10 Desain Rumah di Tanah Menurun Kokoh Anti Runtuh

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 20 January 2022 ∙ 4 menit membaca

Memiliki rumah idaman adalah keinginan bagi setiap umat. Terlebih rumah yang nyaman dan aman. Namun, dalam mendirikan rumah yang aman dan nyaman bukan hanya sekedar mempertimbangkan kualitas bahan bangunan dan juga furniture. Melainkan juga tanah atau dataran dimana tempat rumah akan dibangun. Tidak sedikit dari masyarakat yang memiliki lahan tanah yang miring atau menurun. Namun, Pins tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa wujudkan desain rumah di tanah menurun yang kokoh.

Ide Desain Rumah di Tanah Menurun

Baik rumah bergaya scandinavian, minimalis, maupun mewah, kekokohan adalah salah satu hal penting dalam pondasi bangunan. Untuk itu, ini dia beberapa desain rumah di tanah menurun yang bisa kamu jadikan referensi!

Baca Juga: Cara Membangun Rumah Di Tanah Miring Agar Kokoh

Rumah Panggung

(iCreate)

Jenis atau desain rumah panggung sangat cocok dijadikan alternatif untuk tanah yang cenderung menurun atau miring. Kamu bisa pastikan pondasi dari panggung tersebut kokoh dan anti keropos. Seperti bisa terbuat dari bahan beton dan kayu yang dipercaya dapat menopang bobot yang sangat berat.

Rumah dengan Basement

(iCreate)

Siapa yang tidak ingin memiliki basement pribadi di rumah? Kendaraan akan cenderung lebih aman dan terhindar dari hujan bukan? Kamu bisa siasati tanah yang menurun ini dengan model rumah yang terdapat basementnya sehingga rumah terlihat mewah. Sebenarnya keadaan tanah seperti ini justru menguntungkan untuk kamu, kamu bisa membuat ruang lainnya pada bagian bawah tersebut.

Baca Juga: 5 Jenis Material Untuk Lantai Carport Sederhana Dan Tahan Lama

Rumah dengan Taman di Bagian Bawah

(Pinterest)

Selain basement, kamu juga bisa membuat taman yang luas pada bagian bawah rumah. Inilah mengapa desain rumah minimalis di tanah menurun menguntungkan. Kamu hanya perlu membuat tangga outdoor untuk memasuki ruangan inti rumah atau ruang tamu. Dengan model ini, kamu bisa wujudkan desain rumah minimalis di tanah menurun, Pins!

Desain Rumah di Tanah Menurun Bergaya Kontemporer

desain rumah di tanah menurun
(Icreate)

Rumah bergaya kontemporer biasanya dicerminkan dengan desain yang canggih, kesederhanaan dan juga motif serta warna yang netral. Kamu bisa memilih warna-warna seperti abu, cokelat, putih, dan hitam. Dengan gaya kontemporer ini kamu bisa gunakan acian pada dinding rumah. Untuk memperkaya tampilan rumah, kamu bisa berikan dengan sentuhan kayu minimalis pada desain rumah.

Rumah dengan Teras Luas dan Terbuka

(RumahLia)

Sirkulasi udara yang baik pada rumah tentunya sangat baik untuk diciptakan. Dengan adanya balkon yang luas dan terbuka membuat sirkulasi udara di dalam ruangan rumah pun jadi lebih bersih dan segar. Dikarenakan tanah memiliki bentuk yang menurun, tentunya kamu bisa sambil menikmati pemandangan di teras karena cenderung lebih tinggi.

Rumah dengan Nuansa Alam

desain rumah di tanah menurun
(iCreate)

Nuansa rumah yang asri memang sangat bermanfaat bagi penghuninya. Selain dapat menghilangkan stres, juga baik untuk sirkulasi udara pada area rumah. Dengan nuansa alam pada rumah, kamu bisa mewujudkannya dengan tampilan batu alam pada dinding. Rumah akan terasa lebih adem dan juga asri. 

Rumah Estetik Minimalis

(Kibrispdr)

Estetika pada sebuah rumah kini jadi salah satu pertimbangan seseorang dalam mendekorasi rumah. Kamu bisa mewujudkannya dengan desain rumah minimalis di tanah menurun yang estetik. Seperti memilih tanaman hias yang menarik dan cantik, memilih sofa atau kursi outdoor yang nyaman dengan desain yang kekinian, dan lain sebagainya.

Desain Rumah di Tanah Menurun Industrial

desain rumah di tanah menurun
(Grid.id)

Rumah bergaya industrial sangat diminati oleh pasangan muda. Terlihat menarik, simple, dan estetik adalah alasannya. Rumah industrial bisa tetap diwujudkan di tanah menurun, termasuk menggunakan konsep rumah kontainer. Mengapa bisa? Karena bahan dari container sangat kokoh untuk berada di dataran yang tidak rata.

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Industrial Low Budget

Rumah Scandinavian

desain rumah di tanah menurun
(Onekindesign)

Bukan hanya rumah industrial, rumah dengan desain scandinavian juga sangat diminati kaum muda. Terlihat kekinian dan sangat estetik merupakan alasan mengapa desain scandinavian laku untuk dicontoh. Mengutamakan furniture yang multifungsi, desain rumah yang clean, dan juga memiliki sealing yang tinggi adalah ciri-cirinya.

Desain Rumah di Tanah Menurun dengan Kolam Renang

desain rumah di tanah menurun
(Pinterest)

Rumah dengan kolam renang juga bisa jadi salah satu alternatif untuk menyiasati tanah rumah yang miring. Kamu juga bisa menambahkan aksen tangga outdoor yang mengarah ke bagian taman belakang atau area kolam renang.

Bagaimana, cukup banyak bukan ide menarik dari pengaplikasian rumah di tanah menurun yang pastinya kokoh dan anti runtuh. Hal yang paling penting adalah Pins mengerti dan menggunakan kontaktor yang tepat saat membuat rumah. Dijamin bangunan tahan lama dan anti runtuh. Sampai bertemu di artikel Pinhome lainnya ya!

Baca Juga: 11 Model Atap Rumah Memanjang Ke Samping Dan Ke Belakang


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Seng Gelombang Terbaru dan Terlengkap

Seng gelombang merupakan salah satu model atap yang umum digunakan di rumah Indonesia. Beberapa ora

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Triplek per Lembar Sesuai Jenis dan Ukurannya

Triplek merupakan bagian dari kayu. Lebih lengkapnya, triplek atau biasa disebut plywood adalah lem

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Semen Terbaru dan Terlengkap 2022

Ada banyak hal krusial yang perlu diperhatikan saat membangun rumah. Salah satunya memilih bahan ba

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia