Pinhome

Tips Properti

Cara Membuat Kolam Renang Pribadi dengan Budget Murah

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 12 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Pinhome – Memiliki kolam renang pribadi menjadi impian banyak orang. Sayangnya membuat kolam renang tidaklah mudah dan murah. Banyak sekali yang harus dipikirkan, mulai dari desain kolam renang, material, hingga biaya yang tidak sedikit. 

Pembuatannya yang tidak mudah juga membuat Pins harus membayar tukang atau menyewa jasa kontraktor pembuat kolam renang. Namun jika Pins tertarik untuk membuat kolam renang pribadi di rumah, terdapat beberapa cara membuat kolam renang yang perlu Pins ketahui lho! 

Selain untuk menambah pengetahuan, mengetahui hal yang satu ini dapat membuat Pins lebih detail dalam mengawasi pembangunan serta memperhitungkan pengeluaran biaya dengan lebih baik. Oleh karena itu yuk simak cara membuat kolam renang murah pada ulasan di bawah ini!

Tentukan Ukuran dan Desain Kolam Renang

(Pixabay)

Hal pertama yang perlu Pins lakukan dalam pembuatan kolam renang adalah menentukan ukuran kolam renang. Pastikan Pins sudah mengukur kolam renang dengan baik agar tidak mengganggu fungsi ruangan lain di rumah. 

Jangan lupa untuk menentukan kedalaman kolam renang di rumah. Umumnya kedalaman kolam renang adalah 0,5-1 m untuk anak-anak dan 1,5-2 m untuk orang dewasa.

Jika Pins telah mengukur kolam renang, cara pembuatan kolam renang pribadi selanjutnya adalah dengan mendesain kolam renang. Pastikan Pins merancang desain kolam renang dengan matang. Pikirkan sampai posisi alat-alat pendukung kolam renang seperti filter air, saluran pembuangan dan sebagainya agar nantinya dapat berjalan dengan baik.

Ajukan Izin Pembangunan

Cara membuat kolam renang pribadi selanjutnya adalah dengan mengajukan izin pembangunan. Meski kolam renang ini dibangun di lahan pribadi, Pins perlu mengajukan izin pembangunan ke Pemerintah Daerah. Terdapat beberapa persyaratan yang perlu Pins penuhi untuk mengajukan izin pembangunan kolam renang ini. 

Pada beberapa daerah, pembangunan kolam renang akan dikenakan pajak tambahan. Jadi Pins bisa terkena masalah apabila tidak mengajukan izin pembangunan karena bisa dianggap sebagai tindakan penghindaran pajak.

Penggalian

(Pinterest)

Cara membuat kolam renang pribadi selanjutnya yang perlu Pins lakukan adalah dengan melakukan proses penggalian lahan. Penggalian ini disesuaikan luas, lebar dan kedalamannya sesuai rencana yang telah Pins tentukan di awal saat mendesain kolam renang. 

Usahakan untuk membuat tanah yang digali sedatar mungkin pada bagian dasar kolam. Buatlah galian pada bagian dasar dan dinding kolam renang sedatar dan sepadat mungkin. Hal ini untuk mempermudah pembangunan dinding dan lantai kolam renang.

Pasang Rangka, Pipa dan Instalasi Listrik

Jika proses penggalian telah dilakukan, cara membuat kolam renang selanjutnya adalah dengan pemasangan rangka beton dinding. Biasanya pemasangan rangka ini dimulai dengan memasang rangka besi. Pastikan bahwa pemasangan rangka ini merata di setiap sisi dinding dan lantai dasar kolam. 

Jika sudah selesai, Pins harus memastikan bahwa pipa-pipa pada kolam renang terpasang dengan baik. Pins bisa menggunakan jasa tukang pipa berlisensi agar pipa-pipa pada kolam renang Pins terpasang dengan baik. Pins juga bisa menambahkan instalasi listrik jika diperlukan seperti untuk lampu penerangan di dalam kolam.

Pelapisan Kolam Renang

Jika rangka sudah dibuat, pipa dan instalasi listrik sudah terpasang, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam proses pelapisan kolam. Biasanya pelapisan ini menggunakan beton. 

Pastikan bahwa setiap sisi dan sudut kolam renang sudah terlapisi dengan baik. Hal ini guna mencegah terjadinya air yang merembes akibat pelapisan yang tidak rapat.

Jika dinding dan lantai kolam renang telah dilapisi, maka Pins bisa mulai memasangkan lapisan akhir, yaitu keramik. Pins bisa melapisi kolam renang dengan keramik berbagai keramik yang sesuai dengan budget Pins.

Pinggiran Kolam Renang

(Quora)

Jika kolam renang sudah terlapisi dengan baik, Pins bisa melanjutkan pembangunan ke area luar kolam renang, yaitu bagian pinggir kolam renang. Area ini berbentuk seperti bingkai pada kolam renang. 

Biasanya dibagian pinggir kolam renang juga dibangunan saluran air yang akan memudahkan air yang terciprat dari kolam renang langsung masuk dan terbuang melalui saluran air tersebut. Pins bisa menggunakan berbagai material mulai dari batu alam, keramik, kayu dan masih banyak lagi. 

Usahakan untuk memilih material yang tidak licin sehingga kemungkinan Pins atau keluarga terpeleset lebih kecil. Pins bisa menyesuaikan penggunaan material sesuai selera dan budget yang Pins miliki.

Isi Kolam Renang dengan Air

Jika pemasangan keramik pada bagian dalam kolam renang sudah selesai dan sudah dipastikan kering, begitu juga dengan bagian luar kolam renang, Pins bisa mulai mengisi kolam renang dengan air. 

Jika Pins menggunakan instalasi pipa yang mengisi kolam renang dari sistem air di rumah, tentu hal ini akan mempermudah Pins. Terutama jika sewaktu-waktu Pins ingin membersihkan atau menguras kolam renang secara keseluruhan. 

Namun jika Pins tidak menggunakan instalasi pipa pemasok air kolam renang sendiri, Pins bisa membeli air dari perusahaan pemasok air untuk mengisi kolam renang Pins.

Itulah informasi tentang cara pembuatan kolam renang pribadi di rumah. Semoga dengan informasi di atas dapat membuat Pins lebih matang dalam merencanakan desain maupun biaya pembangunan kolam renang di rumah. 

Jangan lupa untuk mengukur dan merancang sistem pipa dan instalasi listrik sebaik mungkin agar tidak membahayakan Pins dan keluarga saat berenang bersama di rumah. Semoga bermanfaat!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Baca Juga: 5 Pertimbangan Membuat Kolam Renang di Rumah


Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel