Pinhome

Tips Properti

4 Hewan Pengganggu di Rumah dan Cara Mengusirnya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Munculnya hewan-hewan penganggu di rumah sering menjadi satu hal yang menganggu kenyamanan seisi rumah. Tak hanya menyebarkan kotoran di bagian-bagian rumah, hewan penganggu kerap dianggap sebagai ancaman karena bisa membawa penyakit.

Mengatasi hewan penganggu yang masuk ke rumah sebenarnya ada banyak jalan, ini bergantung dari jenis dan jumlah hewan penganggu yang ada. Beberapa jenis bisa ditangani dengan jalan non pestisida sementara ada jenis hewan penganggu yang harus dihalau dengan cara kimiawi atau menggunakan pestisida seperti misalnya rayap.

Rayap perlu bisa dihalau dengan menggunakan bahan bakar solar yang dioleskan pada bagian-bagian rumah yang terbuat dari kayu. Cara ini efektif untuk menghalau rayap, sehingga menjadikan bagian rumah yang terbuat dari kayu seperti misalnya, kuda-kuda atap dan kusen jendela atau pintu awet selama masa tertentu.

Berikut ada daftar hewan penganggu yang bisa saja hadir di rumah Anda sekaligus dengan cara menghalaunya.

Hewan Pengerat Hingga Semut, Laba-Laba Dan Kalajengking Bisa Berbahaya

Beragam jenis hewan bisa saja keberadaannya menganggu bila masuk ke dalam rumah, berikut adalah jenis hewan dan cara menanganinya.

Dekat Rawa, Ular Bisa Saja Masuk Ke Rumah

Tak jarang karena satu dan lain hal kita harus memilih tempat tinggal di kawasan yang baru saja dikembangkan, seperti misalnya rawa-rawa atau lingkungan bekas kebun yang dijadikan tanah kapling bisa mengandung kerawanan dengan masuknya reptil seperti misal ular atau biawak ke dalam rumah. Cara terbaik untuk pencegahan adalah dengan menutup lubang yang mungkin berhubungan dengan luar rumah, seperti misalnya saluran air. Tutup yang digunakan adalah anyaman ijuk yang dibentuk tertentu sehingga bisa menutup lubang tanpa menganggu aliran air.

Bintaro Bisa Usir Tikus

Jika Anda pernah mendengar nama buah bintaro, ini adalah buah yang bermanfaat untuk usir tikus. Namanya mungkin asing, tetapi sebenarnya saat ini pohon bintaro banyak digunakan sebagai bagian dari tata kota untuk pohon peneduh. Cukup ambil dan taruh di bagian rumah yang sering ditengarai dihampiri tikus. Racun pada buah ini niscaya ampuh menakuti tikus.

Si Kecil, Semut, Si Bau, Kecoa

Kehadiran semut bisa jadi sangat menganggu terutama bila semut menghampiri makanan atau minuman manis yang sedianya masih akan dikonsumsi. Untuk menghalaunya, kapur semut yang disebarkan disekitar tempat yang sering dikerubuti semut, meja makan misalnya, bisa jadi cara efektif. Tak hanya kapur semut, biang karbol juga bisa digunakan untuk mengusir semut.

Baik kapur semut maupun biang karbol tadi tak hanya efektif untuk semut, kecoa pun bisa dihalau dengan menggunakan kedua bahan tadi.

Meski Tak Beracun, Kelabang Jelas Menganggu

Hewan berkaki seribu atau yang biasa disebut dengan kelabang bisa jadi adalah salah satu hewan yang menganggu. Kelembaban adalah habitat yang disukai kelabang, jadi usahakan agar rumah tetap kering meski musim hujan tiba. Garam dan bubuk cabai yang disebar di sudut-sudut ruangan juga dinilai efektif menganggu hewan berkaki banyak ini.

Tags :

Bagikan Artikel