Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ September 27, 2022 ∙ 5 menit membaca

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki lahan sempit. Tinggi meja dapur yang disesuaikan tidak akan membuat cedera ketika beraktivitas disini.

Selain itu mampu meningkatkan kenyamanan diri. Nah berikut karakteristik meja dapur yang ideal dan cara untuk membuatnya. 

Karakteristik Meja Dapur Ideal

Rata-rata orang Indonesia memiliki tinggi badan 160-170 cm. Dengan mengetahui tinggi badan penghuni rumah dapat menyesuaiakan ukuran furniture di dalamnya. 

Ada tiga jenis meja dapur yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Diantaranya adalah meja dapur dengan rak atau laci, meja kompor, meja bar, atau standar meja dapur.

Baca juga : 10 Model Meja Dapur Granit Terfavorit

Standar Meja

(Unsplash)

Dengan informasi rata-rata tinggi badan diatas maka idealnya standar meja memiliki ketinggian sekitar 80-95 cm. Pins juga dapat membuat perbandingan 1 : 2 untuk membangun tinggi meja.

Meja memiliki ketinggian setengah dari tinggi pemakainya. Apabila tinggimu sekitar 160 cm maka ukuran meja sekitar 80 cm. Ukuran ini merupakan meja yang sudah siap pakai.

Setelah itu jika digunakan untuk sink maka jangan terlalu besar agar tidak memakan tempat. Letakan sink berjauhan dengan meja kompor sehingga jauh dari cipratan minyak ataupun bumbu ketika memasak.

Meja Dengan Rak/Laci

(unsplash)

Meja dengan rak atau laci sering menjadi pilihan dapur minimalis. Tinggi laci dibawah meja dapur idealnya sekitar 10 cm. Lebar lacinya sekitar 30-40 cm sehingga mampu menampung banyak alat masak.

Perhitungkan pula dengan tebal material pelapis meja dapur. Perhatikan jarak antara lantai dengan bagian rak. Dengan begitu ketika dibuka tutup tidak akan merusak lantainya.

Sebaiknya tinggi rak dibawah meja dapur dibuat sekitar 80 cm. Jika tinggi lantai dengan rak meja dapur cenderung berbeda maka ada baiknya berikan seliish jarak. Jika memungkinkan pilih rangka terpisah sehingga mampu menompang meja.

Meja Kompor

(Unsplash)

Meja kompor dibuat tidak sejajar dengan meja dapurnya. Apabila ukuran meja dapur standarnya 80 cm maka ukuran meja kompor sekitar 65-70 cm. Turunkan meja kompor 10-15 cm dari standar meja dapur.

Ukuran meja kompor ini berlaku untuk pemakaian kompor gas tungku bukan kompor listrik atau tanam.

Meja Bar

(Unsplash)

Meja bar sering dipakai sebagai sekat sekaligus tempat menyajikan makanan. Bahan meja bar ada yang menggunakan batuan alam seperti granit dan marmer. Tinggi meja bar sedikit lebih tinggi dibandingkan meja dapur biasa.

Ketinggiannya antara 100-110 cm dan cukup lebar sekitar 20-30 cm. Meja bar di rumah harus berjarak sehingga ketika memasak tidak terasa terlalu sempit.

Meja bar sering dikombinasikan dengan kursi tanpa lengan. Bagian tumpuan kursi tinggi lengkap memakai pijakan. Meskipun kursi tinggi namun mudah menempatkan diri pada dudukannya.

Baca juga : Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Bagaimana Membuat Meja Dapur Ideal ?

(Unsplash)

Membuat meja dapur yang ideal bukanlah hal yang mudah. Selain mengetahui rata-rata tinggi badan pengguna dapur juga mempertimbangkan ukuran dapur. 

Meja yang terlalu besar dapat mempersempit ruangan. Hal ini mampu berpengaruh pada posisi furniture lainnya di dapur seperti kulkas ataupun lemari penyimpanan tambahan.

Pengukuran Meja

Awal mula untuk membuat meja dapur ialah dimulai dengan mengukur ruangan dapur terlebih dulu. Catat barang apa saja yang harus ada di dapur setelah meja.

Setelah itu baru lakukan pengukuran meja tentunya dengan mempertimbangkan luas ruangan yang tersedia. Ukur panjang dan lebarnya baru tinggi meja tersebut.

Apabila bangunan tidak terlalu tinggi maka mejanyapun jangan tinggi. Lebar meja dapur bisa dibuat kisaran 60 cm dengan tinggi yang disesuaikan tinggi badan penghuni rumah.

Posisi

Setelah itu posisikan meja sesuai kebutuhan dan selera. Meja dapur bisa menempel langsung dengan dinding atau sudut ruangan. Pins dapat pula meletakan meja di tengah ruangan sebagai sekat pembatas ruangan.

Meja persis berada di tengah area sehingga membagi ruangan tersebut menjadi dua. Ada pula meja yang diposisikan membentuk huruf L atau U.

Jenis Material Meja

Pilih material meja yang ingin dibuat seperti bahan metal, kayu, batuan alam maupun semen dicor. Meja dapat dibuat permanen maupun portabel asalkan mudaj dibersihkan.

Desain meja harus memperhatikan tekstur dan garisnya. Apakah memakai keramik maupun granit serta pemasangannya.

Setelah itu buat kerangka meja terlebih dulu untuk mengetahui pas tidaknya desain meja tersebut. Diameter kerangka plat meja dapur minimal 8 mm dan disusun rapat.

Baca juga : 9 Desain Meja Kamar Tidur Sederhana yang Estetik

Saluran Air

Apabila menyatu dengan saluran air maka jalurnya harus jelas. Gunakan pipa yang memudahkan aliran air menuju pembuangan sampah. Pipa sesuai dan mampu mengikuti bentuk meja yang dibuat.

Finishing Meja

Terakhir adalah finishing meja saat benar-benar yakin meja sudah tidak memiliki kesalahan. Biasanya jika kerangka mejanya sudah pas maka saat proses finishing tidak akan muncul kesalahan.

Setelah meja selesai dibuat jangan langsung memakainya. Pastikan meja benar-benar sudah kering dan tidak ada bagian yang masih basah. Dengan begitu ornamen tambahan sudah benar-benar terpasang di tempatnya.

Gunakan meja tersebut usai didiamkan selama 1-2 hari. Dengan begitu ukuran meja dapur ideal yang dibangun tidak akan mengecewakan. Desain meja menyatu dengan interior ruangan yang Pins bangun.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia