Pinhome

Lifestyle

6 Cara Aman Agar Rumah Terhindar Dari Maling

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Jaman sudah semakin berubah menjadi lebih berteknologi. Tindak kejahatan ada kemungkinan menghadang, hal ini dapat dibuktikan adanya tindak kriminal dibanyak tempat, tidak hanya dilakukan di jalan saja namun sampai menyentuh rumah warga.

Kemalingan merupakan tindakan yang patut diwaspadai oleh banyak orang. Pasalnya tindakan ini dilakukan dengan membobol atau menerobos masuk secara paksa kedalam rumah atau kediaman Anda.

Bahkan pencuri itu tidak segan untuk menghabisi nyawa Anda jika Anda berani melawannya. Bukan hanya barang berharga Anda saja yang raib maka nyawa pun bisa melayang. Untuk itu mulailah lebih berhati-hati dengan membuat rumah Anda dalam keadaan seaman mungkin untuk menghindari adanya maling atau pencurian. Berikut ini ada beberapa tips untuk meningkatkan keamanan rumah tanpa menghabiskan dana yang besar, yaitu:

Waspada

Untuk menghindari adanya maling atau pencuri masuk maka Anda harus selalu memastikan rumah dalam keadaan aman. Hal ini dapat dilakukan dengan selalu memeriksa semua pintu yang ada didalam rumah Anda, misalknya pintu pagar, pintu balkon, pintu garasi, pintu depan ataupun pintu lain yang memiliki akses dari luar kedalam rumah. Selain itu pastikan bahwa jendela selalu dalam keadaan tertutup dan terkunci pada malam hari atau saat berpergian ke luar kota.

Selanjutnya Anda pastikan untuk selalu menutup tirai atau gorden jendela agar rumah tidak terkesan transparan atau dapat terlihat dari luar. Hal ini dapat membuat para pencuri agar tidak bisa melihat keadaan di dalam rumah yang sesungguhnya sehingga mereka ragu untuk mencoba masuk.

Mengganti Kunci Untuk Rumah Baru

Anda pastinya memiliki kunci semua pintu ataupun jendela rumah Anda. Maupun itu rumah baru atau bekas hunian pasti disertai dengan kunci didalamnya. Maka tidak ada salahnya untuk menggantinya dengan yang baru. Perbaharui kunci pintu rumah, pintu gerbang, pintu balkon dan lain sebagainya untuk memimalisir adanya tindak kejahatan. Pastikan untuk tidak membuat kunci cadangan terlalu banyak dan pastikan hanya orang rumahlah yang memegang kunci cadangan tersebut, jangan sampai jatuh ke tangan orang lain.

Memasang CCTV

Memasang CCTV di kediaman Anda merupakan hal yang sangat penting sekaligus menjanjikan. Pasalnya keberadaan CCTV ini dapat merekam semua kejadian yang ada di rumah Anda. Selain itu sudah dapat dipastikan akan menaikkan tingkat keamanan rumah karena para pencuri bisa diketahui identitas atau jejak yang mereka tinggalkan, sehingga Anda bisa membuat laporan dengan bukti kuat kepada polisi untuk segera menangkap mereka.

Memasang Sistem Alarm

Selain itu Anda juga dapat menambahakan pemakaian alarm yang dapat mengeluarkan bunyi cukup keras ketika rumah Anda berhasil dibobol oleh pencuri. Pasalnya setelah pencuri berhasil membobol rumah Anda maka sistem alarm ini akan berbunyi sehingga membangunkan dan membuat para tetangga berdatangan ke rumah Anda. Pemakaian alarm ini memang masih terbilang jarang di Indonesia, namun sistem alarm ini sudah sangat popular di beberapa Negara lainnya.

Ronda

Dalam sebuah perumahan atau komplek maka akan selalu ada jadwal ronda yang dibuat oleh warga sekitar. Pastikan untuk menyisihkan waktu agar dapat berjaga saat malam tiba. Adanya ronda seperti ini akan mengurangi angka tindak kriminal di lingkungan sekitar Anda karena lingkungan tersebut selalu ramai dan aman.

Menyimpan Barang Berharga

Pastikan untuk menyimpan barang berharga Anda di tempat yang aman dan tidak mudah diketahui oleh orang lain. Selain itu jangan meletakkan barang berharga di tempat yang mudah dilihat oleh banyak orang guna menjaga keamaan dan mengurangi tindak pencuriaan.

Itulah beberapa cara jitu untuk membuat rumah Anda tetap aman dari para pelaku kejahatan.

Tags :

Bagikan Artikel