Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Tips Jitu Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Rumah Dengan Mudah

Lifestyle

Tips Jitu Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Rumah Dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 April 2021 ∙ 6 menit membaca

Rumahku istanaku, ini menjadi salah satu kiasan menarik mewakilkan arti rumah untuk tempat tinggal. Selain sebagai tempat berteduh, rumah pun menjadi satu-satunya tujuan setelah lelah bekerja. Untuk mendukung suasana rumah menjadi lebih nyaman, anda harus memperhatikan kebersihan rumah itu sendiri. Kuman yang muncul akibat tidak benar membersihkan rumah akan berakibat pada kesehatan penghuninya lho Pins! Bagaimana cara menjaga kebersihan rumah yang baik dan benar terangkum di bawah ini!

Pinhome – Mainan berserakan di lantai, belum lagi dapur yang berantakan karena piring belum dicuci dan dibersihkan. Tentu Pins sering menjumpai keadaan ini di rumah bukan? Segala hal yang dilakukan di rumah memang erat kaitannya dengan perabot dan barang yang mengisi rumah tersebut. Setiap hari penghuni bergerak, mencari makan, mandi, tidur dan mencari hiburan tidak lepas dari masalah kebersihan rumah. Tapi Pins tidak perlu khawatir, bila anda mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan rumah yang baik dan benar, pasti masalah bersih-bersih rumah menjadi hal sepele yang tidak perlu dipusingkan.

Untuk itu dalam artikel kali ini, Pinhome akan mengajak anda untuk mempelajari tips jitu bagaimana cara menjaga kebersihan rumah dengan benar agar membuat hunian yang anda tempati menjadi lebih nyaman dan segar.

Mengenal Ruang di Dalam Rumah

Bagaimana cara menjaga kebersihan rumah adalah dengan mempelajari terlebih dahulu ruang demi ruang yang ada di dalam rumah. Hal tersebut dikarenakan, setiap ruang di dalam rumah memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mana yang dapat anda prioritaskan untuk melakukan pembersihan dan mana yang dapat menunggu. Semua dapat Pins bicarakan dengan baik antar anggota keluarga. Dengan pembagian tanggung jawab kebersihan yang baik, maka anda tidak perlu khawatir akan keadaan rumah kotor maupun berantakan.

Mari kita prioritaskan ruang demi ruang di dalam rumah yang dapat dibersihkan paling awal dan penting, dan mana ruangan yang dapat dibersihkan secara berkala. Pastikan untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan rumah pada setiap ruangan yang dimaksud.

Cara Membersihkan Dapur

(freepik.com)

Menempati urutan pertama, dapur menjadi salah satu ruangan penting di dalam rumah yang intensitas kebersihannya harus selalu dijaga. Bagaimana tidak, dapur menjadi ruangan yang sering digunakan untuk aktivitas makan dengan tingkat penyebaran kuman terbesar. Bila tidak dibersihkan dengan cepat, kuman akan menempel di dapur dan menyebabkan penyakit.

Cara menjaga kebersihan rumah adalah dengan membersihkan secara berkala. Ini juga berlaku pada ruangan dapur. Hal-hal yang harus anda perhatikan:

  • Jangan sampai anda meninggalkan dapur anda saat tidur dengan keadaan kotor. Bila anda lelah untuk mencuci piring, tinggalkan cucian di bak cuci piring yang sudah anda bilas dengan air. Esok hari, anda tinggal mencuci menggunakan sabun dan mengeringkannya. 
  • Bak cuci piring juga menjadi salah satu tempat krusial perkumpulan kuman, maka dari itu usahakan untuk membilas dan membersihkannya dengan menggunakan sponge terpisah untuk membersihkan sisi-sisi bak cuci piring setelah melakukan pencucian piring.
  • Buang sisa makanan pada tempat sampah yang disediakan, dan berikan pada petugas kebersihan secara berkala. Hal tersebut untuk mengurangi adanya sampah menumpuk di rumah.
  • Semprotkan cairan pembersih pada kompor, meja makan, kabinet dan pastikan untuk mengecek apa ada makanan yang tumpah di lantai atau tidak. Ini menjadi hal penting yang jangan terlewat ya Pins! Hewan-hewan yang tidak diinginkan akan mencari makanan sisa dari dapur yang tidak dijaga kebersihannya.

Cara Membersihkan Kamar Mandi

(freepik.com)

Selanjutnya masuk ke dalam ruangan kamar mandi. Bagaimana cara menjaga kebersihan rumah juga tidak terlepas dari kamar mandi yang anda pakai. Pembersihan kamar mandi memang dapat dilakukan secara berkala tidak perlu setiap hari. Walaupun dilakukan secara berkala, usahakan untuk selalu tepat waktu. Kerak dan kuman yang berada di kamar mandi, bila tidak sering dibersihkan akan menimbulkan bau dan mengganggu kesehatan tubuh. Tips jitu cara menjaga kebersihan rumah adalah dimulai dari aksesoris sebagai berikut:

  • Membersihkan secara cepat kaca setiap hari dapat anda lakukan menggunakan kain yang lembut. Hal ini untuk mengurangi adanya jamur pada kaca yang tidak sedap dipandang.
  • Untuk bagian lainnya seperti wastafel, dinding kamar mandi dan bak mandi dapat Pins bersihkan dengan cairan khusus dengan cara menyemprot, menggosok dengan kain lembut. Pada bagian alas lantai, Pins dapat menggunakan sikat yang cukup keras untuk mengangkat sisa kuman yang dihasilkan dari tubuh setelah Pins mandi.
  • Terakhir membersihkan toilet dengan menggunakan sikat pada bagian yang dirasa terlihat kotor. Bilas dan berikan cairan biru khusus kloset pada bagian dalam kloset dan diamkan. Setelah 15 menit, bilas dan toilet anda akan bersih dan harum.

Cara Membersihkan Kamar Tidur

bagaimana cara menjaga kebersihan rumah
(freepik.com)

Meluangkan waktu untuk membersihkan tempat tidur saat anda bangun dari tidur memang tidak mudah. Cara menjaga kebersihan rumah adalah mengerjakannya langsung tanpa menundanya. Sekali Pins melewatkan kesempatan ini, biasanya Pins akan malas untuk membersihkan tempat tidur dan kembali tidur di saat malam hari dengan keadaan tempat tidur yang masih berantakan. Sebenarnya, bagaimana cara menjaga kebersihan rumah khususnya tempat tidur dapat dilakukan dengan cara mudah sebagai berikut:

  • Awali dengan mengembalikan dengan benar barang-barang yang tidak semestinya berada di kasur seperti baju kotor, laptop, handuk, tas dll yang terkadang tidak sengaja Pins tinggalkan di atas kasur.
  • Sisihkan bantal, guling dan selimut dari area tempat tidur anda.
  • Gunakan sapu lidi untuk membersihkan kasur dari debu dan sisa makanan bila Pins merupakan salah satu orang yang suka makan cemilan di atas tempat tidur. Hal tersebut menjadi krusial, karena sisa makanan di kasur dapat mendatangkan semut dan hewan lainnya yang dapat merugikan Pins sendiri.
  • Rapikan sprei dengan baik dan kembalikan bantal, guling dan selimut yang sudah dilipat ke tempat tidur anda.
  • Untuk perabot lainnya yang ada di kamar tidur, anda dapat meluangkan waktu secara berkala untuk membersihkan secara menyeluruh dekorasi yang ada beserta dengan dekorasi lainnya di dalam ruangan rumah lainnya. 

Cara Membersihkan Ruang Keluarga

bagaimana cara menjaga kebersihan rumah
(freepik.com)

Cara menjaga kebersihan rumah adalah dengan memulainya sejak dini dengan mengajarkan kepada si kecil akan pentingnya kebersihan. Ruang keluarga yang menjadi tempat berkumpulnya keluarga juga harus rajin dibersihkan secara berkala dengan cara menyapu dan mengepelnya. Pins bisa mengajak seluruh keluarga berpartisipasi dan membagi tugas berdasarkan kemampuan. Ini juga dapat menjadi salah satu permainan menyenangkan dengan si kecil.

Usahakan untuk menggunakan cairan pembersih yang baik dan menimbulkan bau yang harum agar ruang demi ruang menjadi nyaman untuk ditempati. Awali dengan menyapu lantai terlebih dahulu dan mengepelnya kemudian. Bila Pins mempunyai budget cukup untuk pembersihan, Pins dapat memiliki vacuum cleaner yang dapat mempermudah anda menyingkirkan debu pada ruangan lebih akurat. Sofa di ruang keluarga Pins pun bisa sekaligus dibersihkan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang juga sudah ada vakum dengan teknologi mengepel lantai lho Pins! Menarik bukan? 

Ternyata bagaimana cara menjaga kebersihan rumah itu sungguh mudah bukan Pins? Hal yang paling penting adalah sisihkan waktu setiap harinya, jangan pernah menunda pekerjaan dan niat yang tinggi untuk menjaga kebersihan rumah dengan baik. Ingat kebersihan itu sebagian dari iman.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel