Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Cara Membangun Rumah di Tanah Miring Agar Kokoh

Cara Membangun Rumah di Tanah Miring Agar Kokoh

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mempunyai bangunan dengan lokasi strategis merupakan kelebihan tersendiri. Namun ada kalanya terpaksa membangun rumah di tanah miring atau memang sengaja mencari kondisi ini untuk menuangkan ide-ide arsitektur yang unik. Tentunya, cara membangun rumah di tanah miring perlu diperhatikan dengan baik, agar rumah dapat berdiri dengan kokoh.

Pinhome – Terlepas dari apapun alasanya yang terpenting adalah bagaimana memaksimalkan lahan tersebut agar dapat mendirikan rumah rumah yang indah.

Baca Juga: 

Cara Membangun Rumah di Tanah Miring

Sebelum membangun rumah, ada beberapa hal yang harus diperkirakan dengan baik, untuk memastikan keamanannya. Pertama-tama, buat terlebih dahulu mengenai data tanah yang akan dibangun sehingga didapatkan keterangan mengenai hal-hal berikut:

  • Bentuk tanah.
  • Lebar depan dan belakang tanah, panjang samping kanan kiri.
  • Ketinggian elevasi tanah.
  • Lokasi jalan raya dilingkungan tersebut sehingga dapat ditentukan arah hadap rumah nantinya.
  • Kondisi tanah misalnya ada tidaknya bangunan lama sehingga perlu penyesuaian desain rumah baru.

Mulai Menggambar Desain Rumah yang Diinginkan

cara membangun rumah di tanah miring

Setelah data-data tersebut didapat maka dapat dilanjutkan langkah selanjutnya yaitu pembuatan gambar desain rumah dimulai dari menggambar denah existing tanah miring kemudian membuat denah rumah.

Baca Juga: 

Membuat Tata Letak Ruangan

Disinilah letak penuangan inovasi dan kreatifitas sehingga setiap ruangan dapat tertata dengan baik. Seperti, perkiraan penempatan furniture perlu dipikirkan disini agar dapat disesuaikan letak ruangan yang tidak boleh miring. Pada lokasi yang miring dapat ditempatkan kamar mandi atau gudang.

Cara Membangun Rumah di Tanah Miring Dengan Trap Finishing

Apabila yang dimaksud tanah miring adalah perbedaan elevasi maka dapat dilakukan pengaturan pada pembuatan trap finishing lantai. Misalnya ruang tamu menuju ke ruang keluarga diberikan tangga 2 trap dengan selisih tinggi 60 cm.

Baca Juga: 

Melakukan Urugan Tanah

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan melakukan pekerjaan galian dan urugan tanah sehingga lokasi yang akan dibangun rumah dalam kondisi datar. Namun cara ini tentu menimbulkan biaya tambahan volume material tanah urug atau pembuangan tanah galian. Serta tenaga kerja yang seharusnya bisa dialihkan ke pekerjaan lain sebagai upaya menghemat biaya bangun rumah. 

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel