Pinhome

Step-step Membuat Desain Gambar Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 4 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Membuat desain gambar rumah adalah kegiatan perencanaan dan penggambaran desain rumah. Sehingga diharapkan tercipta sebuah gambar teknik berisi bentuk-bentuk bangunan serta ukuran bangunan yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk menghitung rencana anggaran biaya bangunan serta pelaksanaan pembangunan rumah. 

Pembuatan desain gambar rumah meliputi pembuatan denah, tampak rumah sampai dengan gambar-gambar detail rumah sehingga dapat dilihat bayangan akan bagaimana bentuk rumah nantinya setelah selesai dilakukan pembangunan.

Baca Juga:

Langkah Membuat Desain Gambar Rumah

  • Site plan/ lay out rumah berisi tentang perletakan rumah pada suatu lingkungan sehingga dapat terlihat posisi bangunan serta kondisi jalan disekitar rumah.
  • Denah rumah berisi satu kesatuan gabungan beberapa ruangan dengan fungsi masing-masing yang dibuat dengan bentuk dan ukuran sesuai dengan ukuran tanah yang tersedia dengan mempertimbangkan standar ukuran ruangan yang nyaman untuk digunakan.
  • Gambar tempak rumah adalah sebuah gambar arsitektur yang memperlihatkan bagaimana tampilan sebuah rumah apabila dilihat dari arah depan, samping atau belakang sehingga dapat dilihat bagimana model rumahnya dengan bentuk-bentuk desain gambar rumah dilengkapi dengan ukuran gambar yang diharapkan untuk diwijudkan dalam pelaksanaan pembangunan rumah tinggal.

Baca Juga:

membuat desain gambar rumah
(Pixabay)
  • Gambar denah pola lantai dan plafond yang berisi tentang desain pola lantai dan pola plafond yang dikehendaki dalam sebuah rumah tinggal, gambar denah pola lantai dan plafond ini disertai dengan perletakan material beserta ukuranya serta pengaturan area lokasi potongan jika menggunakan lantai keramik dan sejenisnya.
  • Desain gambar potongan rumah adalah sebuah gambar teknik yang memperlihatkan bagaimana sisi dalam sebuah rumah apabila dipotong pada bagian tertentu baik pada rah membujur maupun melintang, sehingga dari gambar potongan rumah ini dapat dilihat bagaimana bentuk pondasi rumah, dinding dampai dengan bentuk rangka atap rumah.
  • Denah instalasi didalam rumah seperti perletakan lampu dan kebel listrik atau perletakan pipa plumbing serta berbagai jenis instalasi lainya yang ada dalam sebuah rumah tinggal.
  • Gambar detail yang menjelaskan tentang bagian-bagian bangunan yang hendak dijelaskan misalnya detail pintu dan jendela, detail pondasi pasangan batu kali, detail kuda-kuda rangka atap serta berbagai macam gambar detail rumah lainya yang dibuat menyesuaikan kebutuhan akan sebuah bentuk rumah yang ingin diperjelas dalam sebuah desain gambar rumah.
  • Gambar taman dan landscape berisi tentang perletakan tata taman pada sebuah rumah seperti bentuk kontur tanah serta posisi penanaman pohon untuk memperindah sebuah rumah idaman.

Membuat desain gambar rumah dapat dilakukan secara manual menggunakan alat pensil dan kertas atau dengan alat komputer yang sudah dilengkapi software gambar rumah. Misalnya Autocad, 3dmax, Archicad dan sejenisnya. Selamat membuat desain gambar rumah terbaik yang Pins idamkan.

Baca Juga:

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel