BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Manfaat Pakai Jasa Arsitek Desain Rumah dan Tips Memilihnya
0
0

5 Manfaat Pakai Jasa Arsitek Desain Rumah dan Tips Memilihnya

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 21, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
data tanah yang diperlukan arsitektop-right-banner

Ketika membangun rumah sangat wajar jika Pins ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Itulah kenapa jasa arsitek desain rumah sangat diperlukan. Dengan menggunakan jasa arsitek ketika membangun rumah, Pins jadi bisa mengimplementasikan semua ide yang Pins inginkan dan Pins tidak perlu takut ketika mengeksekusi.

Bagaimana tidak, arsitek bisa memberikan gambar dari rumah yang ingin kamu buat. Mereka juga akan mengurusi perhitungan luas tanah sampai berapa banyak bahan bangunan yang dibutuhkan dalam membangun hunian. Namun, ada kalanya kamu harus mengetahui apa saja manfaat pakai arsitek untuk membantu membangun rumah.

Dengan mengetahui alasan mengapa Pins harus menggunakan jasa arsitek bisa membantu mempertimbangkan pengeluaran biaya rumah, misalnya ketika punya rumah di perumahan Mutiara Gading City. Jangan lupa untuk cek estimasi harga rumah di Cipayung dan rumah bekas di Bekasi di sekitar Grand Mal Bekasi menggunakan Pinvalue di Pinhome

Baca juga: 

Alasan Pins Harus Menggunakan Jasa Arsitek Desain Rumah

Alasan menggunakan jasa arsitek desain rumah
Source : Pixabay

Banyak dari Pins yang tidak ingin menggunakan jasa arsitek karena dirasa cukup mahal. Namun ada alasannya kenapa Pins harus menggunakan jasa arsitek desain rumah.

1. Mendesain Sesuai Karakter Pins

Pada umumnya, seorang arsitek tidak harus menyediakan rancangan denah rumah. Jika memang diperlukan, Pins bisa memintanya untuk membuatkan desain rumah yang sesuai dengan karakter. Selain karena sesuai karakter Pins, desain yang dibuat juga pasti bisa diimplementasikan dengan baik. Jadi Pins tidak perlu khawatir desainnya tidak rasional atau tidak bisa buat.

2. Menghindari Kesalahan

Dalam membangun rumah, penting bagi Pins memahami peraturan yang berlaku. Misalnya seperti di Amerika Serikat dimana orang hanya boleh membangun rumah dengan desain yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat. Sama halnya di Indonesia, ada banyak peraturan yang berlaku untuk membangun sebuah rumah.

Dengan menggunakan jasa arsitek, mereka akan membantu dan memberikan saran yang tepat. Dengan begitu hunian yang Pins buat tidak akan melanggar peraturan yang berlaku.

Baca juga:

3. Hemat Biaya

Banyak dari Pins yang mungkin tidak ingin menggunakan jasa arsitek dengan alasan menghemat biaya. Jangan salah, menggunakan jasa arsitek desain rumah justru membantu Pins dalam menghemat biaya. Pins tentu tidak bisa membangun rumah sendiri, misalnya ketika membuat desain rumah. Bagi Pins yang tidak bisa membuat desain rumah tentu akan menggunakan freelancer yang harganya tidak murah.

Dengan menggunakan jasa arsitek, mereka akan membantu Pins dalam mendesain rumah. Selain itu jasa arsitek telah berpengalaman. Sehingga perencanaan mereka ketika membangun rumah akan juah lebih matang dan cepat.

Baca juga:

4. Hemat Waktu

Jika Pins menggunakan jasa arsitek, mereka akan membantu mengurusi semua hal bahkan yang terkecil sekalipun. Hal ini bisa membuat Pins bisa fokus untuk bekerja atau melakukan kegiatan lain. Pins hanya perlu memonitor apakah pekerjaan mereka sesuai jalur dan keinginan Pins.

Baca juga: Contoh Denah Rumah Modern Minimalis

5. Membantu Ketika Mengalami Kendala Selama Proses Pembangunan

Alasan terakhir kenaa Pins harus menggunakan jasa arsitek mereka bisa membantu menangani masalah Pins. Ketika membangun rumah, kerap kali ada masalah yang muncul selama pembangunan. Jika Pins menggunakan jasa arsitek, tentu saja mereka akan membantu dan mencarikan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Mendesain sebuah arsitektur rumah membutuhkan perencanaan dan perhitungan yang matang. Jika Pins bukan seseorang yang ahli arsitek atau orang yang memahami desain rumah, maka Pins lebih baik menggunakan jasa desainer atau konsultan untuk membantu dalam mendesain rumah idaman Pins.

Tugas seorang desainer tidak hanya sekedar menggambar rumah secara keseluruhan saja, namun juga dapat membantu dalam komposisi ruangan seperti memilih perabotan yang cocok untuk sebuah ruangan. Hal ini tentunya dapat menguntungkan Pins.

Baca juga: Bangun Rumah Dengan Atap Baja Ringan?

Tips Memilih Jasa Arsitek Rumah

tips memilih jasa arsitek desain rumah
Source : Pixabay

Pins sudah memahami kenapa Pins harus menggunakan jasa arsitek desain rumah. Namun tidak semua arsitek bisa Pins ajak kerjasama. Jika tidak ingin mengalami kesalahan, ikuti tips memilih jasa arsitek berikut ini.

1. Lakukan Survei Terlebih Dahulu

Sebelum memilih jasa arsitek, lakukanlah survey terlebih dahulu terhadap beberapa arsitek sekaligus. Pins bisa bandingkan hasil kerja mereka dan pengalaman kerja yang sudah pernah mereka kerjakan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena merekalah yang akan merancang rumah impian Pins. Dengan melihat hasil karya mereka, Pins dapat mengetahui arstiek mana yang dapat menghasilkan desain seperti yang Pins inginkan.

2. Memastikan Keaktivan dan Profesionalitasnya

Pastikan juga arsitek yang Pins hire merupakan anggota dari sebuah organisasi profesional seperti IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) ataupun organisasi yang lainnya. Jika seorang arsitek tergabung dalam sebuah organisasi profesional, maka dia akan melakukan pekerjaannya dengan standar yang tinggi.

Cari tahu juga proyek yang sedang mereka kerjakan. Seorang arsitek yang handal biasanya memiliki banyak proyek dan bisa saja rumah Pins merupakan proyek yang kesekian kalinya buat mereka. Oleh karena itu pastikan rumah Pins merupakan salah satu prioritas utama mereka. Pins tentu tidak ingin rumah yang dibangun tidak sesuai ekspektasi Pins.

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2021

3. Perhatikan Fee yang Dibutuhkan di Awal Sampai Akhir

Biasanya seorang arsitek memasang fee sekitar 5-10% dari total anggaran. Jadi semakin mahal biaya mereka, maka semakin besar pula fee untuk arsitek tersebut. Oleh karena itu, lakukan perjanjian dengan arsitek dalam perhitungan biaya dan fee agar nantinya biaya yang Pins keluarkan tidak berubah. Jangan lupa membahas apabila biaya berubah, apakah fee juga akan berubah.

Itulah 5 alasan kenapa Pins harus menggunakan jasa arsitek dan tips memilihnya. Ingat meskipun Pins sudah menggunakan jasa arsitek, Pins juga tetap sesekali memonitor pekerjaan mereka. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download