BlogPemilik PropertiDesain Hunian4 Perbedaan Jenis Dapur Kotor dan Dapur Bersih
0
0

4 Perbedaan Jenis Dapur Kotor dan Dapur Bersih

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas

Jul 26, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
dapur-kotortop-right-banner

Dapur adalah ruangan yang sangat penting dalam suatu rumah. Hal ini karena berbagai makanan lezat untuk keluarga datang dari dapur setiap harinya. Tak jarang orang akan merancang dapur dengan sangat detail guna membuat fungsi dapur sesuai dengan kebutuhan. Bahkan pada beberapa orang menggunakan dua jenis dapur sekaligus dalam satu rumah, yaitu dapur kotor dan dapur bersih. 

Namun, masih banyak orang yang memperlakukan dapur kotor dan bersih tidak ada bedanya. Padahal meskipun mirip, kedua dapur ini sangat berbeda lho! Mulai dari letak, desain hingga fungsi antara kedua jenis dapur ini sangat berbeda. 

Akan tetapi, banyak orang yang belum tahu perbedaan antara dapur bersih dan dapur kotor. Bagi Pins yang penasaran dengan perbedaan kedua jenis dapur ini. Pinhome akan membagikan informasi lengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Letak Dapur

dapur kotor
Source : Pinterest @Dudy

Perbedaan mendasar anatara dapur kotor dan dapur bersih pada letaknya. Umumnya dapur bersih akan dibuat menyatu dengan ruangan lainnya seperti ruang makan atau ruang keluarga. Berbeda dengan dapur kotor yang umumnya dibuat terpisah dari ruangan lain. 

Bahkan dapur kotor biasanya dikelilingi dengan dinding dan dilengkapi dengan pintu. Namun, jika Pins tidak ingin membuat dapur ini terlalu tertutup dan pengap, Pins bisa menggunakan tirai dan membuat banyak jendela pada dapur. 

Tujuannya untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam dapur. Selain itu, dengan banyaknya jendela juga akan membuat dapur lebih mudah mendapatkan cahaya matahari dan membuat dapur menjadi lebih sehat.

Perbedaan Fungsi Dapur Kotor dan Dapur Bersih

Dapur rumah mewah
Source : Pixabay

Banyak yang berpikir kedua dapur ini memiliki fungsi yang sama. Padahal jika dilihat secara detail, kedua dapur ini memiliki fungsi yang mirip namun berbeda. Dapur bersih biasanya digunakan untuk memasak makanan yang ringan seperti menghangatkan makanan, memotong buah, kue, menyiapkan minuman atau memasak makanan instan. Oleh karena itu, pada dapur bersih tidak memiliki alat masak yang lengkap, hanya alat-alat masak dasar saja yang diletakkan pada dapur ini.

Sedangkan dapur kotor digunakan untuk kegiatan memasak sesungguhnya. Kegiatan memasak ringan, sedang hingga kompleks bisa dilakukan pada dapur ini. Contohnya membersihkan bahan makanan, membuat bumbu masak dan mengolah makanan dari mentah hingga benar-benar menjadi suatu hidangan yang lezat untuk keluarga.

Baca juga: Ragam Desain Dapur Sederhana Ini Dapat Kalian Buat di Lahan Sempit!

Perbedaan Desain Dapur Kotor dan Dapur Bersih

Perbedaan dapur kotor dan daupr bersih
Source : Frunizing

Perbedaan selanjutnya dalam hal desain. Pada dapur bersih umumnya akan didesain lebih cantik dan rapi. Hal ini dikarenakan dapur bersih biasanya akan dibuat menyatu dengan ruangan lain. Oleh karena itu penting untuk membuat tampilannya tetap rapi dan cantik.

Sedangkan dapur kotor biasanya didesain lebih sederhana. Dapur yang kotor juga akan dibuat terpisah dengan ruangan lain yang mana sengaja dibuat tidak terlihat dari dalam rumah. Namun pada dapur kotor ini Pins harus membuat banyak ventilasi sehingga dapur tidak pengap dan Pins tetap nyaman ketika memasak.

Jenis Peralatan

Dapur kotor
Source : Virgula

Karena fungsi kedua jenis dapur ini berbeda, alat masak yang ada di dalam dapur juga akan berbeda. Pada dapur bersih peralatan masak akan cenderung lebih sederhana dan sedikit. Peralatan masak yang tersedia biasanya seperti kompor, wajan, blender, pisau dan beberapa alat masak sederhana lainnya. 

Sedangkan pada dapur kotor tersedia berbagai macam alat masak dari yang mendasar hingga penunjang seperti chopper, oven dan masih banyak lagi. Jadi pada dapur ini umumnya peralatan masak akan jauh lebih lengkap dibandingkan dengan dapur bersih.

Itulah informasi mengenai 4 daftar perbedaan dapur kotor dan dapur bersih. Semoga dengan ulasan di atas Pins bisa menambah wawasan mengenai perbedaan antara keduanya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Beragam Pilihan Desain Dapur Moden untuk Hunian Kamu


Itulah daftar desain rumah cantik yang bisa menjadi inspirasi Pins dalam membangun rumah. Semoga bermanfaat!

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download