Pinhome

Uncategorized

Cara Mengambil KPR Rumah terbaik

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Membeli rumah baru untuk dijadikan tempat tinggal bersama orang-orang tersayang merupakan impian bagi semua orang. Namun jika baru membeli rumah pertama kalinya tentu ada beberapa hal yang membuat Anda merasa bingung. Salah satunya permasalahan mengenai KPR rumah. Mulai dari harga hingga KPR mana yang akan dipilih memang harus dipersiapkan dengan baik.

Jika salah memilih KPR, maka hunian yang diharapkan tidak akan tercapai. Mencari rumah sebenarnya bukan hal yang sulit, Anda tinggal memilih rumah mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Tetapi menentukan KPR yang tepat memang susah dilakukan. Nah berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu Anda, antara lain :

Pilih Bank dengan Kredibilitas yang Terpercaya

Carilah info mengenai kredibilitas dari bank yang Anda pilih, seperti mencari tau mengenai jumlah nasabah yang dimiliki, kualitas layanannya dan banyaknya kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah. Jika Anda memilih bank yang sudah memiliki kredibilitas yang baik akan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam pelayanannya. Sebaiknya jangan mudah tergiur dengan suku bunga yang ditawarkan oleh bank-bank yang lain.

Pastikan Bunga Pinjaman

Bunga pinjangan merupakan hal yang sangat penting saat Anda ingin membeli sebuah rumah. Bunga akan mempengaruhi angsuran yang akan dibayarkan. Sebaiknya pilih suku bunga yang rendah, tetapi jangan langsung tergoda dengan tawaran suku bunga yang rendah. Suku bunga rendah memang sangat menguntungkan, namun biasanya akan diikuti oleh beberapa persyaratan yang sulit. Carilah informasi dahulu mengenai angsuran dan ketentuan yang akan ditanggung dengan menggunakan suku bunga yang rendah.

Hitung Suku Bunga

Hitunglah terlebih dahulu suku bunga yang ditawarkan. Buatlah tabel simulasi cicilan dan sistem suku bunga yang akan dipilih juga masukkan jangka waktu cicilan yang diinginkan. Pilihlah jangka waktu yang tidak terlalu panjang agar suku bunganya tidak terlalu besar. Lebih baik Anda melakukan konsultasi dengan bank yang dipilih untuk membahas mengenai suku bungan yang akan Anda tanggung.

Syarat Dan Ketentuan

Bacalah terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku agar dapat mengetahui denda yang harus dibayar apabila telat dalam pembayaran. Jangan lupa juga dengan berbagai biaya lain yang harus dibayarkan, seperti uang muka membayar rumah, biaya notaris untuk mengurus sertifikat serta surat-surat, biaya provisi dan administrasi, biaya premi asurasi kebakaran dan biaya asuransi jiwa.

Jika hal-hal tersebut di atas sudah dipertimbangkan dengan matang, barulah Anda dapat memilih rumah yang tepat dan sesuai serta bank mana yang memiliki kredibilitas yang dapat dipercaya. Sehingga ketika mengurus untuk membeli rumah dapat berjalan dengan lancar dan aman. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel