BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Manfaat Menanam Pohon Bidara di Rumah
0
0

9 Manfaat Menanam Pohon Bidara di Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mei 17, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sudah pernah dengar pohon bidara, Pins? Tanaman ini sering dipakai masyarakat yang tinggal di pedesaan dan juga di pelosok sebagai pengobatan alternatif untuk membuat obat tradisional, Manfaat menanam pohon bidara di rumah juga banyak sekali, lho.

Bagi kamu yang belum mendengar pohon bidara, tanaman ini berasal dari Asia Tengah dan dapat tumbuh di daerah kering. Namun bagi kalangan pecinta tanaman, pohon bidara pastinya sudah tidak asing di telinga.

Nah kenapa sih pohon bidara bisa dijadikan obat tradisional? Menurut data dari USDA Nutrient dalam 100 gram daun dari pohon bidara terdapat kandungan yang bermanfaat loh, Pins.

Contohnya protein, serat pangan, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3. Wah, pantas saja pohon bidara jadi favorit untuk pengobatan alternatif! Kandungannya sangat baik untuk kesehatan.

Selain pohon bidara, aplikasi Pinhome juga memiliki banyak keunggulan dalam bidang properti. Kamu bisa memperoleh informasi seputar hunian sekitar Duta Plaza Denpasar, unit di Apartemen The Elements, atau rumah baru di Gowa hingga Pengajuan KPR

Manfaat Menanam Pohon Bidara di Rumah

Jenis pohon Bidara (Zіzірhuѕ mauritiana) memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari menanam Pohon Bidara? Yuk simak artikel yang sudah disiapkan tim Pinhome, khusus buat kamu, Pins!

1. Menyembuhkan Demam

Source : Pexels

Kandungan kimia yang terdapat dalam minyak daun bidara sangatlah efektif untuk menyembuhkan demam atau panas tinggi. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun bidara atau dapat juga menggunakannya untuk mandi.

Pilih 10 daun bidara tua dan campur dengan 600 ml air. Tambahkan 1/2 buah jeruk nipis dan gula pasir untuk menambah rasa. Dari bahan tersebut kamu bisa menyajikan 2-3 gelas.

Baca juga: 24 Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

2. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Source : Halodoc

Air rebusan daun bidara juga memiliki manfaat untuk penderita diabetes. Karena air rebusan daun bidara dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan siklopeptida alkaloid, asam amino, vitamin, mineral dan lainnya mampu mencegah diabetes dan efek samping yang ditimbulkannya. Kamu bisa menjemur daun bidara kemudian dimasukan ke rebusan air mendidih. Saring dulu sebelum dikonsumsi dan minum selagi hangat.

3. Melindungi dari Kerusakan Sel DNA

Source : Britanica

Pengaruh buruk dari radiasi actinic pada sel DNA manusia ternyata mampu dilindungi dengan mengkonsumsi daun bidara ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa mineral herbal yang terkandung dalam bidara mampu untuk mencegah kerusakan sel DNA pada tubuh manusia loh Pins.

4. Melebatkan dan Menghitamkan Rambut

Source : Pexels

Kamu ingin punya rambut hitam dan lebat? Manfaat menanam pohon bidara di rumah juga baik untuk kesehatan rambutmu.

Daun bidara juga memiliki kandungan kimia dan fitokimia yang sangat bermanfaat untuk perawatan rambut. Jika digunakan secara rutin daun bidara mampu memanjangkan dan menghitamkan rambut.

Kandungan didalamnya juga mampu mencegah kerontokan sekaligus memperkuat akar rambut. Kamu bisa mengambil sari daun bidara kemudian usap ke kulit rambut dan tunggu hingga meresap. Lakukan hal ini setiap kamu selesai keramas dimana rambut dalam keadaan bersih.

5. Memiliki Sifat Anti Mikroba

Source : Kompas

Salah satu alasan utama kenapa daun bidara sering dimanfaatkan untuk obat tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit adalah sifat anti mikrobanya, Pins. Sifat anti mikroba yang dimiliki daun bidara juga bermanfaat dan ampuh untuk membasmi jamur, bakteri, dan patogen lainnya yang menyerang tubuh manusia.

Baca juga: 15 Jenis Pohon di Perumahan untuk Sensasi Sejuk dan Percantik Halaman

6. Memberikan Ketenangan dan Mampu Mengatasi Depresi

Source : Pexels

Zat aktif dan mineral yang terkandung dalam bidara memiliki sifat sebagai penenang dan membuat saraf manusia menjadi rileks loh Pins! Daun bidara digadang-gadang mampu melancarkan peredaran dalam tubuh. Hal tersebut sangatlah efektif untuk mengurangi stres dan depresi yang mungkin dialami.

Informasi di atas berdasarkan Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2000 yang mana dilakukan percobaan pada hewan tikus. Menurut penulis studi tersebut menyatakan adanya efek sedatif dari senyawa yang diektstrak pada daun bidara.

7. Kaya Vitamin C

Source : Klik Data

Tahu gak Pins, pada 100 gram bidara terkandung 69 miligram vitamin C. Vitamin C ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, melawan radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh. Karena tubuh kamu tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, maka penting untuk mengkonsumsi bahan-bahan herbal yang banyak mengandung manfaat vitamin C, Pins.

8. Memperkuat Tulang

Source : Suara

Mengkonsumsi bidara sangat baik untuk memperkuat tulang manusia, karena mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi yang membantu meningkatkan kekuatan tulang. Jika ada orang terdekatmu yang menderita osteoporosis, sebaiknya banyak mengkonsumsi bahan-bahan herbal seperti bidara, Pins.

9. Membantu Atasi Sembelit

Source : Pexels

Selain itu, daun bidara memiliki manfaat untuk saluran pencernaan, Pins. Serat tinggi yang terkandung dalam bidara dapat mengatasi masalah sembelit karena mampu membantu mengatur pergerakan usus dan pencernaan dalam tubuh manusia.

Tak heran banyak obat tradisional menggunakan daun bidara dalam ramuannya. Selain mengatasi sembelit, daun bidara juga bermanfaat untuk asma, obat antikanker hingga tekanan darah tinggi.

Nah itulah tadi beberapa manfaat menanam pohon bidara di rumah dan mengonsumsinya, Pins. Ingat untuk mengkonsumsinya dalam porsi normal agar meminimalisir dari efek sampingnya. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga Mitos dan Fakta Seputar Tanaman Bidara


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Mutiara Gading City dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download