BlogPemilik PropertiDesain HunianRekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal
0
0

Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas saat memasak. Khususnya pada dapur yang memiliki lahan sempit. Tinggi meja dapur yang disesuaikan tidak akan membuat cedera ketika memasak.

Selain itu ukuran meja dapur ideal mampu meningkatkan kenyamanan diri. Nah, berikut karakteristik ukuran meja dapur ideal dan cara untuk membuatnya. 

Karakteristik Meja Dapur Ideal

Rata-rata orang Indonesia memiliki tinggi badan sekitar 160-170 cm. Dengan mengetahui tinggi badan penghuni rumah dapat menyesuaikan ukuran furniture di dalamnya. 

Ada tiga jenis meja dapur yang sering digunakan masyarakat Indonesia diantaranya adalah meja dapur dengan rak atau laci, meja kompor, meja bar, atau standar meja dapur.

Baca juga:

Standar Meja

ukuran meja dapur ideal dari bahan kayu
Source : Unsplash

Dengan informasi rata-rata tinggi badan diatas maka idealnya standar meja memiliki ketinggian sekitar 80-95 cm. Pins juga dapat membuat perbandingan 1 : 2 untuk membangun tinggi meja.

Meja memiliki ketinggian setengah dari tinggi pemakainya. Apabila tinggimu sekitar 160 cm maka ukuran meja dibuat sekitar 80 cm. Ukuran ini merupakan meja yang sudah siap pakai.

Setelah itu jika digunakan untuk sink maka jangan terlalu besar agar tidak memakan tempat. Letakan sink berjauhan dengan meja kompor sehingga jauh dari cipratan minyak ataupun bumbu ketika memasak.

Meja Dengan Rak/Laci

ukuran meja dapur ideal berwarna hitam
Source : unsplash

Meja dengan rak atau laci sering menjadi pilihan dapur minimalis. Tinggi laci dibawah meja dapur idealnya sekitar 10 cm. Lebar lacinya sekitar 30-40 cm sehingga mampu menampung banyak alat masak.

Perhitungkan pula dengan tebal material pelapis meja dapur. Perhatikan jarak antara lantai dengan bagian rak. Dengan begitu ketika dibuka tutup tidak akan merusak lantainya.

Sebaiknya tinggi rak dibawah meja dapur dibuat sekitar 80 cm. Jika tinggi lantai dengan rak meja dapur cenderung berbeda maka ada baiknya berikan selisih jarak. Jika memungkinkan pilih rangka terpisah sehingga mampu menompang meja.

Meja Kompor

ukuran meja dapur ideal berwarna putih
Source : Unsplash

Meja kompor dibuat tidak sejajar dengan meja dapurnya. Apabila ukuran meja dapur standarnya 80 cm maka ukuran meja kompor sekitar 65-70 cm. Turunkan meja kompor 10-15 cm dari standar meja dapur. Ukuran meja kompor ini berlaku untuk pemakaian kompor gas tungku bukan kompor listrik atau tanam.

Meja Bar

ukuran meja dapur ideal bentuk meja bar
Source : Unsplash

Meja bar sering dipakai sebagai sekat sekaligus tempat menyajikan makanan. Bahan meja bar ada yang menggunakan batuan alam seperti granit dan marmer. Tinggi meja bar sedikit lebih tinggi dibandingkan meja dapur biasa.

Ketinggiannya antara 100-110 cm dan cukup lebar sekitar 20-30 cm. Meja bar di rumah harus berjarak sehingga ketika memasak tidak terasa terlalu sempit.

Meja bar sering dikombinasikan dengan kursi tanpa lengan. Bagian tumpuan kursi tinggi lengkap memakai pijakan. Meskipun kursi tinggi namun mudah menempatkan diri pada dudukannya.

Baca juga:

Bagaimana Membuat Meja Dapur Ideal ?

Source : Unsplash

Membuat meja dapur yang ideal bukanlah hal yang mudah. Selain mengetahui rata-rata tinggi badan pengguna dapur juga mempertimbangkan ukuran dapur. 

Meja yang terlalu besar dapat mempersempit ruangan. Hal ini mampu berpengaruh pada posisi furniture lainnya di dapur seperti kulkas ataupun lemari penyimpanan tambahan.

Pengukuran Meja

Awal mula untuk membuat meja dapur ialah dimulai dengan mengukur ruangan dapur terlebih dulu. Catat barang apa saja yang harus ada di dapur setelah meja.

Setelah itu baru lakukan pengukuran meja tentunya dengan mempertimbangkan luas ruangan yang tersedia. Ukur panjang dan lebarnya baru tinggi meja tersebut.

Apabila bangunan tidak terlalu tinggi maka mejanyapun jangan tinggi. Lebar meja dapur bisa dibuat kisaran 60 cm dengan tinggi yang disesuaikan tinggi badan penghuni rumah.

Posisi

Setelah itu posisikan meja sesuai kebutuhan dan selera. Meja dapur bisa menempel langsung dengan dinding atau sudut ruangan. Pins dapat pula meletakan meja di tengah ruangan sebagai sekat pembatas ruangan.

Meja persis berada di tengah area sehingga membagi ruangan tersebut menjadi dua. Ada pula meja yang diposisikan membentuk huruf L atau U menyesuaikan bentuk ruangan.

Jenis Material Meja

Pilih material meja yang ingin dibuat seperti bahan metal, kayu, batuan alam maupun semen dicor. Meja dapat dibuat permanen maupun portabel asalkan mudaj dibersihkan.

Desain meja harus memperhatikan tekstur dan garisnya. Apakah meja perlu memakai bahan keramik maupun granit serta pemasangannya.

Setelah itu buat kerangka meja terlebih dulu untuk mengetahui pas tidaknya desain meja tersebut. Diameter kerangka plat meja dapur minimal 8 mm dan disusun rapat.

Baca juga:

Saluran Air

Apabila menyatu dengan saluran air maka jalurnya harus jelas. Gunakan pipa yang memudahkan aliran air menuju pembuangan sampah. Pipa sesuai dan mampu mengikuti bentuk meja yang dibuat.

Finishing Meja

Terakhir adalah finishing meja saat benar-benar yakin meja sudah tidak memiliki kesalahan. Biasanya jika kerangka mejanya sudah pas maka saat proses finishing tidak akan muncul kesalahan.

Setelah meja selesai dibuat jangan langsung memakainya. Pastikan meja benar-benar sudah kering dan tidak ada bagian yang masih basah. Dengan begitu ornamen tambahan sudah benar-benar terpasang di tempatnya.

Gunakan meja tersebut usai didiamkan selama 1-2 hari. Dengan begitu ukuran meja dapur ideal yang dibangun tidak akan mengecewakan. Desain meja menyatu dengan interior ruangan yang Pins bangun.

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download