BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia 6 Jenis dan Ukuran Kasur yang Perlu Kamu Ketahui
0
0

Ini Dia 6 Jenis dan Ukuran Kasur yang Perlu Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Agu 22, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
ukuran kasurtop-right-banner

Saat memasuki properti membeli properti, baik itu ketika mengajukan KPR atau mencari rumah seken di Surabaya, penting untuk mempersiapkan setiap aspek hingga ke pemilihan furnitur kamar tidur. Salah satu elemen yang mungkin sering terlupakan adalah ukuran kasur. Meski terdengar sepele, memahami bagian dari kasur ini penting untuk membuat kamar tidur tetap estetik dan nyaman di dalam properti.

Selain itu, jenis dan ukuran kasur tidak hanya single, queen, atau king. Ada ukuran yang bisa kamu lihat sebagai bahan pertimbangan untuk melihat, apakah kasur muat di rumah baru Pins, seperti di Cikarang Griya Pratama. Simak selengkapnya di sini!

Beragam Ukuran Kasur dan Kegunaannya

Berikut ini tipe ukuran kasur dalam bentuk centimeter (cm) berdasarkan nama yang bisa Pins tanyakan ketika membeli matras atau spring bed!

Nama Ukuran Kasur Nomor KasurUkuran (cm)
Ukuran single size490 cm x 200 cm
Ukuran double size3120 cm x 200 cm
Ukuran Double XL2 in 1140 cm x 200
Ukuran queen size2160 cm x 200 cm
Ukuran king size1180 cm x 200 cm
Ukuran super king size200 cm x 200 cm

Baca juga:

Daftar ukuran kasur

Pins sudah tahu ukuran kasur? Atau masih sedikit bingung? Jangan khawatir! Kali ini Pinhome akan memberikan informasi tentang tempat tidur. Mulai dari ukuran nomor 1,2,3 atau king size, double, single, dan lainnya.

1. Ukuran Single Size

Pada dasarnya di Indonesia, untuk kasur single adalah 90 cm X 200 cm. Kasur ini diperuntukan untuk satu orang. Biasanya jenis kasur single ini dapat dipilih untuk anak usia SD hingga SMA.

Atau, ukuran kasur single dapat juga diperuntukan bagi kamar tamu atau kamar kos. Kasur ini hanya untuk 1 orang, tidak untuk 2 orang, karena akan terasa sempit, Pins.

2. Ukuran Double Size

ukuran kasur
Source : Walmart

Sesuai namanya double size bisa ditempati oleh dua orang. Kasur berukuran double size atau dikenal juga dengan twin bed, mempunyai ukuran 200 cm x 120 cm. Biasanya digunakan di kamar hotel.

Kelebihan kasur ini adalah, memiliki lebar yang cukup luas untuk digunakan tidur sendiri, tetapi tidak terlalu sempit jika digunakan oleh dua orang sekaligus. Selain sering digunakan di hotel, kasur ini cocok untuk kamar tidur Pins yang ukurannya tidak terlalu luas.

Selain dikenal sebagai twin bed, kasur double size ini juga sering disebut super single size. Perbedaan single size & double size adalah hanya beda 20 cm dari tipe single bed.

Untuk Pins yang mempunyai tubuh agak gemuk, kasur tipe cocok sekali, karena tak terlalu kecil. Oh ya, kasur double disebut juga sebagai ukuran kasur nomor 3.

3. Ukuran Double XL

Source : Elit Springbed

Memang jenis kasur ini tidak akan dikeluarkan oleh semua merk. Namun, Pins bisa memilih jenis kasur ini dengan model 2 in 1 atau kasur sorong dengan ukuran 140×200.

Selain itu, kasur ini juga bisa muat lebih dari 1 orang. Ini bisa membuat kamar yang sempit menjadi lebih luas karena kasur ini bisa dipakai untuk dua orang, terutama jika ada teman atau tamu yang menginap.

Baca juga:

4. Ukuran Queen Size

ukuran kasur
Source : unsplash

Layaknya seorang ratu, ukuran tempat tidur queen ini cocok untuk Pins yang membutuhkan ruang gerak ekstra. Dengan Queen Size, Pins akan mendapatkan ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran tempat tidur double.

Ukuran tempat tidur queen adalah 160 cm X 200 cm dan menjadi ukuran standar untuk dua orang. Dikenal sebagai ukuran kasur nomor 2. Double size memiliki lebar lebih besar 30 sentimeter dibandingkan dengan kasur single.

Untuk Pins yang menginginkan tempat tidur luas namun memiliki ukuran kamar yang tidak terlalu luas, kasur queen size pasti cukup untuk digunakan. Pins dapat memilih kasur dengan ukuran queen untuk menyiasati kamar tidur dengan luas terbatas.

Tipe kasur ini cocok untuk dua orang yang bertubuh mungil, atau pun sendirian. Biasanya, tempat tidur queen size menjadi pengisi di kamar tidur utama yang memiliki ukuran kamar tidur paling besar. Ukuran ini mungkin juga cocok untuk desain kamar tidur remaja, Pins.

5. Ukuran King Size

Source : Indiamart

Bagi Pins yang ingin tidur bersama orang yang tersayang, King size adalah pilihan yang tepat. Berukuran 180 cm x 200 cm, king size cocok untuk dipakai dua orang berukuran sedang. Kasur ini juga merupakan jenis ukuran kasur nomor 1.

Tidak hanya itu, kasur King Size ini dapat membangun kualitas tidur yang nyaman. Pasalnya, ini memberikan ruang gerak yang cukup luas bagi Pins atau pasangan. Alhasil, makin mudah untuk tertidur lelap. Cocok sekali bukan ditaruh di kamar yang luas dan besar?

Merupakan ukuran kasur yang menjadi standar hotel berbintang, tempat tidur berukuran king size sudah pasti nyaman dengan ukuran yang ideal. Ukuran kasur ini cocok diletakkan pada kamar tidur utama.

Mengingat dapat mengakomodasi dua orang dewasa dengan leluasa, ditambah lagi jika tidur bersama dengan anak yang masih kecil. Biasanya di hotel, saat memesan kamar dengan ukuran tempat tidur king, harganya akan lebih mahal dengan ruangan yang lebih eksklusif.

6. Ukuran Super King Size

ukuran kasur
Source : Bedsos.co.id

Jika ingin memiliki kasur super besar layaknya raja, super king size adalah jawabannya. Berbeda dengan ukuran nomor 1 king size, kasur Super King menjadi kasur berukuran yang paling besar dijual di pasaran. Meski harganya lebih mahal dibandingkan spring bed 1 jutaan, kualitas yang ditawarkan tidak main-main.

Ukuran dari kasur ini adalah  200 cm x 200 cm, dapat menampung sampai dua orang, tiga orang ataupun dua orang dewasa dengan satu anak. Jika Pins menginginkan kasur super luas, super king size adalah pilihan yang tepat.

Kasur ini biasa digunakan pada kamar tidur utama. Jika di hotel, biasanya tersedia di kamar bertipe family room. Selain itu kasur ini dilengkapi dengan kotak pegas untuk menahan berat kasur.

Nah, bagaimana Pins? Sudah tahu perbedaan jenis ukuran kasur ini? Semoga Pins sudah mendapatkan inspirasi dalam memilih tempat tidur yang tepat.

Baca juga:

Featured Image Source: Amazon

Editor: Voni Sri


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download