Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 9 Manfaat Menanam Pohon Bidara di Rumah

Hobi

9 Manfaat Menanam Pohon Bidara di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Sudah pernah dengar pohon bidara, Pins? Bagi kamu yang belum mendengar pohon bidara, tanaman ini berasal dari Asia Tengah dan dapat tumbuh di daerah kering. Namun bagi kalangan pecinta tanaman, pohon bidara pastinya sudah tidak asing di telinga. Tanaman ini sering dipakai masyarakat yang tinggal di pedesaan dan juga di pelosok sebagai pengobatan alternatif untuk membuat obat tradisional, Pins. Yuk intip manfaat menanam pohon bidara di rumah.

Nah kenapa sih pohon bidara bisa dijadikan obat tradisional? Menurut data dari USDA Nutrient dalam 100 gram daun dari pohon bidara terdapat kandungan yang bermanfaat loh, Pins. Contohnya protein, serat pangan, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3. Wah, pantas saja pohon bidara jadi favorit untuk pengobatan alternatif!  Kandungannya sangat baik untuk kesehatan.

Pohon Bidara (Zіzірhuѕ mauritiana) memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari menanam Pohon Bidara? Yuk simak artikel yang sudah disiapkan tim Pinhome, khusus buat kamu, Pins!

#1 Bidara dapat Menyembuhkan Demam

Kandungan kimia yang terdapat dalam minyak daun bidara sangatlah efektif untuk menyembuhkan demam atau panas tinggi. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun bidara atau dapat juga menggunakannya untuk mandi.

#2 Bidara dapat Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Air rebusan daun bidara juga memiliki manfaat untuk penderita diabetes. Karena air rebusan daun bidara dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

#3 Bidara dapat Melindungi dari Kerusakan Sel DNA

Pengaruh buruk dari radiasi actinic pada sel DNA manusia ternyata mampu dilindungi dengan mengkonsumsi daun bidara ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa mineral herbal yang terkandung dalam bidara mampu untuk mencegah kerusakan sel DNA pada tubuh manusia loh Pins.

#4 Bidara dapat Melebatkan dan Menghitamkan Rambut

Kamu ingin punya rambut hitam dan lebat? Daun bidara juga memiliki kandungan kimia dan fitokimia yang sangat bermanfaat untuk perawatan rambut loh. Jika digunakan secara rutin daun bidara mampu memanjangkan dan menghitamkan rambut.

#5 Bidara Memiliki Sifat Anti Mikroba

Salah satu alasan utama kenapa daun bidara sering dimanfaatkan untuk obat tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit adalah sifat anti mikrobanya, Pins. Sifat anti mikroba yang dimiliki daun bidara juga bermanfaat dan ampuh untuk membasmi jamur, bakteri, dan patogen lainnya yang menyerang tubuh manusia.

#6 Bidara Memberikan Ketenangan dan Mampu Mengatasi Depresi

Zat aktif dan mineral yang terkandung dalam bidara memiliki sifat sebagai penenang dan membuat saraf manusia menjadi rileks loh Pins! Daun bidara digadang-gadang mampu melancarkan peredaran dalam tubuh. Hal tersebut sangatlah efektif untuk mengurangi stres dan depresi yang mungkin dialami.

#7 Bidara Kaya akan Vitamin C

Tahu gak Pins, pada 100 gram bidara terkandung 69 miligram vitamin C loh. Vitamin C ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, melawan radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh. Karena tubuh kamu tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, maka penting untuk mengkonsumsi bahan-bahan herbal yang banyak mengandung vitamin C, Pins.

#8 Bidara dapat Memperkuat Tulang

Mengkonsumsi bidara sangat baik untuk memperkuat tulang manusia, karena mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi yang membantu meningkatkan kekuatan tulang. Jika ada orang terdekatmu yang menderita osteoporosis, sebaiknya banyak mengkonsumsi bahan-bahan herbal seperti bidara, Pins.

#9 Bidara dapat Membantu Atasi Sembelit

Selain itu, daun bidara memiliki manfaat untuk saluran pencernaan, Pins. Serat tinggi yang terkandung dalam bidara dapat mengatasi masalah sembelit karena mampu membantu mengatur pergerakan usus dan pencernaan dalam tubuh manusia.

Baca juga Mitos dan Fakta Seputar Tanaman Bidara

Nah itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menanam pohon bidara dan mengonsumsinya, Pins. Semoga bermanfaat ya!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel