BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Contoh Arsitektur Modern dan Juga Cirinya
0
0

8 Contoh Arsitektur Modern dan Juga Cirinya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 29, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Arsitektur Moderntop-right-banner

Arsitektur modern adalah gaya bangunan yang didasarkan pada teknologi konstruksi baru dan inovatif, khususnya penggunaan kaca, baja, dan beton bertulang. Selain itu, gaya arsitektur ini fokus pada fungsi, cenderung minimalis dan meminimalisir ornamen.

Gaya arsitektur ini muncul pada paruh pertama abad ke-20 dan menjadi dominan setelah Perang Dunia II hingga tahun 1980-an, ketika gaya ini secara bertahap digantikan sebagai gaya utama bangunan institusi dan perusahaan oleh arsitektur postmodern. 

Arsitektur modern bisa kamu temui pada desain rumah eksklusif seperti  perumahan di Bekasi atau perumahan di BSD. Jika beruntung kamu juga bisa menemukan gaya arsitektur ini pada rumah bekas di Kec Tangerang.

Baca juga: 11 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas

Pengertian Arsitektur Modern

Arsitektur Modern
Source : Pixabay

Arsitektur modern adalah gaya bangunan yang menekankan fungsi dan bentuk yang ramping dibandingkan ornamen. Hal ini tentu berbeda dengan gaya arsitektur klasik yang cenderung mengutamakan ornamen yang indah.

Dalam beberapa tahun terakhir, arsitektur ini telah muncul sebagai kekuatan dominan dalam dunia desain, ditandai dengan garis-garisnya yang ramping, pendekatan minimalis, dan penggunaan material dan teknologi inovatif. 

Kemunculan gaya bangunan modern ini menandai keinginan para desainer untuk melepaskan diri dari gaya klasik dan menciptakan sesuatu yang murni fungsional dan baru.

Revolusi material terjadi pertama kali dengan penggunaan cor beton, dinding kering, kaca pelat, dan beton bertulang, untuk membangun struktur yang lebih kuat, lebih ringan, dan lebih tinggi. 

Proses kaca plat cor ditemukan pada tahun 1848, yang memungkinkan pembuatan jendela yang sangat besar. Crystal Palace oleh Joseph Paxton pada Great Exhibition tahun 1851 merupakan contoh awal konstruksi besi dan kaca plat, diikuti pada tahun 1864 oleh dinding tirai kaca dan logam pertama. 

Perkembangan ini bersama-sama menghasilkan gedung pencakar langit berbingkai baja pertama, yaitu Home Insurance Building 10 lantai di Chicago, dibangun pada tahun 1884 oleh William Le Baron Jenney dan berdasarkan karya Viollet le Duc.

Baca juga: 11 Rekomendasi Jasa Arsitek Surabaya Ternama dan Terbaik

Ciri-ciri Arsitektur Modern

Source : Pixabay

Secara umum, arsitektur modern bisa dikenali dengan gayanya lebih simpel dan sederhana dengan mengedepankan fungsi. Umumnya bangunan yang dibangun pada era modern merupakan antitesis dari arsitektur klasik.

Berikut beberapa ciri-ciri umum gaya arsitektur modern sehingga membedakannya dengan arsitektur klasik.

1. Sederhana Minim Ornamen

Arsitektur modern biasanya menampilkan garis-garis yang bersih dan sederhana serta dekorasi minimalis. Ornamen diminimalisir atau dihilangkan sama sekali, dan fokusnya adalah menciptakan struktur yang ramping dan efisien.

2. Menggunakan Material Modern

Arsitektur modern mengadopsi material dan teknologi baru, seperti beton bertulang, kaca, dan baja. Bahan-bahan ini memungkinkan desain inovatif dan penciptaan bangunan yang tidak mungkin dilakukan dengan metode konstruksi tradisional.

3. Menyatu dengan Lingkungan Sekitar

Gaya arsitektur modern sering kali bertujuan untuk menciptakan bangunan yang menyatu dan terintegrasi dengan lingkungan sekitarnya. Model seperti ini mungkin menggunakan bahan-bahan alami, seperti kayu atau batu, atau menggunakan lansekap untuk memperhalus tampilan bangunan.

4. Lebih Terbuka

Arsitektur modern menggunakan cahaya dan ruang untuk menciptakan kesan terbuka dan lapang pada bangunan yang dibuat. Jendela besar, denah terbuka, dan dinding minimalis merupakan ciri umum desain arsitektur yang satu ini.

Baca juga: Arsitektur Modern

Contoh Bangunan Arsitektur Modern

Banyak bangunan ikonik di Indonesia yang mengadopsi gaya modern. Hal ini terutama pada bangunan-bangunan yang dibangun pasca kemerdekaan 1945. 

Selain bangunan ikonik, gaya arsitektur ini juga diadopsi untuk bangunan rumah atau hunian. Berikut beberapa bangunan dengan gaya arsitektur modern di Indonesia. 

1. Masjid Istiqlal

Arsitektur Modern
Source : PUPR

Masjid Istiqlal diresmikan pada tahun 1978, dan mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2021 silam. Gaya bangunan Masjid Istiqlal mengadopsi arsitektur modern, karena mengedepankan fungsi, lebih terbuka, dan minim ornamen. 

2. Teater Keong Mas TMII

Arsitektur Modern
Source : TMII

Jika berlibur ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), maka kamu akan menemui gedung berwarna kuning emas yang bentuknya seperti keong. Ini adalah bangunan Teater Imax Keong Mas TMII yang diresmikan pada tahun 1984 silam. Gaya bangunan ini mengadopsi arsitektur modern yang mirip dengan Gedung Opera Sydney di Australia. 

3. Wisma 46 Jakarta

Arsitektur Modern
Source : Wisma 46 Jakarta

Salah satu ciri arsitektur modern adalah penggunaan material dan teknologi baru, yang memungkinkan seorang arsitek mendesain bangunan tinggi. Salah satu bangunan yang mengadopsi gaya ini adalah Wisma 46 yang terletak di Jakarta dengan tinggi mencapai 262 meter atau 860 kaki. 

4. Bank Indonesia

Arsitektur Modern
Source : Wikimedia Commons

Gedung Bank Indonesia yang berlokasi di Jalan MH Thamrin, Gambir, Jakarta Pusat ini merupakan contoh bangunan bergaya arsitektur modern. Dibangun pada tahun 1962, bangunan Bank Indonesia terdiri dari Gedung Bank Indonesia di depan dan dua menara di bagian belakang. 

5. Taman Ismail Marzuki (TIM)

Arsitektur Modern
Source : UPPK TIM

Taman Ismail Marzuki adalah pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta Pusat yang sudah diresmikan sejak tahun 1968 silam. Namun kompleks TIM ini direvitalisasi pada tahun 2019 dan selesai pada 2022. Saat ini, kompleks TIM termasuk bangunan yang mengadopsi gaya arsitektur ini. 

Baca juga: 10 Desain Rumah Antik Sederhana dengan Sentuhan Modern

Contoh Hunian Bergaya Arsitektur Modern

Selain bangunan ikonik di atas, gaya arsitektur ini juga bisa diadopsi untuk hunian atau rumah. Berikut beberapa perumahan eksklusif di Pinhome yang mengadopsi gaya arsitektur ini. 

6. Vasa Jagakarsa

Arsitektur Modern
Source : Pinhome

Vasa Jagakarsa merupakan kawasan hunian berlokasi di Jl. Panjang, RT.6/RW.4, Cipedak, Kota Jakarta Selatan. Kompleks ini menawarkan kawasan yang ideal untuk keluarga yang menginginkan hunian yang asri dan nyaman. 

Selain itu, Vasa Jagakarsa juga menawarkan hunian dengan konsep rumah tumbuh dengan extra space yang memungkinkan penghuni untuk renovasi hunian di kemudian hari.

7. Britania Garden Resort

Arsitektur Modern
Source : Pinhome

Britania Green Resort berlokasi di Jl. Kramat Raya Cikaret, Harapan Jaya, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor. Kompleks hunian ini menawarkan rumah minimalis bertema bumi pasundan yang mempunyai lingkungan asri nan nyaman untuk tempat tinggal keluarga. 

8. New Abaya Village

Source : Pinhome

New Abaya Village merupakan sebuah kawasan hunian yang berlokasi di Griya Indah, Kec. Cisauk, Kabupaten Tangerang. Ini adalah hunian eksklusif bergaya modern di lingkungan terbaik yang sangat cocok untuk dijadikan hunian bersama keluarga maupun investasi.

Itulah penjelasan tentang arsitektur modern lengkap dengan pengertian, ciri-ciri, dan contoh bangunannya di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Sharon Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download