BlogPemilik PropertiDesain HunianIde Desain Dapur Kering dan Tips Penataannya
0
0

Ide Desain Dapur Kering dan Tips Penataannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dapur kering secara perawatannya tidak perlu dibersihkan setiap hari. Pins hanya butuh mengelapnya sesekali karena aktivitas memasak cenderung di dapur basah.

Fungsi dapur ini adalah sebagai tempat berkumpul dan sering menyatu dengan ruang makan atau ruang keluarga. Ukurannya cenderung sempit hanya sekitar 1×2 meter saja.

Tips Penataan Dapur Kering

Source : Pexels

Meskipun jarang digunakan namun penataan dapur kering yang tepat akan membuat interior ruangan semakin stylish. Nah, untuk itu simak dulu beberapa poinnya di bawah ini!

Posisi Dapur

Hal yang paling pertama dipikirkan terkait dpaur kering adalah posisinya dalam ruangan. Dapur kering memiliki letak dekat dengan ruang keluarga. Tujuannya agar memudahkan menyiapkan makanan untuk disajikan.

Dapur ini juga masih memiliki peralatan makan dan memasak sederhana. Fungsinya memang untuk membuat makanan simpel dan mudah disajikan. Misalnya saja dalam membuat sereal untuk sarapan pagi.

Area Kerja Yang Sesuai

Dapur kering juga memperhatikan layout area yang sesuai. Bagaimana menempatkan kabinet atau kulkas secara strategis. Dengan begitu ketika beraktivitas disini tetap nyaman dan ergonomis.

Meskipun luasnya tidak lebar namun cukup mendukung ruang gerak jadi tak terbatas. Pins tidak akan beresiko menimbulkan cipratan atau kecelakaan ketika memasak.

Gunakan Material Lantai Yang Berbeda

Sebaiknya gunakan material lantai yang berbeda untuk memberi batasan antar ruangan. Pakai bahan lantai yang tidak licin sehingga mencegah resiko jatuh saat beraktivitas di dapur.

Apabila ingin tetap memakai lantai dengan bahan yang sama maka pilih material kayu parket, vinyl, karet ataupun linoleum. Keempat bahan ini tidak mudah licin dan lunak ketika dipijak.

Baca juga:

Penyimpanan Perabotan

Selalu letakan tenpat sampah di sekitar dapur untuk menjaga kebersihan. Selain itu perabotan memasak pada dapur kering kebanyakan disimpan dalam kabinet. Dapur terasa bersih dan lebih rapi.

Meja Bar

Dapur ini sering memakai meja bar untuk memasak sekaligus meja makan. Tambahkan kursi sehingga dapat difungsikan juga sebagai meja makan. Mini bar ini mampu dijadikan area berkumpul bersama kerabat dan keluarga.

Tambahkan lampu gantung untuk meningkatkan kesan estetik dan intim. Mini bar bisa memakai bahan marmer agar terkesan mewah dan elegan. Bahannya juga mengkilap serta tahan akan suhu, panas maupun benturan.

Tepat Memilih Elemen Dekoratif

Peran dekorasi sangat penting bagi dapur kering. Untuk mencairkan suasana kaku kombinasikan warna, tesktur dan material yang tepat. 

Dapur kering sering memakai warna netral yang mendominasi. Misalnya saja putih dan warna pastel lainnya. Sesekali ada pula yang meletakan tanaman hias agar dapur lebih hidup dan segar.

Baca juga:

Ide Desain Dapur Kering

Sebagai gambaran dapur kering, Pins bisa menggunakan ide desain di bawah ini! Cocok untuk berbagai ukuran dapur dan gaya interior yang diusung.

Dapur Kering Tanpa Kitchen Set

Source : Pexels

Dapur sering menggunakan kitchen set untuk menyimpan peralatan memasak. Walaupun begitu dapur kering yang minim perabotan tetap cantik walaupun tanpa kicthen set.

Dapur tanpa kicthen set paling pas untuk lahan terbatas. Pemilihan dekorasinya cenderung kecil dan memakai rak bukaan agar terlihat tidak sesak.

Bar Kitchen

Source : Pexels

Dapur dengan konsep bar sering dipakai untuk gaya modern kontemporer. Kebanyakan perabotannya memakai bahan marmaer baik untuk lantai maupun meja barnya.

Kursi yang digunakan biasanya tanpa lengan dan tinggi. Jenis desain ini cocok untuk dapur kering yang ukurannya luas.

Eco Kitchen

Source : Pexels

Suasana asri dan segar akan nampak jelas pada eco kitchen. Dekorasi dapur dipenuhi tanaman hijau. Jendela dapur berukuran besar agar cahaya matahari bisa leluasa masuk ke area ini.

Selain itu material perabotannya didominasi dengan kayu. Kesan hangat akan kental terasa saat memasuki dapur di atas.

Dapur Kering Letter U

Source : Pexels

Dapur elegan selain berbentuk letter L ada pula yang berdesain letter U memakai perpaduan antara lantai parket kayu dengan warna senada. Ruangan ini semakin elegan dengan wastafel yang menyatu pada kitchen set

Dapur Kering dengan Hanging Lamp

Source : Pexels

Penerangan sangat penting saat beraktivitas di dapur apalagi saat malam tiba. Dapur semakin cantik dengan lampu gantung di tengah ruangan. 

Terlebih model lampu gantung sangat beragam. Ada yang berbahan metal dengan warna  putih maupun kuning yang hangat. Dapur yang menyatu dengan ruang makan akan mampu menghemat ruangan dan waktu.

Keluarga tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk menyiapkan makanan bersama keluarga. Jarak dapur dan meja makannya tergolong dekat sekali.

Baca juga: 9 Desain Dapur Mungil Terbuka Sulap Ruang Sempit Jadi Estetik

Dapur Kering Bernuansa Industrial

Source : Pexels

Konsep industrial terkenal di kalangan anak muda saat ini. Desainnya terlihat jelas dari dinding atau lantai yang dibiarkan seperti bahan aslinya. Dinding tidak melalui proses plamir tanpa cat.

Sementara bila ada pipa dibiarkan menonjol dan kombinasi warna metal yang mendominasi. Dapur seperti ini semakin indah dengan furnitur berbaham logam seperti stainless serta paduan warna emas.

Dapur Shabby Chic

Source : Pexels

Terakhir ada dapur shabby chic dengan pemakaian warna manis. Pemilihan warnanya tidak hanya pada dinding atau lantai namun juga alat masak. Misalnya saja warna pastel seperti dusty pink, sky blue, tosca dan lainnya.

Dapur didukung pula dengan rak ambalan memanjang. Cocok untuk konsep dapur minimalis yang estetik.

Itu tadi beberapa tips penataan dapur kering. Ukurannya bisa kecil maupun luas tergantung lahan yang disediakan. Hanya saja perabotan yang tersedia di dapur ini tak akan sebanyak dapur basah.

Sumber Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download