17 Cara Mengusir Lalat dengan Ampuh

Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • 17 Cara Ampuh Mengusir Lalat dengan Metode yang Mudah

17 Cara Ampuh Mengusir Lalat dengan Metode yang Mudah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 7 menit membaca

Lalat kerap kali menjadi serangga yang mengganggu karena sering hinggap di makanan. Selain hinggap di makanan, lalat sering sekali hinggap di kotoran, sampah dan sisa makanan yang membusuk. Hal yang menjadi permasalahan adalah, lalat dapat membawa berbagai macam penyakit, Pins. Oleh karena itu penting sekali untuk mempelajari cara mengusir lalat dengan ampuh supaya kita dan keluarga terhindar dari penyakit.

Pinhome – Pins pernahkah kamu merasa sakit perut setelah membeli makanan di pinggir jalan yang terbuka dan terpapar polusi serta dihinggapi lalat? Mungkin kita tidak sadar ya Pins, tapi membeli gorengan atau cilok di lokasi yang terpapar jalan dan di area pasar bisa sangat berbahaya. Hal ini karena lalat yang menghinggapi banyak area akan dengan mudah menempelkan bibit penyakit, bahkan di makanan sekali pun.

Baca Juga: 9 Ciri Rumah Bersih Untuk Hunian Yang Sehat

Apakah Lalat Berbahaya?

Yes, berbahaya. Karena begitu lalat hinggap ke makanan, momen ini akan menjadi dimulainya hal yang membahayakan kesehatan kita dan keluarga, Pins. Lalat dapat membawa virus dan bakteri yang menyebabkan berbagai macam penyakit seperti keracunan makanan, kolera, E.coli, tipus, disentri hingga TBC.

Cara Mengusir Lalat dengan Ampuh

Terkadang, mengusir lalat dengan tangan kosong tidaklah cukup. Karena lalat hanya akan pergi sebentar namun akan hinggap lagi. Untuk menyelesaikan masalah lalat di rumah, kamu harus mengurus sampai ke akar permasalahan, Pins. Inilah beberapa tips spesial untuk mengusir lalat dengan ampuh supaya lalat tidak masuk lagi ke rumah.

Baca juga: Kesalahan Saat Membersihkan Rumah Yang Sering Dilakukan

Temukan Jalan Masuk Lalat

(Tokopedia)

Biasanya lalat masuk ke rumah jika ada jendela atau pintu yang terbuka. Namun, jika jumlahnya banyak, maka kamu harus mencari tahu lewat mana mereka masuk, Pins. Mungkin jendela anti serangganya berlubang. Jika ya, kita harus segera memperbaikinya supaya lalat tidak masuk lewat sana.

Menggunakan Spray Anti Serangga

(ShutterStock)

Jika kamu tidak suka menggunakan spray anti serangga yang terbuat dari bahan kimia, kamu bisa membuatnya dengan bahan yang lebih natural loh, Pins. Gunakan essential oil yang aromanya tidak disukai lalat seperti lavender, mint, lemongrass dan basil. Campurkan beberapa tetes minyak ke dalam botol spray berisi air. Dan semprotkan ke area dapur, meja makan dan pintu serta jendela. Lakukan ini secara rutin untuk mengusir lalat.

Membersihkan Sisa Makanan

(LilaNathania)

Sisa makanan yang menumpuk di piring kotor, atau tempat sampah dapat mengundang lalat. Biasakan membersihkan sisa makanan di meja, di tempat cuci piring dan di tempat sampah secara rutin setiap hari, Pins. Hal ini dapat menghindari lalat bertamu ke rumah kita.

Baca Juga: Cara Alami Mengusir Nyamuk di Rumah dengan Serai

Membuat Jebakan Bagi Lalat

(Google)

Terdapat beberapa cara untuk membuat jebakan lalat, mulai dari menggunakan cuka dan sabun cuci piring hingga lada dan air. Untuk cuka dan sabun cuci piring, kita bisa mencampurkan cuka apel dan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam gelas besar.

Lalu tutup gelas itu dengan plastik bening, dan karetkan plastik di atas mulut gelas. Setelah itu buat bolong kecil-kecil di plastik tersebut. Lalat akan datang karena mereka tertarik pada cuka. Namun, sabun cuci piring akan menyebabkan lalat untuk tenggelam.

Menanam Tanaman Anti Lalat

(chilternseeds)

Nah buat kita-kita yang mau mencoba cara yang lebih natural, tanam aja tanaman yang dapat mengusir lalat loh, Pins. Contohnya, lavender, mint, lemongrass dan basil tidak disukai oleh serangga seperti lalat. Biarkan tanaman-tanaman tadi tumbuh di sekitar rumah, atau memasang pot berisi tanaman tsb di dekat jendela dan sudut rumah.

Membersihkan Sampah

(winnetnews)

Usahakan membersihkan tempat sampah setiap hari supaya tidak menjadi tempat bersarang lalat, Pins. Apalagi jika kita mempunyai hewan peliharaan. Kotoran hewan peliharaan dapat menjadi tempat lalat berkembang biak.

Menggunakan Lampu Anti Serangga

(upa rupa)

Cara terakhir mengusir lalat adalah dengan menggunakan lampu anti serangga. Lampu dengan sinar biru ini akan mengundang lalat, dan ketika lalat mencoba masuk, mereka akan tersetrum dengan listrik dan terperangkap.

Baca juga: Simak Tips Mengusir Lalat dengan Ampuh!

Menggunakan Kemangi

(Liputan6)

Tanaman yang mengeluarkan bau yang menyengat dapat dijadikan sebagai pengusir lalat yang ampuh. Kebetulan, salah satu tanaman yang paling sering digunakan adalah kemangi. Mudah didapatkan, harganya pun murah. Tanaman kemangi mengandung bahan anti bakteri yang bisa menciptakan lingkungan yang bersih di rumah kita. Cara menghilangkan lalat dengan memakai kemangi cukup mudah, hanya perlu meletakkan kemangi di berbagai sudut rumah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa meletakkannya di dekat jendela. Selain kemangi, kamu juga bisa memakai bunga lavender atau daun mint.

Menggunakan Essential Oil

(Lemonilo)

Lalat sangat membenci bau essential oil, Pins. Apalagi bau lavender ataupun kayu putih. Ekstrak lavender sendiri sudah digunakan untuk mengusir serangga dan melindungi pakaian dari rayap selama berabad-abad. Kamu bisa meletakkan essential oil di berbagai penjuru rumah, ataupun kamu juga bisa menyemprotkannya di beberapa sudut untuk menyebarkan wanginya ke seluruh rumah.

Memasang Plastik bening yang diisi air

(Boombastis)

Nah, ini dia cara cerdik mengusir lalat yang paling sering kita temui sehari-hari. Menggantung plastik bening berisi air di depan jendela atau pintu terbukti ampuh mengusir lalat. Hal ini bisa terjadi karena mata lalat sangat sensitif akan pola dan pergerakan, sekecil apa pun itu. Sekantung air ini memantulkan cahaya ke sekelilingnya dan membuat lalat bingung sehingga ia terbang menjauh. Ya, meskipun memang sangat mudah dibuat, kadang cara ini tidak indah dipandang mata. Dan lagi, kita harus benar-benar memastikan ikatan kantung plastik ini kencang agar airnya tidak jatuh atau pun bocor.

Kapur barus

(Kompas)

Kapur barus memiliki bau sangat kuat yang begitu dibenci oleh lalat. Seperti kemangi, kapur barus juga mengandung bahan anti bakteri dan anti virus yang mampu mengusir berbagai jenis serangga. Sebenarnya, kapur barus yang dijual luas sudah ampuh untuk mengusir lalat, tapi untuk meningkatkan kekuatannya, kamu bisa meletakkannya di tempat yang suhunya lebih tinggi seperti di bawah jendela agar aromanya lebih kuat tercium dan mengusir pergi para lalat.

Campuran cengkeh dan jeruk

(Erabaru)

Efek dari jeruk bisa semakin kuat jika kita mencampurkannya dengan cengkeh. Kamu bisa mencampurkan 10 hingga 15 buah cengkeh dengan buah lemon atau limau yang sudah dipotong-potong. Bungkus dengan cantik, lalu letakkan di dekat jendela atau pintu.

Kulit jeruk

(SindoNews Makassar)

Kamu baru saja ngemil buah jeruk? Eits, jangan dibuang dulu kulitnya. Kulit jeruk yang masih fresh mampu mengusir lalat, lho! Ekstrak jeruk sendiri dipakai luas secara komersil sebagai bahan pengusir lalat yang ampuh. Jangan lupa untuk memastikan kulit jeruk selalu masih dalam keadaan segar, ya! Segera ganti jika ia sudah mengering. Kamu juga bisa menggosok kulit jeruknya agar wanginya kembali kuat. Letakkan kulit jeruk di bawah jendela atau di dekat pintu agar lalat tidak bisa masuk.

Perangkap sabun cuci piring

(Kompas)

Berbeda dengan penyemprot serangga yang dijual komersil, sabun cuci piring bebas zat beracun yang berakibat fatal kepada kita. Seperti yang kita tahu, saat terbaik untuk menggunakan semprotan anti serangga adalah di ruangan yang ventilasinya bagus. Nah, cara semprotan sabun cuci piring ini dinilai mampu mengusir lalat dengan tingkat bahaya yang lebih rendah.
Cara membuatnya pun sangat mudah, Pins hanya perlu menuangkan 10 tetes sabun cuci piring ke dalam botol semprot, tambahkan dua gelas air hangat, kemudian kocok perlahan. Kemudian Pins bisa menyemprotkannya langsung ke lalat yang mengganggu!

Pakai Lilin Citronella dan Kamper

(Alibaba)

Lalat gak suka bau citronella, kamper, dan asap. Kamu bisa pasang lilin citronella atau kamper di daerah rumahmu. Untuk lilin, kamu bisa pasang di meja makan atau ruang tidur, Pins. Sementara kamper bisa kamu sebarkan di bagian sudut-sudut rumah, terutama yang dekat dengan tempat sampah agar tidak dihinggapi lalat.

Bersihkan Tempat Sampahmu Dengan Rajin dan Seksama

waste separation, garbage cans, recycling
(Pixabay)

Dimana ada setumpuk sampah, pasti disana ada lalat. Lalat bisa bertelur di atas sampah, jadi kamu harus rajin membersihkan tempat sampahmu ya, Pins. Keranjang sampah dengan kotoran-kotoran yang menempel di pinggirannya saja sudah cukup untuk memanggil lalat datang. Bersihkan tempat sampahmu dengan rutin dan sering.

Jaga Kebunmu Tetap Bersih

(Correcto id)

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, pastikan tidak ada kotoran mereka di kebunmu untuk mencegah lalat datang. Selain itu, selalu bersihkan kebun atau taman yang kamu miliki secara rutin supaya terhindar dari serangga lainnya.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel