Pinhome

Tips Properti

Bagian Rumah Yang Tidak Perlu Dibersihkan Setiap Saat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Membersihkan rumah adalah kegiatan yang melelahkan apalagi jika kita banyak kegiatan. Meski demikian, tetap saja keinginan ingin membersihkan rumah selalu tinggi, karena ingin membuat rumah menjadi lebih nyaman. Bersih-bersih adalah suatu kegiatan yang baik, namun tidak perlu sampai harus membersihkan semuanya.

Ada beberapa area yang tidak usah dibersihkan setiap hari, diantaranya yaitu:

anak anak sedang membersihkan rumah

Furniture yang Berada di Teras Belakang

Ada beberapa penghuni rumah yang mungkin meletakkan furniture seperti kursi kayu di halaman belakang. Kursi kayu tersebut tidak perlu dibersihkan setiap hari. Cukup bersihkan 1-2 bulan sejali. Membersihkannya pun tidak perlu repot-repot, cukup dengan lap basah lalu basuh noda yang tertempel di kursi kayu tersebut. Bersihkan dengan air dingin lalu tunggu hingga kering.

Tirai Jendela

Tirai jendela memang sering dilewati ketika bersih-bersih. Namun hal tersebut bukanlah masalah. Jika penghuni rumah sering membersihkan lantai setiap hari, debu akan jarang menempel pada tirai. Cukup bersihkan dua bulan sekali, atau tiga bulan sekali juga tak masalah. Yang terpenting ketika akan mencuci tirai, cuci pula lapisan tirai utama dan bersihkan palang tirai pada bagian atas jendela. Bersihkan dengan lap yang sudah diberi sabun detergen.

Kaca Jendela dan Teralis

Kaca jendela memang mudah sekali kotor. Tapi untuk membersihkannya sebaiknya cukup 3-4 bulan sekali. Itu pun jendela paling luar, sedangkan jendela bagian dalam bisa dibersihkan tiap bulan sekali.

Watertorrent

Watertorrent adalah bak penampung air yang berada di atap rumah. Watertorrent ini tidak mudah kotor sehingga tidak perlu dibersihkan setiap hari. Yang terpenting sumber air yang diambil bersih. Cukup bersihkan tiga bulan sekali, atau saat air terlihat keruh dan kotor bisa segera diganti.

Talang Air

Talang air sebenarnya jarang sekali kotor apabila tempat tinggal berada daerah yang jarang hujan. Selain itu, tidak adanya pohon yang rindang juga membuat talang air bersih. Jika ingin memastikan kebersihannya, bisa lakukan pengecekan setiap bulan untuk melihat talang tak berlumut, atau kotoran yang menempel pada dinding.

Pengering Mesin Cuci

Pengering mesin cuci memang sering luput dari pandangan kita. Membersihkannya juga cukup 2-3 bulan sekali. Perhatikan apakah ada kotoran atau serat kain yang menumpuk di dalam. Sebaiknya, penyaring mesin cuci juga ikut dicuci setiap bulannya. Karena terkadang ada sisa sabun yang menempel pada dinding mesin. Bersihkan dengan air yang diputar tanpa pakaian untuk menghilangkan sisa sabun.

Kanopi

Untuk mencegah kanopi berjamur, maksimal 6 bulan sekali membersihkannya. Caranya yaitu dengan menyiramnya menggunakan selang air. Keringkan kanopi dengan karet pembersih lantai. Hal ini akan menghindari kanopi dari kusam dan kotor akibat jamur.

Tags :

Bagikan Artikel