BlogPemilik PropertiDesain HunianInilah 7 Kelebihan Kasur Latex Dibanding Kasur Lainnya
0
0

Inilah 7 Kelebihan Kasur Latex Dibanding Kasur Lainnya

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
harga kasur Biglandtop-right-banner

Ada banyak kasur yang umum digunakan untuk tidur dan istirahat. Misalnya, kasur busa, spring bed, serta kasur angin. Selain tiga jenis kasur tersebut, kini booming pula kasur berbahan latex. Beberapa orang mengklaim bahwa kasur ini pun lebih sehat daripada lainnya. Di samping itu, terdapat pula kelebihan kasur latex lainnya yang membuatnya menarik untuk dibeli.

Lantas, sebetulnya apa itu kasur latex? Nah, buatmu yang belum familier, berikut ini ulasan kelebihan kasur latex lengkap dengan uraian bahan pembuatannya. Yuk, langsung cek saja ulasannya!

Baca juga: Daftar Harga Kasur King Koil Terbaru

Mengenal Kasur Latex

kelebihan kasur latex
Source : Unsplash

Kasur latex adalah kasur yang terbuat dari bahan latex. Bagi yang belum tahu, bahan latex itu seperti susu. Material ini terbuat dari getah pohon yang dikumpulkan dan diproses menjadi balok kasur yang lebih padat. Secara alami, permukaan material ini akan mengembang walau tak membutuhkan gulungan pegas atau logam.

Kasur latex asli umumnya berwarna warna kuning keemasan dan tidak mudah sobek, layaknya material busa. Meski begitu, bahan latex tak cuma dari karet, tapi ada komponen lainnya. Beberapa produsen menyebut bahwa kasur latex terbagi menjadi dua komponen, yakni:

  • Pertama, komponen serum. Ini adalah bagian yang memancarkan bahan yang terkandung secara merata.
  • Komponen berikutnya berupa bagian yang didispersikan. Umumnya, terdiri dari kutiran karet dan dikelilingi lapisan protein tipis. Menariknya, ini bukan bahan karet yang kecil, tapi berperan penting dalam mengendalikan kestabilan lateksnya.

Meski baru populer akhir-akhir ini di Indonesia, tapi penggunaan kasur latex sebetulnya sudah sejak lama. Kebanyakan masyarakat di Amerika dan Eropa memilih kasur jenis ini karena diklaim lebih baik daripada lainnya.

Baca juga: Ini Dia 6 Jenis dan Ukuran Kasur yang Perlu Kamu Ketahui

Kelebihan Kasur Latex

kelebihan kasur latex
Source : Unsplash

Kasur latex terkenal karena memiliki tekstur dan konstruksi yang dapat menyesuaikan postur tubuh. Di samping itu, banyak juga yang percaya akan manfaat kasur latex. Lalu, apa manfaat kasur latex? Menurut beberapa sumber, kasur ini konon dapat membuat tidur lebih berkualitas, lho!

Sebagai pertimbangan, berikut ini diuraikan kelebihan kasur latex yang perlu kamu ketahui. Baca sampai habis, ya.

Permukaan Kasur Sejuk

Kasur latex punya banyak lubang di permukaannya. Lubang inilah yang membuat kasur latex terasa lebih sejuk dan elastis. Walau mungkin tak dirasakan, tapi adanya lubang ini dapat membuat sirkulasi udara pada kasur bekerja dengan baik. Tentunya, ini memberi efek nyaman dan sejuk ketika kamu tidur di atas kasur latex, sekalipun udara sedang panas.

Anti Bakteri, Kutu, dan Tungau

Kasur berbahan latex dipercaya tahan terdapat bakteri, kutu, dan tungau. Pasalnya, kasur ini menggunakan material getah yang pahit bagi kutu maupun tungau. Dengan begitu, kasur ini pun aman digunakan oleh mereka yang memiliki alergi, asma, dan kulit sensitif.

Lebih Lentur dan Nyaman

Salah satu kelebihan kasur latex yakni lebih lentur daripada material lainnya. Tak heran, jika kebanyakan orang merasa lebih nyaman tidur di kasur latex daripada lainnya.

Lebih Awet dan Tahan Lama

Jika dibandingkan dengan kasur busa atau material lainnya, latex cenderung lebih awet. Umumnya, kasur latex bisa bertahan hingga 15 tahun, lho! Tak heran, jika banyak produsennya yang berani memberi garansi sampai 12 tahun. Perlu diketahui, semakin tinggi kadar latex, maka makin lama pula daya tahannya.

Bisa Menyangga Tubuh dengan Sangat Baik

Seperti disebutkan sebelumnya, kasur latex lebih lentur daripada material lainnya. Tak heran jika sturktur kasur ini nyaman dan mampu menyangga tubuh dengan sangat baik. Secara tidak langsung, hal ini dapat membuatmu terhindar dari risiko sakit leher ataupun nyeri punggung.

Lebih jauh, World Federation of Chiropractic (Federasi Dokter Tulang Belakang Dunia) mengklaim kasur latex dapat meruluskan tulang punggu, membentuk postur tubuh, dan meredakan nyeri. Bahkan, mereka pun percaya bahwa kasur latex dapat meningkatkan kualitas tidur, lho!

Konstruksi Bahan Berkualitas

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahan latex diproses dengan cara alami. Hal ini membuatnya memiliki konstruksi yang memudahkan dan memaksimalkan aliran udara. Hal tersebut membuat, permukaan kasur lebih sejuk dan tak membuat gerah. Cocok digunakan untuk daerah yang beriklim hangat, termasuk Indonesia.

Tahan Air

Satu lagi kelebihan kasur latex, yakni tahan alias tidak menyerap air. Ini demikian, karena bahan yang digunakan terbuat dari getah karet, sehingga hampir 80 persen tidak tembus air.

Baca juga: 14 Rekomendasi Kasur Angin Terbaik, Anti Bocor!

Walau hadir dengan kelebihan dan keunggulannya, kasur latex tentu tetap punya beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan kasur latex yang menjadi pertimbangan pembelinya, yakni harganya relatif lebih mahal daripada material lainnya. Selain itu, bobot kasur latex relatif berat, sehingga sulit dipindahkan.

Tips Membeli Kasur Latex

kelebihan kasur latex
Source : Unsplash

Nah, apabila kamu berniat membeli kasur latex berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Pilih Kasur Latex Alami

Karena harganya relatif mahal, pastikan kamu untuk membeli kasur latex asli dan alami. Beberapa ciri kasur latex asli yakni warnanya cenderun kuning keemasan. Selain itu, bobotnya berat dan sukar diangkat.

Ciri lainya, permukaan kasur tidak mudah rontok meski digosok dengan kuat. Terakhir, kasur latex asli, elastis dan lentur, karena cukup padat.

Lakukan Uji Coba

Saat membeli, pastikan kamu melakukan uji coba di tempat pembeliannya. Ini dilakukan untuk mengetahui kualitas kasur dan jenis yang tepat. Dengan begitu, kamu akan nyaman saat menggunakannya nanti.

Pilih yang Memiliki Garansi Produk

Sama dengan barang elektronik, saat membeli kasur latex pastikan untuk mencari produsen yang menawarkan garansi. Ini perlu dilakukan sebagai antisipasi bilamana mendapatkan produk yang tidak sesuai.

Nah, itulah ulasan kelebihan kasur latex yang menarik untuk diketahui. Setelah membaca uraian ini, kira-kira tertarik tidak untuk membeli kasur latex?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download