BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa Rumah7 Tips dan Cara Menjual Tanah dengan Cepat
0
0

7 Tips dan Cara Menjual Tanah dengan Cepat

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 31, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara menjual tanah dengan cepattop-right-banner

Selain rumah dan properti, tanah yang kamu miliki juga merupakan instrumen investasi yang menguntungkan. Terlebih jika tanah itu berada di lokasi yang strategis dekat dengan tempat-tempat penting. Namun kamu harus mengetahui cara menjual tanah dengan cepat agar segera cuan!

Menjual tanah bisa dilakukan secara tradisional dengan memasang keterangan “tanah dijual” atau bisa memasarkannya secara online. Saat ini juga sudah banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk menjual tanah secara online. 

Sebelum lanjut, kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga: Prosedur Jual Beli Tanah yang Sah Sesuai Hukum

Tips Menjual Tanah

cara menjual tanah dengan cepat
Source : Pixabay

Sebelum mengetahui cara menjual tanah, kamu harus mempersiapkan beberapa tips berikut agar tanah yang ingin dijual dilirik calon pembeli. Berikut tipsnya.

1. Tentukan Harga

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menjual tanah adalah dengan menentukan harga. Dalam hal ini, kamu perlu melakukan riset secara tepat agar harga yang kamu patok sesuai dengan nilai tanah yang dijual. 

Salah satu cara riset yang paling tepat adalah dengan mencari tahu harga tanah di sekitar. Dengan demikian, harga yang kamu tentukan tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Kamu juga harus memperhatikan pajak penjualan tanah saat menentukan harga ini. 

2. Siapkan Tanah

Sebelum memutuskan untuk mengundang calon pembeli melihat tanah, kamu perlu melakukan persiapan agar tanah terlihat rapi. Rerumputan yang tumbuh terlalu banyak, rumput liar, dan tumbuh-tumbuhan merupakan pemandangan buruk yang dapat menyulitkan seseorang untuk melihat keindahan dan nilai tanah tersebut.

Tanah yang tidak rapi dengan banyaknya semak atau pepohonan akan membuat calon pembeli pikir ulang. Ujung-ujungnya mereka akan meminta penurunan harga dengan dalih untuk biaya membuat tanah rapi. Jika tidak ingin ini terjadi, persiapkan tanah dengan baik sebelum disurvei calon pembeli. 

Baca juga: 13 Cara Jual Beli Tanah Belum Sertifikat

3. Buat Foto Profesional

cara menjual tanah dengan cepat
Source : Pixabay

Setelah siap dan rapi, tips lain yang bisa kamu lakukan adalah mengambil foto yang bagus dan profesional untuk tanah tersebut. Foto-foto itu bisa kamu pasang sebagai materi promosi kepada masyarakat dan calon pembeli. 

Foto profesional yang bagus itu akan menarik perhatian orang dan calon pembeli. Kamu bisa saja mengambil foto secara mandiri jika memiliki alat yang memadai. Jika tidak, kamu bisa meminta bantuan fotografer profesional untuk melakukan pekerjaan ini. 

4. Bereskan Semua Potensi Masalah

Calon pembeli tidak akan mau membeli tanah yang terdapat potensi masalah, seperti urusan pajak, sengketa, atau kepemilikan yang tidak jelas. Untuk itu, kamu perlu membereskan semua potensi masalah tersebut hingga clear. 

Pastikan sertifikat kepemilikan tanah itu benar-benar atas nama kamu dan tidak sedang dalam sengketa. Selain itu, perlu dipastikan apakah kamu sudah menyelesaikan pembayaran pajak untuk tanah itu atau belum. Kamu juga perlu mengetahui prosedur jual beli tanah yang sesuai dengan hukum. 

5. Promosikan Tanah

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, kini saatnya mempromosikan tanah yang kamu jual di segala tempat. Pasang keterangan “tanah dijual” beserta nomor ponsel kamu di lokasi tanah tersebut untuk memudahkan calon pembeli. 

Manfaatkan seluruh platform media sosial yang ada untuk mempromosikan tanah. Jangan lupa untuk menyertakan nomor ponsel dan akun media sosial pribadi kamu pada saat promosi. Lagi-lagi hal itu dilakukan untuk memudahkan orang yang tertarik agar bisa langsung menghubungimu. 

Baca juga: 3 Contoh Surat Perjanjian DP Jual Beli Tanah

6. Pasang Tanda “Dijual”

cara menjual tanah dengan cepat
Source : Pixabay

Seperti yang dijelaskan di atas, kamu perlu melakukan cara kuno ini untuk menjual tanah, yaitu dengan memasang keterangan “dijual” pada lokasi tanah tersebut. Kamu juga bisa menggunakan gimmick kisaran harga, seperti “tanah ini dijual murah” untuk menarik perhatian orang. 

Tanda ini juga membantu calon pembeli tanah menemukan properti jika mereka pernah melihatnya diiklankan di suatu tempat, namun mungkin tidak mengenal area tersebut dengan baik. Saat mereka menemukan tanda ini, mereka akan tahu bahwa mereka berada di tempat yang tepat.

7. Beri Tahu Tetangga

Orang-orang yang sudah tinggal di dekat lahan kosong atau memiliki tanah di dekatnya adalah calon pembeli yang potensial. Pastikan kamu memberitahu mereka, karena siapa tahu mereka tertarik dan malah menjadi pemilik berikutnya tanah tersebut. 

Selain sebagai calon pembeli potensial, tetangga di sekitar tanah yang kamu jual itu juga bisa membantu. Salah satunya ketika ada orang yang datang untuk survei, sementara kamu tidak ada di lokasi, maka mereka bisa memberitahu dimana rumah kamu dan sebagainya. 

Baca juga: Tips Membeli Rumah KPR Ataupun Cash

Cara Menjual Tanah dengan Cepat

Kemajuan teknologi membuat proses jual beli bisa semakin mudah. Ada banyak platform yang bisa menjadi tempat bertemunya penjual dan para calon pembeli, sehingga tanah bisa cepat terjual. Berikut beberapa cara agar tanah terjual dengan cepat. 

1. Pasarkan di Media Sosial

cara menjual tanah dengan cepat
Source : Pixabay

Media sosial memiliki pengguna yang sangat besar. Di antara para pengguna itu, bisa jadi ada calon pembeli potensial yang tertarik untuk menjadi pemilik berikutnya tanah yang kamu jal. 

Manfaatkan semua platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga TikTok. Tulis deskripsi yang jelas, beserta alamat tanah dan contact person yang bisa dihubungi calon pembeli di postingan iklan. 

2. Agen Properti

cara menjual tanah dengan cepat
Source : Pixabay

Jika memang ingin segera mendapatkan keuntungan dari tanah itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa agen properti. Mereka pasti sudah memiliki jaringan yang luas, sehingga potensi tanah terjual semakin besar. 

Namun kamu harus ingat, menggunakan jasa agen properti berarti akan ada biaya yang kamu keluarkan sebagai fee untuk mereka. Kamu bisa memasukkan biaya itu ke dalam harga akhir yang kamu tentukan agar tetap untung.

3. Situs Properti Kredibel

cara menjual tanah dengan cepat
Source : Pinhome

Kamu juga bisa memanfaatkan situs properti kredibel untuk menjual tanah dengan cepat. Salah satu situs yang bisa kamu gunakan adalah Pinhome, karena memiliki fasilitas titip jual properti online, dengan fitur yang banyak. 

Produk titip jual properti dari Pinhome ini memungkinkan kamu untuk menjual properti dan pasang iklan properti yang akan dijual secara gratis di Aplikasi Pinhome. 

Ada banyak keuntungan jika kamu menggunakan layanan Pinhome, seperti prosesnya yang mudah dan cepat, pasang iklan 100% gratis, hingga bantuan untuk estimasi harga properti kamu jika merasa bingung menentukan harga. 

Demikian 7 tips dan cara menjual tanah dengan cepat yang bisa kamu terapkan. Kamu harus benar-benar memanfaatkan kemajuan teknologi agar properti cepat terjual. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download