Pinhome

Cara Membuat Kolam Renang Pribadi dengan Budget Murah

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri ∙ 12 July 2021 ∙ 8 menit membaca

Memiliki kolam renang pribadi menjadi impian banyak orang. Sayangnya membuat kolam renang tidaklah mudah dan murah. Banyak sekali yang harus dipikirkan, mulai dari desain kolam renang, material, hingga biaya yang tidak sedikit. Pembuatannya yang tidak mudah juga membuat Pins harus membayar tukang atau menyewa jasa kontraktor pembuat kolam renang. Simak, cara membuat kolam renang pribadi dengan budget murah dibawah ini.

Pinhome – Selain untuk menambah pengetahuan, mengetahui hal yang satu ini dapat membuat Pins lebih detail dalam mengawasi pembangunan serta memperhitungkan pengeluaran biaya dengan lebih baik. Oleh karena itu yuk simak cara membuat kolam renang murah pada ulasan di bawah ini!

Baca Juga:

Cara Membuat Kolam Renang Pribadi Dengan Budget Murah

Ingin membuat kolam tapi takut mahal? Gunakan cara membuat kolam renang pribadi dengan budget murah berikut ini!

Tentukan Ukuran dan Desain Kolam Renang

cara membuat kolam renang pribadi
(Pixabay)

Hal pertama yang perlu Pins lakukan dalam pembuatan kolam renang adalah menentukan ukuran kolam renang. Pastikan Pins sudah mengukur kolam renang dengan baik agar tidak mengganggu fungsi ruangan lain di rumah. 

Jangan lupa untuk menentukan kedalaman kolam renang di rumah. Umumnya kedalaman kolam renang adalah 0,5-1 m untuk anak-anak dan 1,5-2 m untuk orang dewasa.

Jika Pins telah mengukur kolam renang, cara pembuatan kolam renang pribadi selanjutnya adalah dengan mendesain kolam renang. Pastikan Pins merancang desain kolam renang dengan matang. Pikirkan sampai posisi alat-alat pendukung kolam renang seperti filter air, saluran pembuangan dan sebagainya agar nantinya dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga:

Ajukan Izin Pembangunan

Cara membuat kolam renang rumah selanjutnya adalah dengan mengajukan izin pembangunan. Meski kolam renang ini dibangun di lahan pribadi, Pins perlu mengajukan izin pembangunan ke Pemerintah Daerah. Terdapat beberapa persyaratan yang perlu Pins penuhi untuk mengajukan izin pembangunan kolam renang ini. 

Pada beberapa daerah, pembangunan kolam renang akan dikenakan pajak tambahan. Jadi Pins bisa terkena masalah apabila tidak mengajukan izin pembangunan karena bisa dianggap sebagai tindakan penghindaran pajak.

Baca juga: Detail Biaya Pembuatan Kolam Renang Ukuran Standar

Penggalian

cara membuat kolam renang pribadi
(Pinterest)

Cara membuat kolam renang rumah selanjutnya yang perlu Pins lakukan adalah dengan melakukan proses penggalian lahan. Penggalian ini disesuaikan luas, lebar dan kedalamannya sesuai rencana yang telah Pins tentukan di awal saat mendesain kolam renang. 

Usahakan untuk membuat tanah yang digali sedatar mungkin pada bagian dasar kolam. Buatlah galian pada bagian dasar dan dinding kolam renang sedatar dan sepadat mungkin. Hal ini untuk mempermudah pembangunan dinding dan lantai kolam renang.

Baca Juga:

Pasang Rangka, Pipa dan Instalasi Listrik

Jika proses penggalian telah dilakukan, cara membuat kolam renang selanjutnya adalah dengan pemasangan rangka beton dinding. Biasanya pemasangan rangka ini dimulai dengan memasang rangka besi. Pastikan bahwa pemasangan rangka ini merata di setiap sisi dinding dan lantai dasar kolam. 

Jika sudah selesai, Pins harus memastikan bahwa pipa-pipa pada kolam renang terpasang dengan baik. Pins bisa menggunakan jasa tukang pipa berlisensi agar pipa-pipa pada kolam renang Pins terpasang dengan baik. Pins juga bisa menambahkan instalasi listrik jika diperlukan seperti untuk lampu penerangan di dalam kolam.

Baca Juga:

Pelapisan Kolam Renang

(Lem Kayu)

Jika rangka sudah dibuat, pipa dan instalasi listrik sudah terpasang, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam proses pelapisan kolam. Biasanya pelapisan ini menggunakan beton. 

Pastikan bahwa setiap sisi dan sudut kolam renang sudah terlapisi dengan baik. Hal ini guna mencegah terjadinya air yang merembes akibat pelapisan yang tidak rapat.

Jika dinding dan lantai kolam renang telah dilapisi, maka Pins bisa mulai memasangkan lapisan akhir, yaitu keramik. Pins bisa melapisi kolam renang dengan keramik berbagai keramik yang sesuai dengan budget Pins.

Baca juga: Inilah 3 Kontraktor Kolam Renang Terbaik di Jakarta

Pinggiran Kolam Renang

cara membuat kolam renang pribadi
(Quora)

Jika kolam renang sudah terlapisi dengan baik, Pins bisa melanjutkan pembangunan ke area luar kolam renang, yaitu bagian pinggir kolam renang. Area ini berbentuk seperti bingkai pada kolam renang. 

Biasanya dibagian pinggir kolam renang juga dibangunan saluran air yang akan memudahkan air yang terciprat dari kolam renang langsung masuk dan terbuang melalui saluran air tersebut. Pins bisa menggunakan berbagai material mulai dari batu alam, keramik, kayu dan masih banyak lagi. 

Usahakan untuk memilih material yang tidak licin sehingga kemungkinan Pins atau keluarga terpeleset lebih kecil. Pins bisa menyesuaikan penggunaan material sesuai selera dan budget yang Pins miliki.

Baca Juga:

Isi Kolam Renang dengan Air

cara membuat kolam renang pribadi
(Diadona)

Jika pemasangan keramik pada bagian dalam kolam renang sudah selesai dan sudah dipastikan kering, begitu juga dengan bagian luar kolam renang, Pins bisa mulai mengisi kolam renang dengan air. 

Jika Pins menggunakan instalasi pipa yang mengisi kolam renang dari sistem air di rumah, tentu hal ini akan mempermudah Pins. Terutama jika sewaktu-waktu Pins ingin membersihkan atau menguras kolam renang secara keseluruhan. 

Namun jika Pins tidak menggunakan instalasi pipa pemasok air kolam renang sendiri, Pins bisa membeli air dari perusahaan pemasok air untuk mengisi kolam renang Pins.

Itulah informasi tentang cara pembuatan kolam renang pribadi di rumah. Semoga dengan informasi di atas dapat membuat Pins lebih matang dalam merencanakan desain maupun biaya pembangunan kolam renang di rumah. 

Baca Juga:

Pertimbangan Membuat Kolam Renang di Rumah

Selain dapat berenang kapan saja, kolam renang di rumah juga akan terjaga kebersihannya dibandingkBaca Jugaan dengan kolam renang umum. Namun sebelum membuat kolam renang di rumah, diperlukan beberapa pertimbangan agar kolam renang dapat sesuai yang diinginkan. Berikut 5 pertimbangan dalam membuat kolam renang pribadi, diantaranya :

Keamanan Keluarga

(Rumah.com)

Sebelum membuat kolam renang pribadi di rumah, pastikan keamanan untuk semua anggota keluarga Pins. Terlebih jika di rumah Pins memiliki anak kecil atau orang tua yang sudah lanjut usia.

Agar kolam renang di rumah tidak membahayakan semua anggota keluarga Pins, sebaiknya lengkapilah dengan pagar di sekitarnya agar anak kecil atau atau orang tua yang sudah lanjut usia tidak akan tercebur ke dalam kolam.

Baca Juga:

Pertimbangan Jangka Panjang

Rumah yang memiliki kolam renang tentu akan membuat rumah tersebut menjadi lebih menarik. Jika Pins ingin menjual rumah tersebut juga akan memberikan keuntungan yang positif karena adanya kolam renang. Namun sebaiknya jika ingin menjual rumah perimbangkanlah keinginan pembeli. Pastikan terlebih dahulu pembeli rumah Pins menyukai adanya kolam renang di rumah.

Periksa Kualitas Air

cara membuat kolam renang pribadi

Jika ingin membuat kolam renang di rumah, periksa terlebih dahulu kualitas air di rumah Pins. Kualitas air yang baik adalah cukup jernihnya air tersebut, sehingga air di kolam renang Pins tidak perlu disaring lagi.

Namun jika kualitas air di rumah Pins kurang baik, sebaiknya jangan membuat kolam renang. Hal tersebut dilakukan karena kolam renang yang airnya keruh, tentu akan mengurangi keindahan kolam renang rumah Pins.

Baca Juga:

Periksa Keadaan Lingkungan

Jika Pins tinggal di perumahan yang memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, seperti jogging track, pusat kebugaran dan kolam renang, sebaiknya Pins perlu berpikir ulang untuk membuat kolam renang di rumah. Selain akan mengurangi biaya perawatan kolam renang pribadi, Pins juga tidak perlu repot untuk membersihkan kolam renang setiap hari.

Baca Juga:

Persiapkan Biaya Perawatan

(Diadona)

Membangun kolam renang di rumah sendiri, tentu akan membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Kolam renang membutuhkan klorin agar air di dalam kolam renang tetap jernih dan terhindar dari kuman serta tidak mudah ditumbuhi lumut. Selain itu kolam renang juga dapat menjadi sumber penyakit dan berkembangbiaknya nyamuk DBD.

Rumah yang memiliki kolam renang sendiri tentu akan menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun sebelum membangun kolam renang di rumah sebaiknya pertimbangkanlah jangka panjangnya, agar Pins tidak menyesal dikemudian hari.

Jangan lupa untuk mengukur dan merancang sistem pipa dan instalasi listrik sebaik mungkin agar tidak membahayakan Pins dan keluarga saat berenang bersama di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia