Pinhome

8 Cara Membuat Pintu Geser Murah Meriah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 22 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Memiliki lahan rumah yang tidak besar mungkin akan menjadi kendala untuk kebanyakan orang ketika membangun rumah. Dengan lahan yang sempit, ruang pada rumah pun akan dibuat semaksimal mungkin agar dapat termanfaatkan dengan baik. Banyak cara yang dapat Pins lakukan untuk menghemat ruang pada rumah yang sempit. Salah satunya yang paling ampuh adalah dengan menggunakan pintu geser pada rumah. Apakah Pins sudah tahu cara membuat pintu geser?

Pinhome – Jika menggunakan pintu geser akan membuat batasan antara ruang ke ruang menjadi lebih luas karena tidak memakan tempat seperti pintu pada umumnya. Faktanya pintu geser kerap digunakan sebagai pintu interior pada desain hunian masyarakat Jepang karena rakyat Jepang memiliki sifat efisiensi dan efektifitas yang tinggi. Berikut cara membuat pintu geser dengan mudah!

Baca Juga:

Tentukan Tiga Ukuran Utama

(Pinterest)

Proses pertama dalam pembuatan pintu geser dengan triplek adalah menentukan tiga ukuran utama untuk menyusun kerangka pintu. Pertama Pins perlu mengukur lebar total dinding dimana pintu geser akan dipasang. Pins harus membuat total lebar tersebut setidaknya untuk dua kali lipat ukuran lebar pintu ketika digeser. 

Selanjutnya ukuran kedua adalah tinggi dinding dari lantai sampai ke langit-langit. Dan yang terakhir Pins perlu mengukur lebar kusen pintu geser. Sebelum bekerja Pins wajib menyiapkan roll meteran untuk mempermudah mengukur semua lebar tersebut. 

Pilih Kayu yang Berkualitas

cara membuat pintu geser

(Pinterest)

Jika Pins sudah selesai mengukur lebar sisi yang akan dijadikan sebagai pintu geser, langkah kedua yang perlu Pins lakukan adalah membeli kayu triplek yang bagus untuk dijadikan pintu nantinya. Selain itu Pins juga perlu menyediakan kayu balok kecil yang akan digunakan sebagai kerangka pintu geser. 

Pilihlah kayu dengan berat yang ringan karena pintu ini akan diletakkan di dalam ruangan rumah. Dengan kayu yang lentur dan ringan akan memudahkan pembuatan dan pemakaian pintu geser. Haluskan kayu balok dengan amplas supaya tidak berbahaya dan lebih bagus. Untuk bagian kerangka luar Pins membutuhkan 2 buah kayu panjang untuk memperkokoh pintu. 

Baca Juga:

Siapkan Peralatan Kerja

(Pixabay)

Langkah ketiga cara membuat pintu geser adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengerjakan pintu geser. Di antaranya Pins perlu menyiapkan roll meteran, amplas, gergaji kayu, mesin bor, sekrup, pengait, besi penyangga, pipa besi kecil, cincin besi dan pipa 90. Cincin besi, pipa besi, dan pipa 90 akan Pins gunakan untuk memasang pintu geser pada dinding. 

Membuat Kerangka Dalam 

cara membuat pintu geser

(Pixabay)

Selanjutnya kita beralih ke membuat kerangka dalam pintu geser yang nantinya akan kita gabungkan dengan kerangka luar. Pertama Pins rangkai kayu yang sudah dipotong menjadi kerangka pintu geser. Pins susun kayu hingga membentuk persegi panjang, lalu Pins satukan dengan sekrup. 

Selanjutnya setelah kerangka persegi panjang sudah jadi, Pins mulai pasang 6 buah kayu secara vertikal sampai membentuk lima kolom, kolom pertama 40 cm, kedua 30 cm, dan ulangi sampai kolom kelima. Setelah itu pasang kayu berukuran 40 cm dan 30 cm dan pastikan kayu dipasang pada kolom yang tingginya sama. 

Baca Juga:

Memasang Kerangka Luar

(Pixabay)

Setelah kerangka dalam sudah jadi, sekarang saatnya Pins memasangkan triplek sebagai penutup. Gunakan triplek yang ringan supaya pergeseran pintu menjadi lebih mudah. Cukup gunakan satu lapis triplek dan potong dengan gergaji menyesuaikan lebar ukuran kerangka yang sudah ditentukan. Jangan lupa untuk mengecat lapisan luar pintu geser agar lebih bagus. 

Ketika pintu geser sudah rampung, Pins pasangkan kerangka luar pada pintu agar dapat berdiri dengan kokoh. Sesuaikan ukuran kerangka luar dengan pintu geser yang sudah jadi. Tempel kerangka dengan sekrup dan cat rangka dengan warna sesuai selera Pins. 

Memasang Pengait Besi

cara membuat pintu geser

(Pinterest)

Langkah selanjutnya untuk membuat pintu geser adalah menancapkan pengait besi yang berguna sebagai substitusi engsel pintu. Pengait besi ini berfungsi sebagai tempat untuk besi penyangga dipasang sehingga pintu dapat bergantung. Tancapkan pengait besi pada bagian atas pintu yang sudah dilubangi dengan bor.

Baca Juga:

Pasangkan Roda Pintu

(Pinterest)

Saatnya kita beranjak pada langkah yang terpenting dalam membuat pintu geser, yaitu memasangkan roda pada pintu supaya pintu dapat bergeser dengan mudah. Pins pasangkan dua pasang roda pada bagian kanan dan kiri pintu dan seimbangkan supaya tumpuannya tidak goyang. Sebenarnya tidak semua pintu geser menggunakan roda, namun jika Pins ingin pintu geser seperti rumah Jepang Pins perlu membuat pintu licin supaya mudah digeser. 

Baca Juga:

Pasangkan Besi Penyangga

cara membuat pintu geser

(Pinterest)

Berikut ini adalah langkah terakhir dalam membuat pintu geser murah meriah di rumah. Besi penyangga berfungsi untuk tempat menggantung pintu geser. Sesuaikan panjang besi penyangga dengan ukuran sepanjang pintu bergeser. 

Dalam langkah ini Pins memerlukan cincin besi sebagai penghubung. Setelah cincin besi terpasang, Pins sambungkan pipa besi dan pipa 90 supaya saling berhubung. Setelah itu baru besi penyangga pintu dapat Pins pasang. 

Itulah beberapa langkah yang perlu Pins lakukan dalam membuat pintu geser sendiri di rumah. Pelajari dengan seksama setiap langkah yang diperlukan supaya pintu geser terbuat dengan baik. Semua bahan untuk membuat pintu geser dapat Pins dapatkan di toko material terdekat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Featured Image Source: Courtina.id


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia