Pinhome

Rolling Door Besi atau Aluminium, Mana yang Lebih Awet?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 2 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Rolling door besi atau alumunium, mana yang lebih awet? Rolling door atau pintu yang bisa di geser menjadi salah satu alternatif termudah untuk menjadi pintu garasi rumah.

Selain dapat menutup ruang yang cukup besar dengan satu kali tarik, rolling door juga menjaga kendaraan pribadi agar terhindar dari cuaca ekstrim maupun pencuri. Tidak sedikit pula yang menjadikan rolling door sebagai garasi gudang.

Dua jenis material rolling door yang dijual di pasaran, membantu Pins untuk menentukan mana rolling door yang sesuai dengan kebutuhan Pins. Rolling door besi maupun rolling door aluminium mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, Pins, sebelum memilih mana rolling door yang tepat untuk dipakai di garasi rumah, ada baiknya Pins melihat ulasan mengenai kedua jenis rolling door tersebut di bawah ini.

Baca juga: Beragam Jenis-Jenis Pintu Rumah yang Punya Desain Menarik

Rolling Door Besi atau Alumunium

rolling door besi atau alumunium
(harga.web.id)

Rolling Door Besi

Pintu rolling door besi menjadi pintu garasi yang kokoh dan kuat karena beratnya yang tergolong tidak ringan. Walau rolling door besi berat, Pins tidak perlu khawatir dalam penggunaannya.

Sekarang, sudah banyak rolling door besi ringan yang cocok Pins aplikasikan menjadi pintu garasi di rumah dan yang terpenting anti karat. Pencampuran bahan Galvalum yang ada pada pintu rolling door besi, dapat membuat garasi Pins lebih awet dan anti karat.

Hal menarik lainnya dari penggunaan rolling door besi adalah warna menarik yang ditawarkan. Pins bisa membuatnya sesuai dengan warna favorit yang serasi dengan rumah minimalis yang Pins punya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Model Pintu Minimalis Modern

Rolling Door Aluminium

Pintu rolling door aluminium selanjutnya. Untuk rolling door jenis satu ini memang terkenal ringan dan mudah sekali untuk membuka dan menutupnya. Tahan terhadap berbagai macam cuaca yang ekstrim tetapi terkadang ringkih saat ada yang berniat membobol.

Kesalahan dalam pemilihan bahan awal rolling door aluminium akan membuat pintu tersebut tidak awet. Walaupun biaya rolling door aluminium lebih mahal dibandingkan dengan rolling door besi, pemasangan instalasinya tergolong lebih mudah.

Maka dari itu bila dihitung kembali biaya konstruksi untuk pemasangan rolling door aluminium akan lebih murah dibandingkan dengan rolling door besi.

Baca juga: Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi Beserta Harganya

Jenis Pintu Rolling Door

rolling door besi atau alumunium
(centralrollingdoor)

Perbedaan jenis pintu rolling door besi atau alumunium terletak pada bahan pembuatannya dan juga fungsinya. Pins hars tahu terlebih dahulu kebutuhan rolling door itu sendiri dalam rumah Pins dan melihat mana bahan yang lebih cocok.

Nah Pins, ada beberapa jenis pintu rolling door juga nih yang dapat Pins pilih untuk mempercantik garasi rumah Pins.

  • Pintu Garasi Lipat
  • Pintu Garasi Otomatis
  • Pintu Garasi Geser ke Atas
  • Pintu Garasi Geser ke Belakang

Cara Merawat Pintu Rolling Door

rolling door besi atau alumunium
(rollingdoorku)

Merawat pintu rolling door sangat mudah bila Pins mengetahuinya. Maka dari itu, untuk membuat pintu rolling door yang ada di rumah bersih dan tahan lama, Pins harus tahu nih bagaimana cara merawatnya.

Perbedaan rolling door besi dan rolling door aluminium juga terletak dari bagaimana cara merawatnya.

Baca juga: Cara Merawat Lemari Es yang Baik dan Benar

1. Pemberian Pelumas Rutin Pada Pintu

Hal terpenting bila Pins mempunyai rolling door adalah memberikan secara berkala pelumas pada rel atau lintasan pintu. Hal tersebut berguna untuk membuat jalannya lintasan tetap baik dan tidak cepat berkarat. Bila sudah berhenti atau tidak bisa didorong, artinya rolling door Pins berkarat atau kurang pelumas.

2. Membuka dan Menutup dengan Hati-hati

Nah, untuk Pins yang suka tidak sabar atau sedang buru-buru, Pins harus tetap membuka dan menutup rolling door dengan hati-hati ya! Jangan sampai macet ataupun dibanting karena Pins terburu-buru. Ini akan merusak umur rolling door besi atau alumunium kesayangan.

3. Memastikan Lintasan atau Rel Pintu Tidak Terhalang Barang

Yang ketiga, saat Pins sedang mendorong, baik saat membuka maupun menutup pintu. Perhatikan bahwa dalam lintasan rel tidak ada barang atau sampah yang tersangkut. Bila Pins paksakan, ini akan merusak bagian roda dari rolling door Pins lho!

Baca juga: 12 Model Pintu Geser untuk Solusi Hunian yang Sempit

4. Perhatikan dengan Baik Posisi Rolling Door

Posisi rolling door memang berbeda beda tergantung jenisnya. Maka dari itu, Pins harus perhatikan dengan baik bagaimana posisi yang benar saat menutup dan membuka.

Bila rolling door Pins terbagi dua, usahakan agar bagian kanan dan kiri ditempatkan di posisi yang benar, apalagi bila jenis rolling door lipat yang Pins punya. Posisi lipatnya harus benar ya Pins!

Jadi bagaimana Pins? Sudah menentukan rolling door yang tepat untuk garasi rumah Pins? Perbedaan rolling door besi atau alumunium keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Awet atau tidaknya pintu rolling door tergantung bagaimana cara Pins merawatnya. Yang terpenting selalu sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Pins ya!

Baca juga:

Koordinator: Ramanda Salsa
Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel