Pinhome

9 Cara Cat Tembok Tanpa Plamir dengan Benar

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 18 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Cara mengecat tembok rumah memerlukan beberapa tahapan agar hasilnya memuaskan. Salah satunya adalah dengan menggunakan plamir. Tapi apa kamu tahu, cat tembok tanpa plamir juga bisa kamu aplikasikan.

Sebenarnya perlukah tahapan plamir pada tembok?

Material penutup celah pada tembok tersebut berupa cairan putih yang gunanya membuat hasil pengecatan semakin maksimal. Hal tersebut balik lagi menjadi pilihan saat pengecatan.

Pins bisa menggunakan plamir maupun cat dasar tembok tanpa plamir.

Baca Juga: Tips Memilih Cat Rumah Minimalis Agar Terlihat Lebih Hidup

Cara Cat Tembok Tanpa Plamir

Di dalam ulasan berikut, kami akan bagikan cara cat tembok tanpa plamir. Bagaimana tahapan penerapannya, simak langsung yuk!

Baca Juga: Cara Menyemen Tanpa Pasir Dengan Semen Instan

Perhatikan Tahapan Plesteran Tembok dengan Teliti

Tukang bangunan yang sudah ahli mampu membuat tembok baru berpenampilan sempurna. Namun, tidak hanya tampilan, cara memplester tembok batu bata harus dilakukan secara teliti agar menghasilkan tembok yang rata dan mulus.

Teknik plesteran tembok yang benar mempengaruhi pemilihan cara cat tembok tanpa plamir. Semahal apapun cat tembok yang digunakan, bila bagian dasarnya sudah bergelombang, hasilnya tentu akan tidak maksimal.

Itulah mengapa tahapan plesteran harus diperhatikan dengan teliti dan benar.

Biarkan Tembok Mengering dan Jangan Lapisi dengan Dempul

Selanjutnya adalah tahapan pengeringan tembok selepas diberi plesteran. Hal ini juga cukup krusial, Pins! Biarkan benar-benar mengering dan tak ada pula bagian tembok yang lembab.

Tunggu dengan sabar dan jangan terburu-buru. Pengecatan tembok dalam keadaan yang lembab justru akan membuat hasilnya tidak baik dan cenderung rusak.

Untuk pelapisan dengan menggunakan dempul, sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini lah menjadi cara cat tembok tanpa plamir. Plamir yang untuk sebagian orang dipercaya dapat membuat permukaan tembok halus, justru terkadang membuat umur tembok tidak bertahan lama.

Itulah mengapa cat dasar tembok tanpa plamir menjadi pilihan terbaik lainnya untuk menghindari terkelupasnya cat tembok. Inti utamanya tetap terdapat pada plesteran.

Pembersihan Dinding dengan Amplas

Setelah tembok kering, kini saatnya kamu menghaluskan permukaan tembok dengan cara amplas. Bila ingin melakukan pengecatan tembok, ada baiknya permukaan tembok dibuat halus dan rata tanpa adanya gelombang.

Pastikan pula untuk melihat tidak adanya retakan pada tembok tersebut. Bila ada retakan kamu bisa menutupnya dengan bantuan sealer ataupun pada proses pengecatan, ada beberapa merek cat berkualitas sudah memiliki kemampuan menutupi retak rambut.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Tembok Yang Retak Tembus

Pengaplikasian Cat Dasar Secara Menyeluruh

Cat dasar tembok tanpa plamir menjadi tahapan selanjutnya dalam pengaplikasian cat. Setelah permukaan tembok mengering dan halus, kini saatnya kamu mengaplikasikan cat dasar.

Hindari pengecatan dengan warna yang diinginkan tanpa melakukan pengecatan dasar.

Pengecatan dasar berguna sebagai pelapis selanjutnya untuk menutup segala pori yang belum tertutup pada tembok, memperhalus, hingga membuat warna asli dari cat tembok semakin lebih baik.

Namun, jangan lupa pula untuk memperhatikan sudut-sudut pada tembok yang tetap perlu diaplikasikan cat dasar. Pins bisa menggunakan kuas kecil untuk bagian yang sulit dijangkau agar tetap teraplikasikan.

Langkah terakhir, cek kembali apakah bagian keseluruhan tembok yang ingin di cat sudah dilapisi cat dasar atau belum. 

Persiapan Pengecatan Tembok

Kini, masuk ke dalam tahap cat tembok tanpa plamir dengan penggunaan cat utama. Disini Pins akan melakukan pengecatan tembok yang dipersiapkan dengan alat yang benar.

Coba persiapkan roller pengecatan, ember, screen (jaring dari bahan metal), kuas dan tentunya cat dinding dengan merek berkualitas.

Roller menjadi cara pengecatan modern dan jauh mengemat waktu untuk bidang yang besar. Untuk itu, gunakan kuas pada bagian tertentu saja ya, Pins!

Jangan lupa pula untuk membuat adonan cat yang dicampurkan air dengan cadangan lebih, hal ini untuk menghindari tambahan air pada cat yang berakibat mengubah warna cat utama. Aduk cat dan air dengan baik hingga menghasilkan warna yang sempurna.

Baca Juga: 8 Merk Cat Lisplang Yang Bagus Dipakai

Masukan Screen Pada Ember Cat

Layaknya berbentuk saringan, screen cat berguna sebagai alat untuk meminimalisir bekas roller pada dinding dan membantu cat meresap dengan baik pada roller.

Tahapannya mudah, setelah roller dimasukan ke dalam adonan cat, tahap selanjutnya adalah menaruhnya di atas screen sebelum roller menempel pada dinding.

Dengan begitu pula, kamu tidak perlu sering mengaduk cat pada ember. Permukaan yang berongga dari screen membantu kamu mengecat dengan cara yang efisien.

Lakukan Pengecatan Cat Tembok

Kini saatnya Pins menyapukan roller pada dinding tembok. Usahakan menggunakan gerakan vertikal secara lembut tanpa perlu terburu-buru.

Bila terlihat bekas roller tertinggal pada tembok, kamu bisa mengulangnya pada bagian tersebut. Selain itu perlu diperhatikan pula, bila roller sudah sedikit lagi menyentuh langit-langit ataupun lantai, rendahkan kecepatanmu.

Jangan sampai cat mengenai langit-langit maupun lantai keramik kesayanganmu.

Usahakan selesaikan satu bagian tembok, sebelum beralih ke tembok selanjutnya. Tembok yang sudah kering akan berbeda warnanya bila ditimpa oleh cat basah yang baru, sehingga hasil akhirnya akan ada warna yang lebih tebal dari sebelumnya.

Roller pun juga perlu dibersihkan dari kotoran bila terdapat pasir atau kerikil yang menempel ya! Hal ini akan berdampak kurang baik bagi hasil cat yang bergelombang.

Tahap Finishing Pembersihan Noda

Nah, bila semua tahap sudah dilakukan, kini saatnya membersihkan noda-noda yang ada pada lantai maupun langit-langit. Semakin cepat kamu membersihkannya sebelum kering, akan semakin cepat pula noda hilang.

Itulah beberapa tahapan cara cat tembok tanpa plamir. Baik cat dasar tembok tanpa plamir maupun menggunakan plamir memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bicarakan pada ahlinya sebelum melakukan pengecatan tembok agar hasilnya maksimal dan minim dari kerusakan. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Cat Tembok Anti Jamur Dan Anti Lembab


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia