BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Cara Membuat Pintu Geser Murah Meriah
0
0

8 Cara Membuat Pintu Geser Murah Meriah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 27, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki lahan rumah yang tidak besar mungkin akan menjadi kendala untuk kebanyakan orang ketika membangun rumah. Dengan lahan yang sempit, ruang pada rumah pun akan dibuat semaksimal mungkin. Banyak cara yang dapat Pins lakukan untuk menghemat ruang pada rumah yang sempit misalnya dengan menerapkan cara membuat pintu geser ini.

Kamu juga bisa menemukan pintu geser ini pada desain komplek perumahan saat ini. Gunakan aplikasi Pinhome guna menemukan Rumah Ekslusif yang diinginkan. Lewat fitur pencariannya kamu bisa menemukan rumah bekas di Kab Mojokerto atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Mutiara Gading City. Pinhome bahkan mampu membantumu menemukan hunian dekat Stasiun Serpong dan lainnya.

Cara Membuat Pintu Geser

Pintu geser akan membuat batasan antara ruang ke ruang menjadi lebih luas karena tidak memakan tempat seperti pintu pada umumnya. Faktanya pintu geser kerap digunakan sebagai pintu interior pada desain hunian masyarakat Jepang karena rakyat Jepang memiliki sifat efisiensi dan efektifitas yang tinggi. Berikut cara membuat pintu geser dengan mudah!

1. Tentukan Tiga Ukuran Utama

Source : Pinterest

Proses pertama dalam pembuatan pintu geser dengan triplek adalah menentukan tiga ukuran utama untuk menyusun kerangka pintu. Pertama Pins perlu mengukur lebar total dinding dimana pintu geser akan dipasang. Pins harus membuat total lebar tersebut setidaknya untuk dua kali lipat ukuran lebar pintu ketika digeser. 

Selanjutnya ukuran kedua adalah tinggi dinding dari lantai sampai ke langit-langit. Cara membuat pintu geser setelahnya adalah Pins perlu mengukur lebar kusen pintu geser. Sebelum bekerja Pins wajib menyiapkan roll meteran untuk mempermudah mengukur semua lebar tersebut. 

Baca juga: Beragam Jenis Pintu Rumah yang Punya Desain Menarik

2. Pilih Kayu yang Berkualitas

Source : Pexels

Jika Pins sudah selesai mengukur lebar sisi yang akan dijadikan sebagai pintu geser, langkah kedua yang perlu Pins lakukan adalah membeli kayu triplek yang bagus untuk dijadikan pintu nantinya. Selain itu Pins juga perlu menyediakan kayu balok kecil yang akan digunakan sebagai kerangka pintu geser. 

Pilihlah kayu dengan berat yang ringan karena pintu ini akan diletakkan di dalam ruangan rumah. Dengan kayu yang lentur dan ringan akan memudahkan pembuatan dan pemakaian pintu geser. Haluskan kayu balok dengan amplas supaya tidak berbahaya dan lebih bagus. Untuk bagian kerangka luar Pins membutuhkan 2 buah kayu panjang untuk memperkokoh pintu. 

3. Siapkan Peralatan Kerja

Source : Pixabay

Langkah ketiga cara membuat pintu geser adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengerjakan pintu geser. Di antaranya Pins perlu menyiapkan roll meteran, amplas, gergaji kayu, mesin bor, sekrup, pengait, besi penyangga, pipa besi kecil, cincin besi dan pipa 90. Cincin besi, pipa besi, dan pipa 90 akan Pins gunakan untuk memasang pintu geser pada dinding. 

4. Membuat Kerangka Dalam

cara membuat pintu geser
Source : Pixabay

Selanjutnya cara membuat pintu geser beralih ke membuat kerangka dalam pintu geser yang nantinya akan kita gabungkan dengan kerangka luar. Pertama Pins rangkai kayu yang sudah dipotong menjadi kerangka pintu geser. Pins susun kayu hingga membentuk persegi panjang, lalu Pins satukan dengan sekrup. 

Selanjutnya setelah kerangka persegi panjang sudah jadi, Pins mulai pasang 6 buah kayu secara vertikal sampai membentuk lima kolom, kolom pertama 40 cm, kedua 30 cm, dan ulangi sampai kolom kelima. Setelah itu pasang kayu berukuran 40 cm dan 30 cm dan pastikan kayu dipasang pada kolom yang tingginya sama. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Model Pintu Minimalis Modern

5. Memasang Kerangka Luar

Source : Pixabay

Setelah kerangka dalam sudah jadi, sekarang saatnya Pins memasangkan triplek sebagai penutup. Gunakan triplek yang ringan supaya pergeseran pintu menjadi lebih mudah. Cukup gunakan satu lapis triplek dan potong dengan gergaji menyesuaikan lebar ukuran kerangka yang sudah ditentukan. Jangan lupa untuk mengecat lapisan luar pintu geser agar lebih bagus. 

Ketika pintu geser sudah rampung, Pins pasangkan kerangka luar pada pintu agar dapat berdiri dengan kokoh. Sesuaikan ukuran kerangka luar dengan pintu geser yang sudah jadi. Tempel kerangka dengan sekrup dan cat rangka dengan warna sesuai selera Pins. 

6. Memasang Pengait Besi

cara membuat pintu geser
Source : Pinterest

Langkah selanjutnya untuk membuat pintu geser adalah menancapkan pengait besi yang berguna sebagai substitusi engsel pintu. Pengait besi ini berfungsi sebagai tempat untuk besi penyangga dipasang sehingga pintu dapat bergantung. Tancapkan pengait besi pada bagian atas pintu yang sudah dilubangi dengan bor.

7. Pasangkan Roda Pintu

Source : Pinterest

Saatnya kita beranjak pada langkah yang terpenting dalam membuat pintu geser, yaitu cara membuat rel pintu geser sendiri dengan memasangkan roda pada pintu supaya pintu dapat bergeser dengan mudah. Pins pasangkan dua pasang roda pada bagian kanan dan kiri pintu dan seimbangkan supaya tumpuannya tidak goyang.

Sebenarnya tidak semua pintu geser menggunakan roda sehingga tidak perlu belajar cara membuat rel pintu geser sendiri. Jika ingin memiliki pintu geser seperti desain rumah Jepang Pins perlu membuat pintu licin supaya mudah digeser. 

8. Pasangkan Besi Penyangga

cara membuat pintu geser
Source : Pinterest

Berikut ini adalah langkah terakhir cara membuat rel pintu geser besi hollow di rumah. Besi penyangga berfungsi untuk tempat menggantung pintu geser. Sesuaikan panjang besi penyangga dengan ukuran sepanjang pintu bergeser. 

Dalam langkah ini Pins memerlukan cincin besi sebagai penghubung. Setelah cincin besi terpasang, Pins sambungkan pipa besi dan pipa 90 supaya saling berhubung. Setelah itu baru besi penyangga pintu dapat Pins pasang. 

Itulah beberapa cara membuat pintu geser yang bisa kamu implementasikan di rumah. Pelajari dengan seksama setiap langkah yang diperlukan supaya pintu geser terbuat dengan baik. Semua bahan untuk mengimplementasikan cara membuat pintu geser di atas dapat Pins dapatkan di toko material terdekat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download