Pinhome

Uncategorized

Cara Membersihkan Sofa Berdasarkan Pelapisnya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Perabotan dalam rumah terdiri dari beraneka jenis benda. Mulai dari perangkat duduk seperti kursi, dengan pelengkapnya tentu meja aneka bentuk dan ukuran. Selain kursi, beberapa orang juga menyukai jenis perangkat duduk seperti sofa. Salah satu alasan utama tentu karena kenyamanan yang bisa didapatkan bila dipergunakan sebagai tempat duduk.

Tetapi, tahukah anda bahwa sofa berbeda dengan perabotan rumah yang terbuat dari bahan kayu dari segi cara merawat dan membersihkannya. Ini karena tipe bahan pelapis sofa terbuat dari beraneka material, bisa kulit, baik asli maupun sintetis, serta bahan lain seperti fabrique atu suede. Tiap-tiap jenis punya cara penanganan tersendiri yang tidak bisa disamakan satu sama lain. Sedang mencari cara merawat serta membersihkan sofa kesayangan dengan bahan tertentu. Simak artikel kali ini, karena mungkin didalamnya, ada cara yang pas untuk bersihkan sofa favorit di rumah.

Kenali Bahan, Temukan Peralatan Pembersih Yang Tepat, Hindari Rusak Agar Sofa Favorit Tetap Indah Dan Nyaman

Seperti dituangkan diawal, setiap bahan pelapis sofa punya cara membersihkan yang tak bisa disamakan satu dengan lainnya. Untuk jenis kulit saja, perlu dikenali apakah kulit asli ataukah sintetis, kemudian tentu saja peralatan dan produk pembersih yang pas. Berikut adalah detil ulasannya.

Tampak Seperti Kulit, Mungkin Kulit Asli, Mungkin Juga Sintetis

Belakangan memang sudah sangat jarang ditemukan sofa dengan pelapis berbahan dasar kulit. Kebanyakan adalah kulit sintetis atau yang biasa disebut dengan istilah oscar. Cara membersihakannya hampir sama, yang pasti hindari lap yang terlalu basah, peralatan pembersih kasar seperti sikat atau sebagainya, serta gunakan pelembab, bisa gunakan handbody atau vaseline. Meski nampak sama bahan kulit asli dan kulit sintetis bisa jadi sangat berbeda dari segi kenyamanan dan pastinya harga, apapun bahannya pastikan untuk tetap membersihkan dengan lap lembab seperti plast chamois (kanebo) bersih, baru kemudian lap kering, dan pergunakan pelembab atau moisturizer. Ini dimaksudkan agar tidak kering dan gampang retak di bagian permukaan.

Bahan Fabric atau Kain, Gunakan Sikat Halus, Vacum Cleaner Juga Baik Untuk Membersihkan Celah

Untuk sofa berbahan fabric atau kain, bisa gunakan sikat dengan tingkat kekakuan medium. Gunakan vacum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran yang biasa tertinggal di sela antara bagian sandaran dengan dudukan sofa. Biasa juga tertinggal noda ringan karena coretan tangan anak-anak, jangan kuatir dulu, cukup bersihkan dengan sikat gigi tak terpakai dengan dibahasi sedikit cuka, sikat perlahan hingga noda memudar.

Bahan Suede Atau Beludru, Kemewahan Yang Setara Dengan Rumitnya Perawatan

Bila sofa berbahan beludru menjadikan sofa tampak mewah dan indah, tetapi disatu sisi berbanding lurus dengan sulitnya perawatan. Sofa semacam ini sangat rentan bila terkena cipratan noda tertentu seperti minyak atau makanan, oleh karenanya harus dijaga agar terhindar. Namun bila sudah kadung terkena, tepung maizena yang dioles tipis pada bagian yang terkena noda jadi alternatif solusinya. Kemudian selanjutnya tinggal gosok perlahan dengan sikat gigi yang dibasahi dengan cuka, sama seperti bahan fabric atau kain.

Tingginya kesabaran adalah harga yang harus dirawat untuk sebuah perawatan. Bahkan untuk merawat perabotan rumah yang bernama sofa tetap diperlukan kesabaran tingkat tinggi serta kehati-hatian. Tetapi tentu sepadan dengan indahnya suasana di dalam rumah.

Tags :

Bagikan Artikel