Pinhome

Cara Mengusir Kecoa dengan Mudah dan Higienis

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 3 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Apakah Pins pernah menemukan kecoa di rumah? Binatang kecil ini sering ditakuti dan membuat jijik banyak orang karena kemampuan terbangnya. Kecoa merupakan hewan yang hidup di lingkungan kotor dan mencari makanan dari berbagai tempat, terkadang mereka tinggal di pembuangan sampah. Oleh karena itu, kecoa dapat membawa kuman penyebab penyakit dan menyebarkannya. Makanya, Pins perlu tahu cara mengusir kecoa, ya!

Pinhome – Kecoa dapat membawa mikroba dan bakteri di permukaan tubuhnya, misalnya bakteri Salmonella. Sehingga, kecoa dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa Pins harus membasmi kecoa yang ada di rumah. 

Pins ingin mengusir kecoa tapi masih bingung bagaimana caranya yang mudah dan higienis?  Tidak perlu khawatir, yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui cara mengatasi kecoa. 

Baca Juga: Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Dengan Serai

Membersihkan dan menjaga sisa makanan 

(Kompasiana)

Cara mengusir kecoa yang pertama adalah dengan menjaga makanan dan sisa makanan di rumah Pins. Aroma yang muncul dari makanan atau sisa makanan dapat menarik perhatian kecoa sehingga kecoa tertarik untuk datang. Oleh karena itu, usahakan untuk menutup makanan dengan aman. Jika mau, Pins juga dapat menyimpan makanan di dalam kulkas.

Jika Pins memiliki sisa makanan, segera buang ke dalam kantong plastik atau tempat sampah, kemudian tutup pembuangan dengan rapat. Harapannya, kecoa tidak tertarik untuk masuk ke dalam rumah Pins.  

Baca juga: Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Tuntas

Membersihkan rumah dari tumpukan barang yang sudah tidak terpakai  

(Pinterest)

Kecoa merupakan salah satu binatang yang pandai bertahan hidup. Tanpa makanan, kecoa bisa saja memakan tanaman mati, kertas, lem, serpihan kayu, atau bahkan helaian rambut yang berserakan. Sehingga, kecoa mudah hidup dimana saja terutama lingkungan yang kotor. 

Oleh karena itu, Pins sebaiknya membersihkan tumpukan barang bekas atau barang-barang yang sudah tidak terpakai agar kecoa tidak membuat sarang di tumpukan tersebut. Dengan menjaga kebersihan rumah, kecoa menjadi tidak betah untuk tinggal di rumah Pins. 

Cara mengusir kecoa menggunakan potongan mentimun

(Line Today)

Jika cara diatas sudah Pins lakukan namun kecoa tetap datang, Pins dapat coba untuk mengusirnya menggunakan potongan mentimun. Mentimun mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh kecoa. 

Pins dapat mengiris timun dan meletakkan potongannya di dalam wadah terbuka misalnya mangkuk. Kemudian, letakkan wadah tersebut di lokasi tempat Pins sering melihat kecoa berkeliaran. Pins juga dapat meletakkan wadah berisi mentimun ini di jalur masuk kecoa ke dalam rumah. 

Mengusir kecoa menggunakan lemon 

Buah lemon terkenal memiliki kemampuan antiseptik atau antipathogenic yang dapat mencegah pertumbuhan kuman. Ternyata selain itu, buah lemon juga dapat digunakan untuk mengusir kecoa lho Pins. 

Cara mengusir kecoa dengan lemon sangat mudah. Siapkan buah lemon, kemudian peras dan ambil air lemonnya. Setelah itu, Pins dapat memasukan air lemon tersebut ke dalam sprayer dan menyemprotkannya ke bagian-bagian rumah yang sering didatangi oleh kecoa. 

Selain disemprotkan, Pins juga dapat memanfaatkan perasan jeruk lemon ini untuk dicampur dengan air yang akan digunakan untuk mengepel lantai rumah. Hal ini juga dapat membantu mencegah kecoa masuk ke dalam rumah. 

Mengusir kecoa menggunakan biji atau bubuk kopi  

(Gaya Tempo)

Kecoa tidak menyukai aroma-aroma tertentu. Salah satunya adalah aroma kopi. Untuk mengusir mereka, Pins dapat mencoba memanfaatkan biji kopi atau bubuk kopi yang dimiliki. Taburkan atau letakkan biji kopi atau bubuk kopi pada tempat-tempat dimana Pins sering menemukan kecoa. Selain bertujuan untuk mengusir kecoa, aroma kopi juga dapat membantu menghilangkan atau menetralisir aroma tidak sedap yang ditinggalkan oleh kecoa. 

Mengusir kecoa menggunakan kapur barus 

(Pinterest)

Apakah Pins pernah menggunakan kapur barus? Kapur barus atau kamper merupakan zat yang memiliki aroma khusus. Kapur barus sudah sering digunakan untuk membasmi berbagai macam serangga, seperti semut, kutu, hingga kecoa. 

Pins tinggal meletakkan kapur barus pada lokasi-lokasi yang digemari oleh kecoa. Kapur barus juga cukup banyak dijual dipasaran sehingga tidak sulit untuk menemukannya. 

Mengusir kecoa menggunakan daun salam

(Suara)

Pins memiliki banyak bumbu dapur di rumah? Jika Pins memiliki daun salam, Pins bisa menggunakannya sebagai alat untuk mengusir kecoa. Ketika ingin digunakan untuk mengusir kecoa, sobek-sobek beberapa lembar daun salam dan letakan pada lokasi yang sering dilalui kecoa. Daun salam memiliki aroma yang tidak disukai oleh kecoa.

Membuat perangkap kecoa menggunakan petroleum jelly 

(KlikDokter)

Petroleum jelly merupakan produk yang cukup dikenal dalam dunia kosmetik. Produk ini memiliki fungsi untuk melembabkan kulit atau bibir yang kering. Namun, tahukah Pins jika ternyata produk ini dapat digunakan untuk membuat perangkap kecoa? 

Cara membuat perangkap kecoa adalah dengan mencampur gula dengan petroleum jelly. Kemudian, letakkan campuran ini di atas selembar kertas atau kardus. Letakkan perangkap yang telah dibuat ini di lokasi yang sering didatangi kecoa. Kecoa akan tertarik dengan gula yang ada. Namun, dia akan terjebak pada petroleum jelly yang lengket. 

Mengusir kecoa terkadang merupakan suatu tantangan tersendiri bagi banyak orang. Namun, setelah membaca ulasan di atas, ternyata cara mengusir kecoa cukup mudah bukan? Pins dapat mencoba cara-cara diatas untuk membasmi kecoa yang sering masuk ke dalam rumah. Selamat mencoba Pins! 

Baca Juga: 7 Cara Mengusir Lalat dengan Ampuh


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia