Pinhome

Tips Properti

Cara Menggambar Rumah yang Gampang untuk Ditiru

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 15 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Kemampuan dalam membuat desain rumah memang tidak dimiliki setiap orang. Cara menggambar rumah dengan bagus dan detail pastinya membutuhkan keahlian dan kemampuan yang mumpuni. Karena tidak semua orang dapat merealisasikan sebuah ide ke dalam bentuk gambar atau denah. Gambar denah yang terperinci pastinya juga bisa membantu dalam mewujudkan rumah impianmu.

Pinhome – Sebelum membangun rumah, tentunya kita harus memiliki desain atau gambar rumah yang nantinya akan divisualisasikan menjadi bentuk bangunan rumah. Pekerjaan menggambar rumah ini biasanya dikerjakan oleh arsitek. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bila kamu membuatnya sendiri. Menggambar desain rumah sendiri dapat membantumu dalam berkomunikasi dengan arsitek yang nantinya juga dapat memberikan sekilas gambaran aplikasi ide yang dimiliki ke dalam bentuk sketsa rumah. Cara menggambar rumah mudah dilakukan, terutama dengan memperhatikan beberapa hal, seperti:

Temukan Ide dan Referensi Gambar

(pexels.com)

Cara menggambar rumah yang gampang adalah dengan menemukan ide dan referensinya terlebih dahulu. Terinspirasi dengan desain rumah yang sudah ada adalah hal yang wajar. Namun, jangan sampai menirunya sama persis ke dalam desain rumah yang akan dibuat ya, Pins. Ide dan inspirasi gambar rumah sesuai keinginan bisa didapatkan di mana saja. Misalnya, pada saat pameran properti, komplek perumahan, atau dari rumah-rumah tetangga terdekat.

Buat Daftar Aktivitas Penghuni Rumah

(pexels.com)

Setelah menemukan ide dan referensi gambar rumah idaman, selanjutnya adalah membuat daftar berbagai aktivitas yang nantinya akan dilakukan oleh penghuni rumah. Aktivitas tersebut tentunya harus didukung oleh ruangan yang memadai. Oleh karena itu, setelah mengetahui aktivitas apa saja yang kira-kira akan dilakukan, berikutnya adalah dengan menentukan kebutuhan ruangan untuk mendukung aktivitas-aktivitas tersebut.

Pilih Model Rumah

(harapanrakyat.com)

Bila ide dan inspirasi rumah telah ditemukan serta kebutuhan ruangannya juga sudah dibuat, maka tentukan model rumah yang kira-kira akan dibangun. Model ini terkait dengan jumlah lantai rumah, apakah rumah lantai satu, lantai dua, atau bahkan lantai tiga. Pastinya, cara menggambar rumah tingkat berbeda dengan membuat gambar untuk rumah satu lantai. Untuk membuat denah rumah satu lantai tentu hanya menggunakan satu rancangan atau layout saja. Sedangkan pembuatan gambar rumah dua lantai akan memerlukan dua rancangan, yaitu tata letak ruangan di lantai bawah dan tata letak ruangan di lantai atas.

Tentukan Ukuran dan Kebutuhan Ruangan

(idntimes.com)

Sebelum mulai menggambar, kamu juga harus tahu ukuran luas tanah dan perkiraan ukuran luas bangunannya. Dengan begitu, perkiraan luas ruangan juga akan dengan mudah didapatkan. Sesuaikan ruangan dengan standar ukuran yang ada, jangan sampai salah perhitungan agar ruangan yang dibangun tidak sia-sia. Jangan lupa, perhitungkan juga apakah ruangan yang dibuat nanti memerlukan bukaan atau tidak. Tahap penentuan ukuran dan kebutuhan ruangan ini penting diperhatikan agar seluruh ruangan dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan aktivitas yang dilakukan oleh penghuni rumah nantinya.

Mengatur Zonasi Ruangan

(researcharchitect.wordpress.com)

Setelah ukuran ruangan ditentukan, maka cara menggambar rumah yang gampang selanjutnya adalah dengan mengatur zonasi masing-masing ruangan. Zonasi ini diperlukan untuk menghubungkan masing-masing ruangan yang saling berkaitan. Misalnya, ruang makan sangat bergantung pada dapur, maka agar dibuat berdekatan atau berjarak tidak terlalu jauh. Buat zonasi pada gambar dengan melingkari ruangan-ruangan yang saling berkaitan. Bedakan ruangan sesuai fungsinya, apakah ruangan pribadi atau publik. Masing-masing zona juga tidak boleh saling tumpang tindih agar tidak mengganggu kenyamanan.

Mulai Menggambar Sketsa Rumah

(pexels.com)

Setelah langkah-langkah di atas telah dilakukan, kini saatnya mulai menggambar hunian idamanmu, Pins. Cara menggambar rumah bisa dimulai dengan menggunakan sketsa berbentuk garis. Mula-mula, gambar lahan yang kamu miliki berdasarkan skala yang ada. Kemudian, gambar ruangan-ruangan yang telah ditentukan sebelumnya dengan ukuran yang tepat sesuai dengan standar. Sketsa rumah bisa digambar pada kertas khusus, seperti kertas milimeter atau block agar garis bisa digambar secara tepat sesuai dengan skala yang digunakan.

Baca Juga : Cara Membaca Skala Denah Rumah

Buat Alternatif Gambar Rumah Lainnya

(freepik.com)

Dalam membuat sketsa rumah, jangan hanya menggambar satu saja, usahakan agar membuat beberapa alternatif lainnya. Seringkali gambar rumah tidak sesuai dengan ukuran lahan yang tersedia, hal ini bisa mengubah beberapa desain ruangan agar memiliki ukuran yang pas sesuai lahan. Kadang juga beberapa ruangan harus digabung demi mengakomodasi kebutuhan ruangan yang lainnya. Begitu juga dengan rumah 2 lantai, cara menggambar rumah tingkat juga pasti membutuhkan berbagai macam alternatif.

Perinci Lagi Gambar dengan Ukuran dan Detail Lainnya

Hands of Engineer working on blueprint,Construction concept. Engineering tools.Vintage tone retro filter effect,soft focus(selective focus)

Cara menggambar rumah yang terakhir adalah dengan merinci gambar denah yang telah dibuat secara detail. Cara ini dilakukan dengan memberikan notasi pada gambar sesuai dengan istilah arsitektur, misalnya seperti ketebalan dinding atau ikon-ikon untuk pintu dan jendela. Mungkin terdengar cukup rumit, tetapi kamu bisa mempelajarinya dulu dengan mencari tahu istilah-istilah arsitektur yang ada.

Setelah kiat-kiat di atas dilakukan, maka sekarang gambar rumah yang lengkap dan siap digunakan. Gambar tersebut nantinya akan disempurnakan kembali oleh arsitek atau desainer interior agar dapat memvisualisasikannya secara lebih detail. Semoga bermanfaat ya, Pins.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Tags :

Bagikan Artikel