10 Ciri Ciri Rumah Sehat Dengan Udara Baik dan Aman

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ November 22, 2022 ∙ 4 menit membaca

Sekarang ini sudah sulit mendapatkan udara segar, terutama di daerah perkotaan layaknya Jakarta dan sejenisnya yang memiliki tingkat pencemaran udara tinggi. Untuk membantu mengurangi polusi, salah satunya bisa Pins lakukan dengan memiliki ciri ciri rumah sehat sehingga lingkungan sekitar menjadi lebih baik.

Menurut data WHO, sebanyak 2 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya karena polusi udara. Oleh karena itu jangan pernah anggap enteng polusi udara. Terutama karena Pins tinggal di Indonesia, banyak sekali kendaraan yang menggunakan bahan bakar sembarangan dan menghasilkan asap buruk.

Pinhome telah membuat 10 ciri ciri rumah sehat yang bisa Pins terapkan pada hunian Pins. Berikut ini ciri-cirinya:

Ventilasi yang Cukup Pada Bagian Dapur

rumah sehat
(Res Cloudnary)

Seringkali ibu memasak dan menghasilkan asap ataupun uap yang dapat berdampak polusi pada hunian. Terutama jika memasak rempah yang memiliki bau yang tajam dan perih ke mata. Sehingga Pins harus memastikan bahwa dapur Pins memiliki ventilasi yang mencukupi. Apabila tidak, buat pintu mengarah ke dapur agar udara keluar.

Memiliki Keamanan yang Baik

ciri ciri rumah sehat
(Pixabay)

Salah satu aspek terpenting dalam ciri ciri rumah sehat adalah aman untuk ditinggali. Jika rumah semakin aman untuk ditinggali, maka penghuninya juga akan merasa semakin nyaman. Untuk meningkatkan keamanan pada rumah, Pins bisa menambahkan kunci berkualitas tinggi pada pintu ataupun menggunakan jasa keamanan seperti security.

Bebas Kontaminasi Zat Berbahaya

ciri ciri rumah sehat
(Pixabay)

Zat berbahaya sebaiknya tidak ada di dalam rumah. Pins bisa memeriksa kadar radon dan karbon monoksida pada rumah. Jika terdapat zat ini, Pins bisa mengganti produk pembersih dan membuang bahan kimia yang memiliki radon serta karbon monoksida. Biasanya zat ini ditemukan pada penyegar udara ataupun lilin.

Tempatkan Beberapa Tanaman Hijau

ciri ciri rumah sehat
(Pixabay)

Menempatkan tanaman hijau pada rumah akan membuat kadar karbon dioksida diubah menjadi oksigen. Beberapa tanaman hijau juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan bahan kimia serta bakteri yang ada di rumah.

Pins bisa menggunakan tanaman seperti Aloe Vera atau English Ivy yang memiliki kemampuan dengan baik menyerap bahan kimia. Selain itu kedua tanaman ini sangat mudah dirawat dan tahan terhadap hama.

Kebersihan Rumah Terjaga

ciri ciri rumah sehat
(Pixabay)

Tentu saja kebersihan rumah adalah aspek terpenting dalam ciri ciri rumah sehat. Semakin bersih rumah tentu saja semakin nyaman untuk ditinggali. Rumah yang bersih akan menghindarkan penghuninya dari penyakit berbahaya.

Pins bisa secara rutin membersihkan beberapa tempat yang memang menimbulkan banyak bakteri pada rumah. Contohnya bak mandi, wastafel dan tempat pembuangan sampah.

Rumah Tetap Kering

renovasi rumah subsidi
(Backline Renovations)

Rumah yang lembab akan menimbulkan banyak jamur yang bisa membuat rumah menjadi tidak sehat. Banyak hal yang bisa membuat rumah menjadi lembab. Sehingga Pins bisa melakukan langkah-langkah praktis untuk menghindari keadaan ini.

Saat memasak Pins bisa menggunakan kipas angin agar uap tidak lengket pada langit-langit. Selain itu Pins juga harus membuat drainase luar rumah tidak tersumbat agar jamur dan lumut tidak tumbuh pada genangan air.

Baca juga: Harga Jasa Borongan Pemasangan Keramik

Hemat Energi

ciri ciri rumah sehat
(Pixabay)

Iklim dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Sehingga memiliki rumah hemat energi menjadi salah satu ciri ciri rumah sehat. Pins bisa menggunakan panel surya untuk menghemat penggunaan listri dari batu bara. Selain itu Pins bisa membuaat tempat masuk udara dan cahaya lebih baik sehingga rumah tidak terlalu memerlukan AC.

Baca juga: 11 Model Keramik Dinding Teras Batu Alam

Bebas Hama

ciri ciri rumah sehat
(Pixabay)

Hama seperti tikus ataupun kecoa memiliki tempat hidup yang jorok. Sehinga jika mereka masuk ke dalam rumah, hama ini akan membawa bakteri dan virus yang bisa menularkan penyakit. Pins bisa menempatkan perangkap lengket untuk menceagh tikus masuk ke dalam rumah. Selain itu pastikan Pins menutup celah yang bisa membuat kecoa masuk. Simpan juga makanan dalam wadah yang tahan terhadpa hama.

Baca juga: 5 Penyebab Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Filter Air Bersih

drainase rumah
(Hart Reade)

Ciri ciri rumah sehat tentu memiliki air yang bersih untuk dikonsumsi oleh penghuninya. Menggunakan fitle air mampu membantu menghilangkan timbal, klorin dan bakteri yang memberikan rasa dan bau yang tidak menyenangkan pada air.

Baca juga: 16 Penyebab Listrik Padam yang Umum Terjadi

Memiliki Alat Keamanan Pertama

ciri ciri rumah sehat
(Pixabay)

Penting untuk Pins memiliki alat keamanan pertama seperti tabung pemadam kebaran untuk menghindari dari bahaya. Pins juga bisa memasang alarm asap pada langit-langit sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, rumah bisa diselamatkan dengan baik.

Itulah 10 ciri ciri rumah sehat yang akan membuat rumah menjadi lebih segar dan aman. Apakah rumah Pins sudah mencukup ciri ciri diatas?

Baca juga: 11 Model Pilar Rumah, Solusi Minimalis untuk Tampilan Mewah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Clavica Cluster dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Airdrop dalam Crypto? Lengkap dengan Cara Memakainya

Kalau kamu sedang belajar jual beli aset digital, mungkin kamu pernah menjumpai istilah airdrop. Ka

Finansial
Finansial Apa itu Rig Crypto? Lengkap dengan Cara Miningnya

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah mining atau menambang dalam dunia kripto. Termas

Finansial
Finansial Apa itu Staking Crypto? Simak Penjelasan Detailnya!

Kalau bicara masalah cryptocurrency, kamu mungkin kerap mendengar salah satu istilah yang cukup pop

Finansial
Finansial Apa itu Bearish dan Bullish dalam Pasar Kripto? Begini Cara Memprediksinya

Saat masuk ke dalam pasar kripto, akan ada istilah-istilah yang mungkin terdengar asing di teling k

Hobi
Hobi 10 Tanda Busi Motor Harus Diganti

Busi motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan harus dalam keadaan baik. Kamu har

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia