Pinhome

7 Cara Mengusir Laron dengan Ampuh dan Mudah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 7 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Di musim hujan, salah satu hal yang seri terjadi adalah munculnya sekumpulan laron pada malam hari. Biasanya laron akan berterbangan di area yang terang akibat cahaya lampu. Sayangnya meski jarang terjadi, hal ini terkadang bisa menjadi hal yang menyebalkan. Karena banyaknya laron yang bermunculan meninggalkan sayap-sayap yang rontok. Makanya, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengusir laron dengan mudah.

Pinhome – Tidak hanya itu, terkadang banyaknya laron yang berterbangan di rumah ini bisa mengganggu aktivitas di rumah seperti saat makan, belajar dan masih banyak lagi. Bahkan laron yang sering mengalami kerontokan sayap bisa saja jalan di seluruh lantai atau benda di rumah. Tapi tenang! Karena sebenarnya ada lho cara jitu untuk mengusir laron. Bagi Pins yang sering mengalami masalah serupa, yuk simak 7 cara mengusir laron dengan mudah lewat ulasan di bawah ini!

Mematikan Sumber Cahaya

(Freepik)

Cara mengusir laron yang pertama adalah dengan mematikan sumber cahaya. Laron sangat suka dengan cahaya lampu, oleh karena itu biasanya laron datang pada malam hari. Pins bisa mematikan sumber cahaya seperti lampu, televisi atau benda-benda yang menghasilkan cahaya lainnya untuk mengusir laron. 

Dengan tidak adanya sumber pencahayaan akan membuat laron pergi dari rumah kamu dan mencari tempat lain yang memiliki cahaya. Namun ketika laron sudah pergi, Pins bisa mulai menyalakan lampu dan benda-benda lainnya yang menghasilkan cahaya. Pins hanya perlu mematikannya selama 30 menit hingga satu jam untuk menunggu laron-laron ini pergi dari rumah kamu.

Gunakan Baskom atau Ember Berisi Air

(Pinterest)

Cara membasmi laron yang selanjutnya adalah dengan menggunakan baskom atau ember yang berisikan air. Serangga ini suka sekali dengan cahaya dan benda-benda yang berkilau. Dengan meletakkan ember berisi air di ruangan, maka air akan mendapatkan pantulan cahaya dari lampu yang membuat laron tertarik untuk mendekati air. 

Jika laron hinggap di air, maka laron tidak akan bisa terbang lagi karena sayapnya basah dan menempel pada air. Hal ini akan membuat laron tidak kuat mengangkat sayapnya karena basah dan membuat laron akan mati. Cara ini terbilang ampuh karena Pins bisa membasmi banyak laron sekaligus dengan menggunakan cara yang satu ini.

Menutup Lubang Terbuka Tempat Masuknya Laron

(Pixabay)

Masuknya laron ke dalam rumah tentu akibat adanya lubang terbuka yang menghubungkan bagian luar rumah dengan bagian dalam rumah. Biasanya lubang-lubang yang sering menjadi tempat masuknya laron adalah ventilasi atau jendela. Pins bisa menutup lubang ini dengan jaring kecil agar laron tidak bisa masuk ke dalam rumah dengan mudah. Dengan terpasangnya jaring pada ventilasi akan membuat kondisi bagian dalam rumah aman dari laron.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Laron untuk Burung Kicau!

Menggunakan Semprotan Pembasmi Serangga

(Pixabay)

Cara membasmi laron selanjutnya adalah dengan menggunakan semprotan pembasmi serangga. Semprotan ini bisa Pins dapatkan dengan mudah di minimarket atau supermarket dengan harga yang tidak terlalu mahal. Terdapat berbagai merk juga yang menjual semprotan pembasmi serangga ini. 

Namun perlu diketahui penggunaan semprotan pembasmi serangga secara berlebihan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Pins harus bisa membatasi penggunaan semprotan pembasmi serangga ini karena bisa mempengaruhi kesehatan sistem pernafasan kamu dan keluarga.

Gunakan Lampu Anti Serangga

(Republika)

Jika Pins memiliki lampu anti serangga, Pins bisa menggunakannya sebagai cara membasmi laron. Karena laron sangat suka dengan cahaya, maka laron akan mendatangi lampu dan masuk ke dalam lampu sehingga laron akan terkena listrik bertegangan tinggi dan mati di tempat lampu anti serangga. Cara ini cukup ampuh mengingat laron sangat suka sekali dengan cahaya sehingga akan membuat banyak laron yang tertipu dan masuk ke dalam lampu anti serangga ini.

Gunakan Cabai Merah

(Pixabay)

Cara mengusir laron yang satu ini mungkin jarang Pins dengar. Namun siapa sangka ternyata menggunakan cabai merah bisa mengusir laron dari rumah kamu lho! Pins hanya perlu menyiapkan cabai merah berukuran besar dan kamu gantungkan di dekat lampu yang sedang dipenuhi laron yang berterbangan. 

Namun ingat! Sebelum menggantung cabai, Pins harus membelah cabai menjadi dua bagian agar aroma pedas dari cabai semakin keluar. Aroma inilah yang dibenci laron dan ampuh dalam mengusir laron pergi dari rumah kamu,

Basmi Sarang Laron

(Pixabay)

Jika keenam cara di atas sudah kamu coba namun tidak berhasil juga mengusir laron, Pins bisa menggunakan cara ini sebagai cara terakhir, yaitu membasmi sarang laron. Umumnya laron yang bertebangan ini tidak akan pergi jauh dari sarangnya. Hal ini berarti sarang laron ini berada tidak jauh dari rumah kamu, bahkan bisa jadi berada di sekitar rumah kamu. Pins bisa mencarinya di sekitar rumah dengan sangat teliti hingga menemukan sarang laron. Pins bisa menyemprotkannya dengan semprotan pembasmi serangga supaya laron tidak akan lagi masuk ke rumah kamu.

Baca juga: Cara Mengusir Kecoa dengan Mudah dan Higenis

Itulah 7 daftar cara mengusir laron yang bisa menjadi pilihan Pins saat laron-laron datang ke rumah, terutama pada musim hujan. Semoga dengan ulasan di atas bisa menambah pengetahuan kamu mengenai cara membasmi laron yang ampuh dan mudah diaplikasikan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel