BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Atap Rumah Bentuk L Untuk Hunian Bertingkat Atau Satu Lantai
0
0

10 Desain Atap Rumah Bentuk L Untuk Hunian Bertingkat Atau Satu Lantai

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain atap rumah bentuk l bisa memiliki sisi yang sama panjang maupun panjang sebelah. Umumnya desain atap rumah bentuk l memakai atap pelana dan sering dipakai pada lahan luas.

Ada pula beberapa hunian dengan atap l yang menggunakan dak beton. Bagian atapnya landai dan bisa ditambahkan lantai kedepannya tanpa harus membongkar atap. Berikut beberapa desain atap rumah bentuk l untuk rumah satu lantai atau bertingkat:

Atap Dengan Cerobong Asap

Unsplash

Rumah dengan cerobong asap sering ditemui di pedesaan Eropa. Letak cerobong di bagian dekat sudut belokan dengan ketinggian beragam. Cerobong asap dengan bahan dasar batu-bata atau batu sering disebut dengan masonry chimneys.

Jenis cerobong ini biasa digunakan di area negara empat musim karena menghasilkan panas lebih baik. Rumah dengan atap seperti ini juga cocok untuk kawasan pegunungan yang dingin. Ruangan akan menyimpan panas lebih banyak dari perapian.

Atap Rumah Mewah 1 Lantai

Unsplash

Desain atap rumah bentuk l ini memiliki sisi yang sama panjang dengan sudut siku-siku. Umumnya digunakan untuk rumah mewah dan dilengkapi dengan garasi mobil.

Garasi bisa dibuat untuk dua mobil sekaligus dan rumah utama terletak di sisi lainnya. Dengan desain atap seperti ini maka area depan bisa sekaligus difungsikan sebagai lahan parkir yang luas.

Dutch Gable Roof

Pexels

Jenis atap pelana ini sering disebut dengan dutch gable roof yakni atap pelana dengan jurai luar atap. Bagian atapnya memiliki banyak ruang loteng yang bisa Pins gunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Loteng ini dapat pula difungsikan sebagai kamar tambahan namun memiliki bagian dinding yang miring di salah satu sisinya. Desainnya semakin populer sebab menambah daya tarik fasad rumah.

Baca juga:

Atap Letter L Horizontal

Temonggo

Bentuk bangunan menyerupai huruf l namun tampak horizontal. Sisi yang panjang berada di belakang bangunan. Atapnya memakai jenis atap datar dan di sisi lainnya berupa skillion roof.

Dari fasadnya terlihat struktur atap yang terpisah-pisah. Atap tengah cenderung lebih pendek ketinggiannya dibandingkan atap sisi kanannya. Sementara atap sisi kiri miring. Keunggulan dari atap ini adalah bukaan akses ventilasi yang lebih besar.

Atap 2-Storey House

Desain atap rumah bentuk l dengan halaman rumput yang luas
Pexels

Desain atap rumah bentuk l ini tidak memiliki sudut yang tajam pada bagian belokannya. Atapnya merupakan kombinasi antara gable roof dan saltbox.  Bagian luar rumah memiliki pelataran hijau yang luas.

Hunian juga dilengkapi dengan banyak jendela baik pada area rumah utama yang berloteng maupun sisinya yang lain. Pada sudut belokannya rumah ini digabungkan dengan area beratap landai.

Atap Rumah Modern Bergarasi

Freepik

Hunian dengan penggunaan warna hitam yang mendominasi mampu menyimpan panas dengan baik. Daya serap cahaya mataharinya tinggi apalagi jika atap juga memiliki warna senada.

Hunian seperti ini biasanya dikombinasikan pula dengan batuan alam sebagai dekorasi dindingnya. Halamannya tak begitu luas namun cukup untuk lahan parkir dua mobil sekaligus.

Baca juga:

Atap Miring Satu Sisi

Desain atap rumah bentuk l  yang miring di satu sisinya
Houzz

Atap miring sering jadi pilihan pada hunian minimalis. Jenis atap ini dikenal pula dengan nama skillion roof yakni bentuknya lurus tanpa ada lekukan segitiga.  atap nya yang lurus namun miring berfungsi agar daun berguguran bisa langsung jatuh ke bawah.

Atap seperti ini juga tidak membutuhkan saluran air karena atap aman dari genangan. Rumah dengan atap ini meskipun berbentuk l namun salah satu sisinya lebih pendek.

Atap Concrete House

Pexels

Rumah tanpa pagar ini memiliki dinding berwarna krem dengan sudut dari menara berdinding batuan. Pada menaranya menggunakan atap flat sementara lainnya berupa atap genteng.

Hunian dilengkapi dengan jendela kotak di setiap sisinya termasuk area menara. Fasadnya unik seperti memiliki atap bertumpuk dengan halaman semen yang diaci. 

Meskipun terlihat gersang namun ruangan didalamnya sejuk. Atap genteng memiliki keunggulan memudahkan udara masuk ke dalam ruangan dan meredam suara dengan baik.

Flat Roof

Desain atap rumah bentuk l dengan atap datar
Pexels

Atap datar memberikan keuntungan mempermudah pembangunan lantai kedepannya. Selain itu atap ini juga mudah dibersihkan dan bisa membentuk berbagai model bangunan.

Flat roof bisa jadi pilihan Pins jika ingin membangun hunian dengan balkon. Area atapnya juga bisa digunakan sebagai rooftop maupun area menjemur pakaian.

Atap Rumah Dengan Teras

Desain atap rumah bentuk l dengan teras
Pexels

Apabila lahan bangunan tidak begitu luas bisa pula memakai rumah leter L dengan atap saltbox yang dikombinasikan dengan dormer. Atap saltbox memiliki bentuk segitiga namun satu sisinya memiliki kemiringan yang cukup ekstrim.

Sementara atap dormer dikenal memiliki atap segitiga dengan tambahan atap yang menjorok ke luar di bagian tengahnya. Bagian depan rumah ditambahkan teras lengkap dengan atap dan tangga kecil. 

Rumah dengan bentuk l memiliki bentuk dan ruangan yang bervariasi. Setiap ujung rumahnya akan langsung menghadap ke halaman. Dengan begitu di setiap sisi ruangannya Pins bisa langsung mengecek ke halaman lewat ventilasi.

Desain atap rumah bentuk l cocok untuk gaya modern hingga tradisional. Bentuk atap ini bisa dikombinasikan dengan atap genteng hingga dak beton yang permukaanya datar sekalipun.

Baca juga:

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Synthesis Huis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download