barang mewah yang dapat dijual hingga jutaan rupiah. Apalagi bila terdapat ukiran di dalamnya, hal tersebut pastinya akan menambah nilai tinggi dari kendi. Barang satu ini sangat cocok menghiasi ruang tamu dalam hunian mungilmu.

Peralatan Rumah Tangga Unik

(unsplash)

Lain hal dengan peralatan rumah tangga. Jenis nya yang cukup banyak, Pins bisa mengoleksinya. Kerajinan dari tanah liat berupa piring, gelas, mangkok, tungku pemanas, teko dan peralatan dapur lainnya bisa dibuat seragam. Ini akan membuat ruang makan milik Pins di rumah lebih menarik. Tidak hanya sampai disitu, kamu pun dapat menggunakan kendi menyimpan air mineral berbahan tanah liat yang menarik. 

Tempat Lampu

kerajinan tanah liat
(pixabay)

Kerajinan dari tanah liat selanjutnya adalah tempat lampu. Kerangka lampu satu ini bisa kamu gunakan baik di dalam ruang maupun luar ruangan. Untuk area outdoor lampu satu ini dapat dipastikan mampu menghiasi taman kecil di pekarangan rumah, maupun taman pada bagian depan. Ingat Pins, walau lampu satu ini tahan terhadap terpaan air hujan, ada baiknya hindari dari benturan benda keras. Ini akan merusak bagian lampu.

Celengan

kerajinan tanah liat
(tokopedia)

Selain berbagai macam dekorasi hunian yang menarik, tanah liat kerajinan tangan pun dapat membuat si kecil terhibur. Celengan unik dengan karakter hewan kesukaan si kecil bisa kamu miliki di rumah. Kamu bisa sekaligus memberikan edukasi kepada anak untuk selalu menyisihkan sedikit uang jajan untuk ditabung. Bagaimana cukup menarik bukan? Hasil karya tanah liat bentuk celengan juga bisa kamu pajang di kamar tidur si kecil.

Patung Dekorasi

(unsplash)

Mempunyai kolam ikan di rumah namun masih terlihat membosankan? Kamu bisa menambahkan kreasi patung berbahan tanah liat yang unik. Bentuknya beragam dan bisa kamu pilih sesuai keinginan. Mulai dari hewan, tumbuhan hingga abstrak. Tanah liat kerajinan dengan bentuk patung, kini sudah banyak pula menghiasi rumah. Tidak hanya itu Pins, ukurannya pun beragam, mulai dari kecil hingga besar. 

Vas Bunga

(unsplash)

Nah, pecinta tanaman hias harus langsung merapat. Hasil karya tanah liat berbentuk vas bunga yang cantik mampu menjadi penenang tanaman. Warna alami yang ditonjolkan bisa membuat taman kecilmu kian berwarna. Cocok sekali digunakan dengan media tanah sebagai penunjang tumbuhan hidup. Selain itu, desainnya pun tak kalah dengan pot-pot lainnya yang jauh lebih mahal.

Ubin Lantai

kerajinan tanah liat
(alibaba)

Hasil karya tanah liat memang tidak ada habisnya. Setelah merambah ke berbagai dekorasi, tanah liat pun masuk mempercantik desain interior perumahan. Ubin berbahan tanah liat seperti di atas salah satunya. Selain terkenal adem saat di pijak, ubin satu ini cocok menghiasi teras kecil semi outdoor yang berada di hunian. Tidak perlu khawatir, ubin satu ini tahan terhadap air hujan.

Roster Tanah Liat

kerajinan tanah liat
(metroproperti)

Masih ada lagi nih Pins! Tanah liat kerajinan yang terkenal berasal dari Yogyakarta ini juga dapat membuat roster yang banyak digunakan pada hunian. Roster tanah liat sudah ada dari dahulu. Namun kini, seiring dengan perkembangan zaman ragam motif yang ditawarkan kian beragam. Kamu dapat menggunakannya pada sekat ruang yang pastinya unik dan menarik. Ini akan menambah nilai estetika dalam hunian milikmu.

Itulah ke-10 kerajinan tanah liat yang menarik dan tentunya dapat menghiasi ruang demi ruang dalam hunian. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kerajinan dari Resin Adalah Salah Satu yang Mudah Dibuat. Ini Dia Caranya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel