7+ Jenis Kasur dari Segi Bahan dan Kualitas

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia ∙ 26 August 2022 ∙ 4 menit membaca

Tidur yang berkualitas mempengaruhi mood seseorang waktu tertentu. Supaya setiap hari Pins bisa memiliki suasana hati yang bagus, pastikan untuk selalu beristirahat dengan nyaman. Salah satu faktor eksternal yang memberi pengaruh besar dalam hal ini adalah kasur. Memillih jenis kasur yang tepat dan nyaman ternyata tak boleh asal-asalan!

Pada dasarnya, ada beberapa jenis kasur yang dibedakan dari bahan utama pembuatannya. Semakin bagus desain dan teknologi yang dipakai, akan mempengaruhi harga dan kualitasnya. Tak perlu ragu untuk memilih kasur yang harganya dibanderol mahal karena hal itu berbanding lurus dengan kenyamanan saat berbaring di atasnya.

Kasur Kapuk

jenis kasur kapuk
Pexels

Pada generasi sebelumnya, kasur kapuk adalah jenis yang dipakai khalayak umum untuk tidur karena dari segi harga yang sangat terjangkau. Namun, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk merawatnya. Mulai dari menambah dan mengganti kapuknya, menjemur di bawah sinar matahari, dan dan membersihkan secara rutin untuk mencegah munculnya kutu kasur. Jenis kasur ini juga tidak dibekali dengan teknologi apapun.

Kasur Busa 

foam bed
Pexels

Kasur yang juga familiar disebut dengan kasur foam ini terbuat dari bahan dasar busa yang bagian luarnya sudah ditutup dengan kain tebal dan lembut. Ini adalah pilihan jenis kasur yang terjangkau dari segi harga dan compact desain dan beratnya. Terlepas dari hal tersebut, kekurangan dari kasur busa adalah mudah kempes jika mendapat tekanan berat secara terus menerus.

Baca juga: Rekomendasi Kasur Lipat Terbaik dan Serba-serbinya

Spring Bed

spring bed
Pexels

Pilihan kasur selanjutnya yang kenyamanannya ada di atas busa adalah spring bed. Kasur dengan tambahan pegas di bagian dalamnya ini dilapisi dengan kasur busa. Lebih fleksibel dan nyaman, kasur ini juga minim suara jika terdapat beban di atasnya. 

Jenis kasur ini juga memiliki dua tipe, yakni hybrid dan innerspring. Yang umum seperti definisi di atas adalah innerspring. Sedangkan yang hybrid adalah yang terdapat busa di antara sela-sela pegasnya. Hal ini yang membuat jenis hybrid relatif lebih mahal harganya.

Kasur Lateks

jenis Kasur Lateks
Pexels

Untuk kualitas tidur yang lebih nyaman, Pins bisa menjatuhkan pilihan dengan membeli jenis kasur latex. Terbuat dari karet alam yang diolah dan diproses sedemikian rupa membuat bed jenis ini lebih ramah lingkungan dan nyaman dipakai. Permukaannya yang lebih tertutup membuatnya lebih minim dihinggapi kutu kasur.

Baca juga: 10 Rekomendasi Kasur Latex Terbaik, Bagus untuk Kesehatan

Kasur Memory Foam

memory foam bed
Pexels

Dirancang dengan teknologi mutakhir, jenis kasur dengan bahan utama memory foam mampu meningkatkan kualitas tidur dengan tingkat keempukan kasur, kenyamanan, hingga kesehatan tulang. Tipe busa viscoelastic-nya memiliki tekstur permukaan yang lembut serta bisa menyerap panas dalam tubuh. Tak perlu heran jika harga yang dibanderol cenderung mahal dibanding jenis yang ada di bawahnya.

Water Bed

water bed
Pexels

Kasur air ini permukaannya terbuat dari plastik. Isinya pun dipenuhi dengan air yang bisa sekali isi tanpa perlu menggantinya secara berkala. Nilai plus dari jenis kasur ini adalah mampu membuat suhu tubuh menjadi normal. Salah satu kekurangannya adalah berat dan tidak praktis jika harus dipindah tempatnya.

Baca juga: Rekomendasi Kasur Bayi Terbaik yang Aman dan Nyaman

Air Bed

air bed
Pixabay

Jenis kasur angin atau air bed juga banyak bermunculan beberapa tahun silam. Kasur ini bisa dipompa untuk membuat permukaannya mengembang. Kasur ini lebih disarankan untuk bersantai dan sebagai tambahan saja. Tidak untuk dipakai tidur secara terus menerus kenyamanan yang kurang.

Baca juga: 14 Rekomendasi Kasur Angin Terbaik, Nyaman, dan Anti Bocor!

Kasur Berdasarkan Tingkat Kelembutan

Selain dari bahan, jenis kasur juga bisa dibedakan dari tingkat kelembutannya. Tersedia jenis yang lembut atau soft hingga yang keras atau firm. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan berat badan, kebiasaan tidur, dan kebutuhan setiap orang yang berbeda satu sama lain. Tipe ini juga mempengaruhi desain dah harganya.

  • Extra soft disarankan untuk yang memiliki berat badan kurang dari 58 kg dan yang punya kebiasaan tidur menghadap ke samping
  • Medium soft pas untuk yang memiliki berat badan kurang dari 100 kg dan punya kebiasaan tidur menyamping dan telentang
  • Medium firm bisa untuk yang memiliki berat badan kurang dari 58 kg dan cocok untuk segala posisi dan kebiasaan tidur
  • Firm cocok untuk yang memiliki berat badan lebih dari 58 kg hingga lebih dari 100 kg dan punya kebiasaan tidur telentang dan menyamping
  • Extra firm untuk yang memiliki tubuh besar dengan berat lebih dari 100 kg. Pas untuk segala posisi tidur dan menjaga kesehatan tulang belakang.

Jenis kasur di atas bisa dipertimbangkan terlebih dulu sebelum lanjut untuk mencari brand dan tipenya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan survei ke distributor furnitur dan rumah tangga untuk mendapatkan promo dan harga terbaik.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia