BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Desain Pagar Beton yang Kokoh
0
0

8 Inspirasi Desain Pagar Beton yang Kokoh

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 30, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Pagar Betontop-right-banner

Pagar yang terbuat dari beton menjadi pilihan terbaik untuk diaplikasikan di rumah. Sudah bukan rahasia lagi, pagar beton memiliki kelebihan dari segi ketahanan dan kekuatan dibanding material lain. Terlebih jika kamu bisa memilih desain pagar beton yang sesuai dengan eksterior rumah. 

Sebagai catatan, instalasi pagar beton biasanya memerlukan pekerjaan konstruksi yang lebih intensif. Selain itu pagar beton yang lebih tinggi atau dengan desain khusus mungkin memerlukan izin konstruksi atau perencanaan tambahan.

Pagar beton memiliki manfaat yang besar ketika dipasang di depan rumah. Hal ini sama dengan fitur PinValue yang bisa membantu kamu yang berencana membeli rumah eksklusif, salah satu rumah di perumahan di BSD, atau rumah bekas di Kec Tangerang

Baca juga: 7 Rekomendasi Warna Cat Pagar Rumah Terekeren dan Tipsnya

Inspirasi Desain Pagar Beton

Penting bagi kamu untuk memilih desain pagar beton yang tepat. Pasalnya, pagar merupakan area pertama yang dilihat orang yang datang atau melintas. Dengan desain yang bagus, maka impresi orang terhadap rumah juga akan positif. 

Bagi kamu yang tertarik menggunakan material beton untuk pagar rumah, berikut adalah beberapa desain yang bisa dijadikan referensi. 

1. Pagar Beton Pracetak

Desain Pagar Beton
Source : Pinterest

Desain pertama berupa pagar beton pracetak. Sebagai informasi, beton pracetak adalah produk konstruksi yang dibuat dengan cara mencetak beton dalam sebuah cetakan yang dapat digunakan kembali. 

Beton tersebut kemudian menjalani perawatan di lingkungan terkontrol dan dikirimkan menuju lokasi konstruksi. Setelah itu, beton bisa dirangkai untuk dijadikan bagian rumah, salah satunya pagar. 

Desain pagar beton ini cukup simple dan cenderung minimalis. Penggunaan warna putih susu secara menyeluruh membuat pagar terkesan kokoh dan bersih. 

2. Pagar Industrial

Desain Pagar Beton
Source : Pinterest

Industrial adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished yang terinspirasi dari komponen industri. Kondisi unfinished ini salah satunya dapat dilihat dari bentuk dinding yang belum dicat. 

Kamu juga bisa menerapkan konsep industrial ini pada pagar beton. Dalam hal ini, kamu cukup melapisi pagar dengan semen tanpa finishing cat. Desain pagar ini akan sangat cocok jika rumah kamu juga mengusung konsep industrial. 

Baca juga: 4 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Pagar Rumah

3. Motif Batako

Desain Pagar Beton
Source : Pinterest

Batako merupakan salah satu material bangunan berupa batu bata yang terbuat dari cor semen. Ketika dipasang dengan rapi, batako bisa memberikan desain yang menarik pada dinding tanpa perlu dicat atau finishing

Nah, desain seperti batako ini juga bisa diterapkan pada pagar beton depan rumah kamu, Pins. Buatlah pagar dari beton seperti biasa, namun pada saat finishing, mintalah kepada tukang untuk membuatnya seperti dinding batako. 

4. Kombinasi Besi Hollow

Desain Pagar Beton
Source : Pinterest

Besi hollow adalah material konstruksi berbentuk kotak atau persegi panjang dengan rongga di bagian tengah sehingga bentuknya menyerupai pipa. Besi hollow banyak digunakan sebagai produk interior maupun eksterior, termasuk partisi ruangan dari besi hollow

Kamu bisa menjadikan material besi hollow ini sebagai kombinasi untuk pagar beton di depan rumah. Buat pagar dengan tinggi sekitar 74 cm, lalu buat tiang beton dengan jarak 1-1,5 meter. 

Kemudian, pasang besi hollow pada sela-sela tiang tersebut. Kamu bisa memilih warna hitam atau monochrome pada pagar ini untuk memberikan kesan kokoh. 

Baca juga: 15 Model Pagar Rumah Minimalis Untuk Rumah Baru Anda

5. Motif Batu Alam

Desain Pagar Beton
Source : Pinterest

Berikutnya adalah desain pagar dengan motif batu alam. Pagar beton dengan motif ini akan memberikan kesan alami dan cocok untuk rumah yang mengusung konsep desain klasik

Pilih batu alam dengan warna yang terang lalu pasang secara presisi pada bagian tengah pagar dan tiang. Sementara pada bagian tepi di-finishing dengan halus dan warna yang senada. 

6. Motif Batu Andesit

Desain Pagar Beton
Source : Pinterest

Batu alam jenis andesit menjadi material yang populer untuk digunakan sebagai pagar rumah. Pagar beton dengan batu andesit ini akan memberikan kesan yang mewah dan elegan. 

Warna nude dan abu-abu yang dimiliki batu andesit juga memberikan kesan atau nuansa yang netral. Sehingga mudah untuk dipadukan dengan aneka tanaman hias di depannya untuk mempercantik rumah. 

Agar terlihat lebih modern minimalis, kamu bisa mengkombinasikan dengan pagar baja woodplank yang berwarna hitam. Hasilnya, kesan elegan akan terlihat pada tembok pagar batu alam rumah kamu. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membuat Model Pagar Minimalis 

7. Pagar Gabion

Desain Pagar Beton
Source : Pinterest

Selain cor beton, kamu juga bisa menggunakan pagar dengan konsep gabion untuk depan rumah. Gabion atau bronjong merupakan konstruksi dasar dari bangunan, pagar, maupun tanggul yang berupa batu gunung yang diletakkan dalam anyaman kawat. 

Pagar gabion akan menjadikan rumah tampak unik dan alami. Kamu bisa menambah tanaman merambat pada bagian atas pagar untuk menambah kesan natural. 

8. Kombinasi Papan Kayu

Desain Pagar Beton
Source : Pinterest

Berikutnya kamu bisa memilih desain pagar beton yang dikombinasikan dengan papan kayu. Dalam hal ini, pagar dengan material cor beton dibuat setinggi 1 meter, lalu sisanya disambung dengan material papan kayu

Namun demikian, desain pagar ini memiliki kelemahan pada bagian papan kayunya. Kamu perlu memilih kayu yang kuat atau bersiap untuk merawat atau bahkan menggantinya secara berkala. 

Itulah beberapa desain pagar beton yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu perlu memastikan desain yang dipilih senada dengan desain eksterior rumah.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Bali Resort Tangerang dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download