BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Jenis Kasur dari Segi Bahan dan Kualitas
0
0

12 Jenis Kasur dari Segi Bahan dan Kualitas

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Mei 25, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
jenis kasurtop-right-banner

Tidur yang berkualitas mempengaruhi mood seseorang waktu tertentu. Supaya setiap hari Pins bisa memiliki suasana hati yang bagus, pastikan untuk selalu beristirahat dengan nyaman. Salah satu faktor eksternal yang memberi pengaruh besar dalam hal ini adalah kasur. Memillih jenis kasur yang tepat dan nyaman ternyata tak boleh asal-asalan!

Pada dasarnya, ada beberapa jenis kasur yang dibedakan dari bahan utama pembuatannya. Semakin bagus desain dan teknologi yang dipakai, akan mempengaruhi harga dan kualitasnya. Tak perlu ragu untuk memilih kasur yang harganya dibanderol mahal karena hal itu berbanding lurus dengan kenyamanan saat berbaring di atasnya.

Kasur Kapuk

jenis kasur kapuk
Pexels

Pada generasi sebelumnya, kasur kapuk adalah jenis yang dipakai khalayak umum untuk tidur karena dari segi harga yang sangat terjangkau. Namun, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk merawatnya. Mulai dari menambah dan mengganti kapuknya, menjemur di bawah sinar matahari, dan dan membersihkan secara rutin untuk mencegah munculnya kutu kasur. Jenis kasur ini juga tidak dibekali dengan teknologi apapun.

Kasur Busa

foam bed
Pexels

Kasur yang juga familiar disebut dengan kasur foam ini terbuat dari bahan dasar busa yang bagian luarnya sudah ditutup dengan kain tebal dan lembut. Ini adalah pilihan jenis kasur yang terjangkau dari segi harga dan compact desain dan beratnya. Terlepas dari hal tersebut, kekurangan dari kasur busa adalah mudah kempes jika mendapat tekanan berat secara terus menerus.

Baca juga: Rekomendasi Kasur Lipat Terbaik dan Serba-serbinya

Spring Bed

spring bed
Pexels

Pilihan kasur selanjutnya yang kenyamanannya ada di atas busa adalah spring bed. Kasur dengan tambahan pegas di bagian dalamnya ini dilapisi dengan kasur busa. Lebih fleksibel dan nyaman, kasur ini juga minim suara jika terdapat beban di atasnya. 

Jenis kasur ini juga memiliki dua tipe, yakni hybrid dan innerspring. Yang umum seperti definisi di atas adalah innerspring. Sedangkan yang hybrid adalah yang terdapat busa di antara sela-sela pegasnya. Hal ini yang membuat jenis hybrid relatif lebih mahal harganya.

Kasur Lateks

jenis Kasur Lateks
Pexels

Untuk kualitas tidur yang lebih nyaman, Pins bisa menjatuhkan pilihan dengan membeli jenis kasur latex. Terbuat dari karet alam yang diolah dan diproses sedemikian rupa membuat bed jenis ini lebih ramah lingkungan dan nyaman dipakai. Permukaannya yang lebih tertutup membuatnya lebih minim dihinggapi kutu kasur.

Baca juga: 10 Rekomendasi Kasur Latex Terbaik, Bagus untuk Kesehatan

Kasur Memory Foam

memory foam bed
Pexels

Dirancang dengan teknologi mutakhir, jenis kasur dengan bahan utama memory foam mampu meningkatkan kualitas tidur dengan tingkat keempukan kasur, kenyamanan, hingga kesehatan tulang. Tipe busa viscoelastic-nya memiliki tekstur permukaan yang lembut serta bisa menyerap panas dalam tubuh. Tak perlu heran jika harga yang dibanderol cenderung mahal dibanding jenis yang ada di bawahnya.

Water Bed

water bed
Pexels

Kasur air ini permukaannya terbuat dari plastik. Isinya pun dipenuhi dengan air yang bisa sekali isi tanpa perlu menggantinya secara berkala. Nilai plus dari jenis kasur ini adalah mampu membuat suhu tubuh menjadi normal. Salah satu kekurangannya adalah berat dan tidak praktis jika harus dipindah tempatnya.

Baca juga: Rekomendasi Kasur Bayi Terbaik yang Aman dan Nyaman

Air Bed

air bed
Pixabay

Jenis kasur angin atau air bed juga banyak bermunculan beberapa tahun silam. Kasur ini bisa dipompa untuk membuat permukaannya mengembang. Kasur ini lebih disarankan untuk bersantai dan sebagai tambahan saja. Tidak untuk dipakai tidur secara terus menerus kenyamanan yang kurang.

Baca juga: 14 Rekomendasi Kasur Angin Terbaik, Nyaman, dan Anti Bocor!

Kasur Futon

Kasur futon adalah kasur Jepang yang terdiri dari lapisan bahan berupa kapas atau wol di dalam sarung tipis. Kasur ini dapat digulung dan disimpan saat tidak digunakan, sehingga cocok untuk ruangan yang terbatas.

Meskipun cenderung lebih keras daripada kasur lainnya, beberapa orang menyukai kekokohannya dan sensasi tidur yang dekat dengan lantai.

Kasur Adjustable

Jenis kasur ini dilengkapi dengan mekanisme yang memungkinkan pengaturan posisi tidur. Dengan remote control, pengguna dapat menyesuaikan sudut miring kepala dan kaki sesuai kebutuhan.

Kasur adjustable sering digunakan oleh orang-orang dengan masalah tidur, gangguan pernapasan, atau mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan saat membaca atau menonton TV di tempat tidur.

Kasur Organik

Kasur organik terbuat dari bahan alami seperti kapas, wol, lateks alami, atau serat kelapa. Bahan-bahan ini biasanya diproses tanpa penggunaan bahan kimia berbahaya.

Kasur organik adalah pilihan yang baik bagi mereka yang peduli dengan lingkungan dan ingin menghindari paparan bahan kimia yang mungkin terdapat pada kasur konvensional.

Kasur Bantal

Kasur bantal menggabungkan lapisan bantalan empuk dengan lapisan pegas dalam untuk memberikan kenyamanan dan dukungan yang optimal.

Lapisan bantal biasanya terbuat dari bahan seperti busa, kapas, wol, atau serat gel yang memberikan perasaan empuk dan kenyal. Kasur bantal cocok bagi mereka yang mencari keseimbangan antara kenyamanan dan dukungan.

Kasur Extra Panjang

Kasur ekstra panjang dirancang untuk memberikan ruang tidur yang lebih luas bagi orang-orang dengan tinggi tubuh di atas rata-rata.

Biasanya, kasur ekstra panjang memiliki panjang sekitar 203 cm atau lebih, dibandingkan dengan panjang standar sekitar 190 cm. Kasur ini memastikan agar tubuh dapat terlentang sepenuhnya tanpa merasa terjepit atau tidak nyaman di ujung kasur.

Kasur Berdasarkan Tingkat Kelembutan

Selain dari bahan, jenis kasur juga bisa dibedakan dari tingkat kelembutannya. Tersedia jenis yang lembut atau soft hingga yang keras atau firm. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan berat badan, kebiasaan tidur, dan kebutuhan setiap orang yang berbeda satu sama lain. Tipe ini juga mempengaruhi desain dah harganya.

  • Extra soft disarankan untuk yang memiliki berat badan kurang dari 58 kg dan yang punya kebiasaan tidur menghadap ke samping
  • Medium soft pas untuk yang memiliki berat badan kurang dari 100 kg dan punya kebiasaan tidur menyamping dan telentang
  • Medium firm bisa untuk yang memiliki berat badan kurang dari 58 kg dan cocok untuk segala posisi dan kebiasaan tidur
  • Firm cocok untuk yang memiliki berat badan lebih dari 58 kg hingga lebih dari 100 kg dan punya kebiasaan tidur telentang dan menyamping
  • Extra firm untuk yang memiliki tubuh besar dengan berat lebih dari 100 kg. Pas untuk segala posisi tidur dan menjaga kesehatan tulang belakang.

Jenis kasur di atas bisa dipertimbangkan terlebih dulu sebelum lanjut untuk mencari brand dan tipenya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan survei ke distributor furnitur dan rumah tangga untuk mendapatkan promo dan harga terbaik.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download