Ketahui Cara Membuat Gambar Rangka Atap Rumah!

Dipublikasikan oleh Omri Cristian ∙ 18 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Rangka atap rumah merupakan komponen struktur bangunan yang mempunyai berbagai macam fungsi baik secara kegunaan maupun dari segi keindahan arsitektur rumah. Oleh karena itu, penutup atap rumah yang sudah akan dibangun harus memiliki desain atap rumah. yang baik

Pins, bisa membuat gambar untuk dapat melakukan perhitungan struktur kuda-kuda yang diperlukan atau memastikan supaya atap dapat berdiri dengan kokoh pada posisi bentuk atap yang telah direncanakan.

Namun, bukan hanya itu ada beberapa alasan lain mengapa gambar atap perlu dilakukan. Setelah mengetahui pentingnya gambar rangka atap rumah, kamu juga harus memahami bagaimana gambar rangka atap dibuat. Yuk, simak artikel di bawah untuk mengetahui semua informasi tersebut!

Baca Juga: Jenis Atap Rumah dan Fungsinya

Pentingnya Gambar Rangka Atap Rumah

Untuk mendesain rangka atap, kamu bisa meminta orang berpengalaman untuk melakukannya. Hal ini perlu dilakukan supaya desain yang dibuat nantinya tidak asal-asalan.

Selain itu terdapat beberapa alasan lain mengapa desain rangka atap harus dilakukan dengan benar. Berikut Pinhome merangkum alasan diperlukannya desain rangka atap:

Menjadi Acuan Model Atap

Rangka atap rumah berfungsi sebagai gambaran model saat jadi nanti.
(Shutterstock)

Pins pasti tidak mau melihat rumah kamu nantinya memiliki atap yang modelnya tertinggal atau malah menjadi jelek dipandang. Oleh karena itu, gambar rangka atap diperlukan supaya kamu bisa memastikan apakah desainnya telah cocok atau belum dengan selera kamu.

Menghindari Over-Budget

Rangka atap rumah untuk menghindari over-budget
(Shutterstock)

Permasalahan yang biasa timbul dalam konstruksi, termasuk renovasi atap rumah, adalah kekurangan anggaran di tengah jalan. Nah, Pins gambar rangka atap dapat menginformasikan sebanyak apa material yang digunakan dan berapa lama waktu untuk menyelesaikannya. Gambaran besar inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk menyesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki.

Membuat Tahapan Konstruksi Lebih Terorganisir

Pentingnya gambar rangka atap rumah untuk pekerjaan konstruksi
(Shutterstock)

Atap rumah tentunya tidak dibangun dengan asal-asalan. Nah, Pins gambar rangka atap dapat membantu pekerja konstruksi untuk melakukan langkah demi langkah yang tepat dan terukur. Hal ini tentunya akan menghindari risiko keterlambatan pengerjaan, salah pasang dan kesalahan lain yang bisa menghambat renovasi atau pembangunan rumah kamu.

Sebagai Media Informasi

Gambar rangka atap sebagai media informasi.
(Shutterstock)

Gambar rangka atap dapat dimanfaatkan sebagai sarana informasi agar kamu sebagai pemilik rumah, pekerja, dan arsitek bisa mendapat bayangan utuh seperti apa atap yang akan dibangun. Sebagai pemilik rumah, gambar tersebut diperlukan supaya kamu dapat memastikan apakah kamu sudah puas dengan rancangan yang ada atau belum.

Tahapan Menggambar Rangka Atap Rumah

Pins, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk menggambar rangka atap. Berikut Pinhome rangkum tahapan-tahapan yang bisa dilakukan dalam menggambar rangka atap:

Perhitungkan dengan Bahan yang akan Dipakai

Gambar Rangka Atap Rumah
(Ragam Teknik)

Seperti pada contoh rancangan rangka atap di atas, Pins dapat melihat bahwa penggunaan struktur rangka atap menggunakan kayu sebagai materialnya. Dari rancangan tersebut dapat dipastikan bahwa dibutuhkan bentuk dan ukuran yang sesuai untuk menunjang kekuatan serta keindahan rumah tersebut. 

Dari gambar rangka atap di atas nantinya bisa dihitung ukuran yang dibutuhkan. Misalnya, akan diketahui kayu yang digunakan untuk balok kuda-kuda, nok serta gording memakai balok kayu persegi ukuran 6 cm x 12 cm. Untuk usuk dapat menggunakan kayu berukuran 5 cm x 7 cm. Sedangkan, lisplang dengan ukuran 2 cm x 20 cm. 

Gambar Rangka Lain yang Diperlukan

Rangka atap rumah yang digambar harus menggambarkan bagian lain juga
(Shutterstock)

Pins dapat pula menggambar rangka lain yang memang akan menunjang pembangunan atap rumah. Misalnya, di area tembok dalam rumah juga perlu menggunakan rangka kuda-kuda untuk membentuk gunungan atap.

Sementara pada area tepi rumah yang langsung berhubungan dengan cuaca luar, dapat digunakan pasangan batu bata dan struktur beton bertulang untuk membuat gunungan rangka atap rumah. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari risiko kelapukan atau keropos akibat cuaca yang terjadi disekitar rumah.

Baca Juga: Contoh dan Rekomendasi Desain Kamar Pengantin

Sesuaikan dengan Denah Rumah

Sesuaikan rangka atap dengan denah rumah
(Shutterstock)

Rangka atap yang kamu atau arsitek kamu buat harus menyesuaikan dengan denah rumah yang sudah dibuat sebelumnya. Misalnya, sesuaikan rangka atap rumah dengan tekukan dan lekukan agar dapat menciptakan sebuah tampilan rumah yang indah, murah dan kuat.

Gambar Lebih Spesifik Lagi

Gambar rangka atap bisa kamu buat lebih spesifik. Misalnya, dalam gambar tersebut kamu bisa menampilkan lebih jelas potongan rangka atap seperti detail kuda-kuda, detail sambungan kayu gording dan lain-lain. Gambaran rangka atap yang lebih detail seperti ini nantinya memudahkan kamu karena dapat dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan pekerjaan atap rumah.

Baca juga: Tips Memilih Desain Atap Rumah Minimalis

Pins, atap rumah yang kamu bangun dapat menggunakan struktur rangka atap dari beragam bahan material. Misalnya, kamu dapat menggunakan rangka atap baja ringan, rangka atap struktur beton bertulang dan masih banyak lagi.

Setiap material mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri untuk dijadikan pertimbangan sebagai jenis rangka atap rumah yang digunakan sebagai dudukan penutup atap rumah.

Demikian informasi mengenai pentingnya gambar rangka atap rumah dan cara membuatnya yang bisa kamu terapkan. Untuk membantu mendapatkan hasil yang memuaskan, jangan ragu gunakan jasa arsitek ya Pins.

Baca juga: Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia