Pinhome

Uncategorized

Cara Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Berkebun bisa jadi satu hobi yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Hunian dengan banyak tanaman tentu memberikan nuansa segar yang menjauhkan pengghuni rumah tersebut jauh dari rasa stress serta tekanan karena aktifitas di luar rumah. Tetapi dengan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk, bisa dipastikan jumlah lahan juga terbatas.

Dengan semakin terbatasnya jumlah lahan, termasuk pula bagi pemilik hunian di kawasan perumahan yang padat. Tak jarang hobi bertanam harus disalurkan dengan cara alternatif dengan memanfaatkan beragam media serta luasan lahan sisa yang ada. Termasuk juga bertanam di dalam rumah.

Menanam tanaman di dalam rumah adalah salah satu hobi yang menarik. Selain bisa menjadikan lingkungan interior tampak asri dengan adanya tumbuhan, sekaligus juga akan meningkatkan kualitas lingkungan di dalam rumah itu sendiri. Namun menanam tanaman di dalam rumah perlu cara yang khusus dan spesifik, ini agar tanaman yang dirawat tetap dapat tumbuh sebaik bila di tanam di luar ruangan. Artikel kali ini sajikan cara merawat tanaman di dalam rumah khusus untuk anda hobiis indoor gardening.

Mulai dari Pemilihan Tanaman Yang Benar, Pilih Jenis Yang Kuat Dan Dapat Dilakukan Penyiraman Jarang

Menanam tanaman di dalam ruangan jelas sangat berbeda dengan menanam di luar ruangan. Hal yang membedakan diantaranya ; suhu dan kelembaban, pencahayaan, serta intensitas penyiraman. Media yang dipakai juga bisa jadi berbeda, tetapi bisa diakali dengan tips berikut yang bertujuan untuk menanam tanaman agar tetap sehat dan indah meski di dalam ruangan.

merawat tanaman
merawat tanaman

Pilih Jenis Tanaman Daun Bukan Bunga

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum bertanam untuk keperluan di dalam ruangan adalah jenis tanaman yang akan ditanam. Pilih jenis tanaman daun-daunan seperti misalnya, anthurium, puring atau jenis tumbuhan perdu yang tidak berbunga lainnya. Hal ini perlu sebab jenis tanaman berdaun dapat lebih mudah beradaptasi dengan teknik penanaman indoor ketimbang dengan jenis bunga-bungaan seperti misalnya chrysantemum, seruni maupun tanaman bunga lainnya.

Pilih Yang Tahan Terhadap Lingkungan Kering

Bertanam untuk keperluan dalam ruangan perlu juga memperhatikan faktor lain seperti misalnya adalah kebersihan ruangan itu sendiri. Oleh karenanya media tanam yang biasa dipergunakan adalah jenis kering, seperti misalnya sekam atau media tanam kering lainnya. Tumbuhan yang ditanam juga sebaiknya yang membutuhkan penyiraman dengan intensitas jarang, kaktus misalnya bisa juga dipilih selain tentu jenis tumbuhan daun-daunan.

Perhatikan Pencahayaan, Keluarkan Setidaknya Sekali Seminggu

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam bertanam di dalam ruangan adalah aspek pencahayaan. Intensitas cahaya saat bertanam dalam ruangan tentu tidak semelimpah bila dilakukan di luar ruangan. Hal ini sering menjadikan tanaman tidak bisa tumbuh dengan maksimal, sebagai tips untuk mengatasinya pemilik bisa mengeluarkan pot tanaman untuk ditempatkan di luar ruangan selama beberapa lama setidaknya sekali dalam seminggu. Hal ini akan menjadikan tanaman tetap mendapatkan asupan sinar matahari langsung.

Bertanam dalam ruangan memang sangat mengasyikan karena selain bisa menyalurkan hobi berkebun meski luasan lahan sempit sekaligus juga bisa menambah keasrian situasi lingkungan dalam rumah. Ketelatenan adalah kunci utama kesuksesan. Tips diatas hanyalah sebagian kecil dari cara yang bisa dilakukan agar tanaman dalam ruangan tetap sehat dan tumbuh dengan maksimal.

Tags :

Bagikan Artikel