Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tips Memilih Jasa Arsitek Untuk Rumah Idaman

Tips Memilih Jasa Arsitek Untuk Rumah Idaman

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Tips memilih jasa arsitek sebelum membangun rumah penting dilakukan. Tentunya, memiliki gambar arsitek desain rumah yang menarik dan nyaman tentunya merupakan impian semua orang. Saat ini, banyak yang cenderung memiliki desain rumah minimalis yang modern dibandingkan dengan rumah tradisional. Salah satu alasan utamanya adalah karena simpel dan mudah untuk didesain.

Namun, apakah benar membangun dan mendesain rumah begitu susah? Membuat dan mendesain sebuah rumah yang minimalis, modern, dan tradisional tidaklah semudah yang kita bayangkan. Tips membangun rumah sangat dibutuhkan untuk Anda yang ingin atau berencana untuk menyiapkan rumah impian.

Baca Juga: 

Mendesain Arsitektur Rumah Itu Sulit?

Mendesain sebuah arsitektur rumah membutuhkan perencanaan dan perhitungan yang matang. Jika anda bukan seseorang yang ahli arsitek atau orang yang memahami desain rumah, maka anda lebih baik menggunakan jasa desainer atau konsultan untuk membantu dalam mendesain rumah idaman anda. Tugas seorang desainer tidak hanya sekedar menggambar rumah secara keseluruhan saja, namun juga dapat membantu dalam komposisi ruangan seperti memilih perabotan yang cocok untuk sebuah ruangan. Hal ini tentunya dapat menguntungkan anda.

Baca Juga:

Tips Memilih Jasa Arsitek Rumah

Untuk mendapatkan gambar arsitek desain rumah yang sesuai dengan anda inginkan, yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah memiliki gambaran yang jelas mengenai rumah idaman anda. Hal ini harus dilakukan terlebih dahulu sebelum anda menyewa seorang arsitek. Semakin jelas gambarannya, maka akan semakin mudah dikerjakan oleh designer. Seperti berikut:

Baca Juga: 

Tips Memilih Jasa Arsitek Dengan Melakukan Survei

Sebelum memilih desainer, maka lakukan survey terhadap beberapa desainer sekaligus. Coba bandingkan hasil kerja mereka dan pengalaman kerja yang sudah pernah mereka kerjakan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena merekalah yang akan merancang rumah impian anda. Dengan melihat hasil karya para desainer, anda dapat mengetahui desainer mana yang dapat menghasilkan desain seperti yang anda inginkan.

Baca Juga:

Memastikan Keaktivan dan Profesionalitasnya

Pastikan juga desainer atau arsitek yang anda gunakan merupakan anggota dari sebuah organisasi profesional seperti IAI ataupun organisasi yang lainnya. Jika seorang arsitek tergabung dalam sebuah organisasi profesional, maka dia akan melakukan pekerjaannya dengan standar yang tinggi. Untuk mendapatkan arsitek dengan standar yang tinggi, maka anda dapat meminta rekomendasi dari Ikatan arsitek Indonesia (IAI). Selain itu, mereka akan memberikan sesuai dengan yang anda inginkan.

Seorang arsitek yang handal biasanya memiliki banyak proyek, dan bisa saja rumah anda merupakan proyek yang kesekian buat mereka. Oleh karena itu pastikan ruamh anda merupakan salah satu prioritas utama mereka. Anda tentu tidak ingin gambar arsitek desain rumah anda tidak sesuai dengan yang diinginkan. Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah biaya dari arsitek tersebut.

Baca Juga: 

Perhatikan Fee yang Dibutuhkan di Awal Sampai Akhir

Biasanya seorang arsitek memasang fee sekitar 5-10% dari total anggaran rumah anda. Jadi semakin mahal biaya untuk mendapatkan gambar arsitek desain rumah anda, semakin besar pula fee untuk arsitek tersebut. Jika begini, maka fee seorang arsitek tidak pasti, karena biasanya anggaran biaya pembangunan juga dapat berubah. Oleh karena itu, lakukan perjanjian dengan arsitek anda dalam perhitungan biaya dan fee agar nantinya biaya yang anda keluarkan tidak berubah. Jangan lupa membahas apabila biaya berubah, apakah fee juga akan berubah.

Keslimpulan

Meskipun seorang arsitek sudah asli, namun untuk menciptakan gambar desain rumah yang nyaman adalah anda sendiri. Anda yang akan menempati rumah tersebut, maka desain seharusnya sesuai dengan yang diinginkan. Jadi, meskipun anda telah menyewa seorang arsitek, tetap perlu melakukan komunikasi untuk benar-benar mendapatkan hasil yang memuaskan. Semoga dengan segala tips diatas, anda dapat menyewa seorang arsitek yang dapat memenuhi keinginan desain anda. Cek juga info dan tips seputar konstruksi dan bangunan.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel