BlogHome ServiceKebersihan Rumah10 Cara Membersihkan Sofa Agar Terlihat Seperti Baru
0
0

10 Cara Membersihkan Sofa Agar Terlihat Seperti Baru

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan

Des 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sofa merupakan perabotan yang selalu ada di setiap rumah. Umumnya, sofa diletakan di ruang tamu maupun tempat nonton TV. Cara membersihkan sofa tidak sulit bahkan dapat menggunakan bahan yang ada di dapur.

Material sofa beragam ada yang terbuat dari bahan kain maupun kulit. Alhasil, Pins perlu mempertimbangkan jenis perawatan yang dilakukan tergantung bahan sofa itu sendiri.

Jika kamu menjumpai noda baru, sebaiknya segera dibersihkan. Pasalnya, noda yang dibiarkan bisa berubah jadi kerak dan akan sulit dicuci. Akibatnya, tampilan sofa pun tampak tidak baik, bukan? Untuk itu, segera bersihkan sofa dengan cara-cara ini, yuk!

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri

Cara Membersihkan Sofa

Berikut ini beberapa cara membersihkan sofa yang baik dan benar agar tetap terlihat seperti baru:

Fungsikan Vacuum Cleaner

(Freepik)

Salah satu cara membersihkan sofa, terutama untuk bahan kain, adalah memanfaatkan vacuum cleaner. Alat yang mampu menyedot di setiap sudut sofa ini cukup efektif untuk mendapatkan sofa yang lebih bersih, Pins.

Meski begitu, kamu perlu memperhatikan cara menggunakan vacuum cleaner yang benar. Pertama, usahakan sedot debu di sofa dengan gerakan searah agar debu terhisap maksimal. Sebagai contoh, sedot dari atas ke bawah atau kanan ke kiri, ya.

Idealnya, jenis vacuum cleaner yang digunakan untuk membersihkan sofa yaitu vacuum cleaner handheld. Pasalnya, jenis yang satu ini memiliki ukuran dan bobot yang ringan. Pemakaiannya dengan cara digenggam sehingga membuat penggunanya leluasa bergerak. 

Manfaat lainnya memakai vacuum cleaner adalah dapat menyedot debu secara vertikal maupun horizontal. Tidak hanya membersihkan bagian permukaan sofa saja, Pins perlu menyedot debu bagian sisi dan bawah sofa.

Basmi Noda dengan Cuka

(Pixabay)

Selain debu, kotoran dan noda pun kerap menempel pada sofa, seperti tinta atau sisa-sisa krayon. Sayangnya, noda ini tidak bisa langsung teratasi hanya dengan vacuum cleaner, melainkan harus dicuci.

Pins bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur sebagai cara mencuci sofa, seperti cuka. Ini karena kandungan klorin pada cuka mampu melunturkan noda tinta maupun krayon. Berikut cara mencuci sofa dengan cuka:

  • Cuci sofa hanya pada bagian yang bernoda saja.
  • Sediakan alat bantu sikat untuk meluruhkan noda membandel.
  • Campurkan cuka dan air, lalu masukkan ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan larutan cuka pada bagian bernoda.
  • Gosok bagian tersebut dengan sikat lembut.
  • Keringkan sofa dengan pengering rambut atau setrika uap.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Darah Kering Pada Kasur

Gunakan Pelembab untuk Sofa Kulit

cara membersihkan sofa
(Pixabay)

Bagi kamu yang punya sofa kulit mungkin membutuhkan perawatan yang sedikit berbeda. Alih-alih pakai sabun, cara membersihkan sofa kulit bisa menggunakan pelembap, seperti body lotion atau kondisioner rambut.

Ini bertujuan menjaga kelembapan sofa kulit agar tidak kering dan pecah-pecah. Cara penggunaannya pun mudah. Kamu tinggal menuangkan pelembap di atas kain lembut. Lalu, usapkan kain tersebut ke seluruh permukaan sofa secara merata.

Biarkan sofa mengering secara alami dengan mendiamkannya. Pelembab juga ampuh mengembalikan aroma kulit sofa sehingga nampak baru setiap hari.

Pakai Tisu Basah

cara membersihkan sofa
(Freepik)

Apabila Pins tidak sengaja menumpahkan minuman ke sofa, manfaatkan tisu basah untuk membersihkannya. Kamu hanya perlu mengusap tisu basah pada sofa berbahan kain yang terkena air.

Dengan segera membersihkan dan mengeringkan sofa, noda tidak akan berbekas. Selain itu, kandungan pada tisu basah tidak akan merusak permukaan sofa kain.

Baca juga: Tips dan Cara Membersihkan Kamar Tidur dengan Cepat

Cairan Khusus Pembersih Sofa

cara membersihkan sofa
(Freepik)

Jika bahan alami tidak bekerja maksimal, cobalah cairan khusus pembersih sofa. Cairan ini biasanya digunakan untuk sofa kulit atau kursi dengan bahan yang sama. Selain tidak merusak bahan sofa, ini bisa mengangkat noda yang membandel.

Terlebih lagi, kamu bisa mengandalkan cairan ini untuk mengatasi jamur dan mengangkat noda minyak. Bahkan, ada beberapa produk yang mengklaim mampu mengembalikan warna sofa seperti baru, lho.

Cairan khusus pembersih sofa dapat mengatasi jamur dan mengangkat noda minyak. Beberapa produk mengklaim mampu mengembalikan warna sofa seperti baru.

Manfaatkan Alkohol

(Freepik)

Bagi kamu yang ingin cepat-cepat duduk di sofa setelah dibersihkan, alkohol bisa jadi solusi yang tepat. Pasalnya, alkohol menguap dengan cepat sehingga sofa pun menjadi cepat kering.

Pins bisa menuangkan alkohol ke botol semprot dan menyemprotkannya ke area yang bernoda. Ini cukup ampuh untuk membasmi kuman atau bakteri yang menempel di sofa. Meski begitu, jangan asal pilih alkohol, ya.

Pins bisa memanfaatkan alkohol yang mengandung 30% air suling dan 70% isopropil atau etanol sebagai cara mencuci sofa yang paling cepat.

Baking Soda

cara membersihkan sofa
(Pixabay)

Cara mencuci sofa memakai baking soda mampu menghilangkan bau tak sedap pada sofa. Baking soda dapat menghilangkan noda karat, kerak dan jamur. 

Campurkan baking soda dengan air lalu aduk hingga bertekstur seperti pasta. Oleskan campuran ini pada area bernoda dan diamkan selama 15-20 menit. 

Noda akan mulai diserap oleh baking soda. Setelah itu, gosok dengan sikat lembut dan ulangi cara diatas hingga noda benar-benar hilang sempurna.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju Secara Ampuh

Air Sabun

(Pixabay)

Bila tidak memiliki baking soda, ini dapat digantikan dengan air sabun. Cara membersihkan sofa bahan kain sama halnya dengan pakaian. Hal ini karena bahannya sama-sama terbuat dari kain.

Pins dapat menggunakan detergen pakaian atau sabun cuci piring. Bila sudah dioleskan ke area yang kotor sikat secara perlahan-lahan.

Bersihkan dengan Pasta Gigi

Setiap sofa yang dapat dicuci dengan air akan memiliki tanda W atau S/W. Penggunaan pasta gigi sering difungsikan untuk meluruhkan noda pada sofa. Setelah mengoleskan pasta gigi jangan lupa untuk mendiamkannya beberapa saat. Setelah itu usap hingga kotoran dan sisa pasta gigi terangkat.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Kerak di Setrika dengan Mudah

Jemur di Tempat Teduh

cara membersihkan sofa
(Pixabay)

Selain memperhatikan cara mencuci sofa, Pins dapat membersihkan bantal sofa dengan menjemurnya. Gantung bantal sofa di tempat yang teduh agar tidak mudah berbau apek.

Jangan langsung menjemur dibawah terik matahari. Sinar ultraviolet mampu memudarkan warna dari perabotan dan bantal sofa.

Cara Mencuci Sofa Berdasarkan Bahannya

cara membersihkan sofa
Source : Shutterstock

Setiap bahan pelapis sofa punya cara membersihkan yang tak bisa disamakan satu dengan lainnya. Untuk jenis kulit saja, perlu dikenali apakah kulit asli ataukah sintetis, kemudian tentu saja peralatan dan produk pembersih yang pas.

Berikut adalah cara mencuci sofa berdasarkan bahannya:

Bahan Kulit dan Sintetis

Belakangan ini memang sudah sangat jarang ditemukan sofa dengan pelapis berbahan dasar kulit. Kebanyakan adalah kulit sintetis atau yang biasa disebut dengan istilah oscar. Cara mencuci sofa bahan sintetis dan kulit ini hampir sama.

Hindari lap yang terlalu basah, peralatan pembersih kasar seperti sikat atau sebagainya, serta gunakan pelembab, bisa gunakan handbody atau Vaseline.

Meski nampak sama bahan kulit asli dan kulit sintetis bisa jadi sangat berbeda dari segi kenyamanan dan pastinya harga, apapun bahannya pastikan untuk tetap membersihkan dengan lap lembab seperti plast chamois (kanebo) bersih.

Kemudian lap kering, dan pergunakan pelembab atau moisturizer. Ini dimaksudkan agar tidak kering dan gampang retak di bagian permukaan.

Baca juga: Cara Mencuci Jaket Kulit dengan Baik dan Benar

Bahan Fabric atau Kain

Untuk sofa berbahan fabric atau kain, bisa gunakan sikat dengan tingkat kekakuan medium. Gunakan vacum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran yang biasa tertinggal di sela antara bagian sandaran dengan dudukan sofa.

Biasa juga tertinggal noda ringan karena coretan tangan anak-anak, jangan kuatir dulu, cukup bersihkan dengan sikat gigi tak terpakai dengan dibahasi sedikit cuka, sikat perlahan hingga noda memudar.

Bahan Suede atau Beludru

Bila sofa berbahan beludru menjadikan sofa tampak mewah dan indah, tetapi disatu sisi berbanding lurus dengan sulitnya perawatan. Sofa semacam ini sangat rentan bila terkena cipratan noda tertentu seperti minyak atau makanan, oleh karenanya harus dijaga agar terhindar.

Namun bila sudah kadung terkena, tepung maizena yang dioles tipis pada bagian yang terkena noda jadi alternatif solusinya. Kemudian selanjutnya tinggal gosok perlahan dengan sikat gigi yang dibasahi dengan cuka, sama seperti bahan fabric atau kain.

Tingginya kesabaran adalah harga yang harus dirawat untuk sebuah perawatan. Bahkan untuk merawat perabotan rumah yang bernama sofa tetap diperlukan kesabaran tingkat tinggi serta kehati-hatian. Tetapi tentu sepadan dengan indahnya suasana di dalam rumah.

Nah itulah cara membersihkan sofa beserta berbagai bahan yang bisa kamu gunakan untuk melakukannya. Faktanya, ada banyak cara membersihkan sofa baik menggunakan bahan alami dan kimia.

Jika sofa terkena noda, sebaiknya bersihkan sebelum mengering. Bersihkan debu yang menempel pada sofa secara rutin. Sekian ulasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download