Pinhome

Simak 5 Perbedaan Dapur Kotor dan Dapur Bersih

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 25 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Dapur adalah ruangan yang sangat penting dalam suatu rumah. Hal ini karena berbagai makanan lezat untuk keluarga datang dari dapur setiap harinya. Tak jarang orang akan merancang dapur dengan sangat detail guna membuat fungsi dapur sesuai dengan kebutuhan. Bahkan pada beberapa orang menggunakan dua jenis dapur sekaligus dalam satu rumah, yaitu dapur kotor dan dapur bersih. 

Pinhome – Sayangnya banyak orang yang memperlakukan dapur kotor dan bersih tidak ada bedanya. Padahal meski mirip namun kedua dapur ini sangat berbeda lho! Mulai dari letak, desain hingga fungsi antara kedua jenis dapur ini sangat berbeda. 

Namun masih banyak orang yang belum tahu perbedaan antara dapur bersih dan kotor. Bagi Pins yang penasaran dengan perbedaan kedua dapur ini, tenang! Karena Pinhome akan membagikan informasi lengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Perbedaan Letak Dapur

(Pinterest)

Hal pertama yang paling mudah disadari pada dapur kotor dan dapur bersih adalah letak dapur yang berbeda. Umumnya dapur bersih akan dibuat menyatu dengan ruangan lainnya seperti ruang makan, ruang keluarga atau ruangan lain dalam rumah. Berbeda dengan dapur yang kotor yang umumnya dibuat terpisah dari ruangan lain. 

Bahkan dapur ini biasanya dikelilingi dengan dinding dan dilengkapi dengan pintu yang mana membuatnya semakin jelas terpisah dengan ruangan lain. Namun jika tidak ingin membuat dapur ini terlalu tertutup dan pengap, Pins bisa menggunakan pintu tirai dan merancang banyak jendela pada dapur. 

Hal ini guna memperlancar sirkulasi udara di dalam dapur yang kotor milik kamu. Selain itu, dengan banyaknya jendela juga akan membuat dapur lebih mudah mendapatkan cahaya matahari dan membuat dapur menjadi lebih sehat.

Fungsi Dapur

(Pinterest)

Banyak yang salah sangka bahwa kedua dapur ini memiliki fungsi yang sama. Padahal jika dilihat secara detail, kedua dapur ini memiliki fungsi yang mirip namun berbeda. Pada dapur bersih, biasanya kegiatan memasak yang dilakukan adalah kegiatan yang ringan seperti menghangatkan makanan, memotong buah, kue, menyiapkan minuman atau memasak makanan instan. Oleh karena itu, pada dapur bersih tidak memiliki alat masak yang lengkap, hanya alat-alat masak dasar saja yang diletakkan pada dapur ini.

Sedangkan dapur yang kotor digunakan untuk kegiatan memasak sesungguhnya. Kegiatan memasak ringan, sedang hingga kompleks bisa dilakukan pada dapur ini. Jadi Pins tidak hanya menghangatkan makanan atau memotong buah saja, namun bisa membersihkan bahan makanan, membuat bumbu masak dan mengolah makanan dari mentah hingga benar-benar menjadi suatu hidangan yang lezat untuk keluarga.

Baca juga: Ragam Desain Dapur Sederhana Ini Dapat Kalian Buat di Lahan Sempit!

Desain Dapur

(Pinterest)

Perbedaan selanjutnya antara dapur bersih dan kotor adalah desain dapur. Pada dapur bersih umumnya akan didesain lebih cantik dan rapi. Hal ini karena dapur bersih biasanya akan dibuat menyatu dengan ruangan lain. Oleh karena itu penting untuk membuat tampilan desain dapur bersih tetap rapi dan cantik.

Berbeda dengan dapur kotor yang didesain lebih sederhana dibandingkan dengan dapur bersih. Selain itu, pada dapur yang kotor juga akan dibuat terpisah dengan ruangan lain yang mana sengaja dibuat tidak terlihat dari dalam rumah. Namun pada dapur khusus kotor ini usahakan untuk membuat banyak ventilasi karena fungsinya sebagai ruangan untuk memasak berbagai macam hidangan.

Peralatan Dapur

(Pinterest)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dapur bersih dan kotor memiliki fungsi yang mirip namun berbeda. Pada dapur bersih digunakan sebagai tempat kegiatan memasak makanan yang ringan seperti menghangatkan makanan atau membuat minuman. 

Sedangkan, pada dapur khusus kotor digunakan sebagai tempat memasak hidangan dari ringan hingga kompleks. Bahkan kegiatan membersihkan bahan makanan, mengolah bumbu masak dan memasak hingga bahan makanan menjadi suatu hidangan terjadi di dapur ini. Oleh karena itu peralatan dapur yang tersedia di kedua dapur ini pun berbeda.

Pada dapur bersih peralatan masak akan cenderung lebih sederhana dan sedikit. Peralatan masak yang tersedia adalah peralatan masak dasar seperti kompor, wajan, blender, pisau dan beberapa alat masak lainnya. 

Sedangkan pada dapur khusus kotor tersedia berbagai macam alat masak dari yang mendasar hingga penunjang seperti chopper, oven dan masih banyak lagi. Jadi pada dapur ini umumnya peralatan masak akan jauh lebih lengkap dibandingkan dengan dapur bersih.

Baca juga: Beragam Pilihan Desain Dapur Moden untuk Hunian Kamu

Jangkauan dari Ruangan Lain

(Pinterest)

Pada daftar perbedaan antara dapur bersih dan kotor sebelumnya, telah disebutkan bahwa dapur bersih akan dibuat menyatu dengan ruangan lain. Sedangkan dapur khusus kotor sengaja dibangun terpisah dari ruangan lain, bahkan keberadaannya sulit terlihat dari ruangan lain. 

Dapur bersih bisa dibuat menyatu dengan ruang makan, ruang keluarga dan ruangan lainnya. Berbeda dengan dapur khusus kotor yang biasanya diletakkan di belakang rumah atau basement yang mana sengaja membuat keberadaan dapur ini tidak terlihat dari luar. Hal ini bukanlah tanpa alasan, melainkan agar kegiatan memasak pada dapur tidak mengganggu penghuni rumah dan ruangan lain di dalam rumah.

Itulah informasi mengenai 5 daftar perbedaan dapur kotor dan dapur bersih. Semoga dengan ulasan di atas menambah wawasan Pins mengenai perbedaan antara keduanya. Semoga bermanfaat!


Itulah daftar desain rumah cantik yang bisa menjadi inspirasi Pins dalam membangun rumah. Semoga bermanfaat!

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel