Pengertian Investasi: Tujuan, Manfaat, dan Jenis-Jenis Investasi

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Achlisia Putri ∙ January 25, 2023 ∙ 9 menit membaca

Mempersiapkan diri untuk kehidupan yang lebih baik merupakan salah satu dari pentingnya memiliki jaminan hidup, di era modern seperti sekarang ini akan sangat dibutuhkan langkah antisipasi menghadapi masa mendatang salah satunya dengan berinvestasi.

Investasi memiliki nilai penting untuk dapat menjadi suatu tabungan atau persiapan untuk kehidupan yang lebih mapan di masa mendatang, terutama ketika investasi yang dilakukan mampu memberikan keuntungan yang maksimal.

Untuk dapat melakukan sejumlah investasi yang tepat dan menguntungkan kita semestinya mengetahui dan memahami pengertian hingga jenis-jenis dari investasi.

Pengertian Investasi

Investasi adalah istilah yang digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan akumulasi dalam bentuk aktiva dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan. (wikipedia)

Secara umum pengertian investasi merupakan kegiatan atau aktivitas menempatkan dana pada suatu proses dengan harapan aktivitas tersebut mampu menghasilkan keuntungan atau memberikan peningkatan nilai pada periode tertentu.

Selain pengertian secara umum terdapat beberapa definisi atau arti dari investasi yang disampaikan oleh para ahli, di antaranya sebagai berikut

Menurut Boediono

Menurut Boediono investasi adalah pengeluaran oleh sektor produsen (swasta) untuk pembelian barang dan jasa untuk menambah stok yang digunakan atau untuk perluasan pabrik.

Menurut Deliarnov

Menurut Deliarnov (1995) investasi adalah pengeluaran secara keseluruhan yang mencakup pengeluaran untuk pembelian bahan baku atau material, mesin dan peralatan pabrik serta semua modal lain yang diperlukan dalam proses produksi, pengeluaran untuk keperluan bangunan kantor, bangunan tempat tinggal karyawan dan bangunan konstruksi lainnya, juga perubahan nilai stok atau barang cadangan sebagai akibat dari perubahan jumlah dan harga.

Menurut Farid Harianto dan Siswanto Sudomo

Menurut Farid Harianto dan Siswanto Sudomo (1998) investasi adalah suatu kegiatan menempatkan dana pada satu atau lebih dari satu aset selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh penghasilan atau peningkatan investasi.

Menurut Fitz Gerald

Menurut teori Fitz Gerald, investasi adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber untuk dipakai mengadakan suatu barang. Dari modal itulah maka akan dihasilkan aliran produk baru di masa mendatang.

Menurut Gitman dan Joehnk

Menurut Gitman dan Joehnk, investasi adalah suatu sarana dimana dana dapat ditempatkan dengan harapan akan menghasilkan pendapatan positif atau menjaga atau meningkatkan nilainya.

Menurut Haming dan Basalamah

Menurut Haming dan Basalamah, investasi adalah pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva real (tanah, rumah, mobil, dan lain-lain) atau aktiva keuangan mempunyai tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi di masa mendatang.

Menurut Henry Simamora

Menurut Henry Simamora, investasi adalah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk menambahkan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (seperti pendapatan bunga, royalty, deviden, pendapatan sewa dll), untuk apresiasi nilai investasi, atau untuk manfaat lain bagi suatu perusahaan yang berinvestasi, seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan dagang.

Menurut Husnan

Menurut Husnan (1996) investasi adalah suatu rencana untuk menginvestasikan sumber-sumber daya, baik proyek raksasa atau proyek kecil untuk memperoleh manfaat pada masa mendatang.

Menurut James C. Van Horn

Menurut James C. Van Horn, pengertian investasi adalah kegiatan yang dilangsungkan dengan memanfaatkan kas sekarang, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil barang di masa mendatang.

Menurut Jogiyanto

Menurut pendapat Jogiyanto investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk dimasukkan ke aktiva produktif selama periode waktu tertentu.

Menurut Kamarauddin

Menurut Kamarauddin investasi adalah suatu tindakan untuk membeli saham, obligasi atau surat penyertaan lainnya. Bisa juga diartikan sebagai tindakan untuk membeli barang-barang modal atau pemanfaatan dana yang tersedia untuk dipergunakan dalam produksi dengan pendapatan di masa mendatang.

Menurut Kasmir dan Jakfar

Menurut Kasmir dan Jakfar investasi adalah penanaman modal dalam suatu kegiatan yang memiliki jangka waktu relatif panjang dalam berbagai bidan usaha. Penanaman modal yang ditanam dalam artian sempit berupa proyek tertentu baik yang bersifat fisik ataupun non fisik, seperti proyek pendirian pabrik, jalan, jembatan, pembangunan gedung dan proyek penelitian, dan pengembangan.

Menurut Lypsey

Menurut Lypsey (1997) investasi adalah pengeluaran barang yang tidak dikonsumsi saat ini dimana berdasarkan periode waktunya, investasi terbagi menjadi tiga yaitu: investasi jangka pendek, investasi jangka menengah, dan investasi jangka panjang.

Menurut Mankiw

Menurut Mankiw investasi adalah barang-barang yang dibeli oleh individu atau perusahaan untuk menambah persediaan modal.

Menurut Martalena dan Malinda

Menurut Martalena dan Malinda investasi adalah bentuk penundaan konsumsi di masa sekarang untuk memperoleh konsumsi di masa mendatang, dimana didalamnya terkandung unsur risiko ketidakpastian sehingga dibutuhkan kompensasi atas penundaan tersebut.

Menurut Martono dan D. Agus Marjito

Menurut Martono dan D.Agus Marjito investasi adalah penanaman dana yang dilakukan oleh suatu perusahaan kedalam suatu asset (aktiva) dengan harapan memperoleh pendapatan dimasa mendatang.

Menurut Mulyadi

Menurut Mulyadi investasi adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa mendatang.

Menurut Nanga

Menurut Nanga investasi adalah tambahan bersih terhadap stok kapital yang ada, juga bisa disebut akumulasi modal.

Menurut Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno investasi adalah sebuah pengeluaran atau pembelanjaan penanaman suatu modal perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian.

Menurut Salim HS dan Budi Sutrisno

Menurut Salim HS dan Budi Sutrisno investasi adalah aktivitas penanaman modal oleh investor, baik investor lokal maupun asing dalam berbagai jenis bidang usaha.

Menurut Sunariyah

Menurut Sunariyah investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki yang biasanya berjangka waktu lama dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Menurut Sophar Lumbantoruan

Menurut Sophar Lumbantoruan investasi adalah penyertaan modal pada perusahaan lain.

Menurut Suparmoko

Menurut M. Suparmoko investasi adalah pengeluaran yang ditujukan untuk menambah atau mempertahankan persediaan kapital.

Menurut Sutha

Menurut Sutha investasi adalah penempatan sejumlah dana dengan harapan dapat memelihara, menaikkan nilai, atau memberikan return yang positif.

Menurut Sudono

Menurut Sudono investasi adalah berbagai pengeluaran untuk membeli barang modal dan sebuah peralatan produksi yang bertujuan untuk mengganti dan menambah suatu barang modal dalam perekonomian yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa di masa depan.

Menurut Tandelilin

Menurut Tandelilin investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa datang.

Baca juga: Cara investasi emas terbaik dan menguntungkan

Tujuan Investasi dalam Bisnis

Setelah mengetahui investasi dari segi pengertian berikut ini merupakan berbagai tujuan dari investasi;

Memperoleh Penghasilan Tetap

Dengan berinvestasi para investor akan memperoleh penghasilan atau pendapatan secara aktif maupun pasif setiap jangka waktu tertentu, sebagai contoh investasi saham (baca: pengertian saham) maka investor akan mendapatkan dividen pada setiap triwulan atau setiap akhir tahun

Memperbesar Bisnis atau Usaha

Menambah nilai investasi dalam bentuk permodalan merupakan upaya memperbesar bisnis atau usaha, semakin besar investasi modalnya maka tingkat produksi barang atau jasa juga semakin tinggi, maka bisnis menjadi lebih besar.

Baca Juga: Keuntungan Investasi Property Yang Perlu Diketahui!

Jaminan Bisnis

Melakukan investasi juga dapat bertujuan sebagai jaminan bisnis, ketika investasi dilakukan pada supplier atau bisnis yang lebih besar maka bisnis akan terjamin secara operasional

Mengurangi Persaingan

Dengan adanya investasi maka persaingan bisnis dengan peluang yang sama akan berkurang karena investor akan lebih memilih berinvestasi dari pada membuka usaha sendiri.

Manfaat Investasi

Bukan hanya tujuan yang dapat menjadi pertimbangan investasi tetapi juga manfaat dari investasi itu sendiri juga penting untuk di ketahui, sehingga lebih matang untuk berinvestasi. Manfaat dari investasi adalah sebagai berikut ;

Memenuhi Kebutuhan Masa Mendatang

Dengan melakukan investasi sekarang akan dapat menjadi tabungan untuk memenuhi kebutuhan masa mendatang, hal ini sesuai dengan pengertian dan tujuan dari investasi itu sendiri.

Menambah Aset

Keberadaan investasi dapat menjadi upaya penambahan aset yang di miliki, penambahan aset dapat berasal dari keuntungan atau investasi yang di lakukan memang berupa suatu aset seperti property dan lainnya. Lebih lengkap tentang aset baca disini.

Menghindari Hutang

Investasi dapat menjadi salah satu upaya menghindari hutang – piutang, hal ini berkaitan dengan income yang dapat diperoleh dari investasi sehingga kebutuhan akan terpenuhi tanpa adanya hutang

Gaya Hidup Hemat

Investasi juga dapat menjadi pengendali pengeluaran sehingga dapat menerapkan pola hidup hemat.

Bentuk Investasi

Bentuk investasi di bedakan menjadi dua yaitu ;

  • Aktiva riil. Adalah bentuk investasi yang dapat dilihat secara fisik, seperti emas, properti, tanah, logam dan lainnya
  • Aktiva finansial. Sesuai namanya ini adalah investasi virtual atau tidak berbentuk fisik biasanya berupa dokumen berharga seperti saham, deposito dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Investasi

Mulai dari pengertian, tujuan dan manfaat dari investasi telah di jabarkan, kurang lengkap jika tidak mengetahui tentang jenis – jenis investasi. Mengingat jenis ini yang kemudian akan menjadi pilihan untuk melakukan investasi. Adapun jenis investasi di antaranya adalah ;

Deposito

Penanaman modal dalam bentuk simpanan uang di bank dengan pendapatan berupa bunga dalam periode waktu tertentu sesuai dengan perjanjiannya, deposito memiliki dua jenis yaitu berjangka dan sertifikat deposit. Lebih lanjut tentang deposito silahkan cek postingan pengertian deposito.

Saham

Investasi ini merupakan investasi yang banyak diminati investor saat ini, yaitu investasi berupa pembelian bagian kepemilikan suatu perusahaan dengan bentuk surat berharga yang dapat diperjualbelikan. Selain itu ini juga merupakan investasi jangka panjang dengan income pasif yang tinggi disebut dividen.

Emas

Investasi yang dilakukan dengan pembelian emas baik dalam bentuk perhiasan maupun emas batangan, ini menjadi pilihan yang menguntungkan karena harga jual emas cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Properti

Salah satu bentuk investasi riil properti dapat berupa rumah, hotel, penginapan bahkan indekos dan apartment. Investasi ini memiliki tingkat keuntungan tinggi sebanding dengan modalnya.

Obligasi

Investasi dengan menyediakan pinjaman modal, ini menjadi pilihan menarik ketika kemampuan manajemen obligasinya profesional sehingga keuntungan dapat diperoleh lebih tinggi bahkan dari deposito.

Reksadana

Merupakan jenis investasi gabungan atau perhimpunan dengan berbagai investor lain melalui manajer investasi. Ini merupakan salah satu investasi berisiko rendah, karena selain modal yang tidak terlalu tinggi. Lebih lengkap tentang reksadana klik disini.

Asuransi

Pilihan investasi terakhir adalah asuransi. Dengan asuransi anda dapat melindungi aset pribadi dan keluarga, seperti rumah, kendaraan, dll. Jika biasanya asuransi hanya berfungsi sebagai proteksi, sekarang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif investasi. Terdapat 2 produk asuransi berbasis investasi, yaitu asuransi dan dana kelolaan seperti reksa dana.

Biasanya, premi yang Anda bayarkan dikonversikan ke dalam bentuk unit. Unit yang telah Anda miliki inilah yang akan dibagi ke 2 jenis, yaitu: untuk membayar biaya asuransi, dan untuk diinvestasikan. Pilihan investasi asuransi jangka panjang adalah asuransi jiwa.

Jika anda melirik investasi jenis ini, ada baiknya pahami terlebih dahulu aturan mainnya. Jenis investasi ini biasanya berjangka waktu yang cukup lama, yaitu mulai dari 10 Tahun.

Setiap bulan, anda diwajibkan membayar asuransi beserta biayanya. Asuransi berbasis investasi, premi yang harus dibayarkan memang lebih tinggi dari produk asuransi biasa.

Karena itulah, anda harus benar-benar jeli dan mengerti benar aturannya. Kalaupun anda memilihnya, ambil perusahaan penerbit asuransi yang benar-benar dapat dipercaya. Karena jika anda luput, biaya yang telah anda alirkan dalam lebih jangka panjang akan musnah.

Penjelasan mengenai investasi sampai pada jenisnya ini dapat menjadi acuan dalam pemilihan investasi yang akan di lakukan, tetapi pertimbangan terpenting adalah kemampuannya dalam melakukan investasi sehingga tidak harus di paksakan namun tetap menguntungkan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan City Garden Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Membuat Komik Terbaik dan Terlengkap

Terinspirasi menjadi seorang penulis komik? Atau sekedar iseng-iseng mengisi waktu luang dengan mem

Gadget
Gadget 12 Cara Cek HP Xiaomi Asli dan Palsu Paling Akurat

Xiaomi memang sudah dikenal oleh publik sebagai brand smartphone berkualitas yang dibanderol dengan

Gadget
Gadget Cara Buat Akun Gmail di HP, Praktis dan Cepat

Memiliki akun Gmail sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh pengguna gawai pintar di dunia. Ini

Gadget
Gadget 13 Cara Mengatasi Memori HP Penuh yang Efisien

Memiliki smartphone dengan kapasitas internal memori yang besar memang ada banyak benefitnya. Tapi,

Properti
Properti Mending Mana Beli Rumah Tanpa Perantara vs Melalui Agen

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk membeli rumah impian. Mulai dari survei langsung ke peru

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia