BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Kolam Renang di Lahan Sempit
0
0

15 Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kolam renang sering diibaratkan sebagai sesuatu yang mewah untuk sebuah rumah, sehingga banyak yang enggan membuatnya dengan berbagai macam alasan. Apalagi jika kamu memiliki desain rumah minimalis. Namun alasan utama biasanya dari segi ketersediaan area yang bisa dibangun. Padahal, dengan desain kolam renang di lahan sempit yang tepat, kolam idaman bisa dibuat di rumah.

Berikut beberapa rekomendasi desain kolam renang di lahan sempit yang bisa Kamu pilih dan terapkan di rumah sesuai dengan ketersediaan lahan. Namun jangan lupa tetap mengacu kepada standar ukuran kolam renang yang baik ya! Intip langsung yuk ke-15 inspirasinya di bawah ini!

Desain Kolam Renang di Lahan Sempit Kayu

Source : Pinterest

Desain satu ini sangat unik dan mengingatkan Kita pada bak mandi di Jepang yang menggunakan kayu. Kamu bisa memilih material kayu yang solid sebagai tampilan luar. Untuk warnanya kamu bisa gunakan warna cokelat tua atau cokelat kemerahan agar semakin eksotis. Salah satu kelebihan kolam kayu ini juga mengurangi licin jika diinjak sehingga tidak mudah terpeleset.

Kolam Renang Rooftop

Source : Pinterest

Memiliki lahan terbatas di rumah, bisa diselesaikan dengan membuat kolam renang di atas (rooftop) sehingga tidak memakan area tanah di bawah. Selain itu, kolam renang rooftop juga akan memiliki akses pemandangan luar biasa, baik di siang maupun di malam hari. 

Hal tersebut dikarenakan tidak terhalang tembok atau atap. Namun memang Kamu harus mengeluarkan kocek lebih untuk membangun lantai rooftop-nya.

Kolam Renang Panjang (Lap Pool)

Source : Pinterest

Lap pool juga terkenal dan sering diaplikasikan di rumah-rumah yang memiliki lahan sempit. Coba ambil inspirasi dari kolam-kolam memanjang khas di tempat gym atau fitness. 

Kolam ini juga cocok untuk penghuni yang menyukai nuansa klasik dan minimalis. Kekurangannya tentu saja karena ukurannya memanjang, gerakan renang nya jadi terbatas. Kemungkinan hanya bisa satu dan dua arah memanjang.

Bentuk Oval Tak Memakan Tempat

Source : Intex

Kolam renang oval sering dipilih untuk sisi estetika karena unik dan cantik. Perhatikan material yang digunakan agar tetap membuat kolam ini berbentuk oval sempurna ya! Desain kolam renang di lahan sempit bisa kamu siasati dengan penggunaan kolam renang portable.

Baca juga: 20 Inspirasi Desain Kolam Renang Minimalis Eye-Catching dan Kekinian!

Kolam Renang dengan Penutup

Source : Home by Philip Baron

Kolam yang satu ini juga sangat unik. Ketika dibutuhkan untuk berenang, penutupnya bisa dibuka. Namun, ketika tidak digunakan, penutupnya bisa diinjak dan selevel dengan lantai lain. Itulah mengapa ketika tidak digunakan, kolam renang ini bisa menjadi akses jalan atau area lain di rumah.

Style Plunge Pool

Source : Crystal Pool

Kolam renang sudut dinding juga sering disebut kolam renang pizza karena bentuknya mirip 1 potong pizza dan berada di sudut salah satu sisi rumah. Kolam ini sering ditemukan di negara Eropa. Bernama resmi style plunge pool, kolam ini digemari karena berkonsep sederhana dan hanya memerlukan lahan kecil. Jangan lupa pilih material sekelilingnya yang tidak licin pula.

Kolam Renang Semi Outdoor

Source : Kompas

Kolam renang semi outdoor juga bisa jadi solusi rumah berlahan sempit karena sebagian area kolam mengambil lahan dalam rumah, sementara sebagian lainnya mengambil lahan di bagian luar. Dalam segi estetikapun pemilihan model kolam renang semi outdoor mampu membuat suasana rumah lebih nyaman.

Freeform Pool

desain kolam renang di lahan sempit
Source : Pinterest

Disebut freeform pool karena bentuk kolamnya bisa ditentukan sesuka hati ataupun sesuai dengan lahan yang tersedia. Karena itu, biasanya bentuk kolamnya tidak terpaku harus kotak atau bulat. Hal tersebut menambah keuntungan penghuni sehingga bisa menempati lahan-lahan yang berbelok atau bergelombang.

Baca juga: 10 Desain Kolam Renang Anak yang Aman

Kolam Renang Ekspos

desain kolam renang di lahan sempit
Source : OkeZone

Sesuai namanya, ekspos berarti terlihat. Kolam renang ini biasanya menggunakan material kaca untuk sekelilingnya sehingga seperti bak mandi di luar kamar mandi. Bentuknya tentu saja biasanya persegi panjang atau kotak sesuai selera.

Desain Ruangan Menyatu

desain kolam renang di lahan sempit
Source : Boston Magazine

Kolam renang satu ini juga tergolong unik karena terkesan menyatu dengan satu ruangan di dalam rumah sehingga bisa lebih menghemat tempat. Misalnya, kolam renang ini sedikit menyatu dengan garasi atau ruang tamu. Hal ini pula dapat menambah pemandangan menarik di dalam rumah.

Kolam Renang Lahan Belakang

desain kolam renang di lahan sempit
Source : Kompas

Kolam renang di lahan belakang memang mungkin terlihat biasa, padahal kolam ini bisa menghemat tempat karena mengambil lahan belakang yang biasanya hanya ditumbuhi tanaman. Namun, mengapa tidak memanfaatkannya menjadi kolam renang sekaligus tempat koleksi tanaman? Kamu tetap bisa menanam tanaman di sekeliling kolamnya agar lebih asri. 

Baca juga: Macam-macam Kolam Renang Beserta Fungsinya

Penggunaan Material Batu Alam

desain kolam renang di lahan sempit
Source : Pinterest

Material batu alam juga cantik dipilih sebagai bahan utama kolam renang. Bentuknya bisa menyesuaikan dan tidak terlalu memakan banyak biaya. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah harus rutin membersihkannya ya, Pins!

Bentuk Bulat yang Simple

desain kolam renang di lahan sempit
Source : Pinterest

Kolam renang bulat juga sering jadi incaran para pemilik rumah minimalis tapi ingin tetap terlihat estetik. Namun bentuknya yang simpel membuat kolam ini tidak memerlukan biaya besar dalam pembuatannya. Padukan dengan beberapa hiasan unik di sekitarnya agar kolam semakin menarik perhatian, Pins!

Desain Setengah Lingkaran

desain kolam renang di lahan sempit
Source : Eminence Pool

Jika terhambat dengan lahan yang sempit tapi menginginkan kolam renang estetik seperti oval atau bulat, Kamu bisa mengakalinya hanya dengan setengah bentuknya saja. Kolam setengah lingkaran akan menjadi estetik untuk dibuat di area rumah terbatas. Tertarik membuat model ini di rumah?

Baca juga: 12 Kolam Renang di Jakarta Terbaik, untuk Liburan Bersama Keluarga

Kolam Renang Tempat Bilas Ekspos

desain kolam renang di lahan sempit
Source : Booking.com

Untuk membuat kepraktisan dan tidak membuat area lain di dalam rumah basah karena harus ke kamar mandi dalam setelah berenang, mengapa tidak membuat tempat bilas ekspos di samping kolam renang? 

Selain kolam renangnya bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan, pembuatan tempat bilas ini sangat ekonomis karena tidak perlu membangun ruangan tertutup sendiri untuk membilas setelah aktivitas renang dilakukan.

Begitulah beberapa pilihan desain kolam renang di lahan sempit yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Kira-kira Kamu akan segera menerapkan kolam renang impian yang mana, Pins? 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download