BlogPemilik PropertiMengenal Rumah Modular Lengkap dengan Kelebihannya
0
0

Mengenal Rumah Modular Lengkap dengan Kelebihannya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 27, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah Modulartop-right-banner

Rumah modular atau bangunan prefabrikasi (prefab) adalah pendekatan baru yang sistematis dalam membangun rumah. Dalam hal ini, rumah tidak dibangun dengan sistem tradisional yang dimulai dari pondasi, dinding, dan atap.

Pasalnya, rumah prefab dibangun dengan sistem bangunan yang konstruksinya dengan menggunakan modul yang merupakan hasil dari industri pabrik. 

Sebelum lanjut, kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga: Cara Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Apa Itu Rumah Modular?

Rumah Modular
Source : iStock Photo

Rumah modular atau rumah prefabrikasi adalah rumah yang konstruksi pembangunannya menggunakan modul hasil industri pabrik. Artinya, rumah ini dibangun secara terpisah antara pembuatan modul dan lokasi rumah. 

Dalam prosesnya, modul rumah yang sudah disetujui akan dibuat atau dicetak di pabrik. Kemudian setelah selesai, modul-modul itu dibawa menuju lokasi pembangunan rumah dan dipasang menjadi sebuah rumah. 

Rumah prefab ini berbeda dengan rumah konvensional biasa. Pasalnya, rumah prefab tidak dibangun di atas pondasi layaknya rumah biasa. Hal ini membuat rumah modular biasa dipindahkan dengan mudah. 

Meski demikian, rumah prefabrikasi berbeda dengan rumah mobile. Persamaan keduanya hanya sama-sama bisa dipindahkan dengan mudah. Selebihnya, rumah prefab dengan rumah mobil berbeda, mulai dari konstruksi hingga izin pembangunannya

Pasalnya, prosedur mendirikan rumah prefab sama seperti mendirikan rumah konvensional biasa. Pemilik rumah prefab tetap harus mengurus perizinan dan mentaati semua regulasi pendirian bangunan yang berlaku di daerahnya. 

Baca juga: Konsep Desain Rumah Kayu Ramah Lingkungan

Sejarah Rumah Modular

Rumah Modular
Source : iStock Photo

Secara prinsip, teknik pembangunan rumah prefab ini sudah dikenal umat manusia sejak lama. Bedanya di masa lalu pembuatan modul untuk rumah ini tidak semudah dan semasif saat ini dengan bantuan teknologi industri. 

Melansir Rochester Home, ada beberapa bangunan di masa lalu yang diduga dikerjakan dengan sistem modular. Pertama adalah bangunan pertama di Cape Ann, Amerika Serikat diperkirakan dibangun secara prefab di tempat lain yang kemudian dibawa ke sana. Bangunan ini dibangun tahun 1624.

Kemudian tahun 1855, saat Perang Krimea terjadi, ada perintah untuk membuat rumah sakit prefab. Rumah sakit ini dirancang selama 5 bulan dan mampu menampung hingga 1.000 orang pasien. 

Sementara bangunan apartemen pertama yang menggunakan teknik prefab ini ada di Liverpool, Inggris. Apartemen ini dibangun pada tahun 1875. Sedangkan kondisi krisis di Amerika pada 1906 mendorong para insinyur saat itu membangun rumah dengan teknik modular. 

Saat ini, bangunan prefabrikasi sudah semakin berkembang. Rumah yang dihasilkan bisa mengikuti keinginan, dengan proses yang rendah limbah, material ramah lingkungan, hingga penyelesaian yang tidak kalah dengan rumah konvensional.

Baca juga: Konsep Rumah Hijau

Kelebihan Rumah Modular

Rumah Modular
Source : Pixabay

Konstruksi bangunan prefabrikasi memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya lebih unggul dibanding rumah biasa. Berikut beberapa kelebihan tersebut. 

1. Konstruksi Cepat

Kelebihan utama rumah prefab adalah konstruksi yang cepat. Komponen rumah dibuat di pabrik dan dikirim ke lokasi, lalu dirakit sesuai dengan gambar arsitektur yang dipesan. 

Hal ini tentu saja menghemat waktu konstruksi dibandingkan dengan bangunan konvensional. Setelah pondasi siap, rumah prefab bisa dirakit dalam beberapa minggu. 

2. Kualitas Kontrol

Produksi komponen rumah prefab dilakukan di lingkungan pabrik yang terkendali. Hal ini memungkinkan terjadinya pengawasan ketat terhadap kualitas. 

Ini memastikan bahwa bahan bangunan dipasang dengan benar dan sesuai dengan standar. Kualitas konstruksi yang lebih baik dapat menghasilkan rumah yang lebih tahan lama dan efisien dari segi energi.

3. Customizable dan Ramah Lingkungan

Rumah prefab umumnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemilik tanah. Modul rumah bisa dirancang untuk memenuhi spesifikasi tertentu, mulai dari ukuran hingga tata letak ruangan. 

Bahan yang digunakan dalam rumah prefab juga dapat lebih ramah lingkungan. Sehingga konsep ini cocok buat kamu yang ingin membangun rumah ramah lingkungan. 

Baca juga: Desain Teras Rumah Klasik Terbaru dan Kekinian

Berapa Biaya Bangun Rumah Modular?

Rumah Modular
Source : Pixabay

Rumah prefab menjadi favorit karena harganya yang jauh lebih murah dibanding membangun rumah biasa. Lalu berapa sih biaya membangun rumah prefab?

Melansir Swanprefab, biaya pembangunan rumah ini tergantung pada tipe rumah yang diinginkan. Dari tipe ini, nanti akan dipilih panel yang sesuai, dengan harga yang sudah ditentukan. 

Sebagai ilustrasi, rumah dengan tipe 33 memerlukan panel sebagai berikut:

  • Komponen P1: Rp 90.000 per meter persegi;
  • Komponen P2: Rp 100.000 per meter persegi;
  • Komponen P3: Rp 110.000 per meter persegi;
  • Panel kusen: Rp 50.000 per meter persegi;
  • Panel dinding: Rp 160.000 per meter persegi.

Untuk pembangunan rumah dibutuhkan modul dengan ukuran 3 x 3 m. Pada setiap modulnya memerlukan 24 komponen P3, 8 buah komponen P2, dan 8 buah komponen P1.

Jika komponen tersebut dikalikan dengan masing-masing harga komponen per satuan meter perseginya maka jumlah biaya yang dibutuhkan untuk membangun bangunan modular instan tersebut hanya sekitar 4 jutaan saja. 

Selain itu juga ada rincian kebutuhan panel untuk rumah tipe 33 seperti:

  • Panel struktur yang berisi komponen P1, P2, P3 dengan luas 142 m2;
  • Panel kusen 44m2;
  • Panel dinding 44m2.
  • Pelengkap lainnya seperti kaca, atap, sanitasi, dan lainnya.

Jika ditotal secara keseluruhan, maka biaya yang dibutuhkan untuk membangun bangunan modular untuk rumah yang utuh bisa sekitar Rp 50 jutaan saja. Tak heran rumah modular dianggap jauh lebih murah dibanding rumah biasa.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download