Pinhome

Kesehatan

7 Cara Mengusir Lalat dengan Ampuh

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Lalat kerap kali menjadi serangga yang mengganggu karena sering hinggap di makanan. Selain hinggap di makanan, lalat sering sekali hinggap di kotoran, sampah dan sisa makanan yang membusuk. Yang menjadi permasalahan adalah, lalat dapat membawa berbagai macam penyakit, Pins. Oleh karena itu penting sekali untuk mempelajari cara mengusir lalat dengan ampuh supaya kita dan keluarga terhindar dari penyakit.

Apakah Lalat Berbahaya?

Yes, berbahaya. Karena begitu lalat hinggap ke makanan, momen ini akan menjadi dimulainya hal yang membahayakan kesehatan kita dan keluarga, Pins. Lalat dapat membawa virus dan bakteri yang menyebabkan berbagai macam penyakit seperti keracunan makanan, kolera, E.coli, tipus, disentri hingga TBC.

Cara Mengusir Lalat dengan Ampuh

Terkadang, mengusir lalat dengan tangan kosong tidaklah cukup. Karena lalat hanya akan pergi sebentar namun akan hinggap lagi. Untuk menyelesaikan masalah lalat di rumah, kamu harus mengurus sampai ke akar permasalahan, Pins. Inilah beberapa tips spesial untuk mengusir lalat dengan ampuh supaya lalat tidak masuk lagi ke rumah.

#1 Temukan Jalan Masuk Lalat

sumber: Tokopedia

Biasanya lalat masuk ke rumah jika ada jendela atau pintu yang terbuka. Namun, jika jumlahnya banyak, maka kamu harus mencari tahu lewat mana mereka masuk, Pins. Mungkin jendela anti serangganya berlubang. Jika ya, kita harus segera memperbaikinya supaya lalat tidak masuk lewat sana.

#2 Menggunakan Spray Anti Serangga

sumber: ShutterStock

Jika kamu tidak suka menggunakan spray anti serangga yang terbuat dari bahan kimia, kamu bisa membuatnya dengan bahan yang lebih natural loh, Pins. Gunakan essential oil yang aromanya tidak disukai lalat seperti lavender, mint, lemongrass dan basil. Campurkan beberapa tetes minyak ke dalam botol spray berisi air. Dan semprotkan ke area dapur, meja makan dan pintu serta jendela. Lakukan ini secara rutin untuk mengusir lalat.

#3 Membersihkan Sisa Makanan

sumber: LilaNathania

Sisa makanan yang menumpuk di piring kotor, atau tempat sampah dapat mengundang lalat. Biasakan membersihkan sisa makanan di meja, di tempat cuci piring dan di tempat sampah secara rutin setiap hari, Pins. Hal ini dapat menghindari lalat bertamu ke rumah kita.

Baca Juga: Cara Alami Mengusir Nyamuk di Rumah dengan Serai

#4 Membuat Jebakan Bagi Lalat

sumber: KliknClean

Terdapat beberapa cara untuk membuat jebakan lalat, mulai dari menggunakan cuka dan sabun cuci piring hingga lada dan air. Untuk cuka dan sabun cuci piring, kita bisa mencampurkan cuka apel dan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam gelas besar.

Lalu tutup gelas itu dengan plastik bening, dan karetkan plastik di atas mulut gelas. Setelah itu buat bolong kecil-kecil di plastik tersebut. Lalat akan datang karena mereka tertarik pada cuka. Namun, sabun cuci piring akan menyebabkan lalat untuk tenggelam.

#5 Menanam Tanaman Anti Lalat

sumber: chilternseeds

Nah buat kita-kita yang mau mencoba cara yang lebih natural, tanam aja tanaman yang dapat mengusir lalat loh, Pins. Contohnya, lavender, mint, lemongrass dan basil tidak disukai oleh serangga seperti lalat. Biarkan tanaman-tanaman tadi tumbuh di sekitar rumah, atau memasang pot berisi tanaman tsb di dekat jendela dan sudut rumah.

#6 Membersihkan Sampah

sumber: winnetnews

Usahakan membersihkan tempat sampah setiap hari supaya tidak menjadi tempat bersarang lalat, Pins. Apalagi jika kita mempunyai hewan peliharaan. Kotoran hewan peliharaan dapat menjadi tempat lalat berkembang biak.

#7 Menggunakan Lampu Anti Serangga

sumber: rupa rupa

Cara terakhir mengusir lalat adalah dengan menggunakan lampu anti serangga. Lampu dengan sinar biru ini akan mengundang lalat, dan ketika lalat mencoba masuk, mereka akan tersetrum dengan listrik dan terperangkap.

Baca juga: Simak Tips Mengusir Lalat dengan Ampuh!


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel