Pinhome

3 Cara Mengusir Tokek di Rumah yang Ampuh dan Mudah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 13 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Kehadiran hewan tak diundang ke dalam rumah memang sangat merugikan. Beberapa hewan pun bahkan mampu merusak hunian dan membuat kerugian yang memakan biaya. Namun, ada pula hewan yang hanya mengganggu kenyamanan penghuni. Salah satunya adalah tokek. Walaupun hewan satu ini terbilang jarang berada di hunian perkotaan, tetapi ada baiknya Pins mengetahui cara mengusir tokek di rumah.

Pinhome – Beberapa tips cara mengusir tokek di rumah bisa membantu kamu mengatasi masalah hewan tersebut bila kedapatan berada dalam rumahmu. Hewan yang biasanya tinggal di atap rumah ini mengeluarkan bunyi yang cukup kencang dan pastinya mengganggu kenyaman penghuni. Nah, bila tokek sudah berada di rumahmu, apa yang kamu lakukan? Informasi mengenai cara mengusir tokek di rumah harus tetap kamu kuasai. Bila sewaktu-waktu tokek ada di atap rumah, kamu sudah mengetahui cara mudah menghilangkannya.

Baca Juga: Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Dengan Serai

Mengenal Hewan Bernama Tokek dan Cara Membasmi

Tokek merupakan hewan dari genus gecko. Hewan satu ini sejenis kadal dengan ukuran yang lebih besar daripada cicak. Tokek juga sering disebut tokek rumah karena kehadirannya yang dekat dengan kehidupan manusia. Ciri khas tokek adalah panjangnya yang bisa mencapai 30 cm dengan mayoritas adalah bagian ekornya. Ekor hewan satu ini cukup panjang dan kamu bisa mengenalinya dari suara yang iya keluarkan menyerupai pelafalan ‘tokek’.

Suara hewan satu ini cukup kencang, inilah mengapa keberadaannya sangat merugikan penghuni rumah. Untuk warna dari tokek cukup bervariasi, mulai dari coklat bintik, hijau muda ke hijau tua hingga belang-belang menyerupai leopard untuk jenis yang langka. Dikarenakan hewan ini cukup langka, tidak sedikit yang menjualnya dengan harga fantastis. Bila hewan satu ini sudah berada di dalam hunian, Pins bisa mengikuti cara mengusir tokek di atap rumah di bawah ini untuk pencegahan.

Cara Mengusir Tokek di Rumah Menggunakan Kopi

coffee beans, cup, coffee cup
(pixabay)

Hewan satu ini cukup pintar dalam bersembunyi. Biasa berada di atap rumah, tokek pun bisa menyelinap masuk ke dalam hunian. Tokek dapat bertahan lama pada satu tempat seperti di balik pajangan, lemari, gudang dan tempat-tempat lainnya yang dianggap mudah dalam mencari makanan. Tokek sendiri aktif di malam hari, maka dari itu Pins bisa menyiapkan ampas kopi di siang hari dan taruh di tempat yang kiranya dekat dengan tokek. 

Cara mengusir tokek di atap rumah, bisa menggunakan ampas kopi dengan campuran tembakau. Aroma nikmat yang dikeluarkan kopi justru tidak disukai oleh tokek. Bila Pins masih kurang yakin keberadaannya, kamu bisa membuat adonan kecil dari ampas kopi sebanyak mungkin. Buatlah berbentuk bulat, dan sebarkan di tempat-tempat yang sering dilalui hewan tersebut. 

Bawang Merah Dengan Aroma yang Cukup Menyengat

onion, slices, red, cara mengusir tokek di rumah
(pixabay)

Selain aroma menyengat dari kopi, ternyata hewan dengan kulit punggung kasar ini juga tidak menyukai aroma dari bawang merah. Aroma bawang merah yang cukup menyengat membuat tokek pergi dan tak kembali. Pins bisa melakukan dua cara untuk membuat tokek pergi. Pertama dengan irisan bawang merah. Cara mengusir tokek di atap rumah menggunakan irisan bawang bisa kamu lakukan setiap hari dengan menganti bawang merah agar tetap segar. Semakin segar bawang merah, aroma yang dikeluarkan pun akan semakin menyengat.

Kedua dengan mencampur bawang merah dengan air untuk dilarutkan. Cara satu ini ampuh apalagi bila Pins sering melihat wujud dari tokek. Caranya iris bawang merah dan haluskan. Campur dengan air dan masukan dalam botol semprot. Kamu bisa menyemprotkan ke sudut-sudut ruang maupun secara langsung ke tubuh tokek. Tubuh hewan satu ini akan terasa panas dan pastinya akan meninggalkan rumah kamu dengan cepat.

Baca Juga: Tips dan Cara Menanam Bawang Merah di Pot Rumah

Cara Mengusir Tokek di Rumah dengan Kapur Barus

cara mengusir tokek di rumah
(parenting.firstcry)

Seperti yang Pins ketahui, suara berisik yang dikeluarkan tokek memang sangat mengganggu. Ini merupakan cara mereka memberitahukan kawanannya bahwa itu adalah wilayah yang dikuasai. Untuk membuat tidur malam Pins nyenyak, ada baiknya Pins menyiapkan kapur barus sebagai alternatif lainnya. Cara mengusir tokek di atap rumah menggunakan kapur barus cukup terbukti ampuh.

Bila Pins mengetahui fungsi kapur barus adalah menjauhkan dari berbagai hewan berjenis serangga, tokek pun ternyata tidak menyukainya. Caranya cukup mudah, hancurkan kapur barus hingga menjadi bubuk. Taburkan pada area yang sering dilalui tokek, maupun sarang atau tempat tokek tinggal. Aroma dari kapur barus membuat tokek jauh dari hunian. Kamu pun bisa menaruh kapur barus utuh pada sudut-sudut ruang untuk menghindari tokek bersembunyi di tempat lain.

Intinya adalah hewan tokek tidak menyukai aroma menyengat. Maka dari itu, usahakan untuk mencari bahan-bahan yang mengeluarkan aroma menyengat seperti ketiga bahan di atas. Bila sudah ada tanda-tanda kehadiran hewan satu ini, usahakan untuk cepat mengambil tindakan untuk mengusirnya sebelum bertelur.

Bagaimana, cukup mudah bukan menemukan bahan-bahan cara mengusir tokek di atap rumah? Beberapa bahan di atas cukup terjangkau dan pastinya mudah untuk dicari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjauhkan tokek yang ada di rumah.

Baca Juga: Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Tuntas


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia