Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Yakin Mau Cat Rumah Sendiri? Cari Tahu Dulu Jenis dan Harga Cat Tembok

Lifestyle

Yakin Mau Cat Rumah Sendiri? Cari Tahu Dulu Jenis dan Harga Cat Tembok

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 23 March 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Tahu gak sih Pins, kalau rumah punya nuansa warna yang tepat dan pas, siapapun akan berpikir bahwa rumah itu punya kesan nyaman untuk dihuni. Makanya, jangan sembarangan memilih warna buat cat rumah ya Pins. Tapi, kalau memang berniat berkreasi dan mengecat rumah sendiri ada beberapa hal yang harus diketahui. Misalnya apa saja yang harus dipersiapkan dan biaya apa saja yang akan kamu keluarkan. Salah satunya adalah dengan mempelajari jenis dan harga cat tembok.

Pinhome – Semua pasti ingin rumahnya nyaman dihuni. Untuk memiliki rumah yang nyaman, beberapa pertimbangan harus dipikirkan ya Pins.  Salah satunya, desain interior rumah. Berbicara tentang desain interior, gak cuma membicarakan pilihan furniture atau pengaturan benda-benda di satu ruangan lho, tapi juga pilihan warna ruangan yang tepat.

Baca Juga: 13 Warna Cat Rumah Bagian Dalam Agar Ruangan Terlihat Hangat

So, buat kamu yang ingin mengecat rumah sendiri, berikut adalah beberapa tips spesial dari Pinhome.

Tips Mengecat Rumah Sendiri

#1. Pelajari Jenis Cat

Pada umumnya ada 2 jenis cat yaitu cat eksterior dan interior. Cat untuk eksterior diaplikasikan pada bagian luar rumah. Selain untuk memberikan keindahan, fungsi cat eksterior adalah untuk perlindungan terhadap cuaca seperti hujan dan sinar matahari. Sedangkan cat untuk interior digunakan di bagian dalam rumah. Cat untuk interior lebih halus dan lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga: 9 Warna Cat Rumah Yang Sejuk Untuk Hunian

Pada umumnya ada beberapa jenis cat tembok:

  • Cat primer: cat ini merupakan cat yang pertama kali diaplikasikan ke tembok. Biasanya terbuat dari bahan dasar minyak atau air. Fungsinya adalah untuk melekatkan bahan tembok bangunan dengan cat.
  • Cat undercoat: cat ini merupakan cat yang diaplikasikan setelah cat primer. Dikenal juga sebagai cat dasar. Fungsinya adalah untuk menghaluskan permukaan tembok dan melindungi cat primer.
  • Cat akhir: cat ini merupakan cat yang diaplikasikan pada tahap akhir. Fungsinya menonjolkan warna cat dinding agar tampak lebih indah.
  • Cat top coat: cat ini merupakan alternatif untuk cat akhir. Fungsinya memberikan efek mengkilap atau glossy pada tembok yang menggunakan sistem pengecatan metalik.
  • Cat remover: cat ini merupakan cat yang digunakan untuk kamu yang ingin mengganti cat tembok dengan warna lain. Fungsinya untuk mengelupaskan warna cat lama.

#2. Pelajari Harga Cat Tembok

Harga cat tembok berbeda tergantung bahan dan hasilnya. Untuk jenis cat berdasarkan bahan, terdapat cat tembok berbahan lateks atau yang dikenal dengan cat pelarut berbahan dasar air. Hasil cat tembok berbahan dasar air dapat dibedakan menjadi dua yaitu doff atau semi kilap / glossy. Selain itu ada juga cat tembok berbahan minyak.

Setelah mengetahui ruangan mana yang ingin dicat, Pins baru bisa memilih jenis cat tembok mana dan warna apa yang kita sukai. Jangan lupa menghitung berapa banyak kebutuhan cat tembok untuk melakukan estimasi biaya ya, Pins.

Berikut adalah kisaran harga cat tembok untuk interior rumah

Berikut ini adalah daftar harga cat tembok untuk eksterior rumah

Harga di atas adalah kisaran yang dapat berupa sewaktu-waktu

#3. Baca dulu labelnya, baru pakai catnya

Label cat tembok sangat penting untuk dibaca loh, Pins. Terutama bahan utama dari cat tembok karena hal ini mempengaruhi cara merawatnya. Cat berbahan latex dapat dibersihkan dengan sabun dan air, serta bersifat cepat kering. Sedangkan cat berbahan minyak memerlukan thinner untuk dibersihkan. Cat berbahan minyak juga lebih lama kering dan lebih berbau. Walaupun begitu cat berbahan minyak biasanya lebih tahan lama, dan awet.

Rata-rata ketahanan cat tembok pada rumah bisa berbeda tergantung beberapa faktor seperti cara mengecat pertama kali apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum, apakah menggunakan cat pelapis, apakah rumah mengalami kondisi cuaca yang ekstrim atau kebocoran. Pada umumnya, kamu bisa mulai mengecat ulang dinding rumahmu jika ada bagian cat yang rusak secara kasat mata atau  warna cat sudah mulai kusam atau mengapur, Pins.

Itulah beberapa tips bagi kamu yang ingin cat rumah sendiri. Sekarang, kamu telah mengetahui tips memilih jenis cat dengan baik termasuk harga cat rumah. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel