BlogPemilik PropertiDesain Hunian4 Hewan Pengganggu di Rumah dan Cara Mengusirnya
0
0

4 Hewan Pengganggu di Rumah dan Cara Mengusirnya

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
hewan pengganggu di rumahtop-right-banner

Munculnya hewan penganggu di rumah sering menjadi satu hal yang menganggu kenyamanan seisi rumah. Tak hanya menyebarkan kotoran di bagian-bagian rumah, hewan penganggu kerap dianggap sebagai ancaman karena bisa membawa penyakit.

Faktanya, ada banyak cara mengatasi hewan penganggu yang masuk ke rumah, ini bergantung dari jenis dan jumlah hewan penganggu yang ada.

Beberapa jenis bisa ditangani dengan jalan non pestisida, dan ada juga yang harus dihalau dengan cara kimiawi atau menggunakan pestisida, salah satunya adalah rayap. 

Rayap bisa dihalau dengan menggunakan bahan bakar solar yang dioleskan pada bagian-bagian rumah yang terbuat dari kayu. Cara ini efektif untuk menghalau rayap, sehingga menjadikan bagian rumah yang terbuat dari kayu bisa lebih awet selama masa tertentu.

Berikut adalah daftar hewan penganggu di rumah sekaligus cara mengatasinya.

Baca juga: Persiapan Penting Sebelum Memelihara Hewan di Rumah

Hewan Pengganggu di Rumah

hewan pengganggu di rumah

Beragam jenis hewan bisa saja keberadaannya menganggu bila masuk ke dalam rumah, berikut adalah jenis hewan dan cara menanganinya.

Ular

Tak jarang karena satu dan lain hal kita harus memilih tempat tinggal di kawasan yang baru saja dikembangkan, seperti misalnya rawa-rawa atau lingkungan bekas kebun yang dijadikan tanah kapling bisa mengandung kerawanan dengan masuknya reptil seperti misal ular atau biawak ke dalam rumah.

Cara terbaik untuk pencegahan adalah dengan menutup lubang yang mungkin berhubungan dengan luar rumah, seperti misalnya saluran air. Tutup yang digunakan adalah anyaman ijuk yang dibentuk tertentu sehingga bisa menutup lubang tanpa menganggu aliran air.

Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Ular Masuk Ke Rumah

Tikus

Jika kamu pernah mendengar nama buah bintaro, ini adalah buah yang bermanfaat untuk usir tikus. Namanya mungkin asing, tetapi sebenarnya saat ini pohon bintaro banyak digunakan sebagai bagian dari tata kota untuk pohon peneduh.

Cukup ambil dan taruh di bagian rumah yang sering ditengarai dihampiri tikus. Racun pada buah ini niscaya ampuh menakuti tikus.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Tuntas

Semut

Kehadiran semut bisa jadi sangat menganggu terutama bila semut menghampiri makanan atau minuman manis yang sedianya masih akan dikonsumsi.

Untuk menghalaunya, kapur semut yang disebarkan disekitar tempat yang sering dikerubuti semut, meja makan misalnya, bisa jadi cara efektif. Tak hanya kapur semut, biang karbol juga bisa digunakan untuk mengusir semut.

Baik kapur semut maupun biang karbol tadi tak hanya efektif untuk semut, kecoa pun bisa dihalau dengan menggunakan kedua bahan tadi.

Baca juga: Banyak Semut di Rumah? Ini Cara Mengatasinya!

Kelabang

Hewan berkaki seribu atau yang biasa disebut dengan kelabang bisa jadi adalah salah satu hewan yang menganggu. Kelembaban adalah habitat yang disukai kelabang, jadi usahakan agar rumah tetap kering meski musim hujan tiba.

Garam dan bubuk cabai yang disebar di sudut-sudut ruangan juga dinilai efektif menganggu hewan berkaki banyak ini.

Sekiranya, itulah beberapa jenis hewan pengganggu di rumah beserta cara mengusirnya. Jasi, Pins tak perlu takut lagi ya, jika sewaktu-waktu menemukan salah satu hewan pengganggu tersebut di rumah.

Cukup lakukan cara mengusir hewan pengganggu, seperti yang telah dijelaskan di atas. Sekian uraian dari Pinhome kali ini, semoga bermanfaat dan membantu ya, Pins!

Baca juga: 

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download